3 aplikasi mobile android, wajib untuk seorang digital artist

Semakin pesatnya teknologi mobile, menyebabkan terciptanya era baru yaitu era mobile. era mobile ini secara tidak langsung mempengaruhi cara hidup seseorang. Tak terkecuali seorang artist. yang saya maksudkan seorang "artist" disini adalah seorang seniman. seorang pelukis. Bukan artist penyanyi atau aktor film yha. :)

Karena perkembangan teknologi yang begitu pesat, mengakibatkan seorang artist mencari cara baru, untuk mempermudah proses mereka dalam menghasilkan karya karya terbaru. Dan salah satu cara itu, adalah dengan memanfaatkan media mobile tablet/smartphone android. Kita semua tahu, tablet mobile jauh lebih ringkas dan dapat di bawa kemana mana.

tentu saja hal ini akan memudahkan seorang artist untuk berkarya dimanapun ia berada. Tanpa harus repot repot membawa berbagai peralatan. Berikut ini adalah beberapa aplikasi android yang tepat untuk seorang digital artist. baiklah ini dia aplikasinya.

1. Sketchbook pro/autodesk sketchbook/sketchbook express



Kali ini, developer aplikasi autodesk, membawa aplikasi sketchbook pro mereka ke ranah mobile. Kita dapat merasakan pengalaman menggunakan aplikasi sketchbook ini, seperti layaknya pada pc. Autodesk mengeluarkan dua versi aplikasi sketchbook, yaitu autodesk sketchbook dan sketchbook express.

Ke dua aplikasi ini fiturnya tak jauh beda bahkan hampir sama. Fitur fitur yang tersedia pun, sangatlah lengkap.

Tak heran mengakibatkan aplikasi sketchbook mobile ini, menjadi salah satu aplikasi yang paling populer, pada kategori most popular android apps. Versi gratis dari aplikasi ini menyediakan lebih dari 10 tipe efek brush yang berbeda termasuk pencil, yang dapat kita kustomisasi.

kita dapat mengkustomisasinya sesuai selera kita. beberapa fitur lainnya seperti, pens and marker, synthetic pressure sensitivity, dan juga 3 buah layar editor. Serta 16 blending mades, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan dilengkapi IAP, untuk membuat aplikasi ini menjadi sketchbook pro.

namun jika pembaca sekalian tertarik untuk membeli aplikasi ini, aplikasi ini akan berlabel menjadi sketchbookpro. jika kita membeli aplikasi ini secara penuh, kita akan mendapatkan fitur lebih dari 100 brush yang berbeda, penggunaan layer yang lebih banyak, advance tools dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Infinite painter

infinite painter juga merupakan salah satu aplikasi painting yang ada di google play store. yang akan memberikan akses pada lebih dari 80 brush yang berbeda, selain itu kita juga bisa membuat versi brush kita sendiri.

untuk membuat versi brush kita sendiri, kita dapat mengakses menu setting, dan menyimpannya menjadi salah satu referensi brush kita. Semua brush tersebut, sudah di design secara khusus, untuk dipergunakan pada media bertekstur kertas digital.

Jadi dengan adanya fitur tersebut, seorang artis dapat menghasilkan berbagai efek efek tradisional, yang hampir mirip dengan efek pada karya tradisional. Tanpa harus membawa cat dan kanvas kemana mana, nikmatilah pengalaman melukis terbaik, dengan media digital, melalui aplikasi infinite painter ini.

seperti halnya sketchbook dari autodesk. tak semua fitur dalam aplikasi ini gratis. kita harus membeli beberapa fitur melalui IAP terlebih dahulu.

3. Fresco paint

mungkin aplikasi ini tak sebagus ke dua aplikasi di atas. Tapi, jika para pembaca sekalian hendak membeli aplikasi untuk memulai belajar digital painting, atau digital art, ini bisa jadi pilihan terbaik sebagai awalan. Versi full dari aplikasi ini bisa di dapatkan dengan harga murah. Bahkan lebih murah dari kedua aplikasi di atas.

aplikasi ini punya keunggulannya tersendiri. sederhana. yha, kesederhanaan cocok sekali bagi pemula yang baru mengawali membuat digital art. Mudah dipahami. Dengan harga murah, plus simple. bisa dipakai kapanpun dan dimanapun.

4. Artflow

Aplikasi ini mirip dengan autodesk sketchbook. kualitasnya juga sama. cara penggunaannya juga tak jauh beda. apabila para pembaca sekalian familiar dengan autodesk sketchbook, maka tak akan perlu waktu lama untuk menguasainya.

aplikasi ini akan berfungsi lebih maksimal apabila diinstal pada samsung galaxy note, serta di gunakan dengan stylus. tersedia di google play versi gratis ataupun berbayar.

ok guys, para pembaca sekalian, itu tadi beberapa aplikasi painting yang dapat menjadi pilihan untuk tablet android kalian. Semua itu bisa kalian search melalui google play store. sangat cocok untuk seorang digital artist.

Baiklah sekian dulu update saya kali ini. semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. jika ada yang berkenan, silahkan tambahkan saran dan kritiknya di kolom komentar di bawah. Itu akan sangat membantu sekali bagi saya.

Terimakasih pula saya ucapkan kepada situs mobile.digitalartsonline.co.uk atas inspirasinya. :)
O.k terimakasih, dan sampai jumpa kembali.


Postingan terkait: