Sistem operasi ini dapat berjalan pada browser seperti layaknya web based game ( cloud based operating systems)


Hi guys, welcome back to my blog,!!! :D ngomong ngomong kalian suka streaming? atau bermain web based game? biasanya kalau kita memainkan game yang berbasis web atau streaming video, kita melakukannya langsung dari internet kan? dan tak perlu melakukan download.

Ternyata, bukan cuma game dan juga video saja yang dapat kita streaming melalui jaringan internet. bahkan sistem operasi seperti layaknya pada Personal computer juga bisa berjalan di browser, seperti layaknya kita bermain web based game. pengalaman menggunakan cloud os ini,

Mirip dengan menggunakan sistem operasi pc pada umumnya. Mungkin Cloud os tidaklah sepowerfull sistem operasi yang terinstal pada pc. tapi cloud os menyediakan berbagai aplikasi yang cukup berguna, terutama bagi mereka yang suka bepergian dan bekerja pada pc yang berbeda beda.

Jika kita sering bekerja dengan menggunakan PC yang bukan milik kita, misalkan pada kafe internet dan juga komputer kantor tempat kita bekerja, ada baiknya kita mencoba cloud os atau web based os ini. cloud os ini dapat berguna, membantu mengelola file kita yang kita simpan di cloud misal google drive,

Dropbox dan lainnya. Baiklah, di bawah ini ada beberapa layana cloud os yang tersedia, dan mungkin para membaca tertarik untuk mencobanya. informasi ini saya kutip dari http://www.techstagram.com/2013/09/19/8-cloud-os/

Yang pertama adalah Jolicloud

Salah satu dari sekian banyaknya layanan cloud os yang ada pada daftar ini, yang juga sistem operasi ini dapat di instal pada PC kita. dengan kata lain OS ini dapat dijalankan secara offline pula. Os ini adalah os opensource, yang source code nya tersedia di github.

Joly cloud di klaim dapat berjalan pada dua juta perangkat yang berbeda. joly cloud ini juga memiliki lebih dari 1,500 aplikasi yang bisa kita pilih, dan akan terupdate secara otomatis. Jika kita tak ingin mendaftar dan membuat akun joli cloud, tersedia pula opsi login menggunakan akun google dan facebook.

aplikasi joli os juga tersedia untuk android dan ios. cloud os ini juga mendukung cloud storage seperti skydrive, google drive, Dropbox dan lainnya.

Yang kedua ada i space cloud computer.

I space cloud os juga menyediakan penyimpanan cloud sebesar 1GB. juga dapat mendukung layanan cloud storage lain, sehingga kita dapat memanagement data yang ada pada layanan cloud storage kita. Beberapa cloud storage yang di dukung seperti, skydrive, google drive, Dropbox, dan lain lain.

I space cloud computer menjamin data anda tersimpan pada server yang terlindungi. I space juga tersedia untuk berbagai sistem operasi, yaitu linux, mac dan windows. berjalan pula pada berbagai browser seperti, chrome, internet explorer, safari, firefox dan opera.

I space juga menyediakan aplikasi office yang disebut zoho's online suits untuk pembuatan dokumen. Salah satu fitur unik I space adalah aplikasi telepon gratis. aplikasi ini mengijinkan pengguna untuk menelpon atau mengirim pesan kepada siapapun.

Fitur lain seperti layaknya pada komputer, yaitu multiple virtual desktop. fitur ini dapat membantu kita mengelola berbagai data pribadi milik kita. tapi untuk dapat menggunakan i cloud, komputer yang bersangkutan harus sudah terinstal java terlebih dahulu.

I space menyediakan tutorial untuk pengguna yang masih pemula. Berikut linknya.

Lanjut, ada Silve OS

Os ini di desain mirip seperti layaknya sistem operasi windows. Sehingga membuat pengguna merasa sedang menggunakan sistem operasi windows. seperti layaknya windows, silve os mengusung tampilan aero UI. dilengkapi taskbar di bagian bawah , serta start menu di bagian kiri bawah.

Silve OS memerlukan silver light untuk di instal pada PC yang bersangkutan, untuk menjalankan OS ini. asa beberapa aplikasi yang terinstal pada silve os seperti, file explorer, Internet Browser, Video player, Rich text editor, Rss reader, twitter, flicker, IM, serta beberapa games.

Fitur unik dari Silve os adalah, os ini mengijinkan kita menginstal external software, asalkan software tersebut dikembangkan oleh silver light, dan tersedia di internet dan komputer kita.

Next ada Zero PC

Jika kita sedang mencari layanan cloud computing yang bukan hanya sekedar berkualitas tetapi juga memiliki tampilan antar muka yang menarik, Zero PC inilah jawabanya. Karena merupakan layanan on the go, zero pc juga tersedia untuk ios dan android, amazon appstore, serta tersedia untuk exstensi chrome browser. 

Menyediakan berbagai aplikasi berguna seperti, Sky drive, 4shared, Google Drive, Suger sync, Drop box, Box, Facebook, twitter, Flickr, Instagram, Picasa, dan masih banyak lagi. Zero PC juga menyediakan layanan penyimpanan data hingga mencapai 40GB. fitur paling unik Zero PC adalah,

Aplikasi management photo gang sangat powerfull.

Di bawah Zero PC ada Cloudo.

Cloudo tersedia dalam versi beta, merupakan salah satu distro Linux, dan dibangun menggunakan teknologi yang disebut LAMP (Linux, Apache, MYSQL, &PHP ). tampilan Cloudo menyerupai kebanyakan distro linux. pada saat ini hanya tersedia aplikasi dasar yaitu, kalender, word processor, Mail, dan Music.

Tak ketinggalan Rss reader serta beberapa aplikasi yang ditujukan bagi para pengembang. selain Ui, Cloudo juga dilengkapi aplikasi manager sehingga memungkinkan kita menginstal aplikasi lain atau menghapus yang tidak kita perlukan.

Berikut ada Eye OS.

Eye OS adalah Cloud OS yang lebih profesional lagi. Eye OS menggunakan eye os web engine, yaitu suatu teknologi dari eye os sendiri, yang memungkinkan aplikasi windows atau linux, dirubah menjadi HTML 5 Web app. Sehingga kita dapat menggunakan aplikasi tersebut pada Eye OS.

Eye OS dilengkapi juga dengan Eye sync, yang memungkinkan kita, melakukan singkronisasi antara komputer yang sedang kita gunakan dengan private Cloud. memungkinkan kita dapat bekerja online maupun offline dengan os ini. Bahkan kita bisa mengaksws Eye OS ini melalui tablet atau smartphone dan juga PC.

tapi sayangnya tak ada opsi signup yang tersedia. Sehungga jika kita ingin menggunakan Eye OS, kita harus menghubungi tim pengembangnya, dan menunggu respon dari mereka.

Moving on asa The Place A

The place A adalah cloud OS yang selalu terdepan. memiliki tampilan seperti distro linux. Situs ini memiliki tingkat respon yang cepat, 

Dilengkapi berbagi fitur dasar sistem operasi. Tak ketinggalan fitur auto data backup.

Sayangnya The place A hanya menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 200MB saja. yang mana rata rata layanan OS yang berbasis cloud, kurang lebih menyediakan penyimpanan kapasitas sebesar 1GB.

Hmmmp,,!!!! (>_<) yang ke berikut ada Corneli OS

Corneli OS adalah sistem operasi selain joli cloud yang tersedia untuk dapat di download, dan di instal pada komputer kita. menyediakan berbagai fitur seperti, User manager, file manager, content management system (cms) dan database management system. dapat di instal pada server LAMP dan tersedia gratis bersifat open source,

Di bawah lisensi GPL. dapat digunakan multi user dan memiliki virtual file system (VFS). pengguna juga bisa menggunakan corneli os untuk membangun aplikasi baru dan juga social network. cocok untuk developer pengembang dan juga profesional.

Akhirnya selesai juga. :D oh iya, dari semua sistem operasi yang berbasis web tersebut, Joli Cloud adalah pilihan terbaik. bahkan terbaik dari kedua hal. mulai dari kemudahan dalam penggunaan, visual yang bagus, lebih dari 1000 aplikasi yang tersedia, dan apabila kita merasa perlu untuk melakukan modifikasi/tweak sedikit,

Source code joli cloud dapat di akses gratis bagi siapa saja. zero pc juga pilihan lain yang sangat bagus. Terutama bagi para fotografer. dilengkapi oleh fitur foto management serta berbagai aplikasi berbagi foto seperti instagram, flickr, picasa dan lain lain menjadikan Zero pc seperti tempat terbaik untuk menyimpan file file foto kita.

ok itu tadi beberapa sistem operasi yang dapat berjalan pada browser. sangat cocok bagi pengguna pc yang suka bepergian dan bekerja pada lebih dari satu pc. sekian update saya kali ini, terimakasih kepada techstagram.com atas referensinya Okay sampai jumpa kembali pada update berikutnya.




Postingan terkait: