Hemat kuota 1.5 GB dengan cara berikut ini ( cara hemat internetan)


Hi guys, kali ini saya akan membahas tentang kuota pada paket data. sebenarnya ada dua macam paket data atau paket internet yang di sediakan oleh suatu ISP (Internet Service Provider). yang pertama adalah paket internet unlimited. paket internet ini, seperti namanya, adalah paket internet tanpa batas.

meskipun namanya adalah paket internet tanpa batas, bukan berarti benar benar tanpa batas. melainkan provider tertentu akan memberlakukan yang namanya batas SUF. SUF ini, mirip dengan kuota.

apabila pengguna telah mencapai penggunaan batas kuota tertentu, maka kecepatan internet dari dari kuota tersebut, akan menurun secara drastis. tak seperti paket internet dengan basis kuota, meskipun kecepatan internetnya telah diturunkan, namun pengguna tak akan dikenakan biaya tambahan,

dalam mengakses internet. Hanya kecepatan internetnya saja yang diturunkan. sedangkan pengguna masih bisa mengakses internet hingga batas waktu paket data tersebut kadaluarsa.

Artinya disini dapat kita simpulkan,  kata unlimited pada paket data tersebut hanya mengacu pada koneksi internet yang memang benar tanpa batas. Dengan garis bawah, kecepatan internetnya akan terus menurun secara drastis.

oke, itu tadi yang pertama. Sedangkan yang ke dua adalah, paket data dengan berbasis kuota. Paket data ini, seperti yang sedang saya gunakan sekarang, memberlakukan yang namanya,

Sistem kuota. secara singkat pengertian kuota adalah, jatah maksimum penggunaan data yang di sediakan oleh suatu ISP. misalkan kuota yang disediakan adalah 2 GB. Maka itu berarti,

apabila pengguna telah mencapai jumlah pemakaian data sebesar 2 GB, maka pengguna akan di berikan peringatan akan dikenakannya biaya tambahan jika ingin mengakses internet kembali.

biasanya paket data berbasis kuota akan berlaku selama 1 bulan. tetapi, sekalipun masa berlakunya belum habis, belum mencapai masa kadaluarsa, apabila kuota suatu paket telah habis, maka pengguna akan dikenakan biaya tambahan.

Oke, itu tadi tentang 2 macam paket internet. sesuai judul di atas, kali ini saya akan share, cara menghemat kuota 1,5 GB. seperti yang kita tahu. semakin sering kita menggunakan kuota, maka semakin cepat ia habis.
Kalau tak mau kuota anda habis, maka sebaiknya jangan di pakai. HiHihihi, bercanda. :) maksud saya, kalau kita tak ingin kuota cepat habis, maka kita harus pintar pintar sendiri menghematnya.

kalau kita bicara soal berhemat, terdengar agak menyedihkan yha? seperti orang yang sedang terpuruk masalah ekonomi saja. tapi tak apa!!! seperti yang teman saya pernah katakan. "hemat pangkal kaya! kalau kita hemat, kita akan kaya."

Hahahahaha,,!!! Yha gak juga goblokk,,!!! hemat kalau gak kerja yha sama saja,,!! meskipun hemat tapi tak ada sumber pemasukan, yha dari mana kita bisa kaya?? hduh dari pada saya ngelantur, mari kita lanjutkan saja. :)

O.k, hal pertama yang harus dilakukan, untuk menghemat kuota di kala masa terpuruk, (kok gak keren yha? kalau ditambah kata terpuruk,) yha kan suatu hari kita pasti kita akan sempat mengalami suatu keadaan, yang mendekati terpuruk maksud saya. :)

Misalnya, ketika menjelang akhir bulan. ketika isi dompet sedang tipis tipisnya, ketika saldo atm mulai menurun. (ahhh,,!!! derita karyawan yang sedang menunggu gajihan,!!) hihihihi, saya sangat mengerti seperti apa rasanya. :)

Hal pertama yang harus kita lakukan ialah, hindari kegiatan streaming. Yha, streaming adalah kegiatan yang paling boros kuota. Atau kalau sedang kepepet, kita cari saja tempat tempat yang bisa di curi wifinya. :D kan ada tuh,

Banyak tempat yang wifinya tak terlindungi pasword. Hee,,!! kebiasaan buruk. tapi sangat efisien. nah, kita lanjut. Dari pada kita melakukan streaming, akan lebih baik kalau kita download saja. maksud saya, kalau kita menemukan

Video menarik di youtube, nah dari pada kita streaming yang tentu akan menghabiskan banyak kuota, lebih baik kita download saja. memang sama saja, mendownload akan memakan kuota juga. Tapi video hasil download kita,

Bisa kita tonton berkali kali tanpa koneksi internet. cara ini cukup efektif. lakukan hanya sesekali saja. kalau dilakukan terus menerus, sama saja akan menghabiskan kuota.

mulailah, mengurangi kebiasaan membuka aplikasi youtube dan sejenisnya. kalau ingin membuka youtube, sebaiknya buka melalui browser saja. oh iya saya tadi bicara tentang mendownload video youtube.

Download video youtube dapat dilakukan melalui browser ponsel mobile ataupun browser pc. Caranya sangat mudah. Yaitu dengan menambahkan "ss", atau double s, pada kolom url misalnya pada pc, "http://www.youtube.com/blah blah blah,," menjadi "http://www.ssyoutube.com/".

maka kita akan terbawa ke situs save feom net, untuk mendownload video youtube yang bersangkutan. pada browser mobile, juga sama. lakukan hal yang sama untuk mendownload video youtube yang di inginkan.

hanya saja situs youtube versi mobile sedikit berbeda yaitu, http://m.youtube.com/. rubah saja menjadi http://m.ssyoutube.com/jdrsathugg-/ hasilnya akan sama. Ok, jika ada peringatan, tentang warning, bla bla bla, lanjut saja.

Itu kalian bisa pilih resolisi video yang ingin di download. Semakin bagus kualitas gambar, semakin besar file yang akan di download. Yang kedua, instal beberapa aplikasi berikut ini.

- Opera browser.
- Opera mini.
- Opera max.
- UC browser.

Opera browser : versi lain dari opera mini. lebih sempurna dari opera mini. Bekerja seperti layaknya mobile browser android. support flash, bisa streaming youtube, facebook, dan lain lain.

Punya fitur offline save page. Bisa memblok add. punya fitur penghemat paket data. Sangat saya rekomendasikan bagi yang suka browsing tapi punya masalah boros kuota.

Opera mini : versi simple dari opera browser. Fitur mirip dengan opera browser. Hanya saja tak suport flash. Tak bisa streaming. kelebihan lebih ringan dari browser mobile pada umumnya.

Cocok di instal pada ponsel dengan kapasitas ram di bawah 1GB. Bisa save page offline, bisa menghemat paket data.

Opera max : salah satu produk dari developer opera. berfungsi sebagai penghemat paket data. Bekerja dengan cara memblok penggunaan paket data yang berlebihan. aplikasi ini melakukan enkripsi pada jaringan

Internet kita. sehingga kita bisa browsing dengan aman plus hemat kuota. kalau para pembaca sekalian menggunakan aplikasi seperti MyXL, sebaiknya matikan dulu save data dari opera max.

Karena nanti kita akan di mintai pasword untuk login ke akun kita. fitur enkripsi dari opera max menyebabkan kita tak dikenali oleh Sistem XL. Kalau kalian memakai aplikasi sejenis seperti MYXL,

Ingat untuk mematikan fitur Opera max yha? :)

UC browser : fitur mirip opera mini. Browser ini dapat membantu penghematan paket data. tampilannya sangat sederhana, namun fiturnya sangat lengkap. Kebanyakan fitur fitur yang ada pada

Browser deafult, ada pada aplikadi UCbrowser ini. ada fitur night mode. Sangat berguna pada kondisi gelap. UCbrowser terkenal karena kecepatan downloadnya yang lumayan cepat.

Dapat membantu mendownload file file besar supaya tak terjadi file corrupt. UCbrowser punya fitur yang dapat membantu mendownload file besar dengan cara, mendownload dan menyimpannya pada server ucbrowser terlebih dahulu.

Baru kita akan mendownload file tersebut ke ponsel kita, melalui server UCbrowser. Sehingga kita tak perlu takut akan resiko gagal download di tengah jalan. Fitur ini sangat sangat membantu bagi saya.

yha itu tadi beberapa aplikasi yang dapat membantu kita dalam usaha menghemat kuota. hindari memakai beberapa aplikasi ini, jika tak begitu penting. beberapa aplikasi ini begitu memakan banyak kuota, menghabiskan kapasitas storage,

Serta memberatkan ram. aplikasi tersebut seperti aplikasi offical facebook, facebook messenger, twitter, dan lain lain. Beberapa social media ini, dapat kita akses melalui mobile browser. sekalipun tak kita instal juga tak jadi masalah.

kalau blackberry messenger, o.k lah ya, kalau untuk tujuan komunikasi saya rasa juga penting. Kalau pembaca tak perlu layanan seperti perkiraan cuaca/wheater, di force stop saja. Atau di disable saja.

Itu juga makan kuota, baterai, plus memberati ram ponsel. Matikan fitur auto update pada beberapa aplikasi tertentu melalui play store. auto update sering kali merugikan. Bahkan ada beberapa aplikasi yang sama sekali tak perlu bahkan tak pernah kita pakai.

Di disable saja. Download aplikasi/game google play store, seperlunya saja. Atau instal melalui wifi saja. yang tak kalah penting. Jangan pernah menginstal aplikasi yang sama sekali tak kita kenal.

Bahaya malware. Malware buka virus. Hanya aplikasi yang memberatkan sistem, bahkan mampu merusak sistem. malware juga mampu mencuri paket data kita secara diam diam. download aplikasi yang populer dan banyak penggunanya saja.

jangan download aplikasi dari situs situs tak dikenal. Pasang antivirus, hanya kalau dirasa perlu.

baiklah, sekian dulu update artikel saya kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca. kritik dan sarannya, kalau ada. :) bisa di tambahkan di bawah. O.k terimakasih atas perhatiannya, dan selamat berselancar.

Sumber gambar : google image




Postingan terkait: