Ini dia fitur terbaru dari android N (Nougat)

Kali ini tech games akan membahas tentang fitur baru android N Nougat. Google selaku pemilik sistem operasi android, telah mengumumkan nama versi terbaru dari android penerus versi sebelumnya marsmallow.

Ternyata android versi terbaru ini secara resmi di beri nama Nougat. Awalnya saya kira namanya nano nano. :') nah, pembaharuan ini, telah membawa berbagai fitur baru. Lalu apa saja fitur baru android Nougat tersebut?

Berikut ini adalah beberapa fitur baru dari android N versi beta yang telah dirilis.

1. Sistem notifikasi yang baru

Perubahan terbesar terjadi pada sistem notifikasi. Jika kita akses sistem notifikasi, kita akan mendapatkan tampilan baru seperti gambar di bawah ini.

Selain memuat notifikasi dari berbagai aplikasi seperti email, text message, social media app, serta multymedia, bar notifikasi juga memuat sebagian menu dari quick setting, yang dirasa paling penting.

Dan apa bila kita swipe kebawah sekali lagi, maka akan membuka menu quick setting secara penuh. Pengguna juga bisa membuka quick setting secara langsung, dengan melakukan swipe ke bawah,

Secara langsung dari home screen dengan menggunakan control gesture 2 jari. Bicara soal system notifikasi, pada versi android terbaru ini, notifikasi bukan hanya berfungsi sebagai pemberitahuan saja.

Sistem notifikasi versi baru ini, membuat pengguna tak harus membuka aplikasi yang bersangkutan. Pengguna dapat langsung berinteraksi dan menggunakan fitur dari aplikasi,

melalui notifikasi bar. Misalkan mengecek email yang baru masuk, membalas email, atau menghapusnya, atau juga membalas pesan google hangout. Dengan adanya fitur ini,

Pengguna tak perlu repot repot berurusan dengan berbagai aplikasi berbeda secara bersamaan. Tentu ini akan sangat memudahkan pengguna, karena tak perlu berpindah pindah dari beberapa aplikasi berbeda.

Cukup langsung dari notifikasi bar saja. Bukan cuma itu saja. Pengguna dapat melakukan block pada notifikasi tertentu, atau memprioritaskan notifikasi yang paling di anggap penting oleh pengguna.

Dengan cara melakukan swipe ke kiri ataupun ke kanan terhadap notifikasi yang bersangkutan. Selain melakukan swipe ke kiri ataupun ke kanan, tap and hold juga merupakan gesture yang dapat membuka opsi ini.

Membalas pesan chatt juga jadi lebih mudah, dengan men tapp opsi reply, hal ini akan memunculkan virtual keyboard secara otomatis, mengetik kemudian membalas pesan. Opsi ini juga bekerja diluar panel notifikasi.

Begitu pengguna memperoleh pop up melalui home screen, pengguna dapat langsung membalasnya dengan menekan tombol reply, seperti pada notifikasi panel.

Android N juga dilengkapi fitur Block number. Pengguna dapat memblock nomor tertentu yang dianggap mengganggu, dengan melakukan tap dan juga hold pada nama kontak yang bersangkutan.

Dengan melakukan ini akan membuka opsi copy number, edit number, serta block number. Apabila pengguna memilih opsi block number, maka semua pesan dari kontak tersebut, akan secara otomatis terhapus.

Dan tentu saja nomor yang bersangkutan akan di blacklist, dan tak mampu menelpon pengguna.

2. Perbaikan pada quick setting

Pada menu quick setting android N, ada banyak perubahan serta fungsi baru yang ditambahkan. Quick setting dapat memiliki lebih dari satu page. Sehingga bisa di scroll ke kanan seperti pada menu utama android.

Pengguna dapat melakukan swipe ke sebelah kanan untuk pergi ke page berikutnya, dan swipe ke kiri untuk kembali ke menu sebelumnya. Ada juga fitur baru yaitu edit, yang mana pengguna boleh mengkustomisasi,

Menu quick setting yang mana saja yang perlu dihidupkan serta dimatikan, mana yang lebih penting serta mana yang tidak. Apabila pengguna mengakses fitur edit pada quick setting android N,

Maka android N akan memperlihatkan semua daftar quick setting yang aktif serta yang tidak aktif. Yang aktif akan dimunculkan di daftar bagian atas, sedangkan yang tidak aktif akan dikelompokkan pada daftar bagian bawah.

Dalam kondisi normal, menu quick akses pada bagian bawah tak akan dimunculkan, karena menu menu tersebut dalam kondisi tidak aktif. Sedangkan untuk mengaktifkan menu menu tersebut,

Pengguna tinggal melakukan drag and drop menu quick access, dari daftar bawah ke daftar atas. Misalkan saja menu data saver, dan cast screen. Pengguna tinggal melakukan drag and drop saja,

Dengan cara tap, hold dan di geser. Posisi quick setting juga bisa di rubah rubah sesuai keinginan si pengguna. Misalkan pengguna menginginkan menu night mode menjadi menu urutan paling depan.

Maka langsung di tap, hold dan geser ke posisi teratas. Secara otomatis menu yang tadinya paling atas akan bergeser, memberikan tempat bagi menu night mode.

Semua perubahan tadi akan ditampilkan kembali pada notification bar. Dan apabila pengguna merasa perubahan yang ia lakukan tidaklah cocok, maka ia dapat meresetnya kembali seperti semula,

Dengan cara mengakses quick setting, edit, kemudian pilih menu reset yang terdapat pada pojok kanan atas. dengan cara ini semuanya akan kembali seperti semula.

3. Ada penambahan kontrol gestur tap and hold pada fitur quick setting

Ada banyak perubahan yang dilakukan pada menu quick setting. Misalkan menu do not disturb. Menu do not disturb jadi memunculkan opsi menu tersendiri apabila di klik oleh pengguna.

Opsi "do not disturb" meliputi. Total silence, alarm only, serta priority only. Ada 2 tipe dari mode do not disturb. Yang pertama adalah "until you turn this off." dan yang kedua adalah "for one hour."

Kita bisa memilih, apakah kita tak ingin di ganggu hingga fitur ini kita matikan sendiri, atau kita edit lebih dulu, berapa lama waktu kita tak ingin di ganggu, misalnya selama jangka waktu satu jam.

Ada juga opsi more setting, yang fungsinya adalah untuk menuju tahap seting lebih lanjut, dan juga done, untuk menutup seting "do not disturb", serta mengkonfirmasi dan menyimpan setting yang telah kita buat.

Indikasi battery juga tak ketinggalan memperoleh pembaharuan. Apabila pengguna mengklik icon battery pada quick setting, maka akan memperlihatkan menu yang menunjukkan berapa persen dari sisa daya battery,

Gadget android N yang bersangkutan. Pengguna juga bisa mengaktifkan fitur battery saver untuk melakukan penghematan daya battery. More setting untuk membuka menu full setting, dan done,  Untuk mengkonfirmasi setting serta menutupnya.

Menu wifi, jika kita tekan dan tahan, maka akan membawa pengguna pada wifi setting, sedangkan apabila kita tekan sekali, maka akan memperlihatkan semua daftar wifi hotspot yang tersedia, serta yang sedang terhunbung dengan gadget pengguna.

Bahkan menu flashlight pun tak ketinggalan memperoleh fungsi pembaharuan. Apabila pengguna melakukan tap and hold pada opsi flashlight, maka secara otomatis akan membuka fitur kamera.

Fitur baru lainnya yang tak kalah menarik ialah adanya fitur baru yang di sebut night mode. Fitur ini juga dapat di akses melalui menu quick setting. Fungsi dari fitur ini adalah untuk mempermudah penggunaan android N,

Pada tempat tempat gelap serta tempat dengan keadaan pencahayaan kurang baik. Hal ini tentu akan mempermudah kinerja mata pengguna. Apabila fitur ini di aktifkan, maka tampilan android N akan berubah,

Terkesan seperti efek sepia, atau remang remang, seperti pada kamera. Dengan menggunakan gesture tap and hold, akan membawa pengguna pada opsi selanjutnya, yang jauh lebih kompleks.

Tak ketinggalan pula opsi data saver. Tekan dan tahan untuk menuju ke opsi yang lebih lanjut. Data saver berfungsi untuk mencegah aplikasi yang ada di android N, mengkonsumsi paket mobile data plan

Dengan jumlah yang besar. Namun ada juga fitur yang disebut white list, yang nantinya memprioritaskan aplikasi yang ada dalam daftar untuk menggunakan paket data, tanpa perlu di ganggu aplikasi lainnya.

Misalnya saja email. Pengguna dapat menambahkan aplikasi email kedalam white list, apabila pengguna ingin aplikasi email menjadi prioritas utama dari pengguna mobile data, dan dirasa email adalah aplikasi terpenting.

4. Adanya penambahan fitur panel setting.

Pembaharuan yang ini ada pada setting utama. Yaitu menu setting, dan bukannya quick setting. Pembaharuan tersebut berupa, adanya menu cepat yang dapat diakses dengan cara swipe dari kiri ke kanan.

Fungsi dari menu ini ialah untuk melakukan perpindahan secara cepat diantara menu setting. Misalkan pengguna sedang berada pada menu apps. Sedangkan pengguna ingin berpindah ke menu display setting.

Untuk berpindah dengan cara lebih cepat serta lebih efisien, maka pengguna tinggal swipe ke kanan, maka pengguna bisa memilih menu display, tanpa perlu repot repot memencet tombol back terlebih dahulu.

5. Adanya pilihan display size setting

Bicara soal display setting, ada fitur baru yang disebut display size. Dapat di akses melalui menu display, dan berada di bawah font size. Fungsinya adalah untuk merubah ukuran/skala kontent,

Yang ditampilkan dalam android N ini. Pengguna dapat menyesuaikan sendiri, apakah ia ingin tampilan content seperti chatt memiliki ukuran skala terkecil, sedang, besar, hingga sangat besar. Semua itu terserah pengguna yang mengaturnya.

6. Adanya penambahan fitur penting emergency info

Ini adalah fitur super penting, yang nantinya akan sangat berguna dalam berbagai keadaan darurat. Fitur ini berupa penambahan emergency info, yang wajib diisi oleh si pengguna android. Info ini sama sekali tak akan di simpan

Oleh google, di server mereka. Opsi ini hanya akan ada di ponsel pengguna saja. Emergency info meliputi berbagai data pribadi pemilik ponsel meliputi, nama panjang, alamat, tanggal lahir, golongan darah, alergi,

Medication, kondisi kesehatan, organ donor, dan kontak darurat yang dapat dihubungi apabila terjadi sesuatu pada pemilik ponsel. Semua data ini nantinya akan sangat membantu para first responder, sehingga dapat memberikan penanganan secara cepat,

Kalau kalau nantinya terjadi sesuatu. Karena data ini dirasa sangat penting, maka pada android N, sengaja di desain agar siapa saja bisa mengakses data ini. Sekalipun orang tersebut tak memiliki sidik jari dari si pemilik ponsel.

Data ini dapat di akses dengan cara, melakukan swipe ke atas pada lock screen, sehingga memicu panel emergency call. Dan pada bagian teratas, terdapat tobol yang bertuliskan emergency info. Pada emergency info tersebut, bisa di tap dua kali,

Maka munculah info penting tentang data pengguna.

7. Fitur tambahan yaitu fitur split screen

Fitur ini sebenarnya sudah ada pada produk produk samsung galaxy, serta pada smartphone pesaing android yaitu pada os windows phone windows 10. Dan kali ini android versi deafult dari google, yaitu android N juga akan mendukung fitur ini.

Dan fitur ini, merupakan fitur yang paling keren dari update os android versi terbaru yaitu android N ini. Fitur ini memungkinkan pengguna berinteraksi dengan dua aplikasi aktif di waktu yang bersamaan.

Fitur ini akan melakukan split pada layar smartphone atau tablet, sehingga pengguna dapat menggunakan 2 aplikasi pada waktu yang sama. Dapat diaktifkan melalui recently apps viewer, dengan cara

Tap and hold pada salah satu aplikasi yang berjalan pada background, kemudian drag/seret ke bagian yang di tandai area putih, selanjutnya pilih dan tap aplikasi yang ke dua. Bekerja pada rotasi layar protrait, ataupun lanscape.

Dapat pula diaktifkan dengan cara menekan tombol recently apps viewer. Kelebihan dari fitur split screen ini adalah, pengguna dapat melakukan multitasking dengan 2 aplikasi berbeda di waktu bersamaan,

Split screen bisa di resize sesuai keinginan pengguna, bahkan dapat di minimize dengan menekan home screen, serta di resume kembali. Apabila pengguna meminimize mode split screen pada saat orientasi layar sedang lanscape,

Maka launcher home screen juga akan mengalami mode lanscape. Dan jika pengguna kembali menekan tombol recently apps maka mode split screen akan kembali aktif seperti sebelumnya,

Dengan kondisi aplikasi sebelumnya terbuka kembali. Untuk menutup mode split screen, pengguna tinggal menutup salah satu app, dengan cara membuat full screen aplikasi satunya.

Jika pengguna dalam posisi split screen, dan pengguna menekan dan menahan tombol recently apps, maka itu akan membuat aplikasi teratas menjadi full screen, serta akan mengakhiri split screen.

Jika pengguna berada pada mode split screen, kemudian pengguna menekan home screen, dan mengakses aplikasi lain, otomatis aplikasi tersebut akan menjadi aplikasi kedua yang terbuka.

Trik lainnya, jika pengguna berada pada home screen, kemudian menekan tombol recently app, maka akan membuka aplikasi sebelumnya yang telah di buka. Sedangkan apabila kita tekan dan tahan recently app,

Ketika aplikasi tertentu sedang aktif, maka akan membuka aplikasi sebelumnya lagi. Fitur split screen akan berfungsi lebih baik, serta lebih efisien pada tablet, dengan resolusi layar yang jauh lebih besar.

Cara kerjanya kurang lebih sama dengan smartphone, hanya saja layarnya lebih besar. Bekerja juga di mode orientasi protrait, seperti layaknya pada smartphone.

O.k guys, sekian dulu update artikel kali ini dari tech games, tentang fitur terbaru dari android N Nougat. Sebenarnya artikel ini saya tulis berdasarkan video youtube dengan judul Android N what's new

Thanks for youtube channel DetroitBORG, for the reference.











Postingan terkait: