Definisi apa sesungguhnya 4K display itu.

Definisi apa sesungguhnya 4K display itu.

Barangkali pembaca pernah beberapa kali mendengar istilah 4K. 4K ini, 4K itu, dan pada akhirnya pasti timbul pertanyaan di benak pembaca "apa sih sebenarnya 4K diaplay itu?"

Yha tentu saja ada berbagai penjelasan teknikal tentang apa sesungguhnya 4K display itu. nah, kali ini saya akan mencoba menjelaskan apa sesungguhnya 4K display itu.

4K adalah suatu istilah untuk menyebutkan sebuah tingkatan resolusi pixel. berbicara tentang resolusi pixel, bisa kita ambil contoh sebuah smartphone sebagai awalnya.

rata rata tingkat resolusi smartphone kita katakan saja 1280x720p. tingkat ini disebut tingkat 720p, atau resolusi 720. kemudian kita naikkan lagi, mengarah pada resolusi laptop.

kita anggap saja rata rata resolusi laptop adalah 1440x900p. lalu naik lagi,,!! ke resolusi monitor PC. resolusi monitor pada PC rata rata adalah 9020x1080p. resolusi ini dikenal dengan display 1080.

sedangkan resolusi 4K display, adalah, resolusi yang berkisar antara 4000x2000 per pixel. meskipun seperti yang telah saya sebutkan tadi, 4K display juga memiliki berbagai varian. mulai dari,

3840x2160, 4096x2160, 4096x1741, 3996x2160, 3656x2646, 4096x3112, dan lainnya lagi. sesungguhnya 4K display juga memiliki standar yaitu, UHD atau Ultra High Definition, dengan resolusi kira kira 3840x2160 per pixel.

mungkin jika di hitung, itu adalah pixel dengan jumlah yang sangat sangat banyak. pada dasarnya, semakin banyak jumlah pixel, maka semakin detail kualitas resolusi content yang bisa ditampilkan.

sesungguhnya seberapa bagus kualitas resolusi yang dihasilkan dari sebuah display, sangatlah bergantung pada seberapa jauh dekatnya jarak pandang kamu terhadap objek display tersebut.

misalkan saja resolusi smartphone. karena smartphone tak di desain untuk digunakan dalam jarak pandang yang jauh dari mata kita, maka begitu mudah kita melihat adanya potongan potongan pixel yang menyusun

display layar smartphone milik kita. kerapatan pixel yang ada pada layar smartphone kira kira sekitar 300ppi atau 300 pixel per inci. sedangkan laptop, karena dalam penggunaannya

jarak pandang antara layar laptop dengan mata kita agak lebih jauh dari pada ketika menggunakan smartphone, maka kita tak akan selalu menemukan adanya pecahan pecahan pixel pada layar.

hal ini juga mempengaruhi jumlah kerapatan pixel yaitu sekitar 120 pixel per inci. dan karena kita tak akan mendekatkan wajah kita ke layar laptop, maka 120ppi sudah cukup bagus bagi laptop.

sementara jika kita berhadapan dengan display elektronik seperti TV dari jarak yang lebih jauh lagi, tingkat kepadatan pixel dari TV rata rata adalah 40ppi, mungkin bisa di katakan resolusi tersebut terlalu rendah.

setara dengan resolusi ponsel.
tapi karena kita duduk dalam jarak yang lumayan jauh dari layar TV, mata kita tak akan menyadari pecahan pecahan pixel tersebut.

kecuali kita mendekati layar TV tersebut, maka mata kita akan mengenali tampilan layar TV seperti pada gambar di bawah ini.

dari sini ternyata dapat kita lihat. TV memiliki resolusi yang amat rendah. tapi karena TV di desain untuk kita tonton dari jarak pandang yang agak jauh, maka ini tak jadi masalah.

tampilan seperti screenshoot gambar di atas, disebut dengan istilah "sub pixel matric." pixel pixel tersebutlah yang menghasilkan gambar gambar/warna pada layar TV kita.

untuk melihat tampilan seperti pada gambar di atas, kita harus mendekatkan wajah kita beberapa inci ke layar TV. apabila kita melakukan hal yang sama pada layar 4K TV, tak akan pernah kita temukan pecahan pecahan seperti

"sub pixel matric" tadi. dengan kata lain, kita bisa menggunakan 4K TV seperti layaknya menggunakan layar laptop/monitor. sedangkan apabila kita sedikit menjauh dari layar 4K TV,

maka akan menghasilkan tampilan yang sangat sangat jernih. sangat sangat detail, hampir seolah kita sedang melihat ke luar jendela dan menyaksikan apa yang sedang terjadi di luar sana.

sejak tahun 2013, produsen produsen elektronik besar seperti misalnya samsung, mulai menciptakan TV beresolusi 4K. samsung sendiri telah bekerja sama dengan netflix, yaitu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa

penyedia online streaming film, untuk menghasilkan konten konten berkualitas 4K. bukan cuma sekedar samsung. bahkan PS4 milik sony juga mengadaptasi resolusi berkualitas 4K.

dengan merilis update PS4 Pro. PS4 Pro sendiri adalah update PS4 versi sebelumnya, namun dapat menyajikan resolusi content gaming setara bahkan melebihi kualitas grafik yang ada pada PC.

o.k, bukankah itu bagus? adanya peningkatan teknologi dalam bidang kualitas resolusi yang lebih baik, yha memang. itu adalah kabar yang bagus, namun sayangnya.

barang/produk produk berkualitas 4K seperti samsung 4K TV, PS4 Pro, 4K camera, dan lain sebagainya, adalah barang yang sangat sangat mahal. teknologi seperti ini belum bisa dinikmati oleh semua kalangan.

mungkin produsen produsen elektronik besar, baru hanya akan menyasar orang orang kaya atau orang kalangan atas saja. -ahkan hingga saat ini, tahun ini, tak setiap orang

di amerika/luar negeri sana mampu membeli 4K tv. sama halnya dengan teknologi virtual reality. seperti ketika sony merilis produk virtual reality mereka yaitu PS VR,

tak banyak ada para tim developer tertarik untuk mengembangkan content untuk heanset virtual reality. bahkan tak banyak orang perduli tentang itu.

baiklah, sekian dulu tulisan singkat saya ini tentang Definisi apa sesungguhnya 4K display itu.

sampai jumpa kembali pada update berikutnya.

source : 4k video explained







Postingan terkait: