semua hal tentang final fantasy XV

Hi guys kali ini teach games akan membahas tentang 60 hal yang berhubungan dengan Final Fantasy XV. 

artikel ini saya tulis berdasarkan source video youtube yang berjudul

Final Fantasy XV Gameplay full demo E3 2016.

silahkan tonton versi videonya.

dalam video tersebut, pihak developer menjelaskan semua aspek yang ada dalam game final fantasy XV. untuk screenshot saya ambil dari video tersebut.

jadi jangan heran kalau hasilnya seperti dibawah.

O.k kita hitung dari 1 hingga 60.

1. game dimulai dengan cutscene seperti gambar di bawah.


2. setelah itu player akan diperkenalkan dengan cindy (atau sindi kalau saya tak salah dengar), ia adalah seorang mekanik mobil.

3.begitu cutscene berahir, player bebas melakukan freeroaming.

4. tujuan di izinkannya player menjelajah secara bebas/free roam begitu cutscene berahir, adalah untuk menunjukkan aspek adventure yang menjadi salah satu unsur utama dalam game.

5. ada area lanscape yang begitu luas yang bisa dijelajahi player begitu game di mulai.

6. invirotment dalam game sengaja di desain begitu masif, serta kaya akan content di dalamnya, tentu saja dengan grafik realistik console nex generation.

7. realistic world yang dipenuhi berbagai element fantasy.

8. Final fantasy XV bisa di umpamakan sebagai versi modern dari lord of the rings.

9. Game bersifat single player, namun player akan selalu ditemani 3 karakter pendukung, yang bertugas untuk mengawal noctis, skaligus berperan sebagai partner.

10. pengalaman bermain hampir seperti multiplayer gameplay, karena ketiga karakter lainnya, akan selalu menemani player serta berinteraksi dengannya.

11. pengalaman apa saja yang dapat di rasakan player dalam gameplay, bukan cuma sekedar petualangan dunia fantasi saja, tetapi juga pengalaman seperti layaknya berada di dunia nyata.

misalkan saja, kegiatan berkemah, berbelanja, makan di cafe, bahkan memasak makanan.

12. setiap karakter, selain noctis yang dimainkan player, masing masing memiliki kepribadian, karakter yang berbeda satu sama lainnya, bahkan kekurangan dan kelebihan.

13. misalnya contoh, salah satu karakter ahli dalam kegiatan memasak.

14. player juga bisa mengumpulkan berbagai inggridient/bahan bahan, selama gameplay berlangsung, seiring berjalannya progres, sehingga bisa digunakan untuk memasak berbagai makanan.

15. atau salah satu karakter yang bernama prompto. karakter ini suka mengambil dan mengoleksi foto. player juga bisa melihat semua foto yang telah diambil dan terkumpul seiring gameplay berlangsung.

16. menariknya, prompto juga tak begitu ahli dalam mengambil foto, pada awal gameplay. namun seiring progress dalam game berjalan, semakin lama hasil foto yang ia hasilkan makin lama jadi makin bagus,

hal ini menyebabkan seolah olah ia orang sungguhan saja. :)

17. Begitu mobil selesai diperbaiki, player bisa merasakan pengalaman bermain berkendara dengan mobil. jadi player tak perlu jalan kaki, dan semua jadi lebih cepat.

18. seperti pada screen shoot dibawah, player bisa berkendara dalam game. kesannya jadi seperti game openworld Grand theft auto.

19. ada dua sistemasi berkendara yang berlaku dalam game Final Fantasy XV. yang pertama adalah dengan kendali manual, yaitu player yang mengendalikan pergerakan mobil secara langsung,

atau player bisa menandai point deatinasi, dan dengan begitu mobil akan berkendara ke arah tujuan yang telah ditandai secara otomatis, tanpa perlu campur tangan player.

20. mobil bisa berkendara di jalan raya, atau bahkan offroad, keluar dari jalan raya.

21. dalam dunia final fantasy XV juga diberlakukan sistemasi waktu, dengan periode 24 jam sehari, seperti layaknya dunia nyata. jadi player akan menemukan perubahan waktu seperti pagi, siang, sore, dan malam ketika bermain.

22. seiring waktu semua aspek dalam game akan terus berubah seperti layaknya dunia nyata. mulai dari iklim cuaca, dan lainnya akan terus berubah secara konstan.

23. tentu saja ada unsur fighting gameplay yang ada dalam game Final Fantasy XV ini.

24. kalau ada fighting, tentu saja ada enemy/musuh dalam game, yang bisa ditemui seiring kegiatan player menjelajah landscape.

25. Basis dari sistem battle dalam Final Fantasy XV adalah realtime action gameplay, mulai dari mengganti weapon dalam waktu yang sama ketika player melancarkan serangan combo.

26. yang terbaik dari Final Fantasy XV adalah, sistem control dalam game sengaja di desain untuk memudahkan player dalam bermain.

27. dalam game, player cuma perlu menggunakan 2 tombol utama, yaitu attack button dan deffends button.

28. hanya dengan kombinasi dua tombol ini player sudah bisa melakukan berbagai variasi gerakan.

29. skalipun player belum pernah memainkan game ini, player tak akan menemukan kesulitan yang berarti dalam bermain.

30. tombol ke 3 adalah warp button.

31. kemampuan ini memungkinkan player menyerang musuh skaligus berteleportasi, berpindah tempat dengan sangat cepat. warp berfungsi untuk, mendekati musuh skaligus menghasilkan damage pada musuh,

menghindari serangan yang datang, serta menjangkau tempat tempat tinggi, dan juga mencegah kejatuhan dari tempat tinggi, sehingga tak terjadi damage yang membahayakan player.

32. cukup dengan kombinasi ke 3 tombol di atas, player bisa merencanakan seperti apa combat/movement yang akan ia lancarkan, sesuai gaya bermainnya sendiri.

33. dengan ke 3 kemampuan dasar ini, yaitu warp attack dan deffends, player bisa menciptakan berbagai kombinasi gameplay versinya sendiri.

34. sama halnya seperti game multiplayer, player juga akan ditemani ke 3 karakter lainnya, yang ikut serta di pihak player. seolah olah player bermain bersama 3 player lainnya.

35. player juga bisa melakukan serangan combinasi bersama ke 3 player lainnya. ada 2 tipe kombinasi yang berlaku dalam game Final Fantasy XV. yang pertama adalah kombinasi yang terjadi berdasarkan

ketika player berada pada posisi berdekatan dengan karakter lain. atau yang kedua player bisa memerintahkan ke 3 pengawalnya untuk melakukan serangan khasnya masing masing.

36. misalkan karakter prompto. player, bisa memerintahkannya untuk menggunakan serangan spesifiknya. dalam hal ini prompto spesialis senjata jarak jauh guns dan basoka, atau sejenisnya.

37. karena Final Fantasy XV mengandung unsur RPG, maka magic akan menjadi salah satu komponen penyusun sistem battle dalam game.

38. magic adalah kemampuan khusus, sama sekali bukan tipe serangan fisik. source magic bisa di dapat seiring penjelajahan dalam lanscape.

39. player dapat meng equip, atau menggunakan magic spell, dan menggunakannya sebagai kemampuan battle.

40. player juga bisa mengkombinasikan 2 macam unsur magic yang berbeda, sehingga tercipta magic spell baru.

41. dalam battle gameplay, musuh yang dihadapi terdiri dari berbagai tingkat kesulitan. mulai dari tingkat rendah hingga tingkat tersulit. atau tingkat menengah contohnya midd boss battle.

42. player juga bisa mengaktifkan fire spell, untuk melemparkan api dan menghasilkan damage pada musuh/enemy.

43. selain mengkombinasikan gameplay berdasarkan ke 3 tombol tadi yaitu wrap, attack dan deffends, player juga bisa mengkombinasikannya dengan magic spell.

44. noctis juga bisa melakukan switch weapon/berganti ganti senjata.

45. dalam gameplay player akan diberikan 4 jenis senjata/weapon yang berbeda,  atau bahkan lebih termasuk magic spell, selama fighting gameplay berlangsung.

46. berdasarkan semua senjata/weapon dan juga spell yang di equip, player bisa berganti ganti di antara weapon dan magic spell tersebut. yang tentu saja akan berpengaruh pada perubahan gaya bermain player.

47. misalkan contoh. senjata weapon seperti large sword/pedang raksasa, akan lebih efisien jika digunakan dalam jangkauan jarak dekat. sedangkan small sword/pedang yang lebih kecil, bisa di lempar dari jarak jauh, dan memicu wrap.

48. seperti halnya spear/tombak, senjata ini punya daya jangkau yang luas, dan juga dapat memicu wrap. sehingga player dapat menyerang musuh dari jarak jauh, plus menghindari terkena damage.

49. inti dari battle system dalam game Final Fantasy XV adalah untuk mengkombinasikan semua unsur tadi, sehingga akan tercipta berbagai variasi gaya bermain yang tak hanya sekedar unik, tapi juga tak membosankan.

50. player yang sudah avance dan menguasai sistemasi combo serta bisa mengkombinasikan berbagai unsur diatas, gaya bermainnya akan berbeda dibanding mereka yang masih newbie.

51. player yang sudah ahli, tak akan memerlukan deffends button, karena kombinasi antara wrap dan attack, sudah mampu menyerang skaligus menghidari serangan dari musuh. kombinasi dari wrap dan attack dapat menghasilkan berbagai manufer

yang unik dan tak terduga, sehingga sulit dihindari oleh musuh. misalnya. ketika musuh melancarkan serangan, player bisa membidik kepala musuh, (dalam hal ini musuh yang dihadapi berukuran besar)

atau mungkin bagian/sisi tubuh lainnya, sehingga player pada detik itu juga memicu wrap, dan berteleportasi ke titik yang sudah dibidik tadi, skaligus menghidari serangan musuh dan juga membalas serangan musuh di waktu yang sama.

52. ada juga kemampuan spell yang memungkinkan player menghasilkan oil, sehingga musuh yang terkena bisa terbakar.

53. atau memerintahkan prompto untuk menembakkan peledak pada musuh/enemy melalui jarak jauh.

54. ada sebuah area dalam game yang disebut altisia, yaitu sebuah kota yang sebagian besar areanya adalah air, sehingga player harus mengggunakan gondola untuk sarana teleportasi atas air.

55. banyak hal yang bisa player lakukan ketika menjelajahi area perkotaan. mulai dari berinteraksi dengan orang orang, atau meminta pelukis membuatkan potret diri kita, serta banyak lagi.

56. ada beberapa sudut kota yang merupakan tempat misterius dalam game, tempat tempat tersebut dapat membuat player mengalami kejadian misterius.

57. keindahan area kota dalam game final fantasy XV akan terlihat ketika waktu malam. pada malam hari dalam game, kota akan terlihat lebih gemerlapan karena berbagai penerangan lampu, sehingga lebih menarik untuk dilihat.

58. di kota altisia, player juga bisa berburu quest, seperti misalkan memburu monster tertentu, dengan bayaran item tertentu, dengan cara berinteraksi di tempat tempat khusus.

59. bukan cuma itu saja. game Final Fantasy XV ini bisa dikatakan benar benar massif. player bahkan bisa berkendara terbang di udara layaknya pilot pesawat terbang. dengan mengendarai mobil yang disebut

Regalia type F. kendaraan ini berupa mobil biru klasik, namun dapat berganti menjadi mode pesawat/mobil terbang. ketika berada di mode pesawat,

player bisa take off, melesat tinggi di udara, ratusan kilometer dari permukaan tanah. dan karena game ini dirilis untuk konsol next gen, dan game ini menyajikan unsur openworld dengan lanscape yang massif,

maka tak heran player dapat menikmati berbagai pemandangan, mulai dari bentang alam, seperti perbukitan/pegunungan, hutan, perkotaan, laut, dan berbagai bangunan dengan berbagai arsitektur desain yang bisa dikatakan waww,,!!! (^3^)

atau menyaksikan pemandangan detik detik sunset, yang begitu realistik.

60. tak ketinggalan yang terakhir adalah fitur yang tak kalah menarik yaitu wait mode. bisa di aktifkan melalui paused, option, combat, wait. wait mode memudahkan technical combat untuk dijalankan siapa saja.

wait mode bekerja dengan cara mempaused waktu, (waktu dalam game), dan memberi player kesempatan untuk menentukan sasaran mana yang hendak ia serang.

hal ini berguna, misal ketika menghadapi tipe musuh yang agresif, atau untuk player yang tak menyukai gendre action gameplay, atau player yang suka traditional battle system.

tak ada perbedaan antara active mode dan wait mode. game tetap akan bergaya real time battle gameplay. jika player melepas/menekan L stick, game akan masuk wait mode.

namun wait mode hanya akan bisa diaktifkan, apabila bar yang berlabel wait mode dan berwarna biru masih terisi. wait mode akan membuat setiap player dapat bermain seperti layaknya Pro.

o.k, itu tadi 60 hal yang berhubungan dengan final fantasy XV. sekian dulu update artikel kali ini.

Rencananya Game final fantasy XV akan dirilis untuk Xbox one, PS4 dan PS Vita. pada 30 september 2016 nanti.

sampai jumpa kembali lain waktu.











Postingan terkait: