Cara root asus zenfone C Z007 (zenfone 5 zenfone c)

Hi guys, kali ini saya mau share tentang cara melakukan root pada seri asus zenfone. Cara ini bekerja pada asus zenfone 5. Yha sebenarnya ini adalah turorial untuk asus zenfone 5.

 Tapi, cara ini bekerja juga pada asus zenfone c milik saya. 
Tapi saya tak berani jamin cara ini juga akan bekerja pada seri asus zenfone lainnya.

 Bicara soal root, secara singkat, root adalah hak akses secara penuh, pada sistem android milik kita.

lalu mengapa kita memerlukan akses root? sebenarnya tergantung si pengguna itu sendiri. Apabila ia memang merasa memerlukan akses root, dan ia punya kepentingan tertentu, dan untuk dapat melakukan itu ia memerlukan root, ya boleh saja melakukan root pada device android miliknya.

 tapi apabila si pengguna tak begitu memerlukan hak akses root dalam sistem android miliknya, dan hanya menggunakan ponselnya untuk fungsi fungsi sederhana saja, sebaiknya tidak usah saja.

sebenarnya akses root memiliki begitu banyak manfaat. bahkan ada beberapa aplikasi yang hanya akan bekerja secara maksimal, apabila memperoleh akses root. Dengan akses root pula, kita dapat memaksimalkan jalannya ponsel android yang kita miliki.

 Misalkan kita dapat menghapus berbagai aplikasi bawaan pabrik pada ponsel android kita, yang bahkan sama sekali tak pernah kita pergunakan. Aplikasi aplikasi seperti ini, hanya akan memberatkan sistem saja.

 Hal inilah yang terjadi pada asus zenfone c milik saya. Begitu pertama kali saya mendapatkan ponsel ini, dalam keadaan masih baru tentu saja, banyak sekali aplikasi sistem yang terdapat pada ponsel asus zenfone c milik saya ini.

sekalipun saya tak pernah menggunakannya. pada awalnya sih saya oke oke saja. "Ok lah tak masalah".
Tapi lama lama saya merasa jengkel sendiri dengan ponsel saya ini. Bagaimana tidak? ponsel milik saya sekalipun dalam keadaan standby, tak saya gunakan samasekali, dan jelas jelas pada awalnya kapasitas

 baterainya dalam keadaan penuh, baru selesai di charge, tapi baterainya bisa bisa berkurang bahkan hingga lowbat.
 Dan tentu saja harus di isi ulang kembali. "masa ponsel baru beli baterainya bisa ngedrop sih?" Saya bingung sekali. Saya coba googling, untuk mencari solusinya.

Tapi tak berhasil menemukan apapun. Awalnya Saya coba menginstal battery saver. Tak ada efeknya. Lalu tak sengaja saya cek sistem setting. lalu daya pilih menu apps, all. Oh,,!! saya menemukan bahwa, semua aplikasi sistem yang tak pernah saya gunakan itu, berjalan di background secara bersamaan.

 Mungkin itu yang menyebabkan kadang kadang sistem terasa begitu berat, dan harus di restart supaya kembali berjalan seperti semula.
Kemudian saya memilih pilihan force stop. Satu persatu aplikasi yang lumayan banyak itu, saya force stop. Ternyata ada efeknya. :) baterai ponsel jadi tak cepat habis. Serta lebih tahan lama. Tapi segera saya menyadari bahwa cara ini benar benar tak efisien, plus lumayan merepotkan. 

setiap kali ponsel saya restart, semua aplikasi aplikasi itu, berjalan kembali dan harus saya force stop lagi satu per satu secara manual. Akhirnya saya putuskan untuk menghapus semua aplikasi bawaan itu saja. 

tentu saja satu satunya cara menghapus aplikasi sistem ialah dengan melakukan root pada ponsel asus zenfone c milik saya ini. Awalnya saya berfikir "ah gampang kalau cuma root saja". 

Toh ini bukan ponsel android pertama saya. Tapi ternyata, melakukan root pada posel seri asus zenfone tak semudah yang dapat saya bayangkan. Semua cara yang pernah saya gunakan dalam melakukan root pada ponsel ponsel android yang saya miliki, sama sekali tak bekerja pada ponsel asus zenfone ini.

Berbagai usaha telah saya coba. Terutama saya mengusahakan agar tidak melibatkan pc/laptop dalam melakukan proses root ini. Berbagai aplikasi yang biasanya bekerja, sudah saya coba. Mulai dari baidu root, frameroot, dan entah apa lagi nama nama aplikasi tersebut. 

setelah hampir putus asa, saya tak sengaja menemukan tutorial cara root asus zenfone 5 pada situs berikut ini : http://androidmtk.com/root-asus-zenfone-5

Artikel tersebut berbahasa inggris.
 namun dengan pemahaman bahasa inggris saya yang lumayan karatan ini, saya cukup bisa mengerti 12% dari isi artikel tersebut. seperti pada judul artikelnya, cara ini ditujukan pada asus zenfone 5

Sedangkan milik saya adalah asus zenfone c. Lalu saya tetap nekat mencoba cara ini. Dengan kemungkinan apabila saya gagal, ponsel asus zenfone milik saya harus saya relakan rusak. 

Seperti biasa, perasaan ingin tahu serta penasaran saya jauh lebih besar dari pada perasaan takut kemungkinan saya akan gagal. "Biar deh, kalau saya gagal plus ponsel ini rusak, setidaknya rasa ingin tahu saya bisa terobati."

 kemudian saya turuti semua langkah langkah dalam tutorial itu. ternyata saya berhasil. ponsel saya ok ok saja. Tak ada tanda tanda mencurigakan hingga saat tulisan ini selesai saya buat. 

Berarti dapat disimpulkan bahwa, struktur asus zenfone c, kurang lebih sama dengan asus zenfone 5. Berikut ini, akan saya jelaskan versi bahasa indonesia dari tutorial yang ada di situs androidmtk tersebut.



Namun dalam tutorial ini, diperlukan adanya campur tangan dari pc/laptop. Seperti yang saya katakan sebelumnya, cara melakukan root pada seri asus zenfone, sedikit berbeda dari ponsel android pada umumnya. harus melalui perantara pc/laptop.

Okay, berikut ini adalah beberapa langkah langkahnya.
Langkah pertama, kita harus mendownload intel usb driver, untuk komuter/laptop milik kita. Fungsi dari intel usb driver tak lain ialah, supaya pc/laptop kita mampu membaca ponsel android milik kita ketika terhubung melalui usb cable.

Langkah ke 2, jangan lupa centang options enable USB Debugging pada device asus zenfone kita. Untuk nelakukannya, buka menu setting, developer option, USB Debugging, dan centang pada opsi USB Debugging.
 di beberapa ponsel, menu developer option, sering kali tersembunyi, dan pada awalnya tak dapat kita akses.

Dan apabila itu terjadi pada ponsel kalian, buka menu setting, About phone, Built number, dan tap beberapa kali pada menu built number dengan cepat.

 (mungkin sebanyak lima hingga delapan kali). maka opsi developer option akan terbuka.


Langkah ke 3, sambungkan ponsel asus zenfone dengan PC/Laptop, melalui sambungan USB cable.

Langkah 4, download dan exstract zenfone 5 root kit pada PC kita. setelah kita exstract, akan ada empat item, yaitu folder file, boot.img, root-zenfone.bat, dan unroot-zenfone.bat


Langkah berikutnya (langkah ke 5), buka root-zenfone.bat dengan cara double click. otomatis akan membuka CMD yang ada di pc kita.


Kemudian langkah 6, begitu root-zenfone.bat terbuka, tekan enter pada keyboard untuk memulai proses root.


Langkah ke 7, begitu proses root berjalan, device asus zenfone kita akan melakukan restart selama beberapa detik/menit. Dan setelah selesai ponsel asus zenfone milik kita akan hidup kembali. Dan pada layar CMD muncul pesan "all done, enjoy your root zenfone 5", itu artinya proses root telah sukses.


Untuk memastikan proses root telah berhasil, Buka menu pada ponsel, dan cari aplikasi yang bernama "Super su". Dan apabila ada, berarti proses root telah berhasil. atau bisa juga

menginstal aplikasi root checker, untuk mengecek ponsel android sudah di root atau tidak. selamat ponsel android anda sudah berhasil di root.

Oh iya, jangan lupa melakukan backup data data ponsel sebelum menjalankan lagkah langkah root di atas, untuk jaga jaga. Dan saya ingatkan, melakukan root berarti menghanguskan garansi pabrik dari ponsel android itu sendiri.


Dan kalau kita tak memerlukan akses root lagi, dan hendak melakukan unroot, bisa melalui cara buka aplikasi super Su, seting, dan tap full unroot. Okay, selamat menikmati akses root pada ponsel asus zenfone c/zenfone 5 milik anda.
Saya sarankan agar anda lebih berhati hati. Jangan sampai kalian menghapus data sistem dari ponsel asus zenfone 5 milik kalian. Karena jika itu terjadi, akibatnya akan fatal. Yha lumayan fatal. Inilah alasannya kenapa ponsel android yang masih baru, keluaran pabrik, tak akan memiliki akses root.

Karena meskipun akses root sangat bermanfaat, tapi kalau kita tak berhati hati dalam menggunakannya, kita dapat merusak sistem itu sendiri.
Jika ingin melakukan perubahan perubahan pada sistem, seperti menginstal custom room, ingatlah untuk membackup data data penting terlebih dahulu. Dan pastikan Rom yang akan anda instal, support ponsel milik anda.

Intinya jangan lakukan hal hal yang tak anda benar benar pahami. Tapi kalau anda yakin 100% dengan apa yang anda lakukan yha silahkan saja.

Oke sekian dulu update artikel saya kali ini. semoga tutorial ini bermanfaat bagi pembaca. (Terutama pada orang yang mengalami masalah yang saya alami. :D ) terimakasih atas kunjungannya, sampai jumpa lagi pada update berikutnya.



Postingan terkait: