Perbedaan antara virtual reality dan augmented reality.


Perbedaan antara virtual reality dan augmented reality.

sama sama memerlukan komputer untuk dapat bisa beroperasi.

baik virtual reality maupun augment reality sama sama memerlukan PC komputer untuk dapat menjalankan fungsinya.

jika augment reality berusaha mengeluarkan apa yang ada di dalam komputer ke dunia nyata, maka virtual reality berusaha membawa kita terbawa masuk ke dalam dunia komputer itu sendiri.

ke dua teknologi ini bekerja dengan tujuan yang begitu bertolak belakang. dibalik tujuan yang bertolak belakang tersebut, ke dua teknologi ini memiliki manfaat yang sama yaitu,

apa lagi kalau bukan untuk memudahkan kehidulan manusia.

Bukan 2 hal yang pantas di banding bandingkan.

sepintas antara virtual reality dan augment reality terdengar sangat mirip. namun antara virtual reality dan augment reality adalah 2 hal yang bekerja berdasarkan prinsip

yang jauh berbeda. anggap saja kita sedang membandingkan seekor kelinci, dan seekor kucing. atau buah melon dan buah semangka. :)

virtual reality bekerja dengan prinsip menggantikan dunia nyata, sedangkan augment reality menambahkan content virtual ke dunia nyata.

yha. virtual reality berusaha meniru dan menggantikan berbagai objek yang ada di dunia nyata, menggantikan lingkungan sekitar dengan apa yang disebut dengan

teknologi grafik komputer, rendering, texture, dan berbagai tampilan digital lainnya. pada dasarnya menggunakan teknologi virtual reality

tak jauh beda rasanya dengan bermain game first person . hanya saja karena media visualnya di alihkan ke media kaca mata, controller gamepad diganti,

maka seolah kita masuk ke dalamnya. namun sesungguhnya tidak. grafik yang dihasilkan oleh teknologi virtual reality masih sangat jauh dari kata realistik.

tak seperti virtual reality yang berusaha menggantikan dunia nyata, sebaliknya augment reality menambahkan content virtual ke dunia nyata.

contohnya game pokemon go. game ini memanfaatkan prinsip kerja teknologi augment reality, sehingga seolah olah kita sedang berburu pokemon sungguhan di dunia nyata.

augment reality mewujudkan kontent digital ke dunia nyata, seolah content itu benar ada dan kita bisa berinteraksi dengannya secara langsung.

satu satunya gadget augment reality terbaik yang ada saat ini adalah hololens milik microsoft. hollolens membuat kita merasakan pengalaman seluruh lingkungan sekitar kita adalah

komputer milik kita. berbagai hal bisa dilakukan seperti, memutar youtube video, membuka browser, dan juga melakukan streaming game xbox.

semua itu dilakukan seolah komputer yang kita punya keluar dan berinteraksi langsung dengan dunia nyata.

bukan cuma itu saja. pengguna bisa meletakkan gambar/aplikasi seolah gambar tersebut adalah pajangan di dinding.

hollolens juga memberi kemampuan bagi pengguna untuk meletakkan aplikasi yang ia mau dimanapun. meninggalkannya, dan aplikasi utu tetap bekerja.

virtual reality mengabaikan dunia nyata, sedangkan augment reality bekerja sejalan dengan dunia nyata.

dengan mengabaikan dunia nyata, virtual reality menambahkan berbagai kenampakan kenampakan baru, seperti benda, pemandangan, dan lain sebagainya.

membuat kita seolah berada di tempat lain, dan terlibat apa yang seolah olah sedang terjadi. pengguna juga bisa memanipulasi berbagai hal yang ada dalam virtual reality.

namun di saat yang sama pula pengguna virtual reality harus kehilangan kontak dengan dunia nyata untuk dapat merasakan pengalaman tersebut. 

augment reality lebih menyanjikan teknologi di masa depan, karena augment reality seperti yang ada pada hololens

lebih mengacu ke arah bisnis dan penggunaan sehari hari. pengguna bisa membawa PC miliknya kemana mana. berinteraksi dengannya seolah perangkat komputer tersebut menyatu dengan alam nyata.

kemungkinan virtual reality akan lebih bermanfaat bagi para pekerja, seperti misalnya developer, animator, desainer, dan lainnya. kemudahan berinteraksi dengan komputer secara langsung di media nyata tanpa harus

melihat layar display terus menerus, adalah salah satu kemudahan yang dijanjikan teknologi virtual reality ini.

virtual reality lebih cocok untuk media hiburan dan lainnya.

berkat kemampuannya meniru realita, virtual reality menjanjikan berbagai hiburan, bukan cuma sekedar menyaksikannya, namun menyatu dan masuk kedalamnya.

kemungkinan di masa depan nanti virtual reality akan mempengaruhi perkembangan berbagai berbagai bidang, mungkin dalam bidang kesehatan, hiburan, pendidikan, dan lain sebagainya.

pada intinya, di masa depan nanti kita tak akan bisa lepas dari ke 2 hal tersebut. virtual reality dan augment reality adalah dua hal yang tak bisa dibandingkan,

namun bisa berjalan secara berdampingan. tak ada yang lebih baik ataupun lebih buruk di antara ke duanya.

sumber : 

Hand on with hololens May 2016.

virtual reality vs augment reality which is better?






Postingan terkait: