10 easter eggs (Fakta keren) yang muncul dalam film Batman vs Superman Dawn of justice, yang mungkin telah kamu lewatkan.



meskipun film Batman Vs Superman Dawn of justice telah lama diputar, namun ada 10 fakta, atau bahasa kerennya easter eggs yang muncul di film, kemungkinan tak semua penonton memperhatikannya.
easter egg sendiri sesungguhnya mengacu pada konten lelucon, yang biasanya terdapat di sebuah software, game, atau bahkan film, yang biasanya tak ada hubungannya dengan konten utama itu sendiri.

hampir di setiap konten digital terdapat easter egg. dan tak terkecuali, Batman Vs Superman Dawn of justice ini. nah, di bawah ini, ada 10 fakta keren yang diselipkan dalam film Batman Vs Superman Dawn of justice,
ada kemungkinan kamu telah menontonya namun tak sengaja luput dari perhatian kamu. o.k, mulai langsung dari nomor 10.

10. ada 2 tokoh supervillan dalam DC universe yang tak muncul dalam film batman vs superman, namun jelas jelas menginspirasi film.

yang pertama adalah karakter joker. ketika pertemuan pertama antara clarken dengan bruce wayne, yang dengan sengaja telah di atur oleh lex luttor,

bruce sempat berkata pada clarken bahwa "kota gotham dan aku punya sejarah yang sangat panjang dengan sosok badut." kata kata itu sebenarnya dilayangkan untuk menyindir sosok superman,

namun skaligus mengacu pada karakter super villan Joker yang merupakan musuh besar batman. kalimat tersebut dilayangkan sebagai bentuk ketidak sukaan Bruce wayne terhadap sosok superman.

dan satu lagi ketika ada adegan yang memperlihatkan kostum Batman yang sudah di coret coret dengan cat semprot berwarna kuning, yang mana terdapat tulisan yang berbunyi "hahaha jokes on you batman."

sebenarnya coretan tersebut dibuat oleh karakter joker, dan sengaja di pajang oleh bruce wayne di kediamannya, sebagai pengingat skaligus peninggalan dari sosok joker.
dan juga, ketika Batman menembus dan menerobos sebuah gudang tua atau sebuah pabrik dalam usaha menyelamatkan ibu superman/clarken,
sesungguhnya tempat tersebut bernama, Nicholson tradding company yang sengaja di tujukan sebagai penghormatan kepada aktor jack nicholson yaitu pemeran pertama tokoh joker dalam film batman terdahulu, tepatnya pada tahun 1999.

satu lagi. ketika batman berada di sebuah ruang/gudang tua atau selokan, (atau apalah ) saat dimana batman mengeluarkan cryptonite spear yang telah ditandai batman sebagai tempat yang akan dijadikan
tempat mengeksekusi superman, di sana juga ada sebuah pillar yang telah di corat coret sedemikian rupa. dan dalam coretan tersebut juga menampilkan Question mark, atau tanda tanya "?".

sebenarnya corat coret tersebut adalah signature yang ditujukan untuk sosok Riddler, yang tak lain adalah super villan musuh batman.
Riddler adalah tokoh penjahat yang muncul dalam komik batman, yang punya ciri khas setiap kali melakukan tindak kriminal akan selalu meninggalkan teka teki pekerjaan detektif, yang nantinya akan diselesaikan oleh batman.

9. jimmy olsen.

fotografer yang menemani Lois lane yang pertama kali muncul dalam film, yang ternyata merangkap sebagai agen C.I.A, tak lain dan tak bukan adalah jimmy olsen.
jimmy olsen adalah tokoh fiksi milik DC comic, merupakan seorang fotografer muda yang bekerja untuk koran Daily plannet. ia juga punya hubungan baik dengan lois lane dan clarken serta editor
Daily plannet sendiri Perry White. 

jimmy olsen sendiri diperankan oleh aktor michael cassidy. dalam film, jimmy olsen menemani Lois Lane pergi ke afrika untuk melakukan interview terhadap tokoh warlord.
namun sayangnya jimmy olsen meninggal di awal awal film karena ketahuan terlibat dalam operasi C.I.A.

8. KGBeast.

salah satu anak buah lex luthor yang bernama Anatoli Knyazev, yang tak lain dan tak bukan dalam komik batman dikenal dengan nama KGbeast,
adalah pembunuh profesional yang telah dilatih oleh organisasi The Hammer, yang dikenal oleh C.I.A dengan nama KGbeast.

diketahui memiliki keahlian berbagai ilmu seni bela diri, serta kemampuan menggunakan senjata senjata mematikan serta
dikabarkan telah membunuh 200 nyawa termasuk Anwar El Sadat. di dalam komik, batman berhadapan dengan KGbeast pada komik Batman #417 yang dirilis pada maret 1988.

tak seperti dalam film, kemunculan KGbeast dalam komik mengenakan kostum dan topeng berwarna merah hitam, dan ia mentransplantasikan benda mekanik ke dalam tubuhnya.

7. strykers island muncul dalam film.

ketika Dooms day jatuh di sebuah pulau terpencil, setelah bergulat dengan superman di atas atmosfir bumi, ternyata pulau tersebut adalah strykers island.

di dalam dunia DC comic, strykers island adalah tempat fiksi yang berfungsi sebagai penjara berpengaman tinggi, yang mana difungsikan skaligus sengaja di desain
sebagai tempat menampung indivual ber kekuatan super, yang telah dikalahkan superman. tempat ini berlokasi di sebuah pulau di sebelah barat sungai antara New Troy dan Queensland Park.

strykers island juga diketahui sempat menjadi tempat untuk memenjarakan beberapa super villan yang telah dikalahkan superman seperti diantaranya

Bloodsport
Kryptonite Man (K. Russell Abernathy)
Lex Luthor
Parasite
Shrapnel
Toyman
Ulysses
dan lainnya.

strykers island juga muncul di berbagai game dan juga film lainnya yang berhubungan dengan DC universe. antara lain,
dalam film Justice League: Crisis on Two Earths, All-Star Superman, Superman vs The Elite, dalam game Mortal Kombat vs DC Universe, dalam game Injustice: Gods Among Us,
dan masih banyak lagi. selengkapnya baca di wikipedia strykers island.


6. superman comic homages.

ketika terjadi percakapan antara Perry White editor dari daily plannet dengan clarken, Perry sempat menyebutkan "its not 1938 any more." hal ini diungkapkan atas bentuk kekesalan
Perry terhadap clarken karena terlalu terobsesi pada tokoh Batman. namun ternyata, jika di perhatikan lebih mendalam, 1938 bukan sekedar tahun biasa. 1938  adalah tahun perilisan komik pertama superman ke ranah publik.

pada tahun inilah tokoh superman muncul untuk yang pertama kalinya. dan juga, dalam film Batman vs superman Dawn of Justice, Doomsday membunuh superman,
sama halnya dengan kejadian dalam komik yang berjudul the death of superman. dalam komik tersebut, superman dan Doomsday berduel sampai mati. seperti halnya dalam film,
superman tewas dan dimakamkan sebagai layaknya seorang pahlawan. namun ternyata, superman sama sekali tidak mati. ia hanya mengalami apa yang disebut dengan istilah

"cryptonium healing sleep", yang mana ia hanya tertidur berada dalam fase penyembuhan diri. dalam komik, superman hidup kembali  dengan penampilan berbeda dari sebelumnya, yaitu dengan
kostum berwarna hitam, serta lambang S yang berwarna perak. jika ini benar, kemungkinan dalam film justice league mendatang, superman akan hidup kembali.

jika mengacu pada cuplikan akhir film, ketika superman dimakamkan, terjadi efek yang sama di makam tersebut ketika superman hendak lepas landas.
tanah yang berada di atas peti jasad superman terangkat ke udara. dan jika ini benar, berarti superman sama sekali tidak mati, hanya saja ia mengalami fase "cryptonium healing sleep."

5. ada sedikit unsur religius yang mempengaruhi film.

ada adegan dimana luthor membandingkan superman dengan sosok iblis dan malaikat. superman juga dilabeli dengan sebutan the false god/dewa palsu.
bahkan luthor juga menyebutkan, iblis tidak berasal dari bawah bumi melainkan akan datang dari langit. (mungkin yang dimaksud adalah darkseid).

dan Lex juga berkata pada superman, "jika tuhan itu mahakuasa, maka ia tidak akan maha pengasih. dan jika ia maha pengasih, maka ia tak akan maha kuasa".

jelas jelas semua itu adalah unsur religius yang Hsedikit tidaknya disematkan dalam film. dan juga, karakter superman memiliki warna kostum merah biru.
sama halnya dengan sosok malaikat michael yang mengenakan pakaian merah biru.

4. star wars nod.

ketika lex luthor tertangkap dan di masukkan ke penjara, ia mengenakan seragam tahanan yang berlabelkan kode "16 TK 421" kode tersebut sesungguhnya ada maksudnya.

sebenarnya angka 16 mengacu pada tahun perilisan film batman vs superman Dawn of justice yaitu tahun 2016, sedangkan "TK 421" mengacu pada referensi dari film Batman vs Superman yaitu film starwars yang dirilis pada tahun 1997.
dalam film tersebut, ada adegan dialog yang menyebutkan "TK 421".

3. dalam film juga muncul pertanda tokoh darkseid.

Darkseid adalah tokoh DC comic, yang akan menjadi penjahat utama dalam film justice league. rencananya akan rilis tahun 2020. sama halnya dengan tokoh thanos dalam the avenger milik marvel.

tokoh thanos milik marvel memang terinspirasi dari karakter DC Darkseid. (hal ini di akui oleh si penulis komik,
sendiri). menskipun Darkseid tidak muncul dalam film Batman VS Superman Dawn of justice,

pertanda dari Darkseid, muncu dalam mimpi buruk batman. ketika Bruce tertidur dan menemukan dirinya sebagai batman berada disebuah kota yang hancur lebur,

di kota tersebut ditandai dengan lambang omega yunani yang sangat besar. lambang omega ini mengacu kepada karakter Darkseid yang memakainya di kedua punggung tangannya.

dan juga mahluk terbang bersayap yang mengeroyok batman adalah kaki tangan darkseid. mahluk tersebut bernama. Parademons.

dan juga, ketika Lex luttor tertangkap di akhir cuplikan film, Lex menyebutkan bahwa ada seorang iblis yang sangat jahat yang akan datang ke bumi, dan ia telah memanggil orang tersebut.
orang yang dimaksudkan adalah Darkseid. dan ketika lex luthor meringkuk dipenjara, ia mengeluarkan suara 

Ding,,,ding,,ding,,ding,,,ding,,dingg,!!
sebenarnya terinspirasi dari suara ping...ping...ping....ping,, dalam DC komik yang mengacu pada benda Mother box yang digunakan oleh Darkseid.

2. justice league.

Batman vs Superman merupakan setup yang bagus untuk permulaan film layar lebar justice league. berbagai karakter anggota justice league mulai bermunculan. mulai dari Batman, superman, wonderwoman, the flash, aquaman,

bahkan cyborg yang sempat muncul dalam film animasi teentitans. jika pembaca memperhatikan, ada sebuah cuplikan yang menunjukkan adanya ilmuan yang tengah berusaha melakukan percobaan menggunakan media manusia.

cuplikan tersebut di dapat dari file rahasia yang dicuri batman dari lex industry. kemungkinan objek yang dijadikan percobaan tersebut adalah cyborg.

bicara soal movie, The Flash, Aqua man, wonder woman rencananya akan memiliki movie sendiri. dan dalam justice league nantinya, the flash akan memiliki kemampuan menjelajah waktu, atau menembus waktu. (dikonfirmasi oleh Geoff John sendiri, sang chief creative of DC entertaintment)
the flash telah muncul dalam film batman vs superman untuk memperingatkan batman bahwa bruce wayne harus segera menemukan yang lainnya sebelum terlambat.

hal ini sama seperti dalam versi komik yang berjudul "Crysis on infinite eart" dimana the flash berusaha mendatangi setiap karakter super hero di masa lalu. The flash memakai kostum penuh, yang menandakan ia berasal dari masa depan.

1. mengambil inspirasi dari komik. Batman the dark knight return.

Sebagian besar unsur dalam film mengambil referensi dari komik Batman the dark knight return. mulai dari kostum batman, batman Armor ketika berduel menghadapi superman,
adegan ketika ibu bruce wayne  terbunuh dengan cara tertembak pistol plus kalung berliannya terputus akibat tembakan, ketika Batman memburu dan merampas batu kriptonium dari Lex industry, 

ia
menembakkan peluru pelacak dengan senjata reffile, dan pada bagian dimana superman menahan objek metal raksasa dalam cuplikan berita di sebuah stasiun TV, serta ketika superman tertembak ledakan nuklir,
sekarat, namun bangkit dan sembuh kembali berkat energi yang ia dapatkan dari matahari.

bahkan cara batman melemahkan superman dengan tembakan berpeluru kriptonium atau sonic weapon,
dan juga ketika batman menyelamatkan ibu clarken, Batman berhadapan dengan penjahat yang berkata "leave me or I kill her" dan batman berkata "I belive in you".
semua itu adalah adegan yang terdapat dalam komik Batman the dark knight return. satu lagi. ketika batman berhadapan dengan Doomsday, Batman menghindari tembakan Doomsday dengan melompat dan berayun menjauh,

dihiasi dengan latar belakang sambaran kilat. adegan itu jelas jelas terinspirasi dari cover komik Batman the dark knight return. namun hal yang membedakan dalam versi komik dengan versi filmnya ialah,
dalam komik batman yang meninggal, sedangkan dalam film superman yang meninggal.

o.k, sekian dulu update kali ini, sampai jumpa kembali lain waktu, dan terimakasih. 

sumber


Postingan terkait: