cara positif memanfaatkan gadget smartphone untuk belajar bahasa inggris, supaya cepat fasih.

cara positif memanfaatkan gadget smartphone untuk belajar bahasa inggris, supaya cepat fasih.


berkat kemajuan teknologi, semakin hari jarak semakin terasa tak berarti. bagaimana tidak, untuk mendapatkan berbagai informasi, kita cuma perlu mengetikkan keyword,

enter, kita sudah dapat apa yang kita cari. ternyata dengan adanya kemudahan menemukan informasi, maka akan semakin mudah pula, bagi kita

untuk mempelajari dan mencari tahu berbagai hal baru. tak terkecuali belajar berbahasa asing. yang saya maksudkan ini adalah bahas internasional

yaitu bahasa inggris. di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dengan bantuan gadget smartphone milikmu, untuk belajar bahasa inggris, sehingga kamu cepat fasih.

langsung saja di baca mulai dari nomor 1.

1. download google translate dan offline package.

tak diragukan lagi. google translate adalah alat yang paling berguna, yang telah disiapkan oleh google, untuk mentranslate atau mengartikan

kata kata dalam bahasa asing. terlebih dengan adanya smartphone, kita bisa mengakses tolls yang satu ini dengan mudah kapanpun dan dimanapun.

download google translate gratis di google play store.

google developer juga telah mengembangkan fitur offline package, sehingga pengguna bisa menggunakannya tanpa perlu harus selalu terhubung ke jaringan internet.

ini akan sangat berguna sekali bagi kamu yang sedang berada di lingkungan terpencil, atau sedang tidak berada di dekat sambungan lan/wifi.

google translate bisa kamu download gratis di play store atau appstore, instal dan.langsung pakai. google juga telah menambahkan fitur camera,

sehingga kamu bisa menyorot sebuah tulisan asing dengan camera ponsel,.dan terjemahan dari tulisan tersebut akan muncul di layar ponsel kamu. persis seperti menggunakan aplikasi augment reality.

sekalipun google translate adalah alat yang sangat berguna, terkadang kita tak bisa begitu saja mentranslate sebuah paragraf,

dan mendapat terjemahan yang sesuai dengan apa yang kita harapkan. kita juga memerlukan logika dalam menterjemahkan sebuah paragraf atau kalimat,

supaya menghasilkan terjemahan yang baku dan bisa di mengerti. untuk itu, janganlah terlalu tergantung pada aplikasi ini. nanti kalian bisa bingung sendiri dibuatnya.

2. tonton movie/youtube video berbahasa inggris.

semakin lama bahasa inggris jadi semakin tak bisa dilepaskan dengan kehidupan sehari hari kita. berbagai unsur yang ada di sekitar kita sangat erat hubungannya dengan bahasa inggris.

tanpa terkecuali movie dan juga film film yang biasa kita tonton. nah, jika biasanya kamu terbiasa membaca text terjemahan ketika menonton movie atau film,

kali ini cobalah untuk mengartikan film tersebut, dengan menyimaknya secara seksama. coba fokuskan perhatian kamu dalam mendengarkan apa saja dialog antar tokoh dalam film tersebut,

cerita apa yang disampaikan, atau bagai mana alur cerita dalam film tersebut. jika kamu sudah melakukan ini, secara tidak langsung berarti kamu telah melakukan listening (mendengarkan).

pada saat yang bersamaan kamu bisa tahu sejauh mana kemampuan kamu dalam mengartikan kata kata dari dialog antar tokoh dalam film.

semua ini hanyalah masalah kebiasaan. kalau kamu melakukan ini untuk pertama kalinya, maka kamu akan merasa tokoh dalam film berbicara begitu

cepat, sehingga kemungkinan kamu tak mengerti yang mereka ucapkan. untuk itu kamu harus melakukan linstening secara berulang ulang.

tujuannya adalah untuk membiasakan diri dalam mendengar dialog berbahasa inggris. disarankan menonton film melalui media DVD atau laptop atau smartphone.

gunakan juga headset, supaya kamu bisa mendengar lebih jernih. oh iya, kalau kamu menonton video di youtube download saja. supaya lebih mudah menontonnya berulang ulang.

tambahkan saja ss pada url video contohnya "www.youtube.com/blablabal:=@++@"
, menjadi "www.ssyoutube.com". maka kamu akan di bawa ke laman savefromnet.

kamu bisa download video youtube tersebut gratis. bisa juga lewat smartphone. namun cuma bisa dari browser, tidak bisa melalui aplikasi youtube.

kalau kamu sedang buka aplikasi youtube dan menemukan video yang menarik, share saja video tersebut, pada browser, dan tambahkan ss seperti tulisan di atas.

lakukan listening secara terus menerus kalau bisa tiap hari, supaya cepat terbiasa.

banyak hal menarik yang bisa kamu temukan di youtube. kamu bisa cari best smartphone/gadget for this years, tech review,

movie review, serta berbagai tutorial seperti how to bulid best gaming pc, serta banyak lagi lainnya. jika biasanya kamu pakai bahasa indonesia 
ketika mengetik dalam search box,

kali ini biasakan menggunakan bahasa inggris. nanti kamu pasti akan terkejut betapa banyaknya result yang hanya bisa di temukan jika menggunakan keyworld bahasa inggris.

jangan takut salah ketik. karena google atau youtube akan membenahi kesalahan penulisan kamu.

3. baca artikel artikel bahasa inggris.

jika kamu biasa mencari di google dengan istilah misalnya, "apa perbedaan bluetooth dan wifi", "apa definisi dari virtual reality." dan lainnya,

mulai saat ini ganti dengan "what is different between bluetoth and wifi", "the definitions of virtual reality", how to make google account (cara membuat account google), spesification of iphone 7 and 7 plus, dan banyak lagi.

intinya, biasakan diri menggunakan bahasa dan sastra inggris di kehidupan sehari hari kamu. jika kamu sedang membaca artikel dan menemukan banyak kata yang tak kamu tahu,

tidak apa. kamu tak harus mengerti keseluruhannya. cukup mengerti sebagiannya saja, sisanya yang tak kamu mengerti, bisa kamu terka terka dengan menggunakan logika.

cocokkan dengan terjemahan yang paling logis, serta yang baku untuk mudah dimengerti. dengan begitu, kamu bisa mentranslatenya dengan mudah.

kalau masih sulit, gunakan google translate. semakin sering kamu buka google translate, semakin banyak kata kata baru yang kamu tahu, maka semakin cepat kamu fasih berbahasa inggris.

kalau ada kata yang sangat sulit di ingat, catat saja di notepad. tiap kali kalau kamu lupa, buka buka catatan lagi. biasakan mencatat, karena mencatat membuat kamu membiasakan diri untuk mengingat

hal yang penting. gunakan saja aplikasi notepad seperti color note, yang tersedia gratis di play store.

4. play game or tonton letsplay video games.

yang ini saya rasakan sendiri. tak bisa dipungkiri, game memaksa seorang yang memainkannya untuk bisa mengerti istilah istilah yang ada di dalamnya.

hampir semua game berbahasa inggris. baik itu deskripsi, menu menu dan setting yang ada dalam game menggunakan bahasa inggris.

misalnya contoh, options/pilihan, start/mulai, new/mulai baru, paused/jeda, quit/berhenti, atau deskripsi quest yang panjang, yang harus kamu selesaikan dalam game.

tentu saja akan sangat membingungkan jika si player tak mengerti bahasa inggris. inilah yang mengakibatkan rata rata gamer paling tidak pasti tahu istilah istilah dalam bahasa inggris.

atau paling tidak ingin tahu apa makna dari istilah istilah tersebut. kalau kamu bermain game, entah itu mobile, platform, PC, dan lainnya,

paling tidak kamu harus tahu apa yang sedang kamu mainkan, apa tujuan dari gameplay itu, bagaimana jalan ceritanya, kamu harus mencari apa dan banyak lagi lainnya.

5. baca komik, novel, ebook berbahasa inggris.

banyak komik, novel dan ebook yang bisa kamu download gratis di internet, atau kamu baca online langsung. kebanyakan komik tersebut ada yang sudah berbahasa indonesia.

namun tak ada ruginya, jika kamu coba baca yang masih original berbahasa inggris. sama halnya dengan membaca artikel berbahasa inggris. bisa pakai cara yang sama apabila menemukan kata atau istilah yang tak dimengerti.

banyak juga ebook pdf yang bisa kamu download. atau download saja aplikasi yang bernama wattpad, yang menyediakan berbagai ebook/novels berbahasa inggris yang bisa kamu baca secara gratis.

plus support offline reading. banyak yang bisa ditawarkan oleh aplikasi ebook ini. seperti novel berjudul starwars yang bisa kamu baca gratis.

6. Dengarkan lagu lagu bahasa inggris, jangan lupa cari lyricnya, dan artinya.

jika kamu suka mendengarkan lagu lagu seperti milik simple plan, paramore, linkinpark, Avenged sevenfold, guns and roses, dan lainnya,

jangan lupa di cari lyricnya. jangan hanya menghafal lyric lagu tersebut hanya karena terasa keren, tanpa tahu artinya.

tetangga saya menghafal lagu adelle "someone like you" namun ia tak tahu artinya sama sekali. ia menghafalnya karena ia rasa itu keren,,!! (^3^)

jika kamu suka lagu lagu seperti miliknya taylor swift, safe and sound, shake it off, atau badblood, dan lainnya, carilah makna dari lirik lagu tersebut.

cerita apa yang tersirat di dalam lirik lagu tersebut. dan yang tak suka mendengar lagu bahasa inggris karena tak tahu artinya, yha,,,,!!! cobalah untuk membiasakan diri untuk mengerti lagu lagunya.

segalanya bergantung kamu sendiri. kalau kamu tak berusaha membiasakan diri, kamu tak akan pernah terbiasa.

7. gunakan social media. coba berinteraksi dengan orang dari luar negeri, di luar sana.

twitter adalah salah satu media social yang menggunakan konsep dunia, yaitu kamu bebas berinteraksi dengan siapapun dari luar sana.

tak heran banyak artis yang cenderung memilih twitter untuk menjadi akun pribadi mereka. itu bisa menjadi tolak ukur seberapa populer mereka, dan seberapa banyak orang yang mengidolakannya.

manfaatkan sosial media, entah itu twitter, facebook, instagram, whatsapp, dan cobalah berinteraksi dengan orang atau sesama fans dari luar sana.

dari sini kamu bisa menentukan, seberapa jauh kamu sudah menguasai bahasa inggris.

disini kamu tak perlu memikirkan apakah grammar kamu salah ataukah benar. yang terpenting adalah,

orang yang kamu ajak berkomunikasi mengerti apa pesan yang kamu maksudkan dan kamu mengerti apa maksud orang tersebut.

yang terpenting adalah praktekkan. teori bisa mengikuti.

8. praktekkan. coba deskripsikan sesuatu dengan bahasa inggris.

jika kamu rasa dirimu sudah mulai terbiasa, dengan mendengar sekilas kamu bisa mengerti apa yang dimaksudkan oleh dialog dalam film,

atau lyric dalam sebuah lagu, cobalah deskripsikan sesuatu dalam bahasa inggris. misalnya, deskripsikan sebuah benda. apa saja. makin detail makin hebat.

atau ceritakan apa yang kamu alami selama satu hari penuh dalam bahasa inggris, lalu rekam dengan smartphone  dan dengarkan.

kalau kamu rasa semua masih kurang, latih lebih dalam lagi. lakukan listening lagi. tangkap dan ingat, kata kata yang belum pernah kamu dengar. jangan lupa pelajari juga

bagaimana pelafalan orang menggunakan bahasa inggris. bagaimana pronoun mereka, biasanya orang amerika dan orang inggris punya pelafalan yang agak berbeda.

mungkin lebih mengarah le logat. orang yang berasal dari suku bangsa yang berbeda, ketika menggunakan bahasa yang sama akan terasa sekali logat mereka agak berbeda.

contoh orang melayu indonesia serta malaysia. bahasa mereka mirip namun pelafalannya yang berbeda.

atau buatlah vlogg dalam bahasa inggis. bisa tentang apa saja. makin sering kamu melatihnya, makin luar biasa jadinya.

buat orang disekitar kamu terkejut akan betapa fasihnya bahasa inggris kamu. bukan berarti kita lebih hebat, namun hanya karena kita berusaha membiasakan diri.

9. menulislah dengan menggunakan bahasa inggris.

jika kamu sudah mengarah ke titik ini, barulah kamu harus mempelajari grammar. tak seperti berbicara atau speaking, mungkin grammar tidaklah begitu penting

ketika kita berbicara. karena kita hanya perlu membiasakan diri, dan tujuan kita hanya membuat orang yang kita ajak berkomunikasi mengerti maksud kata kita.

namun, jika kamu sudah mulai ke tahap penulisan, kamu akan berhadapan dengan bahasa serta sastra yang punya aturan bakunya tersendiri.

disini kamu perlu latihan, serta pemahaman akan aturan aturan satra bahasa inggris. 
kemungkinan kamu perlu menjalani kursus private, atau jika kamu ingin

belajar atodidak, kamu harus punya menthor, yang nantinya akan mengoreksi kesalahan kesalahan kamu. jadi kamu bisa tahu, dimana kelemahan kamu, dari sisi mana yang sudah kamu capai, dan lain sebagainya.

intinya, mereka yang sudah mencapai level ini, sudah benar benar luar biasa. menulis juga berarti kamu harus tahu penulisan serta pelafalan berbagai kata dan kalimat dalam bahasa inggris.

yang memang pada umumnya antara pengucapan dengan penulisannya bisa jadi agak jauh beda.

10. gunakan 3 hal ini. dengarkan, ingat, dan tirukan.

listening, remember, dan repeat. itulah cara simple belajar bahasa inggris. dengarkan lagu lagu bahasa inggris, lantunkan beserta liriknya,

hayati apa maknanya, tonton dan simpan youtube video atau movie favoritmu dalam smartphone, jadi kamu bisa mengaksesnya kapanpun serta dimanapun.

atau sering seringlah menonton lets play video yang kamu sukai. jangan hanya sekedar menonton gameplaynya saja.

tapi dengarkan dan perhatikan bagaimana ekspresi si player. apa reaksinya ketika ia bersemangat, ketika ia kesal karena kalah, dengarkan pelafalannya juga.

inilah yang akan kamu ingat dan tirukan suatu hari nanti. begitulah cara kita belajar. ingat dan tirukan apa yang sudah kita dengar sebelumnya.


Postingan terkait: