Linux deploy PC komputer dalam Smartphone/tablet android

Baru baru ini saya membuka google play store, dan saya menemukan aplikasi menarik yang berjudul Linux Deploy. pada awalnya saya tak begitu tertarik dengan aplikasi ini. 

tetapi karena saya tidak sengaja sempat membaca deskripsi dari aplikasi Linux Deploy ini, rasa penasaran saya perlahan mulai tumbuh. 

ternyata setelah saya baca deskripsinya, aplikasi ini adalah aplikasi yang memungkinkan smartphone/tablet android menjalankan sistem operasi desktop pc. 

saya jadi berfikir "apakah mungkin? dan apakah benar dengan aplikasi ini kita dapat menjalankan sistem operasi PC desktop melalui device android langsung?" "jika memang benar tentu saja pekerjaan yang dulunya membutuhkan pc komputer dapat dilakukan dan diselesaikan hanya melalui smartphone/tablet Android...!!" wahh..!!

membayangkan manfaat dan kemudahan yang bisa di dapat dari aplikasi ini membuat saya semakin bersemangat dan menambah rasa ingin tahu saya terhadap aplikasi ini.

 untuk lebih jelasnya saya juga membaca review dan komentar komentar dari pengguna android yang telah mendownload aplikasi ini. dan ternyata sebagian besar pengguna memberikan respon positif terhadap aplikasi linux deploy ini.


banyak dari mereka memberikan 5 bintang untuk aplikasi ini yang menandakan mereka sebagai pengguna merasa puas dalam menggunakan aplikasi ini.

 Semakin penasaran saya kemudian melakukan search melalui google dengan keyword "Linux Deploy" seperti dugaan saya ada banyak sekali situs serta blog yang mengulas dan menulis tutorial tentang aplikasi android ini. 

bahkan di youtube juga banyak video tutorial yang menjelaskan tentang step by step bagaimana cara menggunakan aplikasi linux deploy ini. wah wah wah, lagi lagi seperti biasa saya selalu terlambat mengikuti update teknologi.

 sesuatu yang sudah lama ditulis dan di ketahui serta dibicarakan  orang banyak, malah baru sekarang saya tulis. 

Yha sudahlah lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali hehehe...!!!!! yha kemudian setelah saya download dan instal pada smartphone, ternyata memang benar, aplikasi ini dapat memungkinkan gadget android milik kita menjadi layaknya seperti komputer mini. dengan sistem operasi linux yang sudah di remaster sedemikian rupa khusus untuk android device. 














Tetapi untuk menjalankan aplikasi ini diperlukan adanya akses root, diperlukan memory ram sebesar 512mb disarankan 1gb, serta aplikasi tambahan yang disebut android vnc/vnc viewer yang diperlukan dalam mengakses os linux desktop yang akan dijalankan pada smartphone/tablet android. 

dan bukan cuma itu saja, karena pc os yang akan kita jalankan ini berupa file img, maka kita harus mendownloadnya terlebih dahulu. kita juga dapat memilih distro linux apa yang akan kita download, misalnya ubuntu, fedora, debian, dan lain - lain. 

serta desktop tipe apa yang akan kita instal misalnya, kde, gnome, lxde, dan lain - lain. untuk aplikasi linux deploy dapat di download gratis melalui google play store. https://play.google.com/store/apps/details?id=ru.meefik.linuxdeploy

Postingan terkait: