10 hal ini yang mebuat Horizon Zero Dawn menjadi salah satu game yang paling ditunggu tunggu

10 hal yang harus kamu ketahui tentang horizon zero dawn

kali ini saya akan menulis tentang game Horizon Zero Dawn. salah satu game yang paling di tunggu tunggu perilisannya.

game ini sendiri dikembangkan oleh developer Guerrilla Games. Guerrilla Games sebelumnya sempat mengembangkan game yang berjudul Kill zone, yaitu semacam game bergendre FPS.

bailkah di bawah ini adalah 10 hal yang harus kamu ketahui tentang game Horizon Zero Dawn.


10. Berlatarkan pada waktu masa depan tepat 1000 tahun kehidupan bumi dari sekarang. 


Bayangkan kalau 53 tahun dari sekarang adalah masa depan yang sesungguhnya. 1000 tahun lagi adalah latar waktu terjadinya game ini.

dan pada masa itu ada peradaban manusia yang memiliki teknologi yang telah begitu maju. namun entah apa itu penyebabnya, tiba tiba kota itu mati.

peradaban manusia pergi menghilang entah kemana. kemudian sekian lama waktu berlalu. kehidupan baru mulai bermuculan. peradaban lama

mulai punah runtuh, termakan oleh kemunculan kehidupan baru. kota kota besar dimakan oleh kemunculan alam. lalu mulailah muncul manusia manusi baru. peradaban manusia baru ini berulang kembali dari awal.

memulai kembali kehidupan seperti masa suku suku pedalaman. peradaban manusia yang canggih yang sudah runtuh tersebut,

sekarang dikenal dengan istilah "The old one". namun entah dari mana asalnya muncul mesin mesin yang berbentuk binatang mendominasi dan menguasai dunia.

disini terjadi keunikan yang memungkinkan bertemunya 2 unsur yang benar benar bertolak belakang. manusia manusia baru yang hidup dengan cara berkelompok dan membentuk clan ini,

hidup dengan memanfaatkan bekas bekas peninggalan "the old one". seting latar belakang waktu dalam game sangatlah unik. bagaimana clan clan tersebut memanfaatkan bekas

bekas dari peradaban lama. misalkan corak outfit dan juga senjata senjata yang terkesan primitif, namun modern. primitif karena mereka tampil mirip suku suku pedalaman, atau indian misalnya.

modern karena mereka menggunakan sparepart bekas bekas robot mesin yang sudah mati. yang jelas latar belakang waktu yang terjadi dalam game menghasilkan kenampakan peradaban yang unik.

latar belakang seperti ini belum pernah terlihat sebelumnya.


9. menggabungkan 2 unsur yang jauh berbeda yaitu, appocalipse tradisional, dengan futuristic scifi dengan sangat sempurna.

ini merupakan salah satu alasan mengapa kamu harus tertarik pada game ini. bagai mana tidak, Horizon Zero dapat menggabungkan

2 unsur yang bertolak belakang menjadi satu kesatuan yang unik. bagai mana suku tradisional, primitif melawan robot robot scifi, yang begitu cangih?

kedengarannya memang tak masuk akal dan terlalu dibuat buat. namun ternyata semuanya logis berkat latar belakang waktu kejadian yang terjadi dalam game. 

yang mana kejadian dalam game adalah 1000 tahun dari saat ini. ceritanya adalah peradaban manusia yang begitu maju, begitu advance akan teknologi

tiba tiba punah. tak ada yang tahu apa yang sedang terjadi. namun ternyata begitu semua peradaban maju runtuh, kenyataan bahwa dunia di dominasi oleh

mesin mesin canggih, dan mereka yang menguasai segalanya, membuat peradaban manusia baru menjadi terpinggirkan.

dan peradaban manusia yang baru, yang masih menjalani cara hidup yang primitif, yaitu kembali ke masa berburu, mereka harus hidup berpindah pindah untuk tetap bertahan hidup dan mencari

sumberdaya alam untuk kelangsungan hidup mereka.


8. karakter utama dalam game bernama aloy

Aloy adalah seorang wanita muda, yang dibesarkan di sebuah clan peradaban baru, namun ia bukanlah bagian dari klan tersebut.

ia berasal dari entah dimana, dan ia di cap sebagai outsider (orang asing). ketika ia kecil, aloy tak diterima oleh klan tersebut, karena orang asing di anggap pembawa bencana.

namun ada seorang pria dewasa, anggota dari klan tersebut, yang mau menerima aloy. pria tersebut berperan sebagai seorang ayah dan skaligus menthor bagi aloy.

ia dibesarkan dan dilatih bagaimana caranya menjadi seorang pejuang, bagaimana caranya berburu dan bertahan hidup, serta menggunakan senjata.

hingga akhirnya ia merasa sudah siap, aloy memilih pergi meninggalkan klannya, untuk mencari tahu dari mana asal dirinya sesungguhnya, siapa orang tuanya, dan apa yang sedang terjadi.

aloy sendiri punya kepribadian yang cerdas, keberanian, kegigihan serta rasa ingin tahu yang tinggi. ia juga berhasil menemukan

sisa sisa teknologi peradaban lama (the old one), dan dengan itu akan memudahkan perjalanannya. beberapa teknologi peradaban lama yang dimiliki aloy

seperti, scanning yang berfungsi untuk mencari tahu titik lemah musuh, hilight track, dan menandai target. serta spear yang bisa difungsikan sebagai alat untuk membunuh beast (robot robot berwujud binatang), dan skaligus

alat untuk menghack beast, dan membuat mesin tersebut berada dipihak Aloy, dan membantunya dalam pertempuran.


7. adanya unsur misteri dalam game.

dari mana asap corruption, dan bagaimana mereka bisa mempengaruhi mahluk lain seperti misalnya the watcher. dan bagaimana the old one bisa runtuh, dan kemana perginya para manusia dari peradaban lama.

misteri inilah yang ditinggalkan untuk Aloy (player). terserah player sendiri, apakah akan menyelesaikan progres dari game, dan mengungkap misteri atau tidak.

karena gendre dari game adalah RPG openworld, maka player bebas menjelajahi dunia Horizon Zero. namun sesungguhnya ada progres  utama dalam game yang harus dilewati.

ada adegan yang membingungkan pada salah satu video trailer Horizon Zero Dawn. di akhir video, ada adegan dimana Aloy berada didepan sebuah pintu misterius.

pintu itu melakukan scanning pada Aloy, kemudian terdengarlah suara konfirmasi "identity confirm". apakah ia ada hubungannya dengan "the old one?" apakah Aloy berasal dari peradaban lama?

namun ada teori menarik lainnya yang muncul disini. kalau ada robot canggih, yang advance teknologi menguasai dunia, mengapa manusia tak bersama robot robot tersebut yang menguasai dunia? mengapa manusia kembali ke zaman berburu?

apakah mereka membuat kecerdasan buatan yang ternyata malah berbalik memusuhi manusia? (jadi mirip terminator malah).

atau mereka terkena virus dan jadi zombie? (kalau ada virus, mana zombienya?) ahh, sudahlah. biarlah si Aloy yang mengungkap misterinya. :D


6. game bergendre RPG openworld.

adanya indikasi bar experience dalam game, menandakan ada unsur RPG didalamnya. unsur lain seperti, outfit yang dapat diganti ganti, weapon yang bisa ditingkatkan

levelnya sehingga kemampuannya jadi lebih optimal, mengumpulkan berbagai item yang nantinya akan berguna.

berbagai menu seperti yang ada pada game game RPG seperti, skill, inventori, crafting, map, quest, notebook, dan lainnya.


5. konsep game begitu dalam, bukan sekedar game fantasi yang menggabungkan berbagai unsur yang telah ada sebelumnya secara paksa.

ada banyak game fantasy atau scifi yang dirilis tahun ini. tapi kebanyakan dari game tersebut,

meniru dan menambahkan atau mengkombinasikan unsur unsur yang memang sudah ada sebelumnya.
namun game Horizon Zero Down ini tak menunjukkan hal hal di atas.

konsep seperti menggabungkan 2 unsur yang jauh bertolak belakang, dan menjadikannya satu hal yang logis, bahkan tak terasa dipaksakan,

merupakan alasan yang tepat mengapa game Horizon Zero Dawn ini, pantas menjadi salah satu game yang sangat di antisipasi perilisannya.

bagaimana karakter Aloy dalam game mengkombinasikan unsur teknologi seperti scanning, hacking, dan juga tradisional seperti jebakan tradisional, ataupun

menggunakan busur dan panah untuk menjatuhkan lawan, membuat player merasakan pengalaman gameplay yang baru, dan tak pernah ada sebelumnya.

hal ini membuat saya bertanya tanya. jangan jangan benar di masa depan nanti, mungkin 1000 tahun dari sekarang hal seperti ini bisa terjadi?

bukan cuma itu saja. karakter utama dalam game Aloy yang punya karakter yang tangguh, bagaimana ia dibesarkan dan dicap sebagai seorang outsider (orang asing),

yang menurut pandangan clan akan membawa bencana bagi mereka. hal inilah yang mempengaruhi pembentukan kepribadian Aloy. membuatnya jadi keras tangguh, bertekat

dan berkeinginan untuk mencari tahu siapa sesungguhnya orang tuanya, dari mana ia berasal, dan bagaimana mesin bisa mendominasi duni? membuatnya jadi semakin menarik lagi.

secara singkat, unsur unsur penyusun dalam game ini tersusun dengan sempurna. tak ada bagian bagian yang bertolak belakang satu sama lainnya.


4. tak ada tutorial dalam game.
seperti yang terlihat di video gameplay demo, tak akan ada tutorial yang akan mengajari player apa yang harus dikerjakan, dan bagaimana metode

gameplay yang benar. player diharuskan mencari tahu sendiri apa yang harus dilakukan,

dan mencari tahu bagaimana metode terbaik untuk menyelesaikannya.

mungkin bagian ini akan membuat semuanya jadi lebih menarik. namun tak ada yang perlu di khawatirkan. karena game di desain untuk mudah di mengerti oleh player.


3. adanya unsur tactical combat.

berbagai unsur tactical combat meliputi, misalnya ada musuh yang harus dihadapi dengan metode jarak jauh, jadi dengan ini akan diperlukan bow (busur panah).

atau ada yang harus di tombak, sehingga mengaharuskan player mendekati sasaran untuk menombak.

memasang jebakan untuk melumpuhkan lawan, atau menggunakan senjata mereka sendiri untuk mengalahkannya, seperti thunder jaw, yang berukuran besar

dan di lengkapi chasing metal yang harus diledakkan dengan rocket launchernya sendiri. atau memanfaatkan mahluk mekanik lain untuk membantu pihak kita dalam bertempur.

atau shaw walker yang harus dihadapi dengan senjata bertipe jarak jauh, karena ia punya shield dan tombak/capit, berbahaya kalau dihadapi dengan metode jarak dekat. 


2. adanya unsur crafting

salah satu unsur RPG adalah 

unsur crafting. ini bisa didapat dari beast yang telah dibunuh. misalkan the watcher. player bisa mendapatkan dan mengambil berbagai

part seperti,  metal shard, corruption metal burn, dan wire yang nantinya bisa di crafting menjadi berbagai item, misalnya trap. macam macam trap seperti,

shock trap, explossive trap, dan fire blaze trap. semua trap ini membutuhkan cost resource yang telah didapat tadi.


1. ada unsur ekonomi.

selain berguna sebagai resource untuk melakukan crafting, semua item yang telah didapatkan juga bisa ditukaran dengan senjata, atau item apa saja, jika kita bertemu dengan anggota colony lainnya.

jadi penting bagi player untuk melakukan perburuan. karena selain bermanfaat sebagai sumber pendapatan resource, juga bisa menghasilkan sumber pendapatan untuk melakukan trading.

dalam game Horizon zero Dawn memberlakukan sistem trading (pertukaran), sebagai sistem ekonomi mereka. jadi tak akan ada mata uang. cukup masuk akal, karena masa peradaban kembali ke masa perburuan.

o.k, sekian dulu artikel tentang 10 hal yang harus kamu ketahui tentang horizon zero dawn. game ini rencananya akan rilis 17 februari 2017, tersedia untuk PS4 dan PS4 Pro. bertepatan dengan vallentine yha?

o.k, sampai jumpa kembali lain waktu.

source : playstation, Horizon Zero Dawn, E3 live cast 2016.





Postingan terkait: