10 easter egg (rahasia) yang terdapat di skyrim special edition, kemungkinan besar kamu tak tahu.



setelah sebelumnya menulis tentang perbedaan remake dan remaster yang melibatkan judul skyrim, kali ini saya kembali menulis tentang


o.k, baiklah langsung saja kita mulai dari nomor 10.

10. boilled water.


ini kemungkinan hal yang tak terlalu diperhatikan dalam game, dan akan begitu mudah untuk dilewatkan. ya.. jika player mengarahkan magic spell dalam bentuk api

pada media air dalam game, entah itu air sungai, genangan air, atau air dalam ember, maka akan didapatkan efek animasi air yang mendidih, berasap, dan menguap.

persis seperti air yang sedang dipanaskan. mungkin ide untuk menambahkan detail kecil seperti ini dalam game merupakan ide yang cemerlang, dan membuat game jadi lebih realistik.

namun anehnya, mengapa masih ada beberapa bugg yang mengganggu dalam game? jika pihak Developer begitu seriusnya dalam mengembangkan skyrim,
hingga ke tahap yang begitu detail, bayangkan jika mereka memusatkan perhatiannya pada berbagai bugg yang mengganggu seperti " GAMBAR di bawah ini.



mungkin player tak akan menemukan kejadian unik seperti pada gambar di atas.

9. pacman.


setelah mengunjungi City of Barca, tepatnya disebuah rumah, (down house) kamu akan menemukan sebuah ruangan, disana terdapat sebuah rak, dan dibawahnya terdapat

susunan keju, bawang putih serta mangkuk, yang membentuk penampakan game Pacman. tampilan dari invirotment yang satu ini benar benar disengaja supaya menyerupai
game pacman. dari penampakan di atas, terlihat sosok pacman dengan mulut terbuka, mata hitam, serta melibas segala apa yang ada di depannya.

wahh, ternyata Bethesda studio sendiri sangat menggemari game arcade klasik yang satu ini yha??.

8. steel sword.


jika kamu sedang mengunjungi areal south of rebels cairn dan sedang melewati areal bebatuan, maka kamu akan menemui invirotment seperti pada gambar di bawah ini.

dari gambar tersebut dapat kamu lihat, sebuah pedang yang tertancap di atas gundukan bebatuan yang sengaja di susun, dibawahnya tergeletak berbagai tulang dan tengkorak manusia.
bebatuan tersebut juga dihiasi jejak jejak darah. banyak sekali hal hal kecil seperti ini yang nantinya akan kamu temui dalam game Elderscroll skyrim special edition ini.

tak ada salahnya bagi player untuk kembali menjelajahi areal dalam game yang telah terlewati sebelumnya, hanya untuk memastikan tak ada satupun detail tersembunyi yang terlewatkan.
begitulah cara Developer mengembangkan game ini. 

menambahkan berbagai content yang dapat membuat player terus kembali bermain dan bermain lagi.

7. tumpukan kursi.


jika kamu telah menyelesaikan salah satu quest yaitu "house of horus quest", dan mengunjungi sebuah rumah yang terlupakan, (the abbandoned house)
maka kamu akan menemukan sebuah meja, dan di atas meja tersebut terdapat tumpukan kursi yang di susun dengan sedemikian rupa di atas meja, sehingga membentuk pilar kursi yang menjulang ke langit langit ruangan.

sebenarnya, susunan kursi tersebut terinspirasi dari sebuah film klasik yang berjudul Poltergist,
film tersebut adalah film yang bergendre horror, dan sepertinya pihak developer sendiri menjadikan film tersebut sebagai sumber referensi.

mungkin tujuan dari dibuatnya invirotment yang satu ini adalah untuk menambah sisi horror dari game Elderscroll skyrim special edition ini.

6. ada cara supaya kamu tak akan pernah diserang oleh AI yang ada dalam game selama bermain.


ada sebuah objek dalam game yang disebut etched tablets, yang bisa kamu temukan di beberapa tempat dalam game, yang entah bagaimana cara kerjanya,

jika player bisa mengaktifkan semuanya satu persatu, maka ia tak akan diserang oleh AI yang ada dalam game untuk jangka waktu 24 jam.
etched tablets ini bisa kamu temukan sambil mengerjakan quest utama. 

etched tablets berisi informasi atau cerita, yang bisa diakses player dengan cara membacanya.

terkadang bisa terjadi kejadian tak terduga dalam game, yang bisa dibilang sangat tidak masuk akal. misalnya, karakter kamu bisa diserang oleh sekumpulan


kepiting raksasa yang entah dari mana asalnya, dan bagaimana bisa munculnya, tak bisa kamu perkirakan. terkadang hal seperti ini akan sangat menjengkelkan serta mengganggu,
dan mungkin kamu bisa coba trik yang satu ini.

5. harimau bertaring pedang (tiger blade)



jika kamu sedang berada di areal shrine of decay periode, dan sedang melakukan hiking, maka cobalah menemukan sebuah skeleton di antara celah bebatuan.

jika kamu semakin mendekat dan sedikit melewati skeleton tersebut, maka kamu akan menjumpai bangkai harimau bertaring pedang, yang tergeletak tak bernyawa.

tepat di kepala hewan tersebut tertancap sejenis senjata yang menewaskannya. invirotment ini, terinspirasi dari salah satu scene dalam film spartan 300,


yang mana dalam adegan film tersebut, si tokoh utama berhadapan dengan srigala raksasa di malam bulan purnama.

srigala tersebut terbunuh dengan mulut tertancap tombak hingga menembus kepalanya. dalam film, adegan tersebut sangat keren, serta heroik.

namun, jika di adaptasi ke dalam invirotment game skyrim, bukannya kelihatan keren, malah sebaliknya terlihat bodoh. ya, bangkai harimau bertaring pedang di antara celah bebatuan terlihat agak bodoh. (semua tampilan dalam game memang terlihat begitu)

mungkin gaya grafik game Skyrim memanglah sengaja dibuat begitu. mungkin grafik tersebut adalah salah satu formula supaya game tersebut menjadi game yang sukses dan menarik untuk dimainkan.

4. pedang di tengah danau.



jika kamu mengunjungi areal yang disebut west whiterun sedikit ke sebelah utara, kamu akan mendapati sebuah danau, kalau tak salah danau itu bernama Lady of the Lake, yang mana di tengah tengah danau tersebut terdapat

tangan tulang, yang memegangi sebuah pedang, yang muncul dari bawah permukaan air. namun, sayangnya pedang tersebut bukanlah pedang Xcalibur milik King Arthur yang sangat terkenal itu.

itu hanyalah pedang besi tua yang sama sekali bukan item berharga. jika kamu sedang memburu item gratis seperti sebuah pedang yang akan membantu meningkatkan kemampuan karaktermu,

sebaiknya jangan buang buang waktu untuk mendatangi tempat ini. sebaliknya, jika kamu player yang sedang mencari dan mengeksplorasi apa saja konten konten tersembunyi dalam game skyrim special edition ini,
sangat direkomendasikan untuk datang ke tempat ini.

3. cara membunuh yang aneh.


briarheart dapat dibunuh dengan cara melakukan pick pocket atau mencopet item miliknya. hal ini merupakan cara membunuh yang sangat aneh,
serta sangat membingungkan. cara ini efektif bagi player yang bermain dengan self based character. mungkin fitur ini ditambahkan dengan tujuan supaya mempermudah proses gameplay bagi player.

untuk melakukan trik ini, player harus mengendap endap serta diam diam mencopet isi kantong si briarheart , dan seketika itu juga membunuhnya.

2. sweet rolls di mana mana.


ini adalah salah satu hal yang paling unik dari game skyrim/Elderscroll V. sepertinya Bethesda games sangat menggemari kue yang sering muncul dalam menu sarapan ini.

hampir semua unsur yang ada dalam game, akan selalu memiliki sangkut paut dengan nama sweetrolls. mulai dari percakapan dengan NPC yang ada dalam game.

jangan heran jika nantinya kamu akan mendengar dialog seperti ini dari Guard yang bisa kamu temui di setiap sudut kota "Let me guess, someone steal your sweetroll,,"

dalam game Elderscroll pertama dan kedua, tersedia beragam pertanyaan yang menyangkut sweetrolls, yang nantinya akan menentukan class apa yang akan kamu mainkan dalam game.
dalam Elderscroll morrowind, player bebas memilih class apa yang ingin ia mainkan. namun, ada juga pilihan kuis, 

yang mana berbasiskan berbagai pertanyaan tentang sweetrolls,
yang nantinya akan menentukan di class mana kamu akan dikategorikan. player juga bisa, mendengar berbagai cerita dari para NPC yang kebanyakan,

cerita tentang sweetroll. entah memang disengaja atau bukan, namun pihak developer benar benar terinspirasi dari nama makanan penutup ini.
bukankah sungguh lucu, menggabungkan unsur RPG openworld dengan sebuah makanan penutup??

1. Shadow mark tersembunyi disetiap areal game.

Tanda pencuri atau bahasa kerennya Thieves Guild Shadow marks, adalah berbagai tanda yang tersembunyi dan tercantum di setiap areal bangunan dalam game. ( bisa ditemukan di sekitar pintu)


tujuan dari penempatan tanda tanda tersebut adalah untuk memperingatkan sesama pencuri serta saling berkomunikasi tanpa perlu bicara supaya, berhati hati akan bahaya, 

jebakan, adanya penjaga, atau bahkan
memberi tahu bahwa tempat tersebut memiliki berbagai simpanan harta terpendam atau item berharga. berikut ini adalah screenshoot yang menjelaskan apa saja tanda pencuri tersebut serta artinya.


tentu saja tanda tanda ini dapat di manfaatkan oleh player, sehingga dapat mempermudah menemukan harta, menghindari jebakan, bahaya, serta lain sebagainya.

player juga bisa berpartisipasi dan bergabung dan menjadi anggota Thieves Guild. dengan ikut serta dalam Thieves Guild, player bisa melakukan berbagai misi tindak pencurian yang beragam.

selengkapnya tentang Thieves Guild bisa di baca melalui situs skyrim wiki Thieves Guild.


sampai jumpa kembali lain waktu, dan terimakasih atas kunjungannya.

sumber referensi


















Postingan terkait: