Menghabiskan waktu dengan bermain minecraft pocket edition


Hi guys, kali ini saya akan membahas tentang Game android yang paling seru sekaligus paling memusingkan kepala. apa lagi kalau bukan minecraft pocket edition. Ada banyak sekali kesenangan yang dapat di tawarkan oleh game ini. Mulai dari membuat rumah kita sendiri, sesuai keinginan kita, menjelajah di area yang begitu luas serta beragam, membuat barang barang dengan menggabungkan material yang ada, yang telah kita kumpulkan, hingga bertahan hidup dari serangan monster serta zombie yang akan muncul begitu malam tiba. Game ini memiliki 2 macam tipe gameplay yang berbeda. Yang pertama adalah survival mode. Pada mode permainan survival, kita diharuskan bertahan hidup dari serangan monster monster yang akan muncul begitu matahari tenggelam. Disini kita diharuskan bertindak se kreatif mungkin, supaya permainan terus berlangsung. Kita harus menbuat rumah sebagai tempat bertahan/perlindungan di kala malam tiba. Kita pula harus membuat berbagai senjata dan juga armor sebagai pertahanan diri. Untuk mempertahankan kelangsungan hidup dalam game.

Dalam membuat senjata, ada berbagai material yang kita butuhkan untuk dapat memulai membuat senjata (weapon). Mulai dari wooden (kayu), rock (batu), iron igot (besi), gold igot (emas), diamond (permata), dan lain sebagainya. Sedangkan untuk memperoleh berbagai material tersebut, banyak sekali hal yang harus kita ketahui dan pelajari. Terutama sebagai pemula seperti saya ini. :) hal inilah alasan yang menyebabkan mengapa saya menyebut game minecraft pocket edition ini memusingkan kepala. Bagai mana caranya membuat ini? Bagai mana caranya membuat itu? Bagaimana caranya memperoleh material tertentu? Alat apa saja yang diperlukan untuk membuat material tertentu? Misalnya saja. untuk meperoleh rock, kita harus menggunakan, wooden pickaxe. sedangkan saya berkali kali menggunakan tangan kosong untuk mendapatkannya. Tentu saja tak bisa. hal ini membuat saya sedikit frustasi. (Pada awalnya. :)) sungguh begitu banyak hal yang harus di diketahui jika ingin bermain game minecraft pocket edition ini. Tapi jangan salah. Begitu kita mengerti segala sesuatunya, kita tak akan pernah berhenti memainkan game ini. Karena begitu banyak kesenangan yang dapat kita lakukan dalam game minecraft pocket edition ini.

Baca juga : zombie death match alternatif game mortal combat.

nah itu tadi gameplay yang pertama. Sedangkan gameplay yang ke dua adalah creative mode. Tak seperti mode pertama, kita tak harus bertahan hidup dari serangan monster monster. Ataupun mencari dan mengumpulkan berbagai macam material untuk membuat berbagai senjata. Tujuan dari gameplay creative ini cuma satu. Menuangkan ide kreatif kita se kreatif mungkin. Kita bisa membuat rumah bergaya minimalis, sebuah menara raksasa. Atau sebuah kastil megah. Atau mungkin membuat peternakan monster kita sendiri. Coba saja search di google. pasti kita akan di kejutkan bahwa betapa kreatifnya mereka yang memainkan minecraft pocket edition ini. Dalam mode permainan creative, kita tak bisa mati. Persediaan resource tanpa batas. Bahkan kita bisa terbang. Tak tanggung tanggung. Kita juga bisa terbang meninggalkan planet. :D intinya mode gameplay ini hanya untuk bersenang senang saja. Selain kedua fitur gameplay tadi, kita kuga dapat bermain bersama pemain lain di seluruh dunia secara online multiplayer. Mode permainan ini merupakan gabungan dari kedua mode survival dan juga creative mode. Bahkan kita bisa menantang pemain lain dan selanjutnya berduel satu lawan satu ataukah berkelompok. Jika kita sedang terhubung ke server pusat, kita dapat bermain dan berinteraksi dengan pemain lain. Termasuk fitur chat juga tersedia. Jadi semakin menarik saja game minecraft pocket edition ini.

Dari semua permainan itu, menurut saya lebih menarik survival mode. Karena lebih banyak kejutan serta kesenangan yang ditawarkannya. kita juga tak harus selalu terhubung ke internet. mulai dari menambang besi, emas, berlian, membuat alat alat berdasarkan bahan bahan yang telah kita kumpulkan, berburu bahan makanan dengan membunuh binatang, berburu dungeon chest, bertarung mati matian melawan monster, hingga memerah susu sapi, atau memasak kue cake. :D (seolah tak ada hubungannya sama sekali yha??) ketika pertama kali memainkan game minecraft pocket edition, saya benar benar bingung. Bahkan saya tak tahu bagaimana caranya mengoleksi block. Atau membuat torch (obor). Sehingga begitu malam tiba terpaksa harus meraba raba dalam gelap, plus, segera mati begitu matahari terbenam. Untung saja teman saya yang paling baik, yaitu mr google, mengajari saya bagaimana caranya bermain game minecraft pocket edition ini. Bicara soal membuat torch/obor, tentu saja kita memerlukan dua bahan. Yaitu wooden stick, dan juga coal/batu bara. Untuk membuat stick kita harus memiliki wooden plank. Untuk mendapatkan wooden plank, kita harus menebang beberapa kayu. Kayu bisa didapat dengan mudah. Karena jumlahnya cukup banyak dan mudah di jumpai di sekitar kita. Setelah memiliki oak wood planks, kita bisa membuat wooden block, kemudian wooden stick, kemudian crafting table. Nah sekarang tinggal mendapatkan coal si batu bara. Coal sediri hanya dapat di jumpai di sisi gunung atau bukit, atau di dalam gua di bawah permukaan tanah. Coal menyerupai batu/rock, tapi memiliki buntik bintik hitam gelap. Dan hanya bisa di peroleh dengan menggunakan  wooden pickaxe, atau stunt pickaxe. nah begitu keduanya sudah kita dapat barulah kita dapat membuat torch, melalui media crafting table. Fungsi dari torch ini sendiri, hanya sebagai penerangan. Tak dapat digunakan sebagai senjata. Dan hanya akan menyala kalau kita letakkan di media seperti dinding tanah atau pohon.

Baca juga : perbedaan pc game dan console game

Ada tiga material yang paling penting, serta paling berharga dalam mode permainan survival game minecraft pocket edition ini. Tiga material itu tak lain ialah, iron igot/besi, gold igot/emas, serta diamon/permata. Ke tiga material ini, tak bisa kita temukan dengan mudah. Jumlahnya juga relatif langka. Berada di kedalaman di bawah permukaan tanah. Semakin dalam kita masuk ke bawah permukaan tanah, maka semakin besar pula kemungkinan kita menemukan ke tiga material tersebut. Ke tiga material ini, dapat kita gunakan untuk membuat senjata serta alat alat terkuat, serta armor yang akan melindungi kita dari serangan monster monster. Misalkan dengan iron igot kita dapat membuat flint and steel/hook, shears, atau bucket/ember yang dapat kita gunakan untuk menampung air, susu sapi, atau bahkan lava. air dapat berguna untuk memadamkan api. Mungkin air tak bisa di jadikan senjata, namun kita bisa menenggelamkan sesuatu kedalamnya. Susu sapi dapat kita perah dari sapi. kita hanya bisa memerah susu sapi apabila kita punya bucket/ember. susu sapi adalah bahan makanan. Bisa untuk membuat kue cake. Sedangkan lava, dapat kita manfaatkan sebagai senjata/jebakan, untuk mempertahankan benteng/rumah kita. kita juga bisa membuat iron sword, iron hoe, iron shovel, iron pickaxe, serta iron axe.

Iron igot lebih tangguh dan lebih mematikan dari pada wooden plank. Sedangkan diamon dan gold igot, fungsinya kurang lebih sama dengan iron igot. Namun jauh lebih powerfull serta lebih mematikan sebagai senjata. Ke tiga material inilah yang harus kita cari untuk dapat bertahan dalam mode game survival. namun untuk memanfaatkannya kita harus mengolahnya terlebih dahulu melalui furnace/semacam tungku penempaan logam. Nah dalam mode survival, ada yang namanya difficulty/ tingkat kesulitan dari game itu sendiri. Tingkat difficulty ada empat macam. Mulai dari easy/paling mudah, medium/menengah, hard/susah, serta expert/ahli. Bila kita sering terbunuh, dalam mode survival, tentu kita harus mengulang semuanya dari awal lagi. Semua resource yang sudah susah susah kita kumpulkan harus kita relakan hilang, dan mesti kita cari/buat kembali dari awal. nah, jika terjadi demikian, ada baiknya, kita turunkan sedikit level kesulitan dari gameplay itu sendiri. Atau kita setting menjadi level termudah saja. Karena pemula, seperti saya misalnya. Dalam level termudah ini, sama sekali tak akan ada monster/zombie yang akan menyerang kita. Tapi jangan khawatir, karena difficulty dapat kita rubah pada seketika itu juga, jika terasa permainan begitu membosankan.

Dalam kondisi ini, dapat kita manfaatkan, untuk mengumpulkan berbagai resource yang kita perlukan. sehingga begitu kita sudah siap, kita sudah memiliki seluruh resource yang kita perlukan, kita bisa menaikkan level difficulty kembali. Selain itu, jangan lupa membuat cadangan inventory untuk kita. Maksudnya adalah untuk jaga jaga. Kita bisa membuat peti harta/chest, untuk menyimpan berbagai resource cadangan untuk kita. kalau kalau kita nanti mati, atau kalah. Sehingga kita tak benar benar kehilangan semuanya meskipun kita terbunuh. Namun jangan lupa pula untuk menandai tempat kita meletakkan treasure chest milik kita supaya nudah di temukan. Misalkan kita tersesat karena menjelajah begitu jauh, ataupun terbunuh dan akhirnya kita di respawn kembali pada tempat baru secara acak. Buat saja menara penanda yang super tinggi dan super besar. Pulih tempat yang paling strategis, dan mudah di temukan/ dilihat dari arah manapun kamu berada. Atau buat saja rumah kamu tinggi melayang di atas udara. Hal ini sama sekali tak mustahil dalam game minecraft pocket edition ini. yha meskipun cara itu belum tentu berhasil. Yang paling mungkin adalah, buat saja tempat perlindungan darurat sebanyak mungkin di tiap tempat yang kita telah lewati tersebar secara acak. Itu cara tang lebih ampuh. Mengingat sangat mudah bagi kita untuk tersesat dalam game minecraft pocket edition ini. Oh iya,!! Game ini mengijinkan kita untuk membuat world lebih dari satu. Kita dapat melakukan berbagai percobaan. Kita juga dapat neralih ke satu progres ke progres yang lainnya dengan begitu mudah. Game ini juga rasanya mengijinkan kita untuk mendownload world minecraft pocket edition di internet, yang telah di share oleh pengguna /pemain lain. Game ini sedikit berbeda dari game android lainnya. Sekalipun game ini dihapus, data progres gameplay kita sama sekali tak hilang. folder Game datanya tak berada di folder android/data/obb. Tapi memiliki folder sendiri yaitu folder games/com mojang. Ini mirip seperti emulator psp yaitu ppsspp. Sehingga memungkinkan kita melakukan backup data, atau saling bertukar progres gameplay dengan pemain lainnya.

Game ini cocok bagi kita yang sedang ingin mencari kesibukan, atau sedang punya banyak waktu luang, atau yang sedang ingin mencoba hal baru. seperti halnya saya, saya harus melakukan googling terlebih dahulu supaya saya bisa memainkan permainan ini. Saya harus mempelajari berbagai tutorial yang ada di situs minecraft wiki. Serta saya mencari beberapa video gameplay nya di youtube. Tapi saya yakin game ini samasekali tak akan cocok bagi mereka yang tak tertarik mempelajari serta mencoba hal baru. bagi mereka yang tak suka hal hal yang lumayan memusingkan dan merepotkan, sebaiknya jangan coba game ini. :) oh iya game ini berbayar di google play store. tak ada add sedikitpun tak juga ada iap seperti pada game game gratis kebanyakan. Benar benar clean. Tapi ada juga kok situs yang membagikan game ini secara gratis pula. Misalkan pada situs apkhouse.com. kita dapat mendownload game ini secara cuma cuma. Bahkan versi terbaru sekalipun.

Okay sekian dulu update saya kali ini. Bagi yang berminat dengan game ini, bisa di search di google play store. game ini berbayar. Atau googling saja banyak yang menyediakan versi gratisnya. Salah satu contohnya apkhouse.com. okay se you again, bye bye. :) <3

Sumber:
minecraft.gamepedia.com
Playtoko.com


Postingan terkait: