Artikel terbaru tips dan trik android cara memutar video beresolusi 720p di handphone android beresolusi rendah

Artikel terbaru tips dan trik android cara memutar video beresolusi mp4 720p di handphone android beresolusi rendah



Selain bermain game saya suka sekali menonton video. Baik itu clip pendek ataupun film yang berdurasi panjang. dengan menonton video kita dapat menghilangkan kepenatan, ataupun sekedar mencari hiburan. bahkan sering kali kita dapat memperoleh informasi ataupun pengetahuan, dari menonton film ataupun video - video yang berisi tentang tutorial - tutorial tentang teknologi serta ilmu pengetahuan umum. Dari mana kita bisa menemukan video - video tutorial yang membagikan tips - tips tentang ilmu pengetahuan umum ataupun video clip yang menghibur? ya di mana lagi kalau bukan youtube. youtube adalah situs berbagi video yang sangat populer di seluruh dunia. tidak sulit bagi kita untuk menemukan video ataupun tutorial - tutorial tentang ilmu pengetahuan di situs ini. kita bukan cuma bisa menonton video yang ada di youtube saja. bahkan kita juga bisa mendownload video yang ada di youtube, sehingga dapat kita tonton berulang ulang tanpa harus menghabiskan banyak koneksi internet. bagaimana caranya mendownload video yang ada di youtube? untuk cara mendownload video yang ada di youtube, saya belum membahasnya di blog ini. mungkin lain kali saya akan membahasnya. tapi jangn khawatir karena sudah ada banyak sekali blog ataupun situs yang membahas tentang tutorial - tutorial ataupun cara cara mendownload video yang ada di youtube. dan tentu teman - teman dapat melakukan searc di google tentang cara - cara download video youtube.



Sesuai dengan judul artikel di atas, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya memutar video yang beresolusi 720p di handphone android yang hanya beresolusi 320p. "mungkinkah memutar video yang beresolusi melebihj resolusi handphone yang kita miliki? bukannya malah hanya suara tanpa gambar saja yang hanya kita dapatkan?" ya pada awalnya itulah yang saya dapatkan ketika memutar video beresolusi tinggi menggunakan video player deafult bawaan handphone android saya. dan saya menanyakan hal yang sama seperti pertanyaan tadi. ternyata jawabannya memang bisa. dengan bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Dulu saya menemukan cara ini tanpa sengaja, karena saya suka bermain - main dan menginstal aplikasi - aplikasi pihak ketiga yang tersedia gratis di play store. dalam percobaan saya ini, saya menggunakan handphone android jadul keluaran cross x yang sekarang sudah berubah nama menjadi evercoss. saya membeli handphone ini sudah lama sekali, dan sampai sekarang masih beroperasi baik dan juga berguna. os android yang berjalan pada ponsel ini adalah os android versi lama yaitu android versi gingerbread. resolusi dari ponsel ini terbilang kecil. dapat kita lihat dari tampilan layarnya, pixel - pixel yang terdapat pada ponsel terihat jelas dan agak renggang. hal ini menandakan resolusi layar yang kecil dan kerapatan pixel yang kurang baik. barangkali resolusi dari layar ponsel ini kira - kira 360px640p. tetapi, dengan ponsel ini saya dapat memutar video yang berformart mp4 dengan resolusi 720p. ini semua dikarenakan aplikasi video player pihak ketiga yang saya download melalui google play store. video player ini bernama mx player. Video player ini juga tersedia gratis, tanpa dipungut biaya sepeserpun. sepertinya aplikasi ini dibuat secara gotong royon, oleh sebuah forum serta berlisensi opensource. mx player yang saya gunakan ini adalah versi 1.7.35 dan ditujukan untuk prosesor ARM. pantas saja ketika saya coba instal pada emulator android bluestack, tidak mau berjalan dengan baik seperti pada ponsel. Dan saya mendapati pesan "mx player has not support your device" berikut ini adalah screenshoot dari aplikasi mx player ini. ketika kita membuka aplikasi mx player ini untuk pertama kalinya, mx player akan melakukan scan pada sdcard. dan setelah melakukan scan, mx player akan menampilkan semua video yang kita simpan pada sdcard. tampilannya lengkap dengan gambar tumbdnail dan nama file, serta resolusi dari file video juga ditampilkan, tak ketinggalan pula durasi video juga ditampilkan. dan ketika aplikasi ini memutar video, maka tampilannya akan jadi seperti ini.



dari screenshoot dapat dilihat tampilan dari mx player ini tak jauh berbeda dengan video player yang lainnya. yang membedakannya adalah terdapat fitur lock pada pojok kiri bawah, yang fungsinya untuk me lock layar agar ketika kita memutar video denga mx player ini jika kita tak sengaja menyentuh layar, maka tak akan mengganggu proses pemutaran video. video yang kita tonton tak akan mengalami pause ataupun menutup sendiri. di pojok kanan, terdapat fitur crop, yang fungsinya untuk mengecilkan tampilan gambar video. untuk masalah mengecilkan dan memper esar tampilan video, kita juga dapat menggunakan gerakan jari dengan mencubit layar smartphone.  Di pojok kanan atas terdapat options, yang jika kita tekan akan menampilkan pengaturan seperti, audio track, play display, subtitle, tools, dan juga help. di samping option tadi, terdapat pilihan H/W dan di sebelahnya terdapat tampilan status baterai dan juga jam digital. Di pojok kiri atas terdapat tanda panab yang mengarah ke kiri, yang fungsinya adalah untuk kembali ke menu sebelumnya. di bawahnya juga terdapat icon rotate sreen, yang fungsinya untuk memutar atau merotasi layar. lalu bagaimana caranya memutar video yang beresolusi 720p pada handphone android yang beresoli rendah? apa perlu merubah seting dari aplikasi pemutar video pihak ke tiga ini? jawabannya adalah tidak. yang perlu dilakukan adalah hanya merubah sedikit opsi H/W yang terdapat pada pojok kanan atas, dari H/W decoder, menjadi S/W decoder. coba lihat screenshoot di bawah ini.





ketika saya memutar video yang beresolusi 720p dengan pengaturan H/W decoder, tampak layar ponsel hanya berwarna hitam, tanpa terlihat gambar video yang sedang di putar, yang ada hanyalah suara video yang sedang di putar. namun setelah saya rubah pengaturannya menjadi S/W decoder, tampilan hitam tadi langsung berganti menjadi gambar videoclip yang sedang kita tonton. begitulah caranya memutar video beresolusi tinggi dengan menggunakan hanpdhone android beresolusi rendah. coba sekarang setelah menonton video yang beresolusi tinggi, kemudian kita menonton video yang resolusinya lebih rendah seperti 3gp misalnya. pasti jauh sekali perbedaannya. meskipun dengan cara tadi kita bisa memutar video dengan resolusi tinggi dengan cara ini, tidaklah selalu berjalan dengan baik. kadang kala juga terjadi masalah seperti tampilan video tak begitu jelas, menurut saya terlihat tidak halus, tak sehalus seperti kita memutar video yang sama pada pc, ataupun device android beresolusi tinggi. terkadang juga bisa terjadi kegagalan, yaitu suara dari video tak sesuai dengan gambar yang telah ditampilkan. misalnya ketika kita memutar videoclip yang menampilkan seorang artis yang sedang menyanyi. suara dan gerakan mulut dari penyanyi tersebut tidak sesuai. tapi menurut saya hal itu dapat di maklumi, dikarenakan ponsel yang saya gunakan ini memiliki kekurangan yaitu resolusinya rendah.

Yha itu tadi pengalman yang ingin saya share tentang bagaimana cara memutar video beresolusi 720p melalui ponsel android beresolusi kecil, dengan bantuan aplikasi pihak ke tiga yaitu mx player. terimakasih telah mengunjungi blog saya, dan apabila terdapat kata - kata yang kurang berkenan dan kurang sesuai dalam tulisan saya ini, saya mohon maaf, semata - mata saya hanya ingin menshare pengalaman saya sendiri. untuk yang berminat mendownload aplikasi mx player ini, dapat langsung mendownload melalui google playstore berikut ini adalah link nya.
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mxtech.videoplayer.ad&hl=in

Postingan terkait: