20 hal yang harus diketahui oleh seorang PC gamer pemula

Kali ini tech games akan membahas tentang 20 hal yang harus diketahui oleh seorang yang baru dalam hal PC gaming. Jika kamu adalah gamer yang baru pindah dari console game ke PC,

Atau seorang gamer yang baru mencoba menjadi Gamer PC, kamu harus tahu 20 hal ini. O.k, kita mulai saja dari nomor 20.

20. Download dan instal steam.


Sebagian besar Gamer beranggapan bahwa, steam adalah jalan terbaik dalam menikmati game di PC. Ini adalah toko online distribusi digital yang merubah semua hal. Valve adalah perusahaan yang ada dibalik distribusi digital ini.
Steam menghubungkan antara para penikmat game dengan berbagai hasil karya dari seluruh developer game yang ada di seluruh dunia. Mulai yang paling besar dan sudah terkenal, hingga yang masih indie/independent.


steam juga menghubungkan seorang gamer dengan komunitas game terbesar di internet, dengan berbagai fitur yang disediakan. Mulai dari social media, fitur messager, message box, hingga game voice chatt.
Steam juga menjaga agar seorang gamer selalu mendapatkan berbagai update software penting begitu update tersebut di rilis. Valve selaku perusahaan pemilik Steam adalah tipe perusahaan yang perduli pada konsumen.

19. Selalu check situs Game Deals


Situs ini bersisi berbagai informasi mengenai berbagai diskon yang tengah berlaku di pasaran. Sebelum kalian, gamer PC pemula yang hendak membeli sebuah game/bertransaksi,

Ada baiknya mengecek diskon apa saja yang tengah berlaku saat ini. Ini bagus untuk mencegah supaya kita tak menjadi korban dari tindakan cyber crime/tindak penipuan online.

18. Tunggu diskon dari Steam, jika hendak mendownload game.


Dalam beberapa waktu, biasanya steam akan mengadakan diskon, yang biasa berlaku dalam waktu waktu tertentu. Pada even musim panas misalnya, atau halloween, atau bahkan hari raya natal. Diskonnya pun beragam.
Mulai dari 90%, 80%, bahkan hingga 50%. Bukankah bagus, kalau kita bisa mendapat penawaran yang jauh lebih baik, selain bermain game, kita juga harus memikirkan keuangan tentu saja. :)

17. Gunakan fitur Steam Refunds.

Jika kita membeli sebuah game dari steam, dan misalnya kita baru memainkannya selama 2 jam, tapi ternyata kita tak menyukai game tersebut, kita bisa meminta uang/cash kita kembali, dengan bantuan fitur refunds dari steam.


Namun perlu diingat. Untuk melakukan refunds, ada ketentuan yang harus di pelajari, misalkan saja refunds boleh dilakukan selambat lambatnya selama 2 minggu, dan sesingkat singkatnya selama 2 jam masa bermain.
Berlaku untuk game dan software aplikasi yang berasal dari steam store. Ada 2 macam refunds yang berlaku di steam. Yang pertama ialah refunds dari DLC. berlaku selambat lambatnya adalah selama 40 hari,

dan secepat cepatnya adalah dalam jangka waktu 2 jam sejak pembelian dilakukan. Refunds bisa dilakukan apabila, DLC tersebut sama sekali belum dipakai, dirubah, serta di distribusikan. Catatan: DLC tak berlaku apabila menyangkut DLC pihak ketiga,
DLC untuk mempercepat sebuah karakter game naik level. Dalam hal ini akan ditandai sebagai transaksi yang nonrefundable. Refunds yang kedua adala refunds on in game purchase. Steam akan melakukan pengembalian uang/cash,

Hanya pada game yang memang dari developer Valve sendiri. Dalam jangka waktu 8 jam sejak pembelian dilakukan, dengan catatan selama item tersebut tidak dipergunakan. Namun, refunds tak berlaku pada non Valve games.

16. Coba check GOG.com

Distribusi game lain yang bisa dipercaya selain Steam ialah GOG.com. kita sebagai gamer, tak bisa bergantung kepada satu distribusi saja. Distribusi digital lain selain Steam, yang merupakan toko game online yaitu GOG.com bisa dicoba.


Toko online digital ini, dikabarkan akan menjadi pesaing terkuat dari Steam milik valve. Satu hal yang menarik dari GOG.com. mereka membenci sistem DRM. sekedar informasi, DRM ialah suatu sistem yang diberlakukan oleh steam yang bertujuan untuk mencegah pembajakan.
Sistem ini kebanyakan di benci oleh para konsumen, karena cenderung menyulitkan konsumen, serta terkesan menganggap konsumen dalam hal ini adalah para gamer, akan melakukan tindak pembajakan.

Nah GOG.com ini, membenci sistem DRM ini, dan sama sekali tak memberlakukan sistem ini. Jadi, semua game yang telah dibeli dari situs GOG ini, benar benar bebas dari DRM. dan apabila kita telah membeli game tersebut, game tersebut benar benar milik kita.
Dan juga, GOG memiliki fitur yang disebut, GOG galaxy yang memudahkan pengguna itu sendiri, yang mana pengguna dibebaskan karena DRM, digital Right management ditiadakan. GOG Galaxy juga mengzinkan player terhubung dengan pemain lain

Yang menggunakan platform steam. Pengguna GOG juga diizinkan menyimpan file instalasi mereka di penyimpanan hard drive atau cloud storage milik mereka sendiri dimanapun mereka mau. Tak ada syarat dan ketentuan yang akan mengikat konsumen,
Konsumen dalam hal ini para gamer juga bisa mematikan auto update jika mere marasa tak perlu melakukan update. Semua pilihan kustomisasi murni ada di tangan konsumen. Misalkan saja kolom chatt yang seringkali

Muncul tiba tiba ketika bermain. Tak suka ada achievement, hal ini langsung bisa di nonaktifkan jika pengguna tak suka.

15. Check situs Humble Bundle.

Situs ini menawarkan paket penjualan game triple A, beberapa game skaligus dalam satu paket yang disebut Humble Bundle. namun humble bundle masih memerlukan steam untuk memainkan game yang telah di beli.
Humble bundle juga hanya tersedia untuk platform windows. Humble bundle juga dilengkapi sejenis serial key, yang bisa berlaku di ke dua distribusi Steam dan juga GOG.


14. Tetap jaga kebersihan PC Game kamu.


Untuk menjaga performa PC Game kita, jangan lupa untuk selalu membersihkannya secara rutin. Terutama dari debu yang sering kali menempel pada komponen komponen PC. Perlu diingat, hindari menggunakan bahan bahan yang dapat
Merusak komponen komponen PC. misalkan saja produk pembersih industri rumah tangga yang mengandung deterjen. Deterjen tak pernah cocok dengan komponen komponen PC. Produk ini bisa menyebabkan komponen PC misal motherboard mengalami berkarat,

Serta mengakibatkan adanya korsleting. Satu satunya cara untuk membersihkan komponen PC ialah dengan menggunakan compress air.

13.jangan tertipu dengan tampilan steam controller.


Mungkin steam Controller terlihat agak futuristik dan juga canggih. Tapi nyatanya steam controller sama sekali tak efektif plus tak nyaman saat digunakan dalam bermain game. Jika memerlukan gamepad yang dapat mendukung kenyamanan bermain game,

Serta menawarkan efisiensi yang baik, pakai saja Xbox one controller. Xbox controller adalah standar gamepad dalam bermain game di PC. Tapi kalau kamu tak memiliki Xbox controller, pakai saja PS 4 controller. Ada software yang di sebut dengan

PS for windows, yang dapat mengkonfigurasi controller PS4, sehingga dapat di pakai seperti layaknya controller Xbox di PC. Dan software ini sama sekali tak sulit untuk dipakai.

12. Download dan instal software Geforce Experience, apabila terinstal kartu grafis Geforce di PC kamu


Lakukan hal ini hanya jika kamu pengguna kartu grafis Geforce. Software ini dapat menjaga driver graffic card Geforce kamu selalu up to date. Aplikasi ini juga penting bagi game yang ada di PC kamu.
Software ini juga membantu mensetting PC kamu, supaya dapat memainkan Game yang bersangkutan dengan performa yang lebih maksimal. Cukup melakukan klik, dan klik, semua beres.

Software ini akan membantu melakukan setting secara otomatis. Ini adalah software yang berguna.

11. Hindari stuck dalam satu posisi saja pada jangka waktu yang lama ketika bermain game.

Sangat dianjurkan untuk sesekali berdiri, gerakkan tubuh berkeliling misalnya, berikan jeda sesaat jika kamu bermain game selama berjam jam. Demi kesehatan ingatlah untuk memberi jeda beberapa menit,


Untuk menggerakkan badan atau berganti posisi. Sungguh tak sehat apabila kamu terus terusan bermain game tanpa henti. Kedengarannya seperti orang tua yang memarahi anaknya, yang terlalu keranjingan bermain game. But, memang begitulah sebenarnya.

10. Apapun hardware yang kamu pakai, AMD, Intel, Invidia, jangan takut untuk melakukan eksperimen untuk mendapatkan performa bermain game yang lebih baik.


Biasanya dalam setiap PC game, akan ada menu setting, yang akan menentukan kualitas grafis, tampilan serta performa dari game tersebut. Misalkan saja frame rates. Hal yang membuat PC game itu menarik, ialah
Kualitas grafis yang bisa ditawarkannya. Dan banyak sekali hal yang dapat mempengaruhi sejauh mana tingkat frame rate dari sebuah game itu sendiri. Sebaiknya untuk gamer yang baru mengenal graffic card, tak perlu merepotkan

Masalah texture geometry, serta apapun itu namanya. :) karena itu tak begitu berpengaruh pada frame rate. Maksud saya bukan benar benar tak berpengaruh, tapi tak begitu berpengaruh.

Bagi gamer yang sudah berpengalaman tak akan sulit bagi mereka untuk melakukan konfogurasi sendiri untuk menangani masalah tersebut. Namun bagi gamer pemula, tak perlu terlalu dipusingkan.

9. Jangan lupa lengkapi mesin gaming kamu dengan gaming mouse

Jika ketika kamu bermain game, ada sedikit interval jeda antara proses melakukan input (waktu kamu menekan tombol mouse) dengan proses output (respon yang diberikan oleh komputer), yang disebabkan oleh mouse


Yang kamu pakai itu kurang begitu responsif, maka inilah waktunya bagi kamu untuk mencoba salah satu dari sekian banyak merek mouse game. mouse game biasanya memang di desain khusus untuk keperluan game
Sehingga, akan jauh lebih responsif dari mouse biasa. Mouse game juga seringkali dilengkapi tombol exstra, yang biasanya bisa dikonfigurasi untuk menggantikan fungsi beberapa tombol keyboard.

Hal ini akan memudahkan gamer dalam bermain game seperti FPS, atau MMORPG misalnya. Mungkin merek seperti Razer ataupun Logytec bisa jadi pilihan utama kamu. Oh iya jangan lupa untuk memilih mouse pad/alas mouse, untuk kenyamanan bermain kamu.

8. Selalu terbuka dengan berbagai gendre dari PC Game.

Karena sekarang kamu bermain sebagai PC gamer, akan ada berbagai game, dengan berbagai gendre yang akan sedikit berbeda dari console game. PC game tak selalu memerlukan kontroller sebagai kendali utamanya.

PC game mengizinkan pengalaman bermain yang sedikit lebih kompleks dibandingkan hanya sekedar menekan tombol controller saja . Just open minded. Terbukalah dengan berbagai gendre yang mungkin tak pernah kamu mainkan sebelumnya.


Misal, online multiplayer, realtime based strategy, turn based game, tower defence, dan lain sebagainya. Game juga bukan cuma sekedar grafis yang memukau saja. Terbukti grafis tak selalu menjadi hal yang utama dalam game.

Bahkan ada banyak game game indie yang tak begitu mengedepankan kualitas grafis, namun mampu menawarkan pengalaman bermain yang unik, menantang bahkan inofatif.
Mouse dan keyboard juga mampu membuat gamer sedikit melakukan hal yang lebih banyak dibanding dengan hanya sekedar kontroler saja. Mungkin tak semua gendre game PC kamu akan suka, tapi tak ada salahnya untuk mencoba hal baru bukan? :)

7. Jangan lupa manfaatkan pula Situs twitch.

Twitch adalah situs layanan berbagi video seperti layaknya youtube, namun menghususkan diri untuk tema game. Akan sangat menyenangkan untuk menyaksikan berbagai gameplay dari seseorang yang tengah bermain game.

Itula menariknya game. Game bukan cuma menarik untuk dimainkan, tapi juga tak kalah menarik untuk di tonton. Tapi akan jauh lebih menarik lagi, apabila life streaming kita yang di saksikan oleh orang lain.

Dan twitch adalah penghubung antara gamer dengan seluruh komunitas tersebut. Gamer bisa saling berkomentar, mendapat masukan dari gamer lain, akan sangat menyenangkan bisa berinteraksi dengan orang orang yang


Punya passion yang sama dengan kita. Dan yang lebih menyenangkan lagi, apabila kita sudah populer dan punya banyak follower di twitch, kita juga bisa dapat banyak penghasilan dari kegiatan streaming game kita.

Bahkan ada tipe penonton yang tak segan segan mendonorkan uangnya apabila mereka benar benar menyukai video life streaming kita. Dan juga selain itu, twitch juga bisa membantu kita menyisihkan sebagian penghasilan kita

Untuk melakukan tindakan amal seperti menyumbangkannya bagi mereka yang lebih membutuhkan. Jadi, tak ada salahnya kan mencoba situs stwitch ini,

6. Tak selamanya judul game terkenal, dari perusahaan developer/publisher terbesar dan ternama itu bagus/berkualitas.

Ternyata tak semua judul game terkenal dari developer atau publisher besar, seperti ubisoft, activision, dan juga warner bross, itu versi PC nya bagus atau berkualitas. Sebut saja judul game terpopuler seperti Batman arkham knight.


Game ini sempat mengalami kehancuran, terutama versi PCnya. Hal ini disebabkan karena game ini dirilis secara lintas platform, baik itu console maupun PC. Versi consolenya sih bagus bagus saja tak ada masalah ketika pelirisannya di pasaran.
Hanya saja, untuk versi PCnya sempat mengecewakan konsumen/para gamer, karena waktu perilisannya di pasaran, game ini masih menyisakan begitu banyak bug yang sangat sangat mengganggu kenyamanana dalam bermain.

Ternyata begitu di usut apa sebenarnya penyebabnya, ini tak lain disebabkan oleh ketidak siapan penanganan dari tim developer sendiri. Ternyata dari pihak warner bross sendiri memaksakan 20 orang untuk bekerja melakukan port terhadap

Game Batman Arkham Knight ini, supaya tersedia untuk platform PC. Kekurangan jumlah tenaga dari tim developer, serta jangka waktu deadline yang begitu singkatlah yang menyebabkan masalah ini terjadi.

Dan akhirnya, ini merugikan konsumen sendiri. Terlihat sekali dari kejadian ini, kebanyakan perusahaan besar seperti studio warner bross, cenderung lebih mementingkan keuntungan belaka dibandingkan keluasan dari konsumen.

Jadi untuk para gamer PC yang masih baru, perlu diingat hal seperti ini, supaya nantinya kita tak menjadi pihak yang dirugikan. Jika nantinya terjadi lagi kejadian seperti ini di kemudian hari.

5. Abaikan U. Play dari Ubisoft


Layanan ini lebih terlihat seperti tiruan dari Steam. Tapi versi palsunya. :D intinya, U play sama sekali tak bagus. Untuk gamer pemula, abaikan saja situs ini.

4. Biasanya Game Game yang tersedia untuk multiplatform, akan lebih berkualitas versi PCnya.

Di karenakan Pc Jauh lebih powerfull dibanding dengan consolle, serta PC jauh lebih mudah di upgrade berbagai komponennya, akan lebih mudah untuk developer game, untuk melakukan port game game buatan mereka, untuk platform PC.


Dan pada umumnya, para developer akan menambahkan berbagai fitur tambahan yang biasanya tak akan ada di versi consolenya. Intinya, developer bisa menambahkan berbagai content yang nantinya mampu di handle oleh PC game,

Namun hal ini, tak dilakukan untuk versi consolenya, karena kemampuan console game sangatlah terbatas. Dan tak mungkin mampu bersaing dengan PC game.

3. Jangan buang waktu kamu dengan menginstal aplikasi Game booster

Ada banyak sekali software yang menjanjikan akan dapat meningkatkan performa PC game kamu dalam bermain game jika kita menginstalnya. Dan jujur saja itu semua tidak benar. Lebih baik untuk para gamer PC yang masih pemula,


Jauh jauhlah dari software software seperti ini. alasan pertama, "semua software itu tak akan ada efeknya bagi PC kita." malahan, software tersebut akan membebani kinerja PC milik kita. Biar bagaimanapun, software tetaplah software.
Yang jika dijalankan, akan memakan source processor, Ram, dan tentu saja memberati PC itu sendiri. malahan sebaliknya, akan lebih berguna apabila, kita memanfaatkan task manager saja.

Task manager dapat kita gunakan untuk menghentikan berbagai program yang sama sekali tak kita perlukan ketika bermain game. Itu akan lebih meringankan kinerja PC.

2. Manfaatkan fitur Group yang dimiliki oleh steam.

Steam menyediakan berbagai fitur yang akan mempermudah gamer berinteraksi dan bersosialisasi dengan gamer lain atau komunitas game lainnya. Salah satu fitur tersebut, ialah group. Fitur ini akan membantu kamu mencari teman


Bermain game yang sama dengan yang sedang kita mainkan. Fitur ini berguna bagi gamer yang hendak mencari team untuk bermain game multiplayer bersama, atau hanya sekedar bersosialisasi saja.
Atau mencari panduan tips dan trik untuk menyelesaikan sebuah game serta tentu saja tempat untuk saling berbagi pengalaman.

1. Pc gaming tak selamanya merupakan barang mahal yang hanya bisa dimiliki oleh orang kaya saja.


Pada umumnya, PC gaming memiliki reputasi sebagai barang mahal yang hanya akan bisa di miliki oleh orang dengan budget besar saja. Ini tidak benar sepenuhnya. Yha, kita bisa menanamkan uang kita sebanyak mungkin, bahkan tanpa batas.
Untuk membangun sebuah PC game termahal dan juga ter tangguh dengan spesifikasi terbaik, dan terupdate. Kita bisa saja membuat ultimate gaming PC terbaik. Tapi, inilah fleksiblenya dari sebuah PC.

Dan bukan cuma gamer saja. Semua orang harus tahu hal ini. Kita juga bisa membangun sebuah PC gaming dengan budget yang setara dengan harga sebuah console gsme di zaman sekarang, bahkan lebih baik di atas console dengan
Budget yang sama pula. Bahkan kalau kamu sudah ahli dalam hal PC, tahu benar harga harga komponen PC di pasaran, kamu bisa saja membangun sebuah gaming PC dengan harga budget bahkan di bawah console game.

(Yha itu kalau kamu memang benar sudah ahli. Tahu benar harga dan spesifikasi PC yang kamu perlukan, plus kamu benar tahu apa yang sedang kamu kerjakan).
O.k guys,
Sekian dulu update dari tech games tentang 20 hal yang harus diketahui oleh seorang yang baru mengenal gaming PC.

This article I made based by 20 things every new PC gamer should know, by Gameranx.
O.k sampai jumpa kembali, dan selamat berselancar/browsing. Awas kuota,!!!








Postingan terkait: