pengertian virus dan mallware


mallware


adalah semua jenis software yang di desain dan dibuat untuk tujuan menghasilkan uang secara ilegal, baik dengan cara merusak maupun mencuri data pada PC komputer maupun mobile device korban.

semua jenis jenis virus, termasuk dalam kategori mallware.
mallware pada umumnya digunakan untuk berbagai kegiatan, kejahatan cyber, pencurian, perusakan, penipuan, dan berbagai bentuk kejahatan cyber lainnya.


pada umumnya mallware menginfeksi komputer kamu dengan 3 cara berikut ini.

1. download file yang terinfeksi,
2. mengunjungi situs tak terpercaya,
3. menerima email yang berisi lampiran link menuju situs yang tak terpercaya, atau berisi 
lampiran file file terinfeksi.
segala bentuk virus termasuk dalam kategori mallware. namun mallware belum tentu virus.

virus


virus memerlukan file perantara untuk dapat bisa menginfeksi komputer korban. hal ini berarti virus hanya akan bekerja apabila korban membuka ataupun
menginstal software atau file yang telah terinfeksi. virus disebarkan melalui jaringan internet, namun hanya jika, korban mendownload file yang terinfeksi virus,


share file yang telah terjangkit tersebut, atau menerima email dengan attachment yang tak terpercaya.

trojan

trojan adalah software berbahaya yang tampak terlihat seperti software terpercaya.


jadi pengguna di tipu supaya mau mengeksekusi file yang ternyata adalah trojan tersebut.
trojan bertujuan untuk mencuri berbagai data sensitif milik kamu, skaligus memberikan akses para hacker pada komputer kamu.

berbagai data yang di incar trojan seperti, data kartu kredit, pasword rekening bank, dan berbagai data data berharga lainnya.

Ransomware.


di desain untuk mengunci dan mengambil alih akses komputer kamu, baik itu melakukan lock pada komputermu sehingga kamu tak bisa lagi mengunakannya,


menghancurkan data data yang tersimpan dalam komputer yang kamu punya, serta meminta tebusan uang untuk melepaskan aksesnya dari komputer kamu, dan mengembalikan data data kamu.

spyware.


diciptakan dengan tujuan untuk memantau  dan memata matai segala aktifitas user secara diam diam. terutama penggunaan akses internet, dan juga memata matai


aktifitas login dari user, dan akhirnya mencuri password akun penting dari pengguna.
worm.


memiliki kemampuan menduplikasi dirinya sendiri, dan menyebarkan diri melalui jaringan komputer. menginfeksi semua komputer yang terhubung dalam satu jaringan.
memperlambat kecepatan internet dengan cara memperbanyak jumlah traffik,
dan mengancam keamanaan komputer.



berbeda dengan mallware jenis virus, mallware jenis ini mampu aktif tanpa memerlukan adanya file perantara. worm memiliki kemampuan stand alone layaknya software mandiri.
satu satunya cara agar terbebas dari segala jenis mallware, adalah dengan cara mendownload regular update, berbagai paket paket pembaharuan untuk komputer kamu.
menjaga software komputer kamu selalu terupdate dan tentu saja dengan melindungi komputer dengan software antivirus terpercaya.


Postingan terkait: