Daftar 14 fakta tentang Doom 2016 yang harus kamu ketahui.




78.media.tumblr.com



14. Enam Mode Multiplayer Gameplay yang berbeda. 

Enam mode Gameplay meliputi :

Soul Harvest :  bertujuan untuk membunuh lawan dan mengumpulkan soul mereka yang telah dikalahkan sebanyak banyaknya, mirip dengan mode permainan Kill confirm pada Call of Duty.

Freeze Tag : bersifat lebih kompetitif serta memerlukan kerja sama tim untuk memperoleh kemenangan. Jenis permainan ini sangat sederhana. Player diharuskan untuk membunuh lawan sebanyak banyaknya, dan lawan yang telah terbunuh akan membeku sepanjang permainan. Apa bila semua anggota tim kita membeku, maka tim milik kita dinyatakan kalah. Begitu pula sebaliknya,

Untuk mencegah supaya tim tidak menderita kekalahan, tim harus tetap bergerak bersama sama sehingga apa bila salah satu anggota kalah dan dibekukan, rekan lainnya dapat membebaskannya.

Warpath : merupakan mode gameplay yang didasarkan pada permainan tradisional "King of the hill." Gameplay ini bertujuan untuk menguasai dan mempertahankan suatu wilayah dalam jangka waktu tertentu, sehingga tak dapat direbut oleh tim player lainnya.

Domination : player diharuskan menguasai tiga statis poin yang telah ditentukan, namun Item Demon Rune akan muncul secara acak di tempat tempat tertentu.

Time Deathmatch : versi paling mendasar dari  online PVP.

Clan arena : pada mode ini semua powerup maupun Demon Rune ditiadakan. Player tak dapat merestore kembali healt level ataupun Armor milik mereka, proses Respawn juga dihilangkan. Jadi siap yang bertahan paling akhir maka dialah pemenangnya.




13. Melee Execution. (Glory Kill) 



78.media.tumblr.com


Dibandingkan dengan hanya sekedar menembaki lawan dan tetap menjaga jarak aman,
Melee Execution atau Glory kill mengizinkan player untuk melancarkan serangan fisik jarak dekat, yang mampu menghabisi lawan secara seketika.

Melancarkan tembakan terhadap lawan secara terus menerus dapat mengakibatkan tingkat kerusakan yang cukup parah. Hal ini ditandai dengan hilight berwarna biru, Dan apabila player mendekati lawan yang telah menderita tingkat kerusakan yang teramat parah serta ditandai dengan hilight berwarna oranye,

Pada tahapan ini Player memperoleh kesempatan untuk melancarkan Eksekusi jarak dekat atau bahasa kerennya Glory kill. Glory kill dapat berakibat fatal bagi target, dimana Doom Slayer membunuh lawan dengan metode brutal.

Glory Kill bersifat opsional. Player dapat memilih untuk melakukan aksi ini ataupun tidak sama sekali. Namun apabil Doom Slayer tengah melancarkan eksekusi ini, serangan lawan disekitar jadi tidak bekerja ataupun tak menghasilkan damage bagi Doom Marine. Sayangnya serangan yang dilancarkan oleh lebih dari satu lawan akan menghasilkan tingkat kerusakan pula.

Keuntungan jika memilih melakukan Glory Kill adalah, player akan selalu memperoleh item Healt Pickup sebagai reward. Cukup bermanfaat untuk memulihkan healtbar yang mengalami kondisi kritis.

Boss Battle seperti Cyber Demon, Hell Guard dan juga Spider Mastermind, hanya bisa dikalahkan dengan metode Glory Kill.

Selain Glory Kill ada juga variasi gameplay yang disebut Berserk Mode, dimana ketika powerup ini diaktifkan, Doom Guy akan beralih dari mode weapon Handle menjadi fully hand to hand combat. Pada mode ini Player dapat melakukan Glory Kill terhadap lawan bertipe non Boss Batlle secara instant.

Memanfaatkn Chainsaw merupakan metode lain dalam melakukan Glory Kill selain Berserk mode. Manfaat dari menggunakan metode ini adalah Player memperoleh amunisi sebagai rewardnya. Kekurangan dari Chainsaw adalah, senjata ini memerlukan bahan bakar (fuel) tiap kali penggunaannya. Semakin besar lawan yang dihadapi, maka akan menghabiskan kapasitas bahan bakar (fuel ) yang lebih banyak pula.

Dalam mode multiplayer, Glory Kill dapat dilangsungkan pada hampir setiap kesempatan, biasanya bila musuh berada pada tingkat Healtbar rendah.

Tak seperti Glory Kill pada single player Mode, player tidak memperoleh kekebalan singkat, dan musuh juga bisa melakukan Glory Kill terhadap player yang tidak menderita healtbar kritis. Jika seorang pemain melakukan sebuah Glory Kill dan terbunuh karena terkena serangan player lain sebelum mengeksekusi Glory Kill, korban yang bersangkutan akan selamat. Ini berlaku untuk  Demon, player lain, Baron, Cacodemon, Prowler, dan Spectter Glory kill.


12. Kembalinya musuh musuh lama. 

Alphacoders.com


Jika pembaca adalah seorang penggemar fanatik franchise Doom, maka kamu akan menyadari adanya tokoh tokoh lama dari serial Doom sebelumnya kembali muncul pada Doom 2016.

Atau pembaca tidak mengenali mereka sama sekali berkat tampilan grafik yang lebih berkualitas dan juga perubahan design yang telah diberlakukan.

Beberapa musuh yang kembali seperti : Revenant, Mancubus, dan CyberDemon.




11. combat gameplay yang lebih ditingkatkan. 


Doom 2016 kembali dengan tempo permainan cepat serta berbagai variasi gameplay. Penambahan unsur seperti kemampuan berlari dan double jump membuat Doom jadi terasa lebih diModernisasi.

Player juga diberikan opsional taktikal, entah itu player memilih untuk menerjang lawan dengan brutal ataupun menjaga jarak dan berlindung dibalik envirotment sekitar untuk menghindari damage skaligus memulihkan Healtbar.


10. Demon Rune.


Fsmedia.imgix.net


Merupakan sejenis powerup yang hanya ada pada versi Multiplayer gameplay, yang memungkinkan player berperan sebagi Demon, untuk melihat seperti apa pengalaman bermain dari sudut pandang Demon.

Pentagram powerup atau Demon Rune akan muncul secara acak dalam battle arena dan begitu pula dengan wujud Demon yang diperoleh. Apabila player berhasil mendapatkan powerup ini, maka ia akan mendapat kesempatan untuk memerankan karakter demon dalam jangka waktu tertentu.

Player tak bisa memilih wujud Demon yang diinginkan karena Pentagram monster acak sifatnya. Kekurangan lainnya dari Pentagram Powerup adalah, Demon cenderung lebih besar dan lebih lamban meskipun mampu menghasilkan damage yang lebih besar, namun berhadapan dengan player lainnya akan lebih sulit.


9. Doom Snap Map. 

Fitur ini dimaksudkan agar komunitas penggemar Doom makin berkembang. Snap Map mengizinkan player menciptakan Map battle arena sesuai kehendaknya sendiri secara instant dan memainkannya secara langsung. Player juga diizinkan untuk mengupload hasil Map buatannya sehingga siapapun player dari seluruh dunia dapat mengaksesnya.

Bukan cuma itu saja, player bisa menciptakan sendiri gameplay mode yang ia inginkan. Seperti misalnya tower deffendse. Player harus menghentikan berbagai demon yang terus bermunculan dan mencegah mereka mencapai titik tertentu. Serta banyak lagi lainnya.


8. Gameplay time.  

Berdasarkan data statistik situs howlongtobeat.com,

https://howlongtobeat.com/game.php?id=2708

 rata rata player membutuhkan waktu sekitar 11 jam lebih untuk dapat menyelesaikan single player mode, dan 16 jam lewat 40 menit untuk menyelesaikan single player mode plus extra gameplay.

Belum lagi untuk menyelesaikan 100% keseluruhan progress yang ada dalam game, dan juga all Playstyle yang ada. Kurang lebih waktu bermain akan membengkak hingga 25 jam.

Cukup lama jika dibandingkan dengan first person shooter pada umumnya yang rata rata hanya membutuhkan waktu 5 jam dalam penyelesaiannya.


7. ID Text Engine. 

Versi console Doom 2016 menargetkan kualitas grafis 60 frame per second, dengan tingkat resolusi 1080p. (PS4 & XBox one) Sedangkan pada versi PC, player dapat menentukan sendiri adjust resolution scalling yang diinginkan.

ID Text Engine saat ini telah berkembang hingga generasi keenam, yang tak lain adalah hasil pengembangan pihak ID Software.

Doom 4 atau Doom Reboot 2016 menjadi Game next generation pertama yang dikembangkan dengan mengandalkan ID Text Engine 6.

 mendukung fitur Anti Aliasing, dimana fungsinya adalah untuk mencegah tampilan grafik dalam game menjadi pecah pecah. Ada banyak sekali fungsi Anti Aliasing,

yang efeknya berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Jika pembaca sering memainkan Game pada PC gaming, setting jenis ini akan sering kali ditemui.

Doom sendiri mendukung berbagai jenis Anti Aliasing, salah satu contoh di antaranya adalah "TXAA",
 Yang hanya bekerja pada kartu grafis tertentu keluaran terbaru, namun lebih unggul karena

 menggabungkan banyak teknik berbeda untuk menghaluskan sisi grafis dalam game. TXAA juga diklaim lebih berkualitas dari FXAA, namun masih menghasilkan Blur, dan memerlukan daya processor yang sedikit lebih besar.

Source :

youtube.


6. Multiplayer maps. 

Ada 9 jenis Map berbeda yang tersedia pada mode Multiplayer gameplay. Yang pertama adalah

•EXCAVATION : merupakan map yang berupa kawasan pertambangan milik badan UAC dengan luas wilayah sedang. Yang perlu diperhatikan dalam areal ini adalah adanya Rock Grinder, (penggiling batu) yang berbahaya bagi player.

•SACRILEGIOUS : player akan ditempatkan dalam areal Neraka,  yang menawarkan jarak pandang yang cukup jelas. Map yang satu ini menuntut Player untuk selalu bergerak dengan cepat ... atau jika tidak, maka mati dengan lebih cepat merupakan konsekuensi yang harus dihadapi.

•PREDITIONS : arena kuno ini dihuni oleh jeritan tersiksa para jiwa-jiwa malang yang telah menderita dan terjebak di wilayah ini.

•DISPOSAL : Map berikut ini jauh lebih kecil dan merupakan fasilitas pengolahan limbah utama yang berasal dari hasil penelitian serta kompleks residensial milik badan UAC. Tidak heran, wilayah ini dipenuhi lendir radioaktif berbahaya.

•BENEATH : Sebelum dipancarkan ke Bumi, energi yang bersumber dari Neraka dimanfaatkan dan di olah di lokasi ini.

•CHASM : Peta besar ini membawa player jauh di bawah lapisan es kutub planet Mars. Tempat yang dirasa sesuai untuk bermain Freeze Tag.

•INFERNAL : Map yang beralokasi di wilayah Neraka, berukuran  menengah lengkap dengan elemen interior dan eksterior. Dipenuhi  platform pijakan dan jurang yang dalam, bersamaan dengan itu ditambahkan teleporter sebagai pelengkap.

•HEATWAVE : Fasilitas milik UAC industri dilengkapi ruang mengkilap yang menariknya tak lama lagi akan diciprati dengan darah manusia bercampur darah setan begitu gameplay berlangsung.

Dan yang terakhir

•HELIX : Di sinilah Pihak UAC bereksperimen dengan setan dan mengembangkan persenjataan canggih. Yang, tentu saja, membuatnya sempurna untuk sesi Gameplay Clan Arena.


5. The Lightning gun. 



Lightning Gun adalah senjata berbasis energi yang pertama kali muncul dalam mode multiplayer dari reboot Doom 2016. Senjata ini mampu menembakkan seberkas listrik terarah (diduga melalui teknologi electrolaser).

Dapat menyerang langsung target tunggal, atau melalui splash Damage yang menyebabkan pelepasan muatan listrik ke areal sekitar, mengakibatkan tingkat kerusakan pada lebih dari satu target di waktu bersamaan.

Senjata ini digambarkan sebagai senjata bertipe energi jarak pendek yang membakar aliran listrik konstan.


4. Berbagai DLC. 


Artstation.com


• Unto the Evil : merupakan DLC pertama untuk Doom (2016) yang dirilis pada tanggal 5 Agustus 2016. DLC ini mencakup tiga peta multiplayer baru yang disebut Cataclysm, Ritual dan Offering,

versi terbaru iblis Harvester yang dapat dimainkan oleh player via Demon Rune, serta sebuah senjata baru yang disebut Pistol UAC EMG Mark V, dan item baru yang disebut Kinetik Mine.

Sebuah armor 'Robotic' juga disertakan dalam paket DLC ini, dan juga tambahan animasi ejekan untuk memanas manasi lawan serta modul hack.

• Hell Followed : adalah DLC kedua untuk Doom (2016) yang dirilis pada tanggal 27 Oktober 2016. mencakup tiga peta multiplayer baru yang disebut Argent Breach, Molten dan Orbital,

Penambahan versi iblis yang dapat dimainkan yaitu Cacodemon, senjata unik baru yang disebut Reaper (sejenis pistol Organik non metal yang dapat menembakkan energi neraka) ,

dan sebuah Item peralatan baru disebut Threat Pulse. Sebuah armada 'Cyberdemonic' juga disertakan, serta tambahan ejekan dan modul hack.

• Bloodfall : berikutnya DLC ketiga untuk Doom (2016) yang dirilis pada tanggal 15 Desember 2016. Ini mencakup tiga peta multiplayer baru yang disebut Empyrian, Boneyard dan Outbreak,

versi yang dapat dimainkan dari Spectre, sebuah senjata baru yang disebut Grenade Launcher, dan yang baru item peralatan disebut Lateral Thrusters. Sebuah armor 'Cultist' juga disertakan, serta tambahan ejekan dan modul hack.

3. Xbox one xtras. 

Apa bila Player memilih untuk membeli Doom 2016 untuk Xbox one, maka secara otomatis Player akan memperoleh Doom versi original serta Doom 2 secara cuma cuma sebagai bonus.

2. Plot. 

Game berlatar tempat di Mars, dengan fasilitas UAC yang diinvasi oleh makhluk makhluk Neraka.

Gameplay bermula dimana player berperan sebagai tokoh misterius yang dijerat  ke altar begitu terbangun ia mendapati dirinya terjebak dalam ruang bawah tanah UAC di planet Mars.

Sosok misterius yang tak lain dikenal dengan sebutan DooM guy membebaskan diri dari pemenjaraannya dan  mengklaim kembali "Praetor Suit" miliknya,

Ialah orang yang menjadi moniker dan dijuluki "Doom Slayer" setelah seorang diri menaklukkan neraka di bawah lututnya, dan ia sama sekali tak bisa dibunuh, diperlukan  rencana yang amat rumit untuk menangkap, dan menyegelnya.

Dengan berjalan melintasi permukaan Mars, Doom Guy memasuki sebuah bangunan industri yang menampung satelit. Setelah menyelaraskan kembali array hidangan, ia berharap bisa mempelajari sumber invasi iblis, dan bermaksud untuk menghentikannya.

Dr Olivia Pierce adalah antagonis dari permainan, tampaknya bertanggung jawab untuk memungkinkan invasi Neraka, yang dipengaruhi oleh janji-janji kekuasaan.

1. Solid resolution and frame rates. 

Pihak Bhetesda menjanjikan Doom Reboot 2016 akan mampu berjalan pada resolusi 1080p serta 60 frame per second.




Postingan terkait: