Debian no root jalankan sistem operasi pc di android, kenapa tidak?


Saya punya teman namanya andi (bukan nama sebenarnya.) ia punya kebiasaan buruk. Suka gonta ganti hp. Tiap kali ia dapat gajih bulanan, pasti ia akan memamerkan hp barunya kepada saya. mulai dari samsung galaxy s4, asus zenfone 2 sony, dan entah apa lagi itu mereknya. Nah,,,,

 uniknya, dia cuman memakai hp mahalnya itu cuman buat chatting saja. Tiap kali ia membeli ponsel baru, ponsel bekasnya jadi terabaikan begitu saja. Tak terpakai. dijual juga tidak. mungkin bakal di koleksi sama dia. :)
Lalu kebetulan saya menemukan video youtube yang mendemonstrasikan, 

bagaimana caranya menjalankan sistem operasi pc di ponsel android. Os pc yang di maksud ialah linux debian. sedangkan aplikasinya bernama Debian noroot. Aplikasi ini dapat di download gratis melalui google play. Silahkan di search sendiri. Aplikasi ini mirip dengan aplikasi linux deploy, yang pernah saya bahas sebelumnya. 

Link artikel tentang linux deploy


Namun bedanya, aplikasi debian noroot ini, sama sekali tak membutuhkan akses root. Jadi kita tak harus melakukan root pada  ponsel kita, jika tak menginginkannya. 

Kemudian saya mencoba mendownload aplikasi Debian noroot, dan menginstalnya pada ponsel saya. Ponsel yang saya pakai sendiri adalah keluaran merek Asus, yaitu Asus zenfone c. Begitu saya instal, aplikasi ini file size nya tak begitu besar.

Tak perlu repot belajar codding. Begini caranya membuat aplikasi android sendiri. Anak kecil juga bisa. 

 Cuman 13.Mb Hanya saja, begitu kita membuka aplikasi Debian noroot ini, kita diharuskan mendownload lagi beberapa file tambahan, supaya aplikasi berjalan secara sempurna. yha, file sizenya lumayan besar. Satu hal yang membuat saya jengkel. aplikasi ini harus di Instal di internal storage ponsel. Tak boleh di pindahkan ke penyimpanan eksternal. ini lumayan menjengkelkan.


Begitu dicoba, ternyata Debian noroot jauh lebih baik dari Linux deploy. Tak perlu memakai terminal emulator, tak perlu juga mendownload file iso linux yang sizenya hingga mencapai 2.GB. tak memerlukan pula akses root. aplikasi ini mampu membuat ponsel android menjalankan os linux debian yang legendaris itu. Sebenarnya ini bukan os linux debian versi penuh. 

Ataupun versi terbaru dari linux debian. melainkan ini cuma layer yang memungkinkan ponsel android dapat menjalankan aplikasi pc milik linux debian. jadi jangan takut. ponsel android anda tidak benar benar menjadi linux debian versi penuh.


os android pada ponsel masih utuh tak nerubah sama sekali. Debian noroot hanyalah sebuah aplikasi layaknya aplikasi chatting yang bisa kita akses dari menu screen dan bisa juga kita hapus. dengan aplikasi Debian no root ini, kita dapat merasakan pengalaman menggunakan sistem operasi pc pada ponsel android

kita juga dapat melakukan beberapa pekerjaan seperti pada pc. misalnya browsing dengan menggunakan aplikasi ice weasel/firefox versi gratis. Mengedit foto dengan gimp. Gimp merupakan aplikasi mirip photoshop.


Namun versi gratis. atau kita bisa melakukan pekerjaan kantor seperti mengetik lapotan, dengan menggunakan aplikasi libreoffice. Yaitu aplikasi mirip microsoft word, tapi versi gratis. antara microsoft office word dengan libreoffice hampir tak jauh beda.

 Semua fungsi yang ada di microsoft word, ada pula di libreoffice. tentu saja kita juga dapat melakukan multitasking, menjalankan lebih dari satu aplikasi skaligus, layaknya seperti kita menggunakan windows. Semua itu bisa kita dapatkan hanya dengan menggunakan ponsel android. 

Saya rasa ini adalah salah satu aplikasi android yang sangat bermanfaat. oh iya, untuk menjalankan aplikasi ini diperlukan, Lcd monitor, atau Lcd tv yang support hdmi. External keyboard dan juga mouse. dengan begitu ponsel bekas android kita akan berubah menjadi seperti layaknya pc komputer. 

atau jika kalian tak membutuhkan Lcd monitor ataupun mouse keyboard, dianjurkan menggunakan touch pen. 
Karena navigasi pada aplikasi Debian noroot ini mengandalakan navigasi mouse, dan bukannya navigasi touch screen. 

akan sangat sulit jika tak menggunakan mouse ataupun touch pen. Dan untuk menginstal aplikasi, diharuskan melalui terminal linux, dengan mengetikkan perintah tertentu. Jangan takut, untuk menginstal aplikasi, ada banyak perintah dasar untuk linux debian yang bisa kita temukan diinternet dengan bantuan google.

 jadi kita bisa sekalian belajar menggunakan terminal linux, sambil memanfaatkan ponsel android yang sudah tak terpakai. Aplikasi Debian noroot ini akan berjalan lancar pada ponsel android dengan ram 2 giga ke atas. jangan kawatir dengan itu.



 karena semakin lama ponsel android yang beredar di pasaran menjadi semakin tangguh. Bisa saja di masa tang akan datang kita bisa bekerja tanpa menggunakan pc, hanya mengandalkan smartphone saja.


O.k sekian dulu update artikel saya kali ini. Saya mau mengingatkan teman saya yang suka ber kebiasaan buruk itu. Maaf artikel saya yang satu ini agak pendek. Ngomong ngomong saya terinspirasi menulis artikel ini karena artikel yang saya baca di situs jalan tikus. https://jalantikus.com/apps/debian-noroot/

dan juga video youtube di link berikut ini. Akun youtubenya bernama X2XO


Postingan terkait: