Apa itu Cloud games atau Game streaming service dan bagaimana cara bermain game generasi terbaru tanpa perlu memiliki konsol atau PC game.



Vpndate.com


Perlahan namun pasti.. berbagai konten digital seperti video, file shared, bahkan kali ini game, tersedia secara online. Kondisi inovasi ini akan terus berlanjut hingga akhirnya Desktop Komputer akan tersedia dalam bentuk online cloud sepenuhnya.

Hingga saat ini, PC komputer menjadi Platform game nomor satu di dunia. Tak heran sering kali versi PC dari sebuah judul game akan dibuat paling sempurna dibandingkan dengan versi Consolle maupun mobilenya.

Dan para perusahaan produsen pengembang teknologi komputer, terus saja menciptakan inovasi komponen komponen yang nantinya, semakin memperkuat kinerja komputer milik konsumen.

Trend konsep Perkembangan teknologi ini, terus saja diikuti oleh para pengembang software dan juga game PC. Dan faktor inilah yang kuat pengaruhnya terhadap penggunaan komputer PC di zaman sekarang.

Tak heran.... agapan umum yang memandang bahwa "Bermain game PC hanya ditujukan untuk orang orang kaya saja" melekat kuat di mata kalangan Gamer maupun non Gamer.

Namun masa masa ini sepertinya tak akan berlangsung lama. Karena saat ini sudah mulai bermunculan perusahaan penyedia jasa layanan cloud streaming game, seperti layaknya layanan Video online streaming.


• Pengertian/ Definisi. 


Thr.com


Secara singkat, Cloud Games merupakan teknologi yang memungkinkan gamers menjalankan dan mengendalikan PC  Gaming melalui perantara koneksi internet.

Yang artinya, pengguna tak memainkan game pada perangkat elektronik yang mereka miliki, melainkan meminjam/menyewa dan mengendalikan PC game dari jarak jauh, seperti mengakses komputer dengan metode remote link layaknya menonton video streaming.

Yang membedakan antara video streaming dan cloud games adalah pengguna dapat melakukan streaming dua arah sehingga gamer yang bersangkutan mendapat pengalaman bermain seperti layaknya bermain game pada perangkat miliknya sendiri.

Download gratiss game minecraft dungeon apk untuk android. 

 Nyatanya yang terjadi adalah, perangkat elektronik milik player hanya menjalankan perintah input saja, sedangkan yang menyelesaikan pekerjaan berat seperti menjalankan game generasi terbaru akan di ambil alih oleh komputer server.

"Lalu apa tujuan dari dibuatnya teknologi Cloud game?"

Sama halnya seperti tujuan dibuatnya layanan Cloud Storage dan juga layanan video streaming. Yang tak lain adalah untuk mempermudah pengguna mengakses serta berbagi konten miliknya,

 dimana saja, kapan saja, serta tanpa perlu repot repot memikirkan kendala Hardware, ataupun masalah keterbatasan kapasitas penyimpanan data, dan juga kompatibelitas sistem operasi.

Dengan metode ini, diharapkan agar siapa saja, dapat merasakan pengalaman bermain Game game konsol maupun PC generasi terbaru, meski terhalang oleh keterbatasan hardware yang dimiliki.

• Cloud games bukanlah emulator 


Ytimg.com


Banyak yang beranggapan, bahwa Cloud games atau layanan streaming game service merupakan Emulator. hal ini sepenuhnya salah.

Yang dimaksud dengan Emulator adalah, suatu software yang memungkinkan sebuah perangkat elektronik mampu menjalankan Game atau software tertentu, yang semestinya tak tersedia/Compatible untuk perangkat yang bersangkutan.

Contohnya :

• "Aplikasi Wine" yang memungkinkan Linux menjalankan software Windows.

• "Ppsspp" untuk memainkan Rom/game psp pada smartphone, tablet, dan juga PC.

• "Android crossover" di desain khusus agar Laptop Chrome os, android x86, dan Remix os agar mampu menjalankan software windows. (Diharuskan processor intel).

• "Dolphin emulator" emulator Nintendo Wii untuk mobile smartphone, tablet dan juga PC.

• "Exanger windows emulator", aplikasi android yang memungkinkan pengguna menjalankan software Windows.exe pada smartphone android.

Dan banyak lagi contoh lainnya.

Untuk menjalankan emulator, pengguna paling tidak harus memiliki software ataupun games yang ingin dimainkan pada perangkat elektronik mereka.

Dengan kata lain kita harus mendownload game/ROM maupun software yang hendak kita jalankan dan menyimpannya pada perangkat milik kita.

Sedangkan "Cloud Games" diciptakan untuk mengatasi masalah ini. Pengguna sama sekali TAK PERLU mendownload, dan menginstal game yang ingin dijalankan.


• Tak semenarik yang kita bayangkan. 


Ebuyer.com



"Mengapa demikian?"

Memang benar. Teknologi Cloud game memang solusi utama untuk memainkan game berat pada PC ataupun perangkat mobile apa saja, sehingga memungkinkan siapa saja bisa memainkan Game game keluaran terbaru,

tanpa perlu direpotkan oleh kendala perangkat yang tak kompatibel, spesifikasi PC yang  sudah kadaluarsa atau tak memadai, ataupun game yang ada tak tersedia untuk sistem operasi milik pengguna.

Karena komputer cloud Server yang akan mengatasi masalah ini.
layanan streaming tetap saja layanan streaming. "Streaming" merupakan kegiatan yang memakan banyak bandwith kuota. Untuk Bermain cloud game, diperlukan koneksi jaringan internet yang tak hanya cepat, namun juga stabil.

Jika tidak, game yang ingin dimainkan tidak akan berjalan dengan sempurna, alias "LAG", patah patah atau berjalan pada resolusi yang kurang memadai (pecah pecah). Masalah inilah yang akan seorang gamer hadapi dan bukan lagi kendala spesifikasi Hardware.


• Layanan Game streaming bukanlah youtube.


Gstatic.com


Sesungguhnya Tak ada layanan yang disediakan secara cuma cuma. Jika kita menggunakan layanan yang bersifat gratiss, data beserta informasi pribadi kitalah yang diambil sebagai bayarannya.

Untuk dapat mengakses Pc gaming secara streaming, pengguna harus menyewa layanan tersebut, hingga berlaku pada kurun waktu tertentu. Entah itu perjam, perbulan, perhari, atau bahkan pertahun.

Atau pengguna dihadapkan pada sistem coint (Mikro transaksi/IAP) untuk dapat memainkan game game tertentu.

• beberapa layanan streaming game hanya tersedia untuk negara tertentu dan perangkat tertentu namun ada banyak pilihan.

Geforce Now, hanya tersedia untuk perangkat Shield milik Nvidia.

LiQuid Sky hanya tersedia untuk wilayah Us dan sekitarnya.

Playstation Now khusus untuk PC dan juga Perangkat milik Sony computer.

Gloud games hanya untuk regional cina meski demikian Versi Beta sudah tersedia. (Direkomendasikan untuk pengguna smartphone android).


• Lebih baik dari pada tidak ada sama sekali. 


Googleusercontent.com


Layanan streaming game hanya cenderung ditujukan pada konsumen yang ingin merasakan pengalaman bermain game game keluaran terbaru, namun tak berkeinginan untuk membeli konsol generasi terbaru.

Atau bagi pengguna PC game yang spesifikasi pc atau sistem operasi yang dijalankan tak kompatibel dengan game yang diinginkan.
Namun, bagi gamer yang sama sekali tak memiliki masalah di atas, mungkin streaming game bukanlah topik yang menarik bagi mereka.

Semakin sedikit game Next Gen yang telah dimainkan oleh pengguna, maka akan semakin menarik konsep ini.

• persyaratan yang diperlukan untuk menjalankan Cloud Streaming game.

- Perangkat elektronik salah satu diantaranya, seperti smartphone, Tablet, PC ataupun Laptop wajib dimiliki oleh pengguna.

- Koneksi internet super cepat dan stabil. (Pemasangan wifi rumahan diharuskan)

- aplikasi atau software tertentu milik perusahaan penyedia layanan Cloud streaming.

- yang keempat tentu saja akun membership yang menandakan pengguna berlangganan dengan layanan streaming game tertentu.

- wireless controller. Yang ini Sifatnya opsional, boleh ada dan boleh juga tidak.


selalu ada lebih dari satu cara untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. 


Jika kita percaya sesungguhnya tak ada yang mustahi, dan selalu punya rasa ingin tahu beserta keinginan untuk mencoba hal baru, pasti ada cara lain untuk mewujudkan apa yang kita inginkan.

Entah itu dengan jalan mod, atau hack, PVN dan sejenisnya. (Silahkan cari tahu sendiri).


Postingan terkait: