daftar aplikasi android yang akan mempermudah kamu belajar matematika, terutama bagi pelajar.



Hingga detik ini saya hanya menulis artikel mengenai daftar game dan aplikasi android saja. Saya pikir mungkin memang perlu menulis daftar aplikasi yang bermanfaat bagi para pelajar,

terutama menyangkut tentang pelajaran Matematika, yang tergolong dalam kategori matapelajaran paling membingungkan.

Dibawah ini merupakan daftar 5 aplikasi android yang sangat membantu dalam proses pengerjaan soal soal Matematika. Dimulai dari nomor 1.

1. My Script Calculator. 

Play.google.com


Dengan bantuan MyScript Calculator, kita dapat menuliskan berbagai soal matematika langsung dengan sapuan jari tangan.

Hasil tulisan tangan ini nantinya akan dikonvert menjadi versi digital typing berikut jawaban atau rumusan permasalahannya.

Mudah digunakan simple dan sangat sederhana. Cukup tuliskan saja permasalahan matematika yang kita tengah keejakan dan selanjutnya biarkan aplikasi My Script ini menyelesaikannya.

Menawarkan Pengalaman yang sama seperti menulis di atas kertas dengan perbedaan perangkat digital yang tengah kita pergunakan.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah kita bisa menggunakannya tanpa perlu terkoneksi dengan jaringan internet. namun kekurangannya adalah, sama halnya dengan kalkulator tradisional,

Secepat kita menggunakan kalkulator maka secepat itu pula jawabannya muncul. Sangat instan namun tak bisa mengajari pengguna tiap langkah pengerjaannya.

Beberapa opersdi matematika yang didukung meliputi
Operasi dasar +, -, x, ÷, +/‒, 1/x,
 %, √, x!, |x|
Aljabar  ℯx, xy , x2,  ( )
Trigonometri, cos, sin, tan
Inverse trigonometry: acos, asin, atan
Logaritma, ln , log
Dan Constants: π, ℯ, Phi.






2. Math way. 

Pinterest.com


Konsepnya agak Berbeda namun fungsinya tetaplah sama. Tampilan aplikasi ini menyerupai aplikasi chatt text message yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan pengajar matematika virtual,

Yang bisa memberikan pengguna jawaban instan maupun langkah langkah pengerjaan yang jauh lebih mendetail. Math Way juga mendukung fitur kamera, jadi pengguna bisa mengambil gambar text soal matematika yang tengah dikerjakan dan mendapatkan jawaban instan. Seperti layaknya chatting melalui whatsapp.

Mathway mampu menyelesaikan :
operasi dasar matematika, praaljabar, aljabar, Trigonometry,
prakalkulus, kalkulus, Statistik,
Matematika Terbatas, Aljabar linier, Kimia, dan soal grafik.

Cocok untuk membantu pelajar dalam menyelesaikan tugas sekolah miliknya.

Mudah digunakan dan efisien, Mathway menjanjikan bantuan bagi siapa saja yang memiliki masalah matematika, tak perduli apakah pengguna adalah seorang siswa sekolah menengah Atas atau setingkat mahasiswa.

Math Way sedikit lebih unggul dari My Script Calculator, karena membiarkan pengguna belajar dari langkah langkah proses pengerjaan soal matematika dan bukan saja mendapatkan jawabannya.






3. y homework solver. 


H3.googleusercontent.com


Menawarkan penyelesaian masalah soal Aljabar, persamaan ketidak setaraan beserta soal grafik tabel.
Menjadikan aplikasi ini sebagai versi kalkulator elektronik yang lebih disempurnakan.

y homework solver juga mengajarkan pengguna untuk menyelesaikan permasalahan dengan memperlihatkan proses pengerjaannya dan bukannya solusi singkat untuk memperoleh hasil secara instan.

Contoh sederhana misalkan pengguna memiliki rumusan soal 3x+5=8. Apabila pengguna merasa tak yakin apa yang harus dikerjakan, cukup melakukan tap pada y homework dan maka akan muncul
Penjelasan beserta langkah langkah penyelesaian soal diatas hingga ditemukan jawaban yang benar.

Sangat sederhana langkah pertama .. kedua .. lalu ketiga .. dan keajaiban pun akan muncul seolah kita adalah jagoan matematika.

Hingga saat ini aplikasi ini Telah didownload lebih dari 3 miliar pengguna jadi kecil kemungkinannya aplikasi ini mengecewakan.


Untuk saat ini y homework solver mampu menjalankan fitur sebagai berikut.

Penyederhanaan, persamaan tak diketahui tunggal, persamaan 2 persamaan, persamaan kuadrat, radikal, grafik ketidaksetaraan dan fungsi, GCD / LCM, faktorisasi utama, trigonometri dan banyak lagi.






4. Auto Math. 


Play.google.com


AutoMath akan memberikan penyelesaian dengan mengambil foto soal matematika yang dimaksudkan. Cukup mirip dengan ketiga aplikasi di atas.

Namun pengguna tak perlu merasa khawatir, Automath juga mampu memberikan tutorial matematika yang akan memudahkan pengguna untuk mempelajari berbagai subject melalui aplikasi ini.

Sayangnya untuk saat ini AutoMath masih belum mendukung fitur Handwritting namun kedepannya fitur ini akan ada pada update versi berikutnya.



Berbagai fitur dan kelebihan Automath Calculator meliputi :

• Jawaban perhitungan instan terhadap berbagai input berikut langkah langkah pengerjaannya.

• tutorial berbagai tahapan pengerjaan soal matematika.

• sepenuhnya offline tanpa memerlukankoneksi internet.

• mendukung fitur Grafik dan juga tabel.

• dapat diandalkan dalam menyelesaikan soal matematika mulai dari yang paling mudah hingga yang paling sulit.

• dilengkapi lebih dari 250 fungsi matematis.

Support berbagai cabang matematika meliputi :


Penambahan, Pengurangan, Perkalian, Fraksi, Divisi, Ketidaksetaraan, Kekuasaan, Polinomial, Persamaan Linier,
Akar persamaan, Trigonometri, Aljabar, Penyederhanaan, dan Algoritma Dasar

Catatan tambahan :

Untuk pertama kali penggunaan kemukinan akan memakan waktu relatif sedikit lebih lama, dikarenakan memerlukan proses pengkopian data terlebih dahulu.






5. Photo Math. 


Naldotech.com


Yang satu ini juga merupakan alternatif untuk Photomath. Tak perlu dibahas panjang lebar untuk berbagai fiturnya, karena memang tak jauh beda dengan keempat aplikasi diatas.

Pengguna bisa mendownload gratis maupun bisa digunakan offline tanpa koneksi internet.






Postingan terkait: