God of war 4, antara peran fans dengan developer.




Video diatas menggambarkan hubungan antara seorang fans franchise God Of War bernama Emmanuel Mojica Rosas, dengan Cory Barlog Creative Director Santa Monica Studios.

Emmanuel sendiri berasal dari Xalisco Nayarit Mexico, ia tinggal bersama ibu dan pamannya, menjalani hidup yang serba kekurangan serta penuh perjuangan.







Ketika ia hampir menamatkan bangku kuliahnya, neneknya yang menjadi penopang ekonomi keluarga tiba tiba meninggal dunia, skaligus di saat yang sama, ibunya mengalami sakit.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut, Emmanuel harus mengambil dua pekerjaan skaligus. Ia bekerja 16 jam di sebuah cafe, dan pada saat itulah ia merasa hidup yang ia alami begitu sulit, dan begitu berat.

Keadaan yang sulit
Membuat Emmanuel ingin melarikan diri ke dunia lain, di mana ia bisa bersenang senang serta melupakan semua masalahnya. Dan di saat yang tepat, sepupunya datang, dan memperkenalkannya dengan Game God Of War.


Ketika Emmanuel memainkan game ini, (God Of War) ia sama sekali tak merasa sedang memainkan sebuah game biasa, dengan controller saja. Lebih dari itu, Emmanuel merasa masuk ke dalam Game tersebut, (God Of War)


Terlibat langsung menjadi bagian dari game itu sendiri. Ia juga seolah merasakan seperti apa emosi Kratos, bagaimana usaha Kratos untuk merubah takdirnya, di suatu titik seolah hampir sama seperti hidup Emmanuel sendiri.

God Of War mengajarkan Emmanuel bahwa jangan pernah menyerah seberapapun beratnya rintangan hidup itu. Dan sejak saat itu, jadilah Emmanuel sebagai salah satu Fans dari Franchise hasil ciptaan Cory Barlog Creative Director Santa Monica Studios.


"God Of War adalah cerita hidup seorang manusia fana bernama Kratos, yang punya takdir untuk menjadi seorang dewa."

Berdasarkan penjabaran dari Cory Barlog, jalan hidup Kratos benar benar tragis, ia lahir dari keluarga yang memiliki lingkaran pertalian yang benar benar sulit di percaya.

Kita semua tahu bahwa dalam setiap seri judul game God Of War, selalu erat kaitannya dengan tema pembalasan dendam.

Creative Director Cory Barlog berusaha membayangkan seperti apakah kehidupan seorang yang mengalami masa masa tersulit, serta bagaimana cara Kratos mengatasi masalah tersebut.

Ia juga berfikir, mungkin sudah saatnya bagi Kratos untuk mencoba membuat keputusan yang tepat, seperti mewujudkan masa depan yang lebih layak.

Untuk ukuran seorang yang memiliki masa lalu kelam, bukanlah hal yang mudah bagi Kratos memulai sesuatu yang baru. Sesuatu yang jauh berbeda dan sama sekali bukan seperti yang sebelumnya.

Cory Barlog juga mengakui ia mengalami kesulitan dalam menentukan kelanjutan jalan cerita untuk God Of War 4 ini.

Mulanya God Of War mengusung tema third person adventure, yang berlatarkan pada mitologi yunani, dan latar belakang mitologi ini masih digunakan hingga series prequel God Of War yaitu God Of War Asscenssion.

Dan untuk pertama kalinya, Cory Barlog membuat langkah pilihan baru skaligus begitu controversial, dengan mengganti unsur mitologi yunani (greek) menjadi mitologi nordik (Norse).

Nordik atau bisa disebut Norse, Mitologi Nordik 

(bahasa Inggris: “Norse Mythology”, NorĂ¾: utara) merupakan kepercayaan masyarakat Eropa Utara (negara Denmark, Norwegia, Islandia, dan Swedia) sebelum kedatangan agama Kristen.

Kepercayaan dan legenda ini menyebar ke negara-negara Eropa Utara lain, termasuk Islandia yang memiliki sumber-sumber mitologi tersebut.
Selengkapnya wikipedia.

Kembali ke pada Emmanuel, selain terinspirasi dari karakter Kratos yang begitu pantang untuk menyerah, Emmanuel juga tertarik akan Bahasa Inggris berkat Game yang satu ini.


Tiap kali ia mendengar istilah atau dialog antar karakter dalam game God Of War yang ia mainkan, Emmanuel selalu menyempatkan diri untuk mencari tahu apa makna dari kata kata tersebut.

Dan akhirnya apa yang terjadi? Ia berani mengklaim dirinya sebagai Guru terkeren yang bisa ditemui oleh para muridnya.

Dan juga berkat tekadnya dalam berusaha, ia adalah orang pertama dalam sejarah keluarganya yang pernah menamatkan pendidikan universitas.

Saking ngefansnya dengan franchise God Of War, Emmanuel mengkoleksi hampir semua pernak pernik yang berkaitan dengan game ini. Mulai dari poster, action figure, hingga benda yang ada label God Of Warnya.

Emmanuel juga membuat video review tentang barang barang tersebut. Dan akhirnya, berkat ketertarikannya yang begitu mendalam terhadap Franchise yang satu ini,


Aaron Kaufman yang tak lain adalah senior Community Santa Monica Studios, mulai tertarik dengan apa yang dikerjakan oleh Emmanuel. Aaron juga mulai membicarakan ide dengan Cory Barlog,

Untuk mengundang dan mengajak Emmanuel, ke pemutaran perdana trailer game God Of War terbaru, yaitu God Of War 4. Dan nantinya, Emmanuel juga akan mendapat kesempatan untuk bertemu Creative Director Santa Monica Studios Cory Barlog,

Serta pergi bersama ke acara playstation press conference  Cory Barlog beranggapan, adalah hal yang sangat penting bagi sebuah Franchise besar, untuk tetap menjaga hubungan baik dengan para fans.

Karena tidak akan ada Franchise besar, tanpa adanya mereka yang menyebut dirinya para fans. Dan jika kita kehilangan moment bagaimana ekspresi bahagia orang setelah menyaksikan apa yang sudah kita kerjakan,

Kita akan kehilangan alasan, mengapa kita masih mengerjakan hal ini. Satu satunya alasan keberadaan sebuah franchise besar adalah untuk fans itu sendiri.

"Lalu apa ruginya jika kita mengundang dan mengajak seorang fan berat franchise buatan kita,
untuk membiarkan dia tahu apa saja hal baruyang sudah dan sedang kita kerjakan saat ini?"

Kata Cory Barlog sendiri.

Dan beginilah ekspresi Emmanuel setelah tahu ia akan di undang ke acara playstation press conference oleh Creative Director Santa Monica Studios Cory Barlog sendiri.


"Aku merindukan Blade of Chaos, tapi tadi itu sungguh luar biasa, apa yang kapak itu bisa lakukan sungguh mengagumkan."

Ungkapan Emmanuel sesudah menyaksikan trailer gameplay God Of War 4.

"Terhubung dengan Gamer yang telah mengikuti semua seri ,God Of War yang sudah dirilis sebelumnya, merupakan pengalaman yang sangat luar biasa."

Ungkap Cory Barlog.

"Sungguh sangat menarik. Ada banyak pertanyaan besar tentang semua hal baru ini. Apa yang terjadi pada Kratos yang baru ini?"


Tanya Emmanuel pada Cory, dan beginilah jawaban Cory

"Untuk saat ini, Kratos tak menginginkan yang lainnya lagi, selain membuat Putranya agar tak takut pada dirinya, serta tak lagi berkeinginan untuk membunuh.

Kau tahu, lingkaran inilah yang ingin Kratos Akhiri."

"Ia juga ingin mewujudkan keadaan dimana hari esok, akan jadi lebih baik dari hari hari sebelumnya, serta Menjauhkan dirinya dari apa yang telah terjadi sebelumnya.

Ia juga berusaha menunjukkan sisi positif menjadi seorang dewa."

"Nantinya, sepanjang berlangsungnya gameplay, player akan bermain sebagai Kratos, dan player akan memiliki koneksi dengan si anak.

Anak ini, nantinya akan menjadi bentuk nyata dari cita cita Kratos yang baru. Untuk tujuan itulah putra Kratos dibesarkan, dan kamu (Player) yang akan melatih anak tersebut."

"Melalui putra Kratos, kamu sesungguhnya sedang melatih masa depan dari Franchise God Of War. Tiap Player yang bermain, nantinya akan mewujudkan masa depan dari Franchise ini."

Cory juga mengajak Emmanuel memainkan game God Of War 4 yang belum tersedia di pasaran tersebut, dan terjadi kembali percakapan di antara ke duanya.







Emmanuel

"Ini terlihat seperti sesuatu yang benar benar baru, pengalaman baru, katakan saja o.k, Kratos terlihat mengalami kesulitan setiap waktu seperti halnya apa yang kita alami di dunia nyata."

Cory

"Ya semua ini akan terasa lebih baik, ketika kita menambahkan unsur kenyataan ke dalam game tersebut."

Emmanuel

"Iya tentu saja."

Cory juga menambahkan dalam perjalanan menuju Playstation Press confrence,


"merupakan suatu pengalaman yang sungguh luar biasa, karena kita (pihak developer) terbiasa mengerjakan Game dalam keadaan vakum, (tertutup, tanpa menunjukkannya pada dunia luar)

Dan kami hanya melihat apa yang telah kami kerjakan melalui sudut pandang kami saja, satu hal yang perlu kami kerjakan adalah,

Menunjukkan apa yang sudah kami kerjakan sejauh ini, pada mereka yang sudah mengikuti franchise buatan kami sejak awal pertama perilisannya."

"Kita bisa saja menganggap apa yang sudah kita kerjakan masihlah kurang bagus, dalam keadaan ini kita akan merasa frustasi, hingga akhirnya mengakibatkan apa yang sudah kita kerjakan jadi berantakan."

"Karena kita hanya melihat sesuatu dari satu sudut pandang saja, kita memerlukan sudut pandang dari sisi orang lain, untuk menentukan hasil akhirnya."

Pertemuan antara Emmanuel Mojica Rosas, dengan Cory Barlog Creative Director Santa Monica Studios, di tutup dengan menghadiri acara Playstation Press Confrence.

Akhir kata Emmanuel mengucapkan

"Cory Barlog adalah orang yang paling menginspirasi dalam hidup saya sudah sejak dahulu, dan bagi saya ini semua benar benar terasa mustahil untuk jadi kenyataan."


"Setiap detik momen yang telah saya alami disini akan selalu saya ingat dalam hati saya selamanya."

"Pelajaran terbesar yang bisa saya ambil dari pengalaman ini adalah, terus kejarlah mimpimu."

"Jangan pernah menyerah, bagi saya, memiliki kesempatan untuk memotifasi sebuah tim, murid murid saya, untuk mendukung mereka dalam melakukan hal yang lebih baik, adalah hadiah terbaik yang pernah saya dapatkan."

"Kita bisa mewujudkan apapun yang kita cita citakan, apabila kita memiliki pandangan ke depan, dan tekad kuat untuk terus melakukannya."

"Banggalah menjadi diri kita sendiri, kuatlah, dan katakan pada dunia,"
"Baiklah, saya siap menghadapi segala tantangan yang ada."















Postingan terkait: