5 tokoh Marvel Ghost Rider beserta latar belakang ceritanya.

"Seberapa tangguhkah tokoh Marvel ghost rider?"


Karakter Marvel yang satu ini memang terbilang unik dan tak kalah terkenal dengan karakter super hero Marvel lainnya. Sempat di angkat ke dalam movie layar lebar 2 kali, dan kedua duanya diperankan oleh aktor Nicolas Cage,
Dan juga sempat muncul dalam serial TV Marvel Agen S.H.I.E.L.D, tepatnya pada season ke empat.


O.k, di bawah ini adalah 5  tokoh Ghost Rider berserta latar belakang ceritanya. Langsung saja di mulai dari nomor 1
Dimulai dari 

1. Alejandra Jones.


Diciptakan oleh
Rob Williams dan Matthew Clark, karakter ini pertama kali muncul pada seri komik
Ghost Rider Vol 7 #1
(September, 2011)

Alejandra merupakan Salah satu atau mungkin satu satunya tokoh wanita yang menanggung kutukan "Spirit of Vengeance." Ia adalah putri dari seorang sindikat perdagangan manusia dengan seorang wanita meksiko yang tak diketahui identitasnya.
Pada akhirnya ia bernasib sama seperti saudara saudarinya. Dijual oleh ayahnya dan berakhir di tangan tokoh yang bernama Adam di wilayah yang bernama
Nicaragua.

Disana ia dan anak anak lainnya di latih dan dibesarkan untuk dijadikan Ghost rider yang berikutnya.

Adam berhasil meyakinkan Johnny Blaze untuk menyerahkan kutukannya, dan akhirnya dilakukan pemilihan siapa yang akan menjadi sosok Ghost rider yang berikutnya, dan terpilihlah Alejandra Jones.

Download Gratiss film Marvel Cinematic universe 2019 disini. 

Alejandra dikirim ke Dayton, Ohio untuk mengalahkan Skadi, yang merupakan putri dari Red Skull yang tunduk dan setia padanya. Alejandra berhasil menghadapi Skadi dengan cukup imbang, namun sayangnya pada akhirnya ia harus menerima kekalahan.
Di saat yang hampir bersamaan, Johnny Blaze menyadari apa sesungguhnya tujuan serta motif Adam yang sesungguhnya dari Mephisto, yaitu untuk menghapuskan seluruh dosa yang ada pada umat manusia, tepatnya menjadikan manusia jadi mahluk yang tak memiliki pikiran, tanpa emosi.

Menyadari hal tersebut, Johnny Blaze merasa bersalah atas keegoisannya yang menyerahkan kutukan tersebut demi kebebasannya sendiri. Untuk menebus rasa bersalahnya ia bertujuan untuk memisahkan kutukan Ghost Rider dari Adam.
Begitu Alejandra dan Adam kembali dari Dayton tepatnya Ohio, ia memerintahkan Alejandra untuk menghapuskan seluruh dosa yang ada pada semua anak anak sesama rekan
Alejandra.

Ketika mendapatkan penolakan dari Alejandra, Adam memperbudaknya dengan mengontrolnya secara paksa dan menyiksanya. Begitu Johnny Blaze tiba, ia bergabung dengan Alejandra untuk melawan balik Adam dan menghentikan niat jahatnya.
Sumber selengkapnya Marvel Wikia.

Berikutnya ada
2. Daniel Ketch.



Daniel Ketch adalah ghost rider penerus Johnny Blaze, tepatnya sesudah ia mempensiunkan diri sebagai
Spirit of Vengeance. Daniel adalah Ghost Rider di tahun sembilan puluhan. (dalam versi komiknya.)

Dari segi tampilan, ia tak jauh beda dengan Johnny. Ia juga mengenakan rantai fisik seperti ciri khas ghost rider Johnny Blaze. Namun ia mengendarai motor yang lebih terkesan modern, dengan pelindung baja di bagian depannya, yang skaligus dapat berfungsi sebagai pendobrak.

Selama masa masa awalnya berperan sebagi Ghost Rider,
Ketch banyak mendapatkan arahan serta saran saran dari pendahulunya Johnny Blaze. Dan akhirnya terungkaplah fakta bahwa ternyata Ketch adalah saudara Johnny yang telah lama hilang.

Hal yang membedakan antara ia dengan Johnny adalah, Ketch mampu mengendalikan iblis yang merasuki dirinya, dan diketahuilah ternyata Spirit Of Vengeance adalah versi Marvel dari sang malaikat maut serta malaikat penghakiman.
Digambarkan meninggal pada akhir seri komik Ghost Rider miliknya, yang terbit kurang lebih sekitar 90 episode. Namun tak lama berselang setelah itu, tokoh ini sering kali muncul di berbagi seri komik Marvel lainnya, seolah kematiannya bukanlah masalah untuk karakter ini. 

Ketika Ketch muncul kembali pada tahun 2000an, ia memiliki masalah kecanduan.
Zadkiel malaikat yang memberinya kemampuan Ghost Rider, menjaganya agar Ketch tetap hidup, namun dengan harga mahal yang harus di bayar.
Lebih banyak lagi ada Ghost Rider yang bermunculan di seluruh dunia. Dan Zadkiel mengharuskan untuk menghapuskan mereka semua, untuk mencegah terjadinya kehancuran bagi umat manusia, dikarenakan manusia mulai serakah dan terbuai akan kekuatan.

Manusia mulai menyalah gunakan kekuasaan "Spirit Of Vengeance." Namun di balik itu semua, ternyata Zadkiel sendiri memiliki motif dan tujuannya sendiri sebagai malaikat yang menciptakan Ghost Rider.

Zadkiel adalah sosok malaikat yang dulunya merupakan bagian dari Archangel, namun ia berhianat, dan bersekutu dengan Fallen Angel Lucifer.
Sebagai hukuman,

Zadkiel dan pengikutnya, tak lagi diizinkan memasuki Heaven, dan dimasukkan dalam difisi Black ops, yaitu bertanggung jawab atas keselamatan umat manusia dari serangan bahaya supranatural.

Senjata utama Zadkiel dalam menghadapi serangan Demon dan juga setan adalah "Spirit Of Vengeance," namun ia tetap menjaga kerahasiaan asal usulnya, dan membuatnya seolah olah "Spirit Of Vengeance," diciptakan oleh mephisto.
Di akhir cerita, 

Blaze dan Ketch harus bekerja sama dalam menghentikan rencana jahat Zakiel.
Karakter Daniel Ketch mungkin terbilang terlampau mirip dengan sosok pendahulunya. Namun meskipun demikian, ia tergolong masih mampu melanjutkan franchise ghost rider, bahkan memperluas mitologi dengan cara cara yang menarik.

Lanjut berikutnya ada
3. Robbie Reyes.


Tergolong dalam karakter yang masih baru dalam franchise Ghost Rider, namun cukup memberikan kesan di kalangan pembaca. Diciptakan pada tahun 2014 oleh Felipe Smith dan Tradd Moore, sebagai sosok Ghost Rider di era yang lebih modern.
Sempat muncul di serial TV Agent of S.H.I.E.L.D, diperankan oleh aktor Gabriel Luna.
Reyes terbilang sedikit berbeda dengan sosok Ghost Rider pada umumnya. Ia sama sekali tak melakukan perjanjian dengan iblis, melainkan dalam versi komiknya, ia dirasuki oleh arwah ketika ia terbunuh.

Sedangkan dalam versi serial TV Agent of S.H.I.E.L.D, ia dihidupkan kembali oleh Johnny Blaze.

Roberto "Robbie" Reyes, adalah seorang mekanik mobil muda yang berasal dari Los Angeles, yang dibunuh oleh kelompok gang yang bernama
Fifth Street Locos. Ia dihidupkan kembali oleh Johnny Blaze, dengan cara merubahnya menjadi seperti dirinya sendiri, Ghost Rider.

Menggunakan kemampuan barunya ini untuk membalas dendam akan kematiannya serta cacat yang fisik yang di derita adiknya, Reyes menjadi Ghost Rider dan membunuh sebagian besar kriminal.

Ditemukan oleh Quake, dan di bawa kepada S.H.I.E.L.D. menyadari potensinya untuk melakukan kebaikan yang jauh lebih besar, Reyes bekerja sama dan membantu organisasi  S.H.I.E.L.D dalam pertempuran.

Reyes juga mempelajari fakta ternyata pamannya sendiri
Eli Morrow, berhasil mendapatkan kekuatan supranatural dengan melalui sebuah benda yang disebut
Darkhold.

Reyes diharuskan untuk membantu S.H.I.E.L.D, menghentikan pamannya sendiri, namun dalam usaha tersebut, ia harus membiarkan dirinya di teleportasikan ke dimensi lain.
Tak seperti Ghost rider pada umumnya, Reyes tidak mengendarai motor, melainkan mobil yang dijuluki Hell Charger.

Mobil ini juga dijuluki dengan nama lain Lucy, yaitu
Dodge Charger tahun 1969, yang telah dimofifikasi, dengan nomor plat wilayah California 299 ZXB.

Sama seperti Hellbike, mobil ini dikelilingi oleh Hellfire serta memiliki kemampuan regenerasi atau memperbaiki diri sendiri.
Sumber Marvel Wikia

Berikutnya ada
4. Ghost Rider 2099.


Diciptakan oleh Len Kaminski dan Chris Bachalo,yaitu seorang tokoh bernama
Kenshiro “Zero”, merupakan versi Ghost Rider yang sangat berbeda, dengan latar waktu yang jauh beda pula.

Zero sendiri tidak ada hubungannya dengan Spirit of Vengeance lagi, melainkan sebagai bentuk cybernetic, yang memiliki ingatan serta kepribadian milik Zero versi manusia.
Zero awalnya adalah seorang Hacker yang dibunuh karena mencuri data rahasia milik
dystopian, yaitu organisasi jahat zaman modern buatan Marvel.

Zero bertahan hidup cukup lama untuk menciptakan versi Cyber dari dirinya, dengan cara mengupload kesadaran dirinya kedalam bentuk digital,
Ia ditemukan oleh semacam kecerdasan buatan, dan di transfer pada tubuh Cybernetic Ghost Rider. Meskipun bukan lagi bagian dari Spirit of Vengeance, namun Zero beroperasi seperti layaknya Ghost Rider sebelumnya.

Cukup lama berperan sebagai Ghost Rider 2099, menuntut pembalasan dendam bagi mereka yang pantas mendapatkannya, membalaskan kematiannya, terutama membunuh ayahnya sendiri yang bertanggung jawab atas kematian putranya.
Sayang sekali seri Ghost Rider 2099 tidak begitu laku dipasaran, dan seri komik ini diakhiri hanya sampai pada episode ke 25.

Dan yang terakhir adalah
5. Johnny Blaze.



Tokoh yang satu ini sudah tak perlu diperkenalkan lagi. Sudah 2 kali di angkat ke layar lebar, serta diperankan oleh aktor Nicolas Cage. Tokoh ini juga bisa dikatakan sebagai kunci dari hampir setiap versi Ghost rider yang ada.
Pertama kali diciptakan oleh 

Thomas, Gary Friedrich, dan Mike Ploog, merupakan seorang pengendara motor Stuntman, masa kecilnya terbilang pahit, karena ia adalah anak yatim tanpa orang tua.
Ibunya meninggalkan keluarga,(namun pada akhirnya muncul kembali sebagai Ghost Rider pula), sedangkan ayahnya meninggal karena kecelakaan fatal di arena Stuntman. 
Ia diadopsi oleh Crash Simpson dan istrinya, namun suatu hari Crash di diagnosa mengidap penyakit kanker ganas. Menyadari hal ini Johnny melakukan perjanjian dengan iblis dan menjual jiwanya, demi kesembuhan ayah angkatnya.

Iblis yang dimaksud bukanlah sembarang iblis, melainkan Mephisto sendiri. Mephisto memenuhi janjinya, keesokan harinya ayah angkat Johnny langsung sembuh dari kanker, namun tak berselang lama meninggal akibat kecelakaan fatal.
Hal ini membuat Johnny merasa depresi serta kecewa, namun Perjanjian kontrak tersebut membuatnya terikat dengan iblis bernama Zarathos. Merasuki jiwanya, memberikannya kemampuan Spirit of Vengeance, dan akhirnya merubahnya menjadi Ghost Rider.
Dalam waktu yang cukup lama, 

Blaze mengalami kesulitan untuk mengontrol koneksi dengan Zarathos ketika menjadi Ghost Rider. Namun pada akhirnya ia bisa juga menaklukkan kemampuan tersebut, serta mengendakikan secara penuh kemampuan Ghost Rider miliknya.
Sempat memberikan posisi Ghost Rider pada Daniel Ketch, dan berperan sebagai menthor baginya, namun pada akhirnya ia mengambil kembali kemampuan tersebut. Dan menjadi menthor bagi ghost Rider di era modern Robbie Reyes.

Membantunya menstabilkan diri Reyes, antara moralitasnya sebagai manusia serta peranannya sebagai Spirit of Vengeance. Johnny Blaze juga diketahui sempat menjadi Menthor bagi Alejandra Jones,
Yaitu seorang Ghost Rider Wanita, dan ia digambarkan sebagai kunci utama mitologi franchise Ghost rider.








Postingan terkait: