5 fakta yang mungkin belum kamu ketahui tentang nintendo switch.

5 fakta yang mungkin belum kamu ketahui tentang nintendo  switch.


melanjutkan apa yang telah saya tulis sebelumnya tentang nintendo switch, kali ini saya akan membeberkan 5 hal/dugaan yang mungkin belum diketahui oleh pembaca tentang nintendo switch.

ok, langsung saja kita mulai dari nomor 5.

5. menggunakan cardridge sebagai media penyimpanan.


disebut gamecard, merupakan sistem penyimpanan data yang menyerupai milik ps vita dan nintendo.

berdasarkan trailer yang di unggah oleh pihak nintendo, kita bisa menyaksikan adanya adegan pengguna nintendo switch memasukkan sejenis game card ke dalam slot nintendo switch.

informasi lebih lanjut mengenai penggunaan gamecard pada unit nintendo switch belum bisa dipastikan, entah berapa kapasitasnya, belum ada keterangan lebih lanjut.

kemungkinan nintedo akan berfokus pada digital game, melalui app store misalnya. jadi pengguna bisa mendownload dan menyimpan game game yang mereka inginkan. 

dan adanya game card nantinya mungkin akan menjadi salah satu opsi bagi pengguna, apakah ia ingin membeli dan mendownload game secara digital, ataukah

membeli game secara fisik, dalam bentuk nyata gamecard.

4. ditenagai cipset Nvidia tegra.


merupakan chipset Nvidia tegra yang telah di kustomisasi, code dan core yang ada di dalamnya juga telah disupport oleh full software yang sudah mengalami kustomisasi,

versi nintendo sendiri. sementara cooling system yang berjalan pada cipset Nintendo switch, cara kerjanya sangat jauh berbeda dibandingkan dengan versi chipset Nvidia yang berjalan pada Nvidia Shield.

ada spekulasi yang mengemukakan bahwa chipset versi Nvidia yang ada di Nintendo switch, telah mengalami overclock sehingga bekerja lebih powerfull serta responsif.

namun sekali lagi, ini barulah hanya spekulasi belaka. belum ada bukti kebenarannya. dan juga, Nvidia tegra chip, bukanlah chipset yang paling powerfull dan yang terbaik untuk saat ini.

jadi kemungkinan performa dari Nintendo switch belum tentu bisa menyamai ataupun setara dengan console generasi terbaru seperti ps4 atau xbox one atau bahkan PC.
beberapa tahun yang lalu, chipset Nvidia tegra yaitu tegra x1, menargetkan spesifikasi yang menyamai console game generasi lama setara xbox 360 dan ps3.

mungkin pihak developer nintendo sendiri punya cara berbeda untuk mengakali kelemahan chipset mereka. karena dalam video trailer tersebut,

Nintendo switch berhasil menjalankan game skyrim dengan tampilan grafis yang begitu memukau. meskipun, skyrim adalah game lawas yang telah rilis sejak 2011 silam.

dikarenakan itu barulah trailer, tak ada yang bisa memastikan apakah nintendo switch dapat menghasilkan grafis memukau setara konsol generasi terbaru. sebelum perilisannya, itu semua hanyalah dugaan saja.

3. kemungkinan dilengkapi multiple controller.



berdasarkan logo nintendo switch yang memperlihatkan controller yang disebut joy con, yaitu controller yang dapat di bongkar pasang bahkan di split jadi dua untuk kebutuhan

local multiplayer, ada dugaan nintendo menyiapkan berbagai multiple controller untuk produk nintendo switch, yang bisa di ganti ganti oleh player sesuka hatinya.

berdasarkan gambar screenshoot di bawah ini, yang memperlihatkan berbagai konsep switch joycon, kemungkinan ini adalah trik pemasaran dalam menarik minat lebih banyak lagi pembeli.

selain joycon, nintendo switch juga dilengkapi pro controler yang pada versi ini, susunan joystick serta gamepadnya lebih menyerupai versi xbox controler.

tak ketinggalan pula stereo speaker dan headphone jack, yang kompatibel dengan headset, untuk menambah kenyamanan player dalam bermain sambil menikmati sound effect.

untuk ide kontroler joycon yang bisa di bongkar pasang atau di split jadi dua mini controler, memang ide yang briliant. hanya saja akibatnya tampilan desain controler jadi tidak serasi.

2. Nintendo berhasil menggandeng developer kelas atas.


pihak nintendo telah mengkonfirmasi akan menggandeng berbagai developer/publisher ternama untuk mendukung ketersediaan berbagai game di waktu mendatang.

berbagai developer/publisher itu meliputi, Activision, Bandai Namco, ubisoft, EA, ephic games, square enix, sega, konami, dan banyak lagi brand terkenal lainnya.

ada daftar panjang yang memuat berbagai nama nama developer/publisher ternama yang diharapkan, saat ini tengah mengerjakan berbagai project besar, sehingga nantinya akan tersedia untuk platform nintendo switch.

semoga hal ini akan jadi kenyataan dan bukan hanya angan angan belaka. kita semua tahu bahwa nintendo adalah platform yang sedikit lebih tertinggal di belakang

para pesaingnya, terutama dalam bidang ketersediaan konten game dari pengembang pihak ke 3. kenyataan bahwa nintendo tak mungkin bisa menyediakan game game berkualitas tepat waktu

untuk console terbaru mereka tanpa bantuan developer pihak ke 3. semoga ini akan menjadi kebangkitan dari pihak nintendo. seperti console wiiu milik nintendo sebelumnya,

pada awalnya nintendo juga mengumumkan hal yang sama yaitu akan mendapat berbagai dukungan dari developer besar. dan sayangnya, berita itu tenggelam begitu saja secepat kemunculannya.

semoga nintendo belajar dari pengalaman dan tak lagi mengulangi kesalahan yang sama berkali kali.

1. portable gaming tablet, yang dilengkapi home dock.


tak seperti console gaming yang beredar saat ini, Nintendo switch adalah portable gaming tablet yang bisa dijadikan console game rumahan dengan adanya dock station.

mungkin hal ini akan memunculkan adanya masalah lain seperti ketahanan battery. namun yang menguntungkan adalah, player bisa menikmati pengalaman gaming kapanpun dan dimanapun,

dengan kualitas yang kurang lebih sama dengan pengalaman bermain console game rumahan. jika hal ini memang benar, ini akan menjadi nilai tambah bagi nintendo switch dibanding console pesaingnya.

siapa yang tak mau merasakan pengalaman mobilitas dan konsole rumahan skaligus cukup dengan membeli satu produk?

bicara soal dock station, nantinya aksesoris ini akan berfungsi sebagai charger, power supplie, skaligus konektor antara Nintendo Switch dengan TV pengguna.

dan karena dock station hanyalah aksesoris dan bukannya mesin console itu sendiri, maka dock station tak akan bisa bekerja tanpa adanya Nintendo Switch.

sekali lagi ini adalah ide yang sangat bagus, karena console utama adalah unit yang dilengkapi lcd screen itu sendiri. bisa dikatakan nintendo switch adalah penyempurnaan dari nintendo wii.u.

saya rasa ini adalah keputusan dan cara berinovasi yang tepat bagi pihak nintendo, karena kali ini mereka lebih memikirkan kenyamanan dalam bermain, serta bagaimana pengalaman bermain bisa didapatkan.

nintendo switch adalah produk terbaru Nintendo yang pantas untuk di tunggu perilisannya.

source

youtube video, Nintendo Switch, 5 things you should know.







Postingan terkait: