Raspberry Pi 2 Model B Komputer Murah Seharga 600 Ribu

Kali ini saya akan membahas tentang raspberry pi. baru baru ini saya menemukan topik menarik yang berhubungan dengan teknologi, yang saya rasa cocok untuk ditulis di tulis di blog ini. raspberry pi. Itulah nama dari komputer ini. tak seperti komputer lainnya, komputer ini hanya seukuran kartu kredit. Meskipun hanya berupa singleboard, komputer ini dapat mengerjakan tugas tugas seperti layaknya komputer biasa pada umumnya. Mengetik tugas/pekerjaan, memutar multimedia, hingga bermain game, dapat pula dikerjakan oleh singleboard komputer ini. untuk masalah harga kalau tidak salah saya sempat baca baca, cukup dengan budget 600 ribuan kita sudah bisa memiliki mini pc ini. untuk masalah os, os yang mampu berjalan pada komputer ini adalah sistem operasi linux. Terdapat beberapa macam distro linux yang khusus di desain untuk mini pc ini. salah satunya yang paling terkenal adalah raspbian, yaitu debian versi raspberry pi. Semua distro linux tersebut dapat langsung di download gratis melalui website raspberry pi sendiri. Saya juga sempat membaca, di sebuah situs berbahasa inggris, ada seorang hacker yang mampu menginstal os android pada komputer mini ini. bukan Cuma itu saja. Microsoft dalam situs resminya juga mengeluarkan pernyataan bahwa, windows 10 yang merupakan os versi terbaru milik microsoft ini akan tersedia gratis setelah perilisannya nanti untuk mini pc raspberry pi ini.


Menurut saya ini benar benar kemajuan yang besar dalam bidang teknologi komputer. Jika membicarakan tentang  kemajuan teknologi, tidaklah tepat rasanya jika kita tak menyebutkan pengembang dari single board komputer ini. pengembang dari single board komputer ini menamakan diri mereka raspberry pi foundation. Yang melatarbelakangi dikembangkannya raspberry pi ini adalah, keinginan untuk meningkatkan jumlah pelajar yang mempelajari ilmu programer komputer. yang pada saat itu siswa siswa yang mempelajari ilmu komputer mulai berkurang jumlahnya. Karena mini pc ini ditujukan untuk menarik minat pelajar untuk mempelajari ilmu komputer, maka raspberry pi ini sengaja di desain agar dapat di produksi dengan biaya semurah mungkin. sehingga siapapun yang ingin memiliki mini pc ini, tidak perlu mengeluarkan budget lebih. di luar dugaan ternyata banyak sekali peminat dari raspberry pi ini. raspberry pi fondation telah merilis beberapa tipe singleboard ini, tipe tipe tersebut antara lain, raspberry pi model A, raspberry pi model B, dan raspberry pi model B+. dan yang baru di rilis baru baru ini adalah raspberry pi model 2 yang dikabarkan akan didukung os terbaru milik microsoft yaitu windows 10. dari semua tipe tipe singleboard raspberry pi yang sudah dirilis, tidak begitu banyak perbedaan. Mungkin yang membedakan hanyalah spesifikasi dari model yang satu dengan model yang lainnya. raspberry pi memiliki beberapa port seperti, HDMI, USB, dan juga microSD.


HDMI untuk di hubungkan ke monitor/LCD TV, USB untuk tempat pemasangan flashdisk, keyboard, mouse, dan lain lain, serta microSD yang fungsinya nantinya akan di gunakan sebagai media penginstalan sistem operasi. selain murah, banyak sekali kelebihan dan juga manfaat dari mini pc raspberry pi ini. raspberry pi ini juga digunakan dalam proyek pengembangan teknologi komputasi dan robotika. Ada bnyak sekali orang orang yang terinspirasi membuat proyek pengembangan teknologi dari singleboard komputer ini. salah satunya adalah ada seseorang yang terinspirasi menciptakan console permainan game arcade mini dengan menggunakan raspberry pi ini.


Itu hanyalah salah satu dari banyaknya ide ide yang muncul karena terinspirasi dari raspberry pi ini. dan semua ide ide unik tersebut dapat dilihat langsung melalui website remi raspberry pi.  https://www.raspberrypi.org/ dari semua kelebihan yang ditawarkan raspberry pi ini, tentu tak ada salahnya untuk mencoba slah satu produk raspberry pi ini. sampai disini artikel yang saya tulis tentang raspberry pi ini. artikel ini saya tulis berdasarkan sumber dari internet. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca.  :) 

Postingan terkait: