Google cardboard teknologi virtual reality canggih paling murah meriah

Saat ini teknologi virtual reality tengah menjadi tren dan banyak dibicarakan di internet. Berawal dari Facebook yang mengakuisisi Oculust rift yang bertujuan untuk mengembangkan teknologi virtual reality untuk digunakan oleh pengguna publik, kini berubah menjadi kompetisi yang di susul oleh perusahaan perusahaan besar lainnya yang tak mau kalah seperti Samsung, Google, Htc dan nama nama besar lainnya, yang berlomba lomba menciptakan teknologi virtual reality mereka sendiri. Secara singkat, teknologi virtual reality sendiri adalah suatu teknologi visualisasi, yang memungkinkan pengguna, seolah olah masuk dan ikut serta ke dalam dunia virtual dengan mata kepala mereka sendiri. Sebenarnya teknologi virtual reality sendiri bukanlah hal baru. Teknologi ini telah ada sejak zaman sembilan puluhan. namun virtual reality pada saat itu tidak berhasil dalam pengembangannya, dikarenakan teknologi yang belum begitu mendukung seperti pada zaman sekarang  ini. jika dilihat dari sisi kecanggihan, kemungkinan besar teknologi virtual reality yang dikembangkan pada saat sekarang ini seperti Facebook dengan oculust VR nya, Samsung dengan Gear VR nya, serta HTC dengan HTC Revive miliknya akan ditujukan pada kalangan ekonomi menengah keatas.



Tetapi lain halnya dengan teknologi virtual reality yang dikembangkan oleh google.  Google menamai teknologi virtual reality miliknya dengan nama cardboard. Namun apa yang membedakan cardboard milik google dengan gear VR milik samsung ataupun HTC revive milik HTC? Yang menarik serta unik dan membedakanya dengan produk virtual reality lainnya ialah bahan pembuatannya. Cardboard milik google ini dibuat dari kardus bekas. Bagaimana mungin sebuah heanset virtual reality sekelas oculuc rift di buat dari kardus bekas? yha itulah hebatnya google yang selalu memiliki inovasi unik. selain bahannya yang mudah didapat dengan harga terjangkau, tentu saja cardboard milik google ini ramah lingkungan. Meskipun terbuat dari bahan bekas, kacamata kardus milik google ini dapat menyajikan visualisasi seperti layaknya gear VR milik samsung ataupun oculust VR milik Facebook. selain murah, berguna pula. siapa yang tak mau dengan barang murah namun berkualitas? Sepertinya kali ini google ingin menunjukkan tidak selamanya barang canggih itu berharga mahal serta hanya untuk orang dengan ekonomi kelas menengah ke atas saja. Jika kita berkeinginan ingin mencoba cardboard milik google ini, google hanya akan memberikan pola pola potongan dan lipatan dari kardus bekas dan kita sendiri yang akan merakit dan melipat menjadi kacamata 3D.


Bahan bahan pembuatannya pun mudah didapat. Bahan itu antara lain ialah : 2 buah magnet, magnet cincin dan magnet keramik, dua buah lensa, yang fungsinya untuk membantu meproyeksikan gambar 3D, 2 buah velcro untuk menahan smartphone android agar tidak lepas dari cardboard, karet gelang, serta smartphone android. sebenarnya tak ada teknologi canggih dalam cardboard milik google ini. inti atau otak dari cardboard ini adalah smartphone android yang harus diinstal aplikasi cardboard yang dapat di download gratis melalui google play store. aplikasi inilah yang akan merubah smartphone android seperti layaknya heanset virtual reality yang akan diproyeksikan dalam bentuk gambar 3D dengan bantuan 2 buah lensa. untuk masalah smartphone, hampir semua smartphone android mendukung disain cardboard milik google ini, asalkan minimal smartphone android tersebut menjalankan os android 42 jellybean ke atas serta memiliki GYRO sensor, magnet sensor, serta NFC. Cara memakainya pun cukup mudah, magnet yang terdapat pada sisi kiri cardboard adalah satu satunya navigasi yang dapat kita gunakan untuk menjelajah pada google cardboard ini. dan untuk mencari menu yang kita inginkan, kita harus menggerakkan leher kita, dan apabila menu yang kita inginkan sudah di dapat, maka kita dapat mengconfirmasi menu tersebut dengan menarik magnet cincin yang terdapat di sisi kiri cardboard ke bawah.



Namun apa saja yang dapat kita lakukan dengan google cardboard ini? banyak yang dapat di lakukan dengan menggunakan google cardboard ini, seperti menonton video youtube dengan sensasi interaktif seperti seolah olah kita sedang menonton film di bioskop, mengakses google street view, seperti seakan akan kita sedang berkunjung keluar negeri secara langsung, bahkan memainkan game 3D dengan pengalaman interaktif yang mana seolah olah kita masuk kedalam dunia game tersebut. virtual reality merupakan cara visualisasi yang baru serta menarik untuk dicoba. Mungkin dengan dikembangkannya teknologi virtual reality seperti pada saat ini, beberapa tahun kedepan akan menjadi revolusi dan perubahan besar dalam teknologi visualisasi kita. google cardboard merupakan alternatif yang bagus, bagi yang ingin merasakan seperti apa pengalaman menggunakan heanset oculust rift. Selin murah, google juga mengajak kita lebih kreatif dengan mendisain bentuk cardboard sesuai dengan minat dan keinginan kita sendiri. Sekian artikel Google cardboard teknologi virtual reality canggih paling murah meriah dari saya. apabila dalam artikel ini terdapat kata yang kurang berkenan saya mohon maaf yang sebesar besarnya. semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih J

Postingan terkait: