10 fakta tentang resident evil series yang mungkin tak semua orang tahu.


hi guys, bertemu kembali dengan saya, kali ini saya akan menulis tentang 10 fakta dari resident evil series milik Capcom, yang mungkin kamu tidak tahu. 
Resident Evil adalah salah satu judul franchise milik capcom yang sangat sangat populer, berkat kepopulerannya judul Resident Evil bukan cuma sekedar mengacu pada game saja,
namun mulai merambah ke area Film layar lebar, komik, novel, serta media lainnya. 

namun di balik kepopulerannya, tak banyak yang tahu ada 10 fakta rahasia
mengenai franchise milik capcom ini. baiklah, di bawah ini ada 10 fakta tentang resident evil series yang tak semua orang ketahui. kita mulai dari nomor 10.

10. versi pertama game adalah Resident evil 0.1.5


seperti halnya banyak project, resident evil juga mengalami banyak perubahan. mulai dari proses penentuan ide konsep, hingga akhirnya tiba
pada tahap perilisan akhir, resident evil menjadi produk yang begitu berbeda dari konsep sebelumnya. 

salah satu versi resident evil dari versi yang masih dalam tahap pengembangan lainnya ialah
Reaident Evil versi 0.1.5. pada versi ini, karakter elsa walker digantikan oleh claire redfield yang merupakan adik perempuan dari karakter utama protagonis resident evil christ.

9. ada banyak versi resident evil 0.3.4.


sama halnya dengan resident evil verai 0.1.5, resident evil 4 atau yang lebih dikenal dengan istilah resident evil 0.3.4, banyak sekali melalui proses developed sebelum mencapai versi final seperi yang kita kenal saat ini.

versi pertama lebih bergaya resident evil darker town, yang sebenarnya menjadi cikal bakal dari game Hack N Slash Devil May Cry seperti yang sudah kita kenal sekarang.
pada versi ke duanya, developer mengembangkan cerita resident evil 4, berlatar belakang pada virus, kemudian masalah supranatural, dan akhirnya barulah
developer kembali ke tema zombies pada tahap ke 4, namun akhirnya di ganti kembali, dan begitu seterusnya hingga terciptalah Resident Evil 4.

8. Sengoku biohazard menjadi onimusha series.


ketika capcom berada pada tahap pengembangan untuk dapat menciptakan Resident Evil Nemesis crysis, dalam berbagai ide yang dikembangkan oleh tim developer, salah satunya adalah sengoku biohazard.

senggoku adalah departement efensif dari racoon city, berlatarkan tempat pada rumah bergaya arsitektur jepang, yang dipenuhi dengan berbagai jebakan serta teka teki.
bukannya menggunakan pistol, si main karakter malah bersenjatakan katana dan juga ninjutsu. dan karena beranggapan ide tersebut begitu jauh melenceng dari format resident evil,

capcom terpaksa membuang ide tersebut. namun di sisi lain, tim developer dengan hebatnya melakukan keajaiban dengan merubah ide yang sudah tak terpakai tersebut,
menjadi judul game yang tak kalah sukses yaitu onimusha. sama halnya seperti Devil May Cry, Onimusha adalah game yang tercipta dari konsep konsep Resident Evil yang sudah tak terpakai.

7. judul resident evil terinspirasi dari game jadul milik capcom yang berjudul sweet home.


pada tahun 1999, Capcom merilis judul game untuk console di masa itu yaitu nintendo. game tersebut berjudul sweet home. sweet home adalah game yang menggabungkan unsur
RPG game dengan fitur turn based combat, berlatar pada manshion yang dipenuhi zombies dan berbagai mahluk mematikan lainnya.

tujuh tahun kemudian, Capcom kembali dengan game bergendre survival horror, dengan gameplay yang menyerupai Resident Evil, ada banyak animasi pintu yang membuka dan menutup,

dilengkapi pula dengan fitur infentory yang menyerupai game resident evil, dan tak ketinggalan unsur puzzle disematkan di dalamnya.
banyak yang mengatakan bahwa Resident Evil adalah kesuksesan dari game sweet home milik capcom.

6. resident evil bukan cuma sekedar judul game atau movie saja.


Berkat kepopulerannya,
Resident Evil menjelma menjadi apa yang bukan hanya sekedar game dan movie franchise belaka. tentu saja Resident evil juga merambah ke bidang mainan serta action figure.
bahkan komik dan animasi film juga tak luput dari judul franchise milik Capcom ini. karakter Resident Evil, Resident Evil 2, dibuatkan versi komik skaligus episodenya, dan Resident Evil zero dibuat versi adaptasi novelnya.

5. George .A Romero
menulis script untuk film Resident evil.


sebelum paul w anderson membawa resident evil ke layar lebar, George A Romero yaitu penulis naskah ahli spesialis zombie sinema, sempat menulis versinya sendiri.
ada beberapa pemisahan unsur utama dalam versi tulisan dari George A Romero. karakter utama masih dalam serangan zombies, christ menjadi pacar jill, dan latar belakang cerita berlatar di dalam manshion besar tua dan menakutkan.
karakter di hadapkan pada kematian yang bisa datang kapan saja.

4. konsep original karakter Resident Evil benar benar berbeda dari versi finalnya.


pada versi final, karakter utama dalam resident evil yaitu christ dan jill, sesungguhnya adalah karakter yang sangat sangat berbeda pada waktu pengembangannya.
pada konsep awal, christ dan jill bukanlah tokoh utama. melainkan dua karakter yang bernama gelzer dan dewey. gelzer pada awalnya dikonsepkan sebagai seorang cyborg atau cybernetic organism dengan tubuh yang sangat sangat besar.

sedangkan dewey adalah seorang karakter komik yang terinspirasi dari edy morphy. namun seiring berjalannya proses developed, kedua karakter ini dihapus dari konsep, karena dirasa sama sekali tak ada hubungannya dengan latar belakang cerita.

3. pada awalnya Resident Evil dikembangkan untuk jadi game first person shooter.


pada awalnya, capcom beranggapan bahwa Resident Evil akan menjadi judul yang cocok dengan tema first person shooter.
namun akhirnya first person shooter menjadi apa yang kita sebut sebagai ciri khas dari far cry saat ini. creator shinji mekami menginginkan resident evil menjadi game first person shooter pada saat itu,

namun menyadari bahwa resident evil sama sekali bukan judul yang tepat untuk gaya game firts person shooter, karena first person tak mampu memberikan pengalaman bermain yang maksimal untuk horror game,

capcom membuat pilihan yang sangat tepat dengan menjadikan Resident evil sebagai game third person shooter. dan ternyata memang benar, game first person shooter tak bisa memberikan
sensasi horror nan menegangkan seperti halnya game third person shooter.

2. Resident Evil Nemesis sebenarnya adalah seri spin -off.


Kalau bukan karena capcom telah menandatangani kontrak dengan Sony, yang mengharuskan capcom untuk menghasilkan 3 judul resident evil pada console playstation,
fans akan mendapatkan apa yang benar benar berbeda dari judul di atas. pada saat waktu perilisan console ps2 tiba,

ketika telah berhasil menyelesaikan projec resident evil 2, capcom telah bersiap menyelesaikan projec baru, namun masalahnya, capcom tak tahu harus berfokus di bidang apa.

di saat yang sama, capcom tengah disibukkan dengan 3 judul Resident Evil, dan di saat yang sama pula dituntut untuk menghasilkan judul resident evil untuk console ps2 yang baru di rilis pada saat itu.

tentu saja capcom mengalami kepanikan hebat, dan akibatnya capcom kehabisan waktu untuk mengembangkan 3 judul resident evil untuk console playstation.
terakhir capcom terpaksa mengorbankan 3 projec skaligus yang awalnya direncanakan untuk dirilis pada console playstation.

bertekad memberikan yang terbaik bagi para fans, dan tak ingin membuat fans menunggu lebih lama,  akhirnya capcom berfokus untuk membuat judul resident evil yang dirilis pada console ps2.

membawa kembali protagonis utama jill valentine dan latar tempat racoon city, capcom berhasil menciptakan seri spin off dari resident evil.

1. Ada restaurant yang bertemakan Resident Evil di luar sana.


Capcom sempat membuka restaurant yang bertemakan resident evil biohazard. berkat kepopulerannya yang begitu exstrim, bahkan orang hampir lupa ternyata resident evil diciptakan pertama kali di jepang,

sempat muncul restaurant yang bertemakan resident evil dengan nama biohazard caffe pada tahun 2012. namun hanya dibuka dalam jangka waktu satu tahun saja.
interior dari caffe dihiasi berbagai unsur sejarah franchise resident evil, bahkan replika penuh dari monster yang ada dalam game resident evil tirant. (kemungkinan salah tulis).

berbagai hal lainnya seperti senjata, emblem, dan bahkan para waitress mengenakan busana plus tingkah laku layaknya karakter yang bisa dijumpai dalam game.
namun sayangnya, kafe ini ditutup karena mendapat komentar negatif, menyangkut masalah kualitas makanan yang kurang bagus, plus pelayan yang mengumbar keseksian seksualitas.

o.k guys, sekian dulu update kali ini dari saya. terimakasih atas kunjungannya, dan sampai jumpa kembali.

(jika ada dari para fans resident evil menemukan ada kesalahan dari tulisan saya ini,
silahkan berkomentar di bawah , dan tambahkan perbaikannya.) sekali lagi terimakasih.

source :
top ten intresting fact about resident evil.









Postingan terkait: