7.kekuatan terbaik dalam Movie Doctor Strange yang harus kamu ketahui.




Meskipun menulis topik tentang film Doctor Strange untuk saat ini dapat dikatakan agak  terlambat, (memang saya baru baru ini menontonnya),

Tapi tak apalah, anggap saja saya sedang mengobati rasa ingin tahu saya saja. Jujur saja pada awalnya saya tak menganggap film ini cukup menarik.

Bahkan saya tak tertarik menonton video Trailernya. Namun karena teman saya ngotot ingin memperlihatkan film ini pada saya, akhirnya saya tonton juga. 😄😄😄

Ternyata film ini cukup menarik serta menghibur untuk di tonton, dan bisa dikatakan film ini adalah salah satu film tersukses yang pernah dibuat oleh Marvel.

dibawah ini sesuai judul di atas, kita akan membahas 7 kekuatan terbaik yang ada pada movie Doctor Strange. Langsung saja di mulai dari nomor 7.

7. Martial Art.

Atau yang bisa juga disebut "Seni Bela diri."

Meskipun Doctor Strange mengangkat tema sihir serta penyihir, film ini juga memperlihatkan keahlian bela diri, yang juga digabungkan dengan trik trik magic yang unik.

Bisa dimaklumi karena film ini bertemakan superhero. Doctor Strange juga tak digambarkan sebagai sosok karakter yang mengatasi segala hal dengan sihir.

Ia hanya menggunakan sihir sebagai senjata atau media pertahanan diri saja. Sebagian besar bentuk usaha dalam mengalahkan lawan lawannya, lebih menggunakan kemampuan bela diri tradisional, serta kecerdikannya sendiri.

Strange memiliki keahlian beladiri yang ia dapat dari pelatihannya bersama Karl Mordo. Selain kemampuan fisik bela diri, ada juga benda benda yang menunjang serta membantu seorang Sorcerer dalam melancarkan aksinya.

Benda tersebut dikenal dengan istilah Relic, yaitu sebuah benda material yang mampu memikul beban sihir yang terlalu berat ditangani oleh seorang Sorcerer Supreme.

Karl Mordo memperlihatkan tongkat Living Tribunal kepada Doctor Strange, dan menjelaskan, seorang Sorcerer akan mendapatkan Relic, apabila ia di anggap sudah siap, serta Relic tersebutlah yang memilih sendiri siapa calon tuannya.

Strange sendiri memiliki Relic yang disebut "Cloak of Levitation." Yaitu sejenis mantel dengan kerah leher yang lebar, yang memiliki pikiran serta kehendaknya sendiri.

Singkat cerita Relic yang satu ini mirip dengan karpet ajaib milik aladin. "Cloak of Levitation." Digambarkan memiliki sifat yang plin plan serta sulit untuk ditaklukkan.

Namun Strange, mantel ini lebih dari sekedar jubah, melainkan asisten pribadi yang membantunya dalam segala situasi. Mulai dari masalah terbang dan pendaratan darurat, hingga

Pendukung dalam aksi aksi pertarungan mistik. "Cloak of Levitation" Terlihat dalam beberapa adegan, Relic ini berkali kali melindungi dan menyelamatkan nyawa Doctor Strange,

Bahkan membimbingnya pada kemenangan dalam duel melawan Kaecilius.


6.Magic Spell




"Bahasa ilmu mistik sama tuanya seperti peradaban manusia itu sendiri.

Para penyihir terdahulu, menyebut bahasa mistik tersebut dengan istilah "MANTRA."

Namun jika istilah tersebut bertentangan dengan unsur modern yang ada pada dirimu, kau boleh menggantinya dengan istilah "PROGRAM."

Kode sumber yang membentuk kenyataan."

Ucapan Ancient one pada Doctor Steven Strange.

Spell atau mantra adalah media yang digunakan oleh kaum penyihir, dalam mengaplikasikan ilmu mistik, menjadi wujud nyata.

Pada umumnya, untuk melakukan sihir, seorang penyihir memerlukan bantuan bentuk kekuatan yang bersifat nonfisik.

Entah itu dari bantuan mahluk mistik, roh leluhur yang sudah meninggal, melakukan perjanjian dengan iblis, atau memanfaatkan energi alam nan melimpah yang memenuhi alam semesta ini.

Dalam kasus penyihir yang bertipe Sorcerers Supreme, mereka lebih mengandalkan bantuan energi alam yang di ambil dari berbagai sumber semesta lain, untuk menghasilkan sihir sihir yang berwujud nyata.

Energi energi inilah yang nantinya di manipulasi oleh seorang Sorcerers, sehingga mampu menghasilkan senjata, perisai pertahanan,

memunculkan portal, serta banyak lagi berbagai bentuk sihir yang tak mampu di bayangkan oleh manusia biasa.

Terkadang seorang Sorcerers Supreme juga melakukan kontak hubungan dengan mahluk ekstra terestrial, untuk meminjam kekuatan dari mahluk mahluk tersebut, seperti yang dilakukan oleh tokoh Kaecilius.


5.  Mind and material.




Atau Pikiran dan kenyataan.

Mungkin kemampuan ini lebih tepat jika disebut, pengelihatan mistis. Seorang yang ahli dalam bidang ilmu mistik, bukan cuma bisa mengeluarkan mantra saja, namun lebih dari itu,

Ia juga bisa melihat menembus, menjelajah, dan melampaui batasan hukum alam yang ada. Sorcerer juga dilengkapi kemampuan melihat kemungkinan yang bisa terjadi di masa depan.

Yang paling menarik ialah, Sorcerer Supreme mampu mengunjungi atau menjelajahi semesta lain, atau alam lainnya selain alam manusia,

Dimana realita tersebut terkadang berjalan dengan hukum alam yang berbeda dengan realita tempat manusia hidup.

Socerer juga mampu menunjukkan bahwa teori multiverse itu memang benar adanya. Realita tidak hanya memiliki satu bentuk saja, dan tak terbatas jumlahnya. 

Misalnya dimensi Astral. Di tempat ini, memiliki hukum alam yang unik, dimana tubuh fisik dan kesadaran seseorang berada secara terpisah. Waktu yang berjalan pada dimensi Astral 1000 kali lebih lambat dibanding dunia nyata.

Dalam kasus Doctor Strange, ia mampu memperlihatkan bentuk astralnya pada orang lain, yang sedang berada dalam kondisi normal, dengan cara menembus batasan antara alam Astral dengan dunia nyata.

Sedangkan Mirror dimension, atau dimensi cermin, adalah pantulan dari dunia nyata, dimana bisa terjadi berbagai kemungkinan yang sifatnya tanpa batasan.

Apapun yang terjadi pada dunia cermin, sama sekali tak berpengaruh pada kehidupan dunia nyata. Serta tak ketinggalan Dark dimension yang digambarkan sebagai alam yang gelap nan luas tanpa batas,

Serta terlihat asing dibandingkan alam manusia, dimana tempat ini adalah tempat yang tak mampu dijangkau oleh waktu.

Dan masih banyak lagi bentuk bentuk dunia pararel yang memiliki karakteristik serta hukum alamnya sendiri.

"Kau adalah orang yang melihat dunia melalui lobang kunci.

Kau menghabiskan seluruh masa hidupmu untuk melebarkan lobang tersebut,

Untuk tahu lebih banyak, melihat lebih banyak, dan sekarang,

Begitu kau mengetahui cara mewujudkan hal tersebut melalui metode yang sama sekali tak bisa kau bayangkan,

Kau lebih memilih menolak kemungkinan tersebut."

Ucapan "Ancient one" pada Steven Strange.


4. Probability Manipulation.


"Apa yang sedang terjadi?"

"Karena kau memberikan Kaecilius kekuasaan yang berasal dari dimensimu, maka aku juga membawa sedikit kekuasaan yang berasal dari dimensiku.

Ini adalah lingkaran waktu, yang tiada berakhir dan tak ada ujungnya."

Percakapan antara Doctor Strange dengan Dormammu.


Probability Manipulation,
Atau manipulasi probabilitas. Memerlukan artefak yang disebut "eye of agamotto," yang mana termasuk dalam kategori infinity stone.

Benda ini memberikan kemampuan bagi penggunanya untuk bisa memanipulasi jalannya waktu, yang mempengaruhi setiap benda atau mahluk hidup yang ada.

Misalnya sebuah apel. Buah apel bisa habis apabila di makan dan kemudian membusuk, seiring berjalannya waktu. Dengan menggunakan "eye of agamotto,"

Apel tersebut dapat dikembalikan dalam bentuk semula, seperti pada keadaan sebelum di makan, atau sebaliknya mempercepat proses pembusukan buah apel tersebut.

Semua itu dapat dilakukan dengan memanipulasi probabilitas yang ada pada benda tersebut.
Bukan cuma buah apel saja.

Sebuah buku yang halamannya disobek juga dapat dikembalikan seperti semula, dengan mengandalkan cara yang sama.

Bahkan kenyataan pun bisa dikembalikan ke pada kondisi semula, dengan memanfaatkan "eye of agamotto" ini. Bangunan yang runtuh bisa dikembalikan ke kondisi semula,

dan yang paling luar biasa adalah, orang yang sudah meninggal dapat di kembalikan ke kondisi semula. Seperti halnya "Wong" yang dapat dikembalikan seperti pada keadaan sebelum ia terbunuh.

Tapi selain itu, benda ini juga bisa mengakibatkan kondisi yang disebut "Time Paradox," dimana seseorang atau sebagian orang terperangkap dalam suatu keadaan atau kejadian yang berulang ulang tanpa ada akhirnya.

Memanipulasi probabilitas termasuk dalam kategori melanggar hukum alam, serta merusak keseimbangan yang sudah ada.


3. reality manipulation.


Atau bisa disebut juga Memanipulasi kenyataan, yaitu kemampuan untuk memanipulasi ruang dan waktu, menjadi bentuk bentuk yang menyerupai efek kaledoskop.

Kemampuan ini membuat seseorang mampu melipat dan memanipulasi realita. Pada umumnya tekhnik ini, hanya bisa dipergunakan di dalam mirror dimension,

Namun dengan memanfaatkan energi yang di ambil dari dark dimension, Kaecilius mampu melipat dan memanipulasi realita di luar "mirror dimension."

Namun hal ini hanya mampu dilakukan oleh Kaecilius, dalam ruang lingkup skala kecil. Dan sebaliknya, karena koneksinya dengan "Dark Dimension,"

Membuat kemampuannya dalam melipat dan memanipulasi realita jadi meningkat berkali kali lipat, ketika berada di mirror dimension.  Bukan cuma sekedar menghasilkan efek efek kaledoskop, namun juga mempengaruhi grafitasi serta memanipulasi atas dan juga bawah.

(Singkat cerita kemampuan ini mirip dengan efek "Limbo" yang ada pada Game DMC Devil May Cry.)

Dalam film Doctor Strange, ada dua karakter yang mampu melakukan teknik ini. Yang pertama adalah "Ancient one," dan yang kedua adalah Kaecilius.

Doctor Strange mampu membawa Kaecilius beserta pengikutnya ke dalam mirror dimension, namun tak ada indikasi yang menunjukkan ia mampu melakukan tehnik ini.

2. Avoiding death.


Atau istilah lainnya "lari dari kematian." Diceritakan di sebuah dimensi yang lain, di sebuah tempat dimana tak dijangkau oleh waktu, terdapat  mahluk terestrial yang dikenal dengan nama "Dormammu."

Mahluk ini adalah penakluk semesta, dan ia cuma punya satu tujuan. Melahap semua realita dan membawanya ke dalam dimensi gelapnya.

Ancient one memiliki serangkaian buku/kitab yang termasuk dalam kategori  koleksi pribadinya, Dan salah satu buku tersebut disebut "Book of Cagliostro."


Diketahui sebagai buku yang memuat pemahaman tentang waktu, serta sebagian dari isinya menjelaskan tentang cara melakukan ritual untuk menjalin kontak komunikasi dengan Dormammu.

Dalam buku tersebut juga menjelaskan tentang cara mendapatkan kehidupan abadi atau cara menghindari kematian.

Terungkap dalam film ternyata Ancient one memanfaatkan dimensi gelap Dormammu untuk mendapatkan umur panjangnya, atau bahasa kasarnya "Avoiding death," yaitu melarikan diri dari kematian.


Ancient One dipercaya sebagai seorang Sorcerers Supreme terlama, yang mengemban tanggung jawab sebagai pelindung alam manusia, dari berbagai ancaman mahluk mahluk dari alam spiritual, yang tak bisa dibayangkan oleh manusia biasa.

Berdasarkan pengakuan Karl Mordo, tak ada yang pernah tahu berapa sesungguhnya umur sang Ancient One. Ia dikenal sama sekali tak pernah mengungkit ungkit pengalaman hidup masalalunya.

Namun diketahui ia adalah seorang keturunan
Celtic terakhir yang masih tersisa. Ia juga mengakui, bahwa ia sendirilah yang menjerumuskan Kaecilius ke jalan yang salah.

Melihat kesamaan Doctor Steven Strange dengan mantan muridnya Kaecilius, membuatnya hampir tak menerima Strange sebagai murid.

Kaecilius yang datang kepadanya untuk mencari jawaban atas rasa kehilangannya terhadap kematian anak dan istrinya,

Malah salah memahami dan menganggap kehidupan abadi adalah jawaban dari masa lalu gelapnya. Ia mulai mempertanyakan dari mana asal kehidupan abadi sang Ancient One?

Serta Bagai mana cara melarikan diri dari kematian. Disinilah akhirnya ia menemukan "Book of Cagliostro." Pada dasarnya Kaecilius tak jauh berbeda dari Doctor Strange.

Hanya saja ia tidak menerima takdirnya sebagai seorang Sorcerer Supreme, seperti yang dilakukan Strange. Ia malahan mencari jalan pintas bagaimana caranya merubah masalalunya.

Mencari cara menghilangkan waktu, sehingga tak ada yang perlu mengalami apa yang disebut dengan kematian. Tak ada yang perlu merasakan kehilangan, serta tak akan ada lagi penderitaan.

Tujuan yang baik, namun dengan jalan pemahaman yang salah serta serta cara yang terbilang jalan termudah, tidak akan pernah berakhir dengan kebaikan.

Di saat saat terakhirnya, Ancient one mengakui tak ada yang akan bisa menghindari apa yang disebut dengan kematian. Seperti yang ia lakukan,

Ia sama sekali tak luput dari kematian. Ia hanya melarikan diri dari kematian itu sendiri dengan memecah satu moment menjadi beribu ribu, hanya untuk menyadari satu hal sederhana saja.

1. Teleportation


Teleportation atau teleportasi dalam film Doctor Strange menggunakan media yang disebut dengan portal.

Untuk menciptakan portal, seorang sorcerer memerlukan sebuah benda yang disebut Slingring, yaitu sejenis cincin dua lubang yang harus dikaitkan pada dua jari tangan penggunanya.

Di saat yang sama pengguna harus menciptakan portal dengan cara menggunakan tangan yang lainnya yang tak terpasang slingring dengan membuat pola lingkaran di udara kosong secara terus menerus sambil membayangkan destinasi yang hendak di tuju.

Semakin jelas dan semakin nyata seorang Sorcerer membayangkan arah tujuannya, maka semakin cepat portal itu terbuka.

Menurut penjelasan Ancient one pada Strange, seseorang terkadang harus membungkam egonya sendiri, dan membiarkan energi itu bekerja dengan sendirinya.

Dengan begitu portal akan terbuka dengan lebih mudah.







,



Postingan terkait: