fitur Enchanting yang ada pada Minecraft



Enchanting merupakan fitur update yang ada pada game Minecraft yang  mana memungkinkan digunakan pada berbagai item atau objek dalam game, seperti buku, armor, tools (peralatan), senjata (weapons),

untuk meningkatkan kemampuan item yang bersangkutan, entah itu meningkatkan kemampuan item yang memang sudah ada, ataupun menambahkannya dengan kemampuan tambahan,  sehingga item yang bersangkutan jadi lebih bermanfaat.

Metode melakukan Enchanting
ada tiga cara berbeda untuk melakukan Enchanting terhadap item pada mode
permainan survival.



•melalui Enchanted Table, memerlukan experience points dan lapis lazuli. biasanya item yang belum pernah di enchanted menggunakan metode ini.

•Anvil : menggunakan Enchanted book sebagai media perantaranya.

• Anvil : dengan menggabungkan dua objek yang masing masing memiliki enchanting effect yang berbeda sehingga didapat satu item atau objek akhir yang memiliki dua efect enchanting yang
berbeda skaligus.

terdapat kemungkinan player memperoleh item yang memang sudah memiliki effek enchantment, entah itu dari mob villager yang mau menukarkan enchanted objek demi memperoleh emeralds, dari kegiatan

 memancing, ada kemungkinan didapat objek yang memiliki effek enchantment, 
dengan cara membunuh zombie, drowned, husk, skeleton, stray, wither skeleton, atau zombie pigman.

hanya apabila mobs tersebut memiliki objek enchanted dan player membunuhnya.
atau dengan menemukannya secara acak, di dalam peti harta (chest), reruntuhan di bawah air, dungeon, shipwreck, mineshaft, desert

 pyramids, woodland mansion, dan ocean ruin. 
menggunakan commands atau paswords untuk memperoleh enchanted item  ketika bermain single player juga bisa dilakukan. ketika menggunakan command, level maksimal enchantment adalah 2,147,483,647.

sedangkan pada mode permainan kreatif, player bisa melakukan enchanted pada item dengan metode Anvil dan juga enchanted book. pada mode permainan kreatif, tak memerlukan experience point dalam melakukan proses enchanted. enchanted book juga tersedia pada menu inventory.

Enchantment table

Enchantment dapat diberlakukan pada sebuah item dengan menggunakan media Enchantment table, dengan menempatkan objek atau item pada slot input yang sudah disediakan, dan memerlukan satu sampai tiga buah lapis lazuli pada slot kedua.

setelah kedua item telah diletakkan pada tempatnya, maka akan muncul tiga opsi acak di sebelah kanan menu interface.

pada versi Pocket Edition, player bisa melakukan tap pada enchantment sebelum memasukkan lapis lazuli pada slot yang sudah disediakan.

 pilihan Enchantment yang tersedia bergantung pada level minimum player atau paling tidak level enchanted harus selevel dengan level player atau dibawah level player, sedangkan jumlah lapis lazuli yang dibutuhkan sesuai dengan tingkat level dari enchanted.
 
setiap opsi yang dipilih akan memberikan efek enchanted acak terhadap objek yang bergantung pada jumlah experience point milik player. contohnya: level 1 enchanted bisa memberikan efek "peningkatan efisiensi" level satu pada objek pickaxe.

pada level ini hampir tak ada efek antara objek pickaxe antara sebelum mengalami enchanted dengan yang sudah.  
meskipun player harus memenuhi level peersyaratan minimum sebelum melakukan enchantment, jumlah lapis lazuli yang dibutuhkan dengan level player akan bernilai sama.

misalkan saja, jika level enchantment tingkat ketiga memerlukan paling tidak player harus mencapai  level 30, maka jumlah lapis lazuli yang diperlukan sebanyak tiga buah lapis lazuli. 
tingkat level yang dibutuhkan mempengaruhi kuantitas,

tipe dan level dari enchantment yang ditanamkan pada objek yang bersangkutan. semakin tinggi level enchantment maka akan semakin baik pula hasil yang diperoleh.

meskipun demikian, ada faktor acak yang mempengaruhi hasil enchantment secara keseluruhan. meskipun level 30 enchantment (level maksimal) tak akan menjamin hasil enchantment akan maksimal atau tak lebih dari hasil enchantment level pertama.

level 30 enchantment bisa saja memperoleh efek "fortune II" atau efisiensi III". 
untuk dapat meningkatkan level hasil enchantment, bookshelf (rak buku) harus ditempatkan didekat enchantment table dan menyisakan jarak spasi kosong satu blok di antara dua item berbeda ini.

untuk memperoleh level 30 enchantment, dibutuhka 15 bookshelves detempatkan di sekitar enchantment table.

 
melakukan enchanting pada item buku akan menghasilkan item baru yang disebut enchanted book, dimana tak memiliki manfaatnya sendiri, namun efektif mempermudah proses enchantment selanjutnya terhadap item lainnya dengan metode Anvil.
berbeda dengan anvil, menggunakan enchanting table ketika dalam mode permainan kreatif masih memerlukan experience point. apabila player tak memiliki cukup experience point, maka experience level akan menurun higga ke level nol, dan enchantment masih akan bekerja.
Enchanting item apa saja pada setiap

 enchantment level akan merubah menu enchantment yang tersedia, sehingga merubah setiap probabilitas setiap enchantment terhadap item apa saja.

muisalkan saja, apabila tak ada enchantment yang tersedia pada saat hendak melakukan enchanting yang diinginkan, 1 lapis lazuli dan satu level dapat dihabiskan untuk merefresh daftar
pilihan enchanted yang tersedia.

kemungkinan enchantment yang tersedia bergantung pada sistem enchantment seed yang tersedia saat itu, enchantment level, dari level satu hingga level 30, serta tipe item dan juga mterial yang bersangkutan.

mengganti atau memindahkan enchantment table, dan tanpa merubah jumlah bookshelves, menggunakan enchantment table lain namun tetap dengan jumlah bbokshelve yang sama, dan berbagai usaha lainnya dengan bertujuan untuk merubah kemungkinan enchanted yang tersedia, tanpa merubah jumlah item bookshelve, tak akan merubah apapun.

Anvil

Anvil dapat dipergunakan untuk mengkombinasikan enchantment yang ada pada dua item beerbeda, dengan cara mengorbankan salah satu item dan memperbaiki yang satunya lagi. kedua item haruslah kompatibel satu dengan yang lainnya.

harus terbuat dari material yang sama. misalkan dua iron sword. atau sebuah item dengan enchanted book yang sudah memiliki enchantment effek. misalkan item bow(busur) dengan enchanted book dengan infinite enchanting efek. 

Enchanted books

dapat dibuat dengan menggunakan enchanting table, juga bisa ditemukan pada generated chess (peti harta), dibeli dengan emeralds dari villager librarian, atau didapatkan dengan cara memancing (fishing rod).

enchanted book dapat menerima lebih dari satu enchanted efek selama, enchanted efek tersebut kompatible dan bisa diterapkan pada item atau objek yang ada.

sebagai contohnya, satu buku yang sama bisa saja menerima efek "respiration", dan juga "power enchatment". namun apabila enchanted efek ini di aplikasikan pada item helmet, efek ini akan hilang alias jadi tak berguna. kejadian yang sama akan berlaku pada item busur (bow). 

enchanted book akan digunakan pada metode Anvil untuk menambahkan efek pada item, termasuk item buku lainnya. enchanted book juga dapat melakukan enchanted terhadap objek atau item yang tak bisa memalui enchanted table, semisal mengaplikasikan effek thorn pada item boots.

berikut ini jenis jenis enchanted efek yang teresedia pada fitur enchantment.
jenis item enchantment efek yang ada di bawah ini terdiri dari beberapa kategori seperti, yang memungkinkan untuk diperoleh dari mode permaian survival,

yang hanya mungkin bisa di dapat dari mode permainan kreatif, hingga yang hanya ada jika player menganktifkan cheat, mods, atau bantuan aplikasi pihak ketiga.

* max level : level maksimum yang bisa diperoleh dengan benar. memungkinkan diperoleh dengan metode command/cheat. dengan metode command level maksimal yang bisa di capai adalah 2,147,483,647.

* primary items: hanya bisa didapat melalui survival mode dengan perantara enchanting table. item yang terbuat dari meterial apa sajabeberapa juh lebih mudah dari yang lainnya. 

*secondary item : merupakan item yang ada di survival mode, tak bisa memperoleh enchantment melalui enchanting table namun bisa melalui metoda enchanted book dengan metode Anvil.
weight : tingkat keberhasilan relatifitas dari enchantment yang bersangkutan.
daftar enchantment beserta efeknya.

* Aqua Affinity : berfungsi untuk meningkatkan tingkat keberhasilan melakukan mining di bawah permukaan air. level maksimum 1, weight: 3.

* Bane of Arthropods : meningkatkan tingkat damage terhadap arthopods. eksklusif mutualis dengan efek smite dan sharpness. level maksimum 5, weight : 10.

* Blast Protection : mengurangi damage akibat ledakan dan knockback. eksklusif mutualis dengan efek protection lainnya. level maksimum 4, weight 3.

* Channeling : mengendalikan sambaran petir dan menggunakannya untuk menyerang entity atau mob. hanya akan aktif ketika terjadinya badai. cocok dengan efek riptide. level maksimum 1, weight 1.

* Curse of Binding : hanya tersedia pada versi minecraft java dan legacy console, berguna untuk mencegah hilangnya item, kecuali tak bekerja pada mode permainan kreatif. level maksimum 1, weight 1.

*cursed of vanished : hanya ada pada versi java dan legacy console, item akan hancur apabila player mati dalam game, level maksimum 1, weight, 1.

* Dept Stride : mempercepat pergerakan di bawah air. cocok dengan efek frost walker, level maksimum 3, weight 3.

* Efficiency : meningkatkan kecepatan dan efisiensi dalam mengumpulkan sumberdaya. maksimum level 3, weight 30.

* feather falling : mengurangi damage ketika jatuh dari ketinggian, maksimum level 4, weight 10.

* Fire Aspect : membakar target secara seketika. maksimum level 2, weight 3.

* Fire protection : mengurangi tingkat kerusakan yang di akibatkan oleh api, cocok dengan efek proteksi apa saja. maksimum level 4, weight 10.

* Flames : membakar target yang terkena anak panah, max level 1, weight 3.

* fortune : meningkatkan kemungkinan perolehan item, block drop, maksimum level 3, weight 3.

* Frost walker : mengubah air yang di injak oleh player menjadi es. cocok dengan efek deep strider, max level 2, weight 3.

* Impaling : menderita tingkat kerusakan terutama bagi mob yang muncul di lautan, player juga termasuk. max level 5, weight 3.

* Infinity : menembak dengan busur tanpa kehabisan anak panah, mutual dengan efek mending, max level 1, weight 1.

* Knockback : meningkatkan kemungkinan terjadinya knockback, max level 2, weight 10.

*looting : meningkatkan potensi perolehan loot setelah membunuh mobs, max level 3, weight 3.

* Loyalty : trident kembali setelah dilemparkan, semakin tinggi level, semakin kecil kemungkinan untuk kembali, cocok dengan effek riptide. max level 3, weight 10.

* Luck of the sea : meningkatkan tingkat keberuntungan memancing, max level 3, weight 3.

* Lure : meningkatkan efisiensi memancing, max level 3, weight 3.

* Mending : memperbaiki item dengan experience point, kompatibel dengan efek infinity, max level 1, weight 3.

* Multishot : menembakkan tiga anak panah dengan menghabiskan satu anak panah. cocok dengan efek pierching. max level 1, weight 3.

* power : meningkatkan tingkat damage yang diakibatkan oleh anak panah. max level 5, weight 30.

* Projectile Protection : melindungi player dari serangan projectile, cocok dengan semua efek protections, max level 4, weight 10.

* protection : melindungi player dari efek kerusakan, eksklusif dengan [proteksi lainnya, max level 4, weight 30.

* Punch : meningkatkan tingkat knockback pada arrow, max level, 2 weight 3.

* quick Charge : mempercepat proses reload crossbow, max level 3, weight 10

* Respiration : memperpanjang kemampuan menahan nafas di bawah air, max level 3, weight 3.

* riptide : Trident melontarkan player bersama dengan dirinya sendiri, ketika dilemparkan. hanya berfungsi ketika berada di bawah air atau ketika terjadi hujan. sangat cocok dengan efek channeling dan loyalty. max level 3, weight 3.

* Sharpness : meningkatkan damage pada item, bekerja dengan sangat sempurna bersama fungsi bane of arthropods dan smite. max level 5, weight 30.

* Silk touch : block drop secara otomatis masuk inventory, kompatibel dengan fortune enchantment, max level 1, weight 1.

*smite : Meningkatkan tingkat damage terhadap undead mobs, cocok dipasangkan dengan enchantment "bane of arthropods" dan "sharpness", max level 5, weight 10.

*sweeping edge (khusus versi java edition) : meningkatkan tingkat kerusakan sweeping attack, max level 3, weight 3.

*thorns : memberi efek damage kepada si penyerang max level 3, weight 1.

*unbreaking : meningkatkan efektivitas daya tahan, max level 3, weight 10.







Postingan terkait: