Beberapa hal menarik yang dapat kita buat dengan memanfaatkan raspberry pi

Definisi raspberry pi secara singkat

Raspberry Pi, sering disingkat dengan nama Raspi, adalah komputer papan tunggal (single-board circuit; SBC) yang seukuran dengan kartu kredit yang dapat digunakan untuk menjalankan program perkantoran, permainan komputer, dan sebagai pemutar media hingga video beresousi tinggi.

Sumber wikipedia bahasa indonesia

Versi terbaru dari single board computer ini yaitu Raspberry Pi 3, mendapat fitur baru, yaitu dukungan chip bluetooth dan wifi yang tak tersedia pada fitur sebelumnya.

Lalu apa saja yang dapat kita buat dengan single board komputer yang di jual seharga $35 ini? selain dapat difungsikan sebagai PC komputer, kita dapat membuat beberapa hal 

Berikut ini.

Yang pertama adalah Portable hacking machine.

sebuah channel youtube yang bernama PNP tutorial, mendemonstrasikan bagaimana caranya membuat portable hacking machine.

Mesin hack portable ini, memanfaatkan Raspberry Pi, wifi router, smartphone android, powerbank, flaskdisk, micro SDcard, dan juga OS Kali Linux.

Portable hacking machine ini, memanfaatkan Raspberry Pi untuk menjalankan distro kali linux yang terinstal pada Micro SDcard. wifi router akan menghubungkan Raspberry Pi Dengan smartphone android,

Dalam hal ini smartphone android akan menjadi layar monitor. sementara powerbank akan bekerja sebagai power supply untuk Raspberry Pi.

Kita dapat mentransfer data dengan flaskdisk sebagai media perantaranya. tentu saja kita bisa membawa portable hacking machine ini kemanapun,

Dengan menyimpannya di pocket tas kita. oh iya,,,,,. Untuk dapat menghubungkan Raspberry Pi dengan smartphone, dibutuhkan aplikasi VNC viewer.

Untuk dapat menggunakan VNC Viewer, dibutuhkan IP adress dari Raspberry Pi itu sendiri, sehingga smartphone dapat mengakses kali linux yang ada pada raspberry pi.

Kita juga bisa menghubungkan Bluetooth mouse dan keyboard untuk dapat memaksimalkan portable hacking machine ini.

Berikutnya adalah Raspberry Pi Laptop/tablet

Satu lagi channel youtube yang membahas berbagai tutorial Raspberry Pi. Channel youtube ini bernama My electronics &Hacking Show.

Begitu Powerfullnya single board komputer Raspberry Pi ini. Dengan membeli dan menghubungkan LCD monitor atau touch screen monitor, serta menambahkan keyboard, dan menyambungkan baterai atau powerbank atau power supply,

Plus membuat chassing dengan bantuan printer 3D, maka jadilah Laptop/Tablet D.I.Y (Laptop atau tablet buatan sendiri). kita bisa menginstal Raspbian, Debian yang khusus dibuat untuk Raspberry Pi.

Os Raspbian dapat berfungsi dengan sangat baik, terutama dalam hal multimedia, browsing internet, mengerjakan document dan lain sebagainya.

Tak ketinggalan channel youtube yang bernama GEEKS LIFE #TECH, yang dalam salah satu videonya mengupas tentang 10 proyek keren Raspberry Pi. Dari semua project unik tersebut, akan saya kutip beberapa yang paling menarik.

Magic Mirror

Cermin masa depan yang sering muncul dalam konsep konsep teknologi masa depan, kini dapat kita wujudkan dengan memanfaatkan single board computer Raspberry Pi ini.

Bayangkan! jika kita punya cermin yang bisa memunculkan perkiraan cuaca, notifikasi email, social media, dan beragam entertainment lainnya. Hal yang dulunya hanya fiksi belaka,

Sekarang ini dapat kita wujudkan menjadi kenyataan. unik, menarik, serta hal baru yang dapat di coba.

Baby monitor

Menurut saya teknologi itu makin lama makin keterlaluan. Skaligus keren. Teknologi bisa merubah cara hidup seseorang. Bahkan dalam bidang yang paling tak terduga.

Sebut saja misalnya dalam hal mengurus bayi. Jika dulu kita harus bangun dan bergadang hampir setiap malam, tiap kali bayi atau anak kita terbangun dari tidurnya. (berlaku bagi orangtua yang baru punya bayi. :D)

Sungguh agak merepotkan memang. Tapi juga namanya kewajiban sebagai orang tua. :) tidak lagi,,,.. karena di zaman sekarang sudah ada baby monitor. Dengan baby monitor,

Kita dapat memantau kondisi si bayi, misalnya ketika ia terbangun dari tidurnya. Tiba tiba si bayi menangis. dengan raspberry pi, kita dapat mengatur program khusus komputer untuk menidurkan si bayi yang sedang menangis.

Istirahat saja, dan biarkan si komputer yang mengurusnya.

3D scanner

Salah satu project raspberry pi yang unik adalah dengan membuat mesin Scanner 3D. mesin ini dibuat dengan memanfaatkan 40 kamera, 40 Raspberry Pi, 40 sdcard, sejumlah besar power supply, dan juga layar LED.

Di lansir dari situs www.pi3dscan.com, 3D scanner ini dapat menscan orang, benda atau apapun itu, membuat versi3D digital dari benda terrsebut. Kita juga dapat memprintnya dengan bantuan printer 3D, pluss dengan full color.

Arcade Machine

Dengan pi play, yang merupakan fitur Raspberry Pi yang ditujukan untuk tujuan gaming dan emulasi, cukup dengan menghubungkan raspberry pi dengan LCD monitor, plus joystick atau gamepad,

Boom..... , jadilah mesin arcade jadul yang dulu sangat legendaris itu. Jika kita cukup kreatif, kita bisa membuatnya dengan berbagai bentuk yang kita inginkan.




Postingan terkait: