Ternyata ini dia bedanya remake dan juga remaster

Kali ini tech games akan membahas apa sebenarnya perbedaan remake dan juga remaster. 

Upaya perilisan ulang game game lama yang sudah dirilis sebelumnya, merupakan ide bisnis cemerlang plus super praktis,
Di zaman sekarang ini. 

Bukan cuma sekedar untuk memperoleh keuntungan saja, melainkan untuk mempersingkat waktu serta menekan biaya produksi, dan juga dengan keuntungan yang sama tentunya.


Tetapi, ada dua hal yang sering kali membingungkan orang awam. Dua hal ini sering digunakan untuk menamai istilah perilisan kembali game yang sudah pernah di rilis. Dua istilah itu, adalah remake dan remaster.


Sering kali, saya akui saya juga bingung, bahkan tertukar antara penggunaan kedua istilah ini. :') lalu apa saja perbedaan remake dan remaster? berikut ini adalah penjelasannya.

* Di mulai dari remaster


Game yang bisa disebut remaster, bisa kita contohkan misal SKYRIM versi remaster. Dalam E3 2016, telah diumumkan bahwa game yang dikembangkan oleh developer bethesdaGamestudios ini, akan tersedia untuk PC, PS4, dan XBOX One.


Tak terasa sejak pertamakali perilisannya untuk PS3 dan XBOX 360, game ini telah berusia hampir 5 tahun lamanya, sehingga game Skyrim ini telah memiliki Fans nya tersendiri. Atas dasar itulah game ini akan dibuat versi remasternya yang nantinya,



akan dirilis bulan oktober 2016 mendatang. Lalu apa yang membedakan versi pendahulunya dengan versi remaster dari Game skyrim nanti? apakah remaster berarti skyrim akan dibuat ulang menjadi versi lain?

jika begitu pertanyaannya, jawabannya adalah tidak. Yha, nantinya akan ada upgrade untuk skyrim versi remaster. Skyrim versi remaster nanti, akan mensupport fitur mod, seperti yang ada pada versi PC.

artikel terkait :

10 easter egg  (rahasia) yang terdapat dalam Skyrim special edition, yang kemungkinan besar kamu tak ketahui


mungkin kamu juga suka :

Download gratis aplikasi Android Crossover apk, cara jalankan software windows di gadget android. 


Tapi, skyrim yang akan dirilis nanti, masihlah skyrim yang sama dengan yang versi pendahulunya. Mungkin game yang di remaster nantinya akan terlihat baru. Tapi bukan berarti game ini adalah versi baru dari skyrim.

Isi dalam game, masih tetap akan sama. Quest masih tetap sama, lokasi masih tetap akan sama, map juga masih tetap akan sama, karakter dalam game masih sama, voice actor masih tetap sama, senjata pun masih sama.

Armor juga masih sama, Boss battle masih tetap akan sama, latar belakang cerita masih tetap sama, sebagian besar masihlah versi skyrim yang lama. Karena akan berjalan pada konsol generasi berikutnya,


Mungkin cuma detail dari invirotment yang akan lebih kompleks, texture akan dibuat jadi beresolusi HD, penambahan fitur DLC, Serta efek visual seperti pantulan cahaya mungkin akan lebih di tingkatkan. Itulah yang disebut versi remaster. Biaya pembuatan game versi remaster,


Tak akan menghabiskan biaya sebanyak versi sebelumnya. Karena game versi remaster, adalah game lama itu sendiri, yang di berikan update supaya terlihat lebih baik. Tujuan utama dari proses remaster ialah,


Supaya player dapat memainkan game lama pada console generasi baru, dan supaya tampilan grafis dari game lawas tersebut enak dipandang mata, dan bukannya malah mengerikan.

Namun sehebat apapun seorang developer meremaster sebuah game lawas, meningkatkan resolusi grafis dari game tersebut, menambahkan Dlc, menambahkan efek pantulan cahaya lebih banyak lagi pada objek ataupun karakter dalam game,

Serta membawa judul game tersebut ke dalam konsol generasi terbaru, tetap saja. Game tersebut adalah game yang sudah lawas, yang sudah pernah di jual sebelumnya. Namun uniknya, fakta bahwa 90% orang yang sudah pernah membeli game yang sama,

Sebelumnya, kemungkinan besar akan tertarik untuk membeli untuk yang ke dua kalinya. ini sama saja halnya seperti perumpamaan berikut ini. 

Kita sudah pernah membeli sebuah film action versi DVD.
Dan kali ini, keluar lagi film yang sama, namun dengan peningkatan kualitas resolusi 4k. 

Kemungkinan besar kita pasti akan tertarik untuk membelinya. Sekalipun itu adalah konten yang sama yang ditawarkan kepada kita.

Yang membuat kita tertarik untuk membelinya bukan karena konten itu baru ataukah bukan. Melainkan peningkatan kualitas yang ditawarkannya. Konten yang nyata nyata sama, namun dengan pengalaman bermain di resolusi
Serta efek animasi yang jauh lebih baikklah yang diharapkan gamer. 

Bahkan, kebanyakan gamer malah menginginkan semua judul judul game yang sempat mereka mainkan di konsol sebelumnya/konsol lawas, akan dibuat versi remaster, atau versi remakenya.


Hal ini mungkin disebabkan, karena mereka tak memiliki salinan dari game yang bersangkutan, atau game tersebut memang sangat populer, serta memiliki banyak based penggemar.

Jadi kesimpulannya, remaster bukanlah versi baru dari judul game yang sudah pernah dirilis sebelumnya, melainkan, adalah game yang memang sudah pernah dirilis sebelumnya, namun dalam jangka waktu yang tak begitu lama,
Dibuat dengan tujuan supaya dapat dimainkan pada console generasi terbaru.

Biasanya game yang dapat dibuat remaster bukan game yang terlalu lawas, jadi kualitas grafisnya tak terlalu jauh dengan konsol generasi terbaru.
Misal skyrim itu sendiri. Skyrim memang sudah pernah rilis untuk PS3 dan Xbox 360. Maka kali ini juga akan tersedia untuk konsol generasi baru, yaitu PS4 dan Xbox one.


Sedangkan untuk game game yang sudah sangat lawas, seperti pada jaman konsol generasi pertama Playstation dan Xbox, mungkin tak akan dibuat versi remasternya. Hal ini dikarenakan grafis game tersebut sudah sangat ketinggalan zaman.

Dalam hal ini game yang bersangkutan akan lebih cocok dibuat versi Remakenya. itulah sifatnya konsol game. Semakin lama ia semakin ketinggalan zaman. Lain halnya dengan PC Game. PC punya istilah keren yang disebut dengan PC master race.


Istilah ini yang menggambarkan ekosistem PC yang tak akan pernah mati, atau kadaluarsa. Karena hampir terus menerus akan selalu diproduksi komponen komponen standar terbaru.Hal ini menyebabkan Pc tak akan pernah mati, atau kadaluarsa. O.k, yang diatas tadi adalah penjelasan dari remaster,

* berikutnya ada remake

Berbicara soal remake, bisa kita ambil contoh Game Ratchet and Clank. Game ratchet and Clank sebenarnya dirilis pertama kali untuk playstation 2, pada masanya. Game ini mengusung gameplay for fun,

Yang bisa dimainkan oleh semua kalangan umur. Game ini memiliki formula racikannya tersendiri, yang sekalipun dimainkan di zaman sekarang, maka akan masih tetap terasa menyenangkan untuk dimainkan.

Hanya saja jika di bandingkan dengan grafis console zaman sekarang, akan terasa sangat ketinggalan zaman. Nah untuk itulah dibuat versi remakenya, untuk console PS4.

Remake disini berarti, game ratchet and clank akan dibuat ulang, namun tanpa menghilangkan ciri khas serta element dasar dari game original itu sendiri. Bukan cuma itu saja, developer sendiri juga menambahkan berbagai unsur baru,

Sehingga hal ini mengakibatkan jadi terciptanya versi lain, dari game ratchet and clank ini. Yang bukan cuma mengandung unsur dasar serta ciri khas dari game yang sudah ada, tapi juga terciptanya game baru, dengan


Konsep serta ide gameplay dan juga level yang melebihi game aslinya. Game ini bukan sekedar remake biasa. Tak bisa juga dikatakan sebagai remaster, karena game ini bukan game lawas yang mendapatkan update.

Selain gameplay dan level yang jauh lebih luas, game Ratchet and Clank juga memiliki kualitas grafis setara CJ movie. Ini adalah game remake yang jauh lebih baik dari versi lawasnya.

Inti dari remake adalah, penggambaran ulang secara total dari ide yang sudah ada. Contoh lain ialah Final Fantasy VII Remake yang dirilis untuk console PS4. Versi asli dari game ini dirilis untuk console playstation, yang sudah sangat lawas sekali.


Bisa kita bayangkan, seperti apa grafis serta gameplay dari game Final Fantasy VII versi aslinya di zaman sekarang ini. Untuk itulah dibuat penggambaran ulang secara total, dari game tersebut,
Dengan grafis setara di zaman sekarang. 

Mungkin versi asli dari game final fantasy VII Dengan game versi remakenya jadi benar benar begitu jauh berbeda. 100% formatnya benar benar di rubah.

Versi remakenya mendukung tema RPG. Sedangkan gameplaynya lebih mirip game final fantasy XV. semua elemen dalam game mengalami perombakan, kecuali karakter, latar belakang cerita, serta latar tempat tak mengalami perubahan.

Game ini dirilis dengan 3 seri CD yang berbeda, sama seperti versi originalnya. Lalu apakah remake akan membuat game yang bersangkutan jadi lebih baik, entahlah. Bisa saja jadi lebih baik ataupun malah sebaliknya.

Apabila game versi remake tersebut disukai oleh penggemarnya, maka game itu dianggap bagus. Sedangkan apabila tak disukai oleh para fans, berarti game itu buruk. Intinya disini berarti,

Tak perlu repot belajar codding. Begini caranya membuat apliakasi android sendiri. Anak kecil juga bisa. 

Remake bukan cuma sekedar penggambaran ulang secara total. Tetapi remake juga berarti biaya produksi besar serta waktu pengerjaan yang sangat panjang, bahkan ada resiko kegagalan, yang beresiko kerugian dari perusahaan.


Namun jika game hasil remake itu sukses dipasaran, keuntungannya akan berbanding lurus dengan upaya yang telah di keluarkan.

Beda halnya dengan remaster. Remaster tak membutuhkan biaya produksi yang besar, Tak juga memerlukan jangka waktu yang lama.


Hal itu akan memberikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan. Namun hasil keuntungannya, Mungkin tak begitu besar. Keuntungan yang tak begitu besar berbanding lurus pula, 
dengan resiko kerugian yang juga kecil.

O.k guys, sekian dulu update saya kali ini tentang perbedaan remake dan juga remaster, menurut pemahaman saya sendiri. Remake ataupun Remaster, tak akan ada bedanya bagi gamers. apabila mereka sudah terlanjur menjadi fans dari game tersebut,


Contohnya skyrim versi remaster yang akan di rilis bulan oktober nanti, mereka pasti sudah tak akan sabar lagi menunggunya dari sekarang. atau mereka juga fans berat dari franchise final fantasy VIl,

Dan mereka punya kenangan indah dengan game versi originalnya. Tentu saja mereka akan dengan senang hati membeli final fantasy VII remake, berapapun harganya. :D berarti kembali lagi ke strategi pemasaran yha?


Terimakasih dan sampai jumpa kembali. Oh iya, bagaimana menurut kalian, apakah kalian setuju dengan penjelasan saya mengenai apa itu remake dan remaster? atau ada yang kurang dengan

Penjelasan saya, dan ada yang bisa menambahkan, silahkan di comment di bawah. :')
Thanks for youtube channel gameranx, for the video reference




Postingan terkait: