ternyata ini dia 10 hal yang diperlukan bagi mereka yang berencana memulai karir di industri game.

ternyata ini dia 10 hal yang diperlukan bagi mereka yang berencana memulai karir di industri game.

hi guys, eeee,,,,apa kalian pernah berfikir untuk berencana berkarir di bidang industri game?

apa kalian punya keinginan untuk menjadi developer game, atau ingin membuat game buatan kamu sendiri?

dibawah ini ada 10 hal yang harus diketahui seseorang yang berencana bekerja di industri game. o,k, dimulai dari nomor 10.

10 ide pertama kamu bukan ide terbaik.

jika kamu berencana menjadi seorang developer game atau menjadi bagian dari tim developer studio,  mungkin tiba tiba tercetus inspirasi di pikiran kamu. dan mungkin itu adalah ide terbaik yang kamu rasa pernah muncul dalam pikiran kamu.

dan kamu yakin, ide tersebut, adalah ide terbaik yang akan mengantarkan kamu pada kesuksesan instan. namun TIDAK,,!!!

bukan seperti itu cara kerja dari developer game. developer menuliskan semua gagasan terbaik, ide ide briliant yang mereka punya. jadi mereka mengumpulkan setiap konsep yang mereka punya, lalu

memilah dan memilih yang terbaik. bisa saja, apa yang kamu anggap luar biasa sudah ada orang yang mencetuskannya sebelumnya. atau bahkan sudah ada yang mewujudkannya.

intinya, pelajaran bagi seorang developer, ide pertama kamu bukanlah yang terbaik. gali lebih dalam lagi ide ide yang kamu punya.

mungkin kamu punya banyak ide ide hebat. tapi masalahnya adalah bagaimana kamu mengeksekusi ide tersebut dengan tepat.

bandingkan kembali dengan apa yang sudah ada. jangan sampai kita sudah susah susah mewujudkannya, eh tahu tahu ada yang protes. "ini adalah ide yang telah ada sebelumnya." atau, "wah ide ini hasil jiplakan dari judul titik titik." dan sebagainya.

tantangan terbesar skaligus terberat bagi seorang developer adalah mewujudkan apa yang belum pernah ada sebelumnya. memperlihatkan warna yang tak pernah orang lihat sebelumnya.

itu tantangan yang paling berat. namun sebagai developer, orang yang bersangkutan dilatih dan di tuntut mewujudkan itu semua.

9. datangi developer confrence.

konfrensi developer adalah salah satu tempat terbaik bagi para developer untuk saling berinteraksi satu sama lainnya. penting bagi kamu, supaya developer lainnya mengenal dan mengetahui keberadaan kamu.

bisa saja dalam acara konfrensi antar developer, kamu bisa menemukan apa yang dibutuhkan dari tim develper yang sudah ternama.

bahkan kalau kamu bertemu orang yang tepat, mungkin saja kamu bisa mendapat pekerjaan yang kamu impi impikan.

yang jelas, semua hal tak bisa lepas dengan apa yang disebut social networking, termasuk menjadi seorang developer.

8. lamarlah pekerjaan sebagai gaming tester atau quality assurance.

gaming tester adalah mereka yang dibayar untuk memainkan sebuah game. waw,,!!! sudah main game, dibayar pula?? namun jangan salah. gaming tester atau istilah kerennya quality assurance,

adalah orang yang dipekerjakan untuk menguji sebuah game yang telah dihasilkan oleh tim developer, utuk menemukan kelemahan dan kekurangan dari game tersebut.

quality assurance juga diharuskan memainkan game tersebut hingga melampaui batasan batasan dari game yang bersangkutan.

hal ini akan memudahkan para developer apabila mendapat berbagai masukan masukan dari player, sehingga mereka bisa memperbaiki berbagai kekurangan dari produk yang telah mereka hasilkan,

sebelum game tersebut dilepaskan ke publik. quality assurance sangat penting dalam menjaga kualitas produk yang telah selesai diciptakan

supaya tidak mengecewakan bagi konsumen. oh, ternyata ada juga pekerjaan semacam itu yha? tapi jika ingin mendapat pekerjaan sebagai
quality assurance, seorang harus benar benar tahu apa yang ia kerjakan.

harus tahu mana yang disebut bug, glitch, dan berbagai kekurangan kekurangan lainnya.

7. Mulailah buat online portfolio kamu.

hal ini mutlak terutama untuk seorang concept artist, atau animator. memajang hasil karya terbaik kita secara online supaya memudahkan siapapun bisa mengaksesnya,

adalah hal yang paling penting bagi seorang yang hendak berkarir di industri game. online portfolio bukan cuma sekedar memberi tahu orang orang bahwa inilah hasil kerja kita.

melainkan online portfolio juga memberi nilai jual bagi diri kita. sebuah tim developer akan tahu seberapa besar potensi kamu hanya dari melihat online portfolio kamu.

mungkin mereka akan menawarimu pekerjaan kalau kamu memang dianggap punya kualitas untuk menangani sebuah pekerjaan secara profesional.

jadi, jika ada dari pembaca yang berkeinginan untuk mendapat pejerjaan di industri game, mulailah memikirkan untuk menyusun dan menghasilkan portfolio online yang bisa menujukkan kamu punya nilai jual.

6. lakukan latihan secara intens terus menerus.

cuma ada satu cara untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi, di bidang yang kamu minati. apa lagi kalau bukan melakukannya secara terus menerus.

seperti halnya menjadi seorang developer tak jauh beda dengan menjadi seorang pengerajin atau semacamnya. semakin sering kamu melakukannya, maka semakin mahir kamu di bidang itu.

perlahan lahan, sedikit demi sedikit, kamu akan belajar dan belajar, hingga akhirnya dirimu jadi yang terbaik di bidang tersebut.

lakukan terus menerus, bila perlu tiap hari. misal kamu punya ketertarikan pada digital painting, lakukan itu setiap hari. prioritaskan itu melebihi apapun yang kamu miliki.

cobalah melampaui batasan batasan yang kamu punya. lakukan dalam interval waktu tertentu. misal selama satu tahun.

dan coba bandingkan hasil karya kamu yang dulu satu tahun yang lalu dengan satu tahun berikutnya. pasti jauh sekali perbedaannya.

5. aktiflah di social media.

banyak manfaat yang bisa di dapatkan dari social media. jika kamu berencana menjadi seorang game reviewer, atau live streamer, kamu harus benar benar memanfaatkan berbagai

social media seperti, youtube, facebook, twitch, dan lain sebagainya. jangan menyerah, fokus pada apa yang kamu lakukan, misal membuat berbagai vlogging tentang game,

melakukan review, dan lain sebagainya. lakukan terus menerus. makin banyak kamu melakukannya makin ahli kamu di bidang tersebut.

banyak orang yang telah sukses hanya dari bermain game, membuat review, dan yang lainnya. tapi semua itu memerlukan kerja keras. gagal sekali jangan berhenti.

gagal berkali kali jangan pernah berhenti, hingga akhirnya kamu berhasil.

4. cukup fokuskan diri pada 1 bidang yang paling kamu kuasai.

salah satu kesalahan yang paling fatal ketika mereka melamar pekerjaan adalah, mereka mengaku bisa menghandle segalanya. developer studio tidak mencari orang yang bisa melakukan banyak hal.

namun mereka memerlukan orang yang memang ahli dalam satu bidang. orang yang benar benar fokus dalam menangani satu bidang dengan sangat baik sekali.

ada istilah yang menyebutkan, manusia bukanlah mahluk yang sempurna. karena kita tak mungkin hebat dalam segala hal. dan karena itu pula kita tak bisa hidup sendiri.

kita pastilah memerlukan orang lain dalam menyelesaikan apa yang tak kita kuasai. fokus pada bidang kita, dan memberikan apa yang terbaik untuk tim,

itulah yang diperlukan oleh studio developer.

3. tuntutlah pendidikan yang akan mendukung karir kamu.

nah, ini adalah satu hal yang paling penting. tak semua orang menganggap pendidikan itu penting. atau mungkin tak semua orang mau bekerja keras untuk mencapai tingkat pendidikan yang jauh lebih layak.

kebanyakan orang melakukan berbagai penyangkalan seperti "haduhh, biaya pendidikan mahal." atau  "saya anak orang miskin yang tak mungkin merasakan pendidikan perguruan tinggi."

semuanya tak mustahil kalau kita mau bekerja keras. nah kebanyakan pekerjaan yang berhubungan dengan developing game, memerlukan kemampuan bahasa programan.

untuk merangkai berbagai content yang telah dibuat supaya menjadi produk game yang utuh, dibutuhkan kemampuan programing language yang memadai.

kalau kamu harus bersekolah di sekolah komputer, lakukanlah. kalau terbentur masalah biaya, lakukan sambil kerja. kerja pagi hingga sore, kuliah ketika malam.

dengan begitu secara tak langsung pendidikan akan membuat kamu terbantu dalam mendapatkan apa yang menjadi tujuan kamu.

2. mulailah membuat game.

sama halnya dengan berlatih. kalau kamu ingin pandai dalam suatu bidang, kenapa kamu tak mulai melakukannya? mungkin apa yang kamu buat untuk yang pertama kalinya, pasti akan terlihat begitu payah.

namun tak ada guru yang  lebih baik selain pengalaman. dan tak ada yang lebih tahu kekurangan dan kelebihan kamu selain dirimu sendiri.

cobalah membuat sebuah game, mobile game mungkin, secara iseng dan anggaplah kamu sedang mengerjakan hoby yang kamu suka.

atau coba buat developer game kecil kecilan bersama sahabat kamu. tak tahu bagaimana memulainya? ada internet yang bisa membantu kamu.

di internet ada banyak orang yang secara cuma cuma bersedia membagikan tips, trik dan juga tutorial melakukan berbagai hal, termasuk membuat game.

kenapa kamu tidak melakukan research saja? game apa sesungguhnya yang ingin kamu buat? apa saja yang diperlukan untuk membuatnya? serta bagaimana langkah langkah untuk mewujudkannya?

semua itu bisa kamu dapatkan melalui internet, baik itu forum, facebook group, youtube video artikel blogg, dan lain sebagainya. intinya, kalau kamu ingin melakukan sesuatu, lakukan saja.

1. Dedikasikan dirimu secara penuh di bidang ini.

ini adalah yang terpenting dari yang paling penting. untuk mencapai kesuksesan, kamu harus memiliki dedikasi, serta komitment yang tinggi.

apapun yang orang katakan tentang kamu, bagaimanapun kritik orang terhadap jalan yang kamu pilih, kamu harus punya komitmen yang sangat sangat solid.

"pokoknya apapun yang terjadi, saya tak akan pernah berhenti, sekalipun orang menganggap saya ini gila, aneh, saya akan buktikan, bahwa saya bisa berprestasi di bidang ini."

seperti itulah contoh dedikasi yang tinggi. mungkin tak semua orang akan setuju dengan ide yang kamu cetuskan. mungkin tak semua orang mengerti jalan

apa sesungguhnya yang kamu tempuh. atau mungkin banyak orang bahkan termasuk keluarga kamu, ikut serta menentang pilihan kamu. karena tentu saja gaming industri bukan hal yang lumrah di indonesia.

saat saat seperti inilah diperlukan dedikasi yang sangat sangat tinggi, kemauan keras, serta keinginan keras untuk menunjukkan kita bisa berprestasi.

dedikasi juga termasuk kerja keras. misal kamu punya self projek. self projek berarti, projek ini selesai atau tidak, berhasil atau gagal, memuaskan atau mengecewakan, semuanya tergantung hasil kerja kamu.

self projek ini juga akan memperlihatkan seberapa jauh kamu berusaha, dan seberapa keras kemauan kamu.
misal kamu menargetkan akan selesai dalam beberapa bulan. untuk mewujudkan itu kamu harus sangat disiplin.

karena tak akan ada yang mendorong dan memerintah kamu. kamu adalah boss dari dirimu sendiri. dan itu juga berarti, kalau kamu malas, hasilya pekerjaan kamu akan jadi malas malasan juga. :D

itu juga termasuk kamu harus membuang waktu luang berharga yang kamu punya seperti bersenang senang, hangout dengan sahabat, merelakan hobby kamu terbengkalai dan banyak lagi yang seperti itu.

kalau biasanya karyawan dapat libur seminggu sekali, atau dua hari se minggu, maka disini harus di rubah. kamu harus kerja lebih giat lagi. bila perlu jangan ambil libur kecuali sakit.

seperti itulah pemikiran seorang depeloper. terutama independent developer. apa kamu siap menjalani itu semua?

oh iya, bagi kamu yang memang serius ingin membuat game, ini ada beberapa situs rujukan yang memberikan berbagai informasi dan tutorial dalam membuat game

4 situs untuk belajar ilmu dasar membuat game.

cara membuat game sederhana dikomputer untuk pemula.

dasar membuat game dengan unity.

membuat game android dengan AS3.

subscribe youtube channel berikut ini. channel channel tersebut menyediakan berbagai tutorial gratis.

unreal engine for beginner.

unity 5 tutorial for beginner. how to making game.

unity android game tutorial how to make game or app.

o.k, pembaca sekalian, terimakasih atas kunjungannya. semoga update kali ini bermanfaat bagi kalian. jika ada salah kata, ehem :) tolong di maafkan. terimakasih,

dan sampai jumpa lagi lain waktu. peace. (^3^)

source : top 10 tips for getting into video game industry.




Postingan terkait: