Daftar 10 fakta tentang youtube yang harus kamu ketahui.

Googleusercontent.com

Tahukah anda tutorial video youtube yang paling dicari diseluruh dunia adalah "How to Kiss"? (Cara berciuman), sedangkan video berdurasi terpanjang yang pernah diunggah ke Youtube adalah video dengan durasi 596.5 lima ratus sembilan puluh enam koma lima jam (hampir duapuluh lima hari)?

Apa pembaca tahu ternyata satu satunya sosok pemimpin dunia dalam sejarah yang memiliki channel youtube bernama "Tony Blair" yang tak lain adalah mantan perdana menteri kerajaan inggris?

Berikut ini adalah 10 fakta tentang situs berbagi video Youtube yang harus kamu ketahui.

10. Pizza for u Pizza for me. 

Banyak perusahaan Startup memulai bisnis mereka dari taraf level paling rendah, dan Begitu pula yang terjadi dengan Youtube. Pada awal mula berjalannya Youtube,

 Co-founder CHAD HURLEY menggunakan garasi yang ada dirumah kediamannya sebagai kantor basis utama dalam mengoperasikan situs youtube.

Selanjutnya kantor YouTube dipindahkan tepatnya di atas restoran pizza dan restoran Jepang di wilayah  San Mateo, California.

Tepat pada 23 April 2005 Video youtube pertama dengan judul Me at The Zoo di unggah.

9. Youtube sempat terlibat masalah hukum dengan situs Universal Tube. 


Pemilik situs Universal Tube dengan huruf "U" Utube, melayangkan tuntutan hukum akibat kesamaan pelafalan nama Youtube dengan Utube. Tak sedikit pengguna situs "Youtube" melakukan kegiatan browsing namun malah teralihkan ke situs Utube.

Akibatnya situs Universal Tube mengalami Crash alias tak bisa offline karena tidak mampu menangani jumlah trafik yang membeludak. Akhirnya pihak Universal tube memilih menjual domain lama mereka dan membeli domain baru.


8. Hadiah bagi para pengguna. 

Apabila seorang pemilik Channel youtube mampu meraih jumlah Subscriber hingga 10.000.000, maka pihak youtube akan menghadiahkan tropi dalam bentuk tombol "Play" yang terbuat dari bongkahan berlian murni.

Dan seandainya seorang youtuber berhasil mencapai nilai Subscriber sebanyak 1.000.000, tropi play button dalam bentuk bongkahan emas yang akan dihadiahkan.

Yang terakhir jika seorang youtuber baru berhasil mencapai jumlah subscriber hingga 100.000, maka silver play button yang akan pihak youtube berikan sebagai penghargaan.


7. Karim at the zoo / me at the zoo. 

Salah seorang pendiri youtube yaitu Jawed Karim membagikan video pertamanya berjudul "Me at the Zoo", dan tercatat sebagai video pertama yang diunggah ke youtube dalam sejarah.

Karim sendiri mengupload video ini pada  23 April 2005, dan dalam video tersebut tampak dirinya tengah menjelaskan tentang situasi Kebun binatang yang ia kunjungi.

Tak ada yang spesial dari video tersebut, mengingat ia sendiri mengaku merekam video pada saat itu dengan peralatan seadanya bahkan kualitas video yang dihasilkan juga terbilang di bawah standar profesional serta cuma berdurasi tak lebih dari 16 detik.

Namun siapa yang menyangka ternyata untuk memperoleh hasil yang besar seorang harus memulainya dengan hal yang lebih kecil terlebih dahulu. Hingga pada saat ini video tersebut telah diputar hingga 45.798.961 ribu kali sejak pertama kali diunggah.


6. April Fools. 

Pada tahun 2008 Youtube mulai memberlakukan tradisi April Fools, untuk mengerjai para pengguna dan ya, tak bisa disangkal youtube memang memiliki selera humor tersendiri.

Rickrolling Fun menjadi lelucon April Fools pertama youtube. Gurauan ini bertujuan untuk mengalihkan seluruh link  video yang ada menuju video klip "Never Gonna Give You Up" milik Rick Astley.

Lelucon lainnya seperti membuat situs youtube menjadi terbalik ketika mereka memilih video dalam area tertentu seperti bagian "recommended for you".

Pada tanggal 1 April 2012, YouTube menambahkan icon disk kecil di sisi kanan logo YouTube, yang saat diklik mengarah ke laman tentang layanan yang disebut "YouTube Collections".

Tawaran tersebut menawarkan setiap video YouTube yang pernah diunggah akan dibuatkan versi DVDnya dan dikirim dalam armada dari 175 truk ke rumah pengguna. YouTube mempromosikan layanan palsu ini dengan video berjudul, "YouTube Collection : Keajaiban YouTube di Tangan Anda".

"Best Video Ever" menjadi lelucon terbaik yang pernah dibuat oleh Youtube, dimana pada tanggal 31 maret 2013 Tom Liston Direktur kompetitor youtube menyatakan dalam sebuah video pendek bahwa "youtube saat ini telah siap memilih pemenang".

Tom juga menambahkan "pada malam nanti, (31 maret 2013 silam) tepatnya tengah malam
YouTube.com sudah tidak akan lagi menerima entry video baru".

"Setelah delapan tahun yang begitu luar biasa, ini adalah saatnya untuk mereview seluruh video yang telah diupload ke youtube dan memilih pemenangnya". Tambah Tom.

Yang lebih gila lagi untuk menyelesaikan seluruh proses review tersebut, situs Youtube akan offline dan berhenti beroperasi hingga pada tahun 2023 nanti.

Dan setelah masa itu tiba nanti, barulah para pengguna mendapatkan hasil pemilihan siapa yang keluar sebagai pemenang.

Tentu saja pengumuman ini tak lebih dari sekedar lelucon untuk membodohi pengguna Youtube. 😅


5. Menarik perhatian Advertizer. 


Sebagai bagian dari budaya modern, bukanlah hal yang mengherankan bila ternyata youtube berhasil menarik perhatian para pengiklan.

 Namun apa yang mengherankan ialah, pada tahun 2013 pihak pengiklan dilaporkan telah menghabiskan biaya senilai 5.6 milyar dolar hanya untuk memasang iklan di youtube.

Kesuksesan youtube makin melejit sepanjang berjalannya waktu. Selanjutnya Pada tahun 2017, empat puluh persen pengiklan terbaik yang ada di seluruh dunia

 mempercayakan youtube sebagai mitra beriklan dan pada tahun ini jumlah dana yang dihabiskan pihak pengiklan 60% (enam puluh persen lebih dari tahun 2013 silam).

Google sebagai pemilik Youtube saat ini berhasil meraih penghasilan milyaran dolar hanya dari situs berbagi video ini.


4. Youtube membutuhkan Bandwidth yang tak sedikit. 


Pada tahun 2007, youtube tercatat telah menghabiskan Bandwidth internet setara dengan trafic internet yang ada di seluruh dunia di tahun 2000 silam.

Di tahun 2014 selanjutnya, berdasarkan berbagai laporan dari sebagian besar sumber berita di internet, Youtube bersama dengan Netflix keduanya sama sama mengahbiskan 50% (lima puluh persen) Bandwidth internet yang ada di seluruh dunia.

3. Youtube mulai mengambil alih sebagian besar sektor hiburan. 

Berdasarkan berbagai sumber berita terpercaya, youtube masuk dalam peringkat ke 13 (tiga belas) kategori sektor hiburan paling berpengaruh terutama di wilayah Amerika Serikat.

Hal ini mulai bisa kita rasakan, mengingat sejak kemunculan Youtube, antara pemirsa Televisi dengan Pemirsa Internet saat ini benar benar sudah terpisahkan.

Perlahan namun pasti segalanya mulai beralih ke sektor Online, dan yang paling utama adalah sektor hiburan itu sendiri.

Di tahun 2015, youtube menjadi situs ke tiga di dunia yang memiliki jumlah pengunjung terbanyak. Hal ini membuat youtube mulai merambah ke ranah bisnis lain seperti, jasa penyedia online rental Movie, dan juga Youtube Gaming (youtube khusus Gamer).

2. Youtube secara tak langsung ada berkat Paypal. 

Sebelum Chad Hurley mendapatkan ide untuk menciptakan Youtube,  setelah menyelesaikan Study Kuliah sebagai Desainer di  Indiana University of Pennsylvania, Chad mendapatkan pekerjaan pertamanya sebagai Grafik desainer untuk perusahaan Paypal.

Chad sendiri berjasa sebagai sosok yang telah menciptakan logo milik situs PayPal.

Dan disinilah akhirnya dirinya bertemu dengan kedua pendiri lainnya yaitu  Steve Chen dan Jawed Karim.

Dari sinilah ketiga pendiri Youtube berhdil mengumpulkan dana untuk merintis bisnis milik mereka sendiri.

1. Awal cerita terbentuknya Youtube. 

Berdasarkan kisah yang telah diulang berkali kali oleh media internet,

Hurley dan Chen memperoleh ide cemerlang ini pada tahun 2005, yaitu ketika mereka mengalami kesulitan untuk membagikan video yang telah direkam tentang sebuah acara pesta makan malam berlokasi di apartemen Chen tepatnya di San Francisco.

Karim yang pada saat itu tidak menghadiri pesta tak percaya kedua rekannya tersebut melangsungkan acara tanpa dirinya, namun Chen selanjutnya berkomentar bahwa YouTube memang harus didirikan setelah pesta makan malam itu.

 Mungkin Chen beranggapan bahwa dengan menciptakan platform berbagi video sehingga makin mempermudah siapa saja membagikan moment berharga kepada orang terdekat,

Akan mencegah kesalah pahaman seperti halnya yang mereka dan sahabatnya karim alami.

Karim menuturkan bahwa inspirasi untuk YouTube pertama kali datang dari peran Janet Jackson dalam insiden Super Bowl tahun 2004, dimana pada saat itu payudaranya tak sengaja terekspose akibat kecelakaan penampilan panggung yang ia alami,

  Selanjutnya ketika terjadi bencana tsunami Samudra Hindia di tahun 2004. Karim mengaku mengalami kesulitan dalam menemukan video klip dari kedua fenomena tadi secara online, yang mana hal ini mengarahkannya pada ide tentang menciptakan situs berbagi video online.

Source : Watch mojo. 


Postingan terkait: