10 hal yang harus kamu tahu tentang Horizon Zero Down.

1. Latar waktu


Pernahkah kamu berfikir apa yang akan terjadi pada dunia 50 tahun setelah kepunahan ras manusia? Mungkin yang dapat kita bayangkan adalah, sebuah kota atau peradaban manusia yang mulai runtuh dan tertelan oleh kelahiran kembali alam.

Reruntuhan gedung, perumahan serta bekas jalan raya yang mulai ditutupi semak belukar, dan lain sebagainya. Jika itu yang terjadi 50 tahun setelah menghilangnya manusia, lalu apa kemungkinan yang bisa terjadi 1000 tahun setelah kepunahan bangsa manusia??

Mungkin jawabannya ada pada game Horizon Zero Down ini. Dikisahkan ras manusia kembali setelah sempat punah, namun kali ini bangsa manusia kembali ke fase berburu, seperti halnya pada zaman prasejarah.

Setelah sempat punah selama kurang lebih 1000 tahun, manusia menemukan fakta bahwa dunia sekarang ini sedang di dominasi oleh mahluk mahluk mekanik raksasa, mirip dengan mahluk zaman purba Dinosaurus.

Tanpa ada alasan yang jelas, dan entah bagaimana itu semua bisa terjadi, ras manusia dihadapkan pada misteri,

"apa sesungguhnya yang sedang terjadi?"

"Bagaimana mungkin sebuah peradaban manusia yang sudah begitu maju bisa tiba tiba lenyap?"

Singkat cerita dunia sedang mengalami krisis, seperti pada film terminator, dimana perusahaan teknologi besar Skynet tiba tiba runtuh, dan mengakibatkan dunia di ambil alih oleh para robot robot canggih Terminator.

Lalu apa alasannya mahluk mahluk mekanik tersebut mengambil bentuk binatang?, dan apakah game Horizon Zero Down ini didasarkan pada referensi dunia nyata??

Dirrector manager Guerrila Games "Hermen Hulst", sempat menyatakan game memang mengambil inspirasi berdasarkan dunia nyata, namun pihak Guerrila Games masih merahasiakannya,

Atas alasan supaya tak merusak unsur misteri dari game Horizon Zero Down itu sendiri. Ya... misteri adalah salah satu daya tarik game ini. Player akan di ajak menelusuri reruntuhan peradaban lama untuk menemukan semua jawaban dari misteri yang ada.

Semakin player melanjutkan progress dalam game, maka akan semakin memunculkan rasa penasaran akan bagaimana cerita selanjutnya.

Jalan cerita dalam game terbilang sangat sangat ambisius. Horizon Zero Down bukanlah game yang sekedar menjanjikan pengalaman berburu robot dinosaurus saja.

Pihak Guerrilla Games mengakui bahwa Horizon Zero adalah project paling ambisius yang pernah mereka tangani. Bicara soal background story serta world builder,

Ada begitu banyak unsur yang menyusun game ini. Mulai dari latar waktu 1000 tahun sesudah kepunahan manusia, dunia yang dikuasai oleh

mahluk mahluk mekanik, hingga adanya berbagai suku suku, klans, kota, kerajaan, warrior, dan mereka semua punya cara hidup bahkan agama yang berbeda beda.

Dan tentunya unsur misteri yang memaksa player terus ingin bermain dan bermain untuk mengetahui kelanjutan ceritanya.

2. Aloy.





Aloy, "dilafalkan Eloy," adalah tokoh protagonis wanita utama dalam game Horizon Zero Down. Ia merupakan bagian dari klan Nora, namun ia tak diakui sebagai anggota klan karena tak diketahui siapa sebenarnya ibu Aloy.

Aloy dibesarkan oleh seorang pria dewasa yang juga merupakan orang buangan. Sama halnya dengan Aloy, ia juga bagian dari klan Nora. Pria tersebut bernama "Rost," dan ia berperan sebagai orang tua skaligus mentor bagi Aloy.

Rost adalah satu satunya sosok orang tua yang dikenal oleh Aloy, merawat dan membesarkan Aloy sesungguhnya bukan atas dasar kehendak Rost pribadi, melainkan perintah dari klannya sendiri.

Dan atas dasar hukum dari klan Nora, Rost di larang memberi tahu Aloy atas alasan apa, Aloy diasingkan oleh klannya sendiri. Tumbuh besar sebagai seorang buangan, membuat Aloy menjadi orang yang berkemauan keras.

Ia menetapkan tujuan hidupnya, untuk diterima dan diakui keberadaannya oleh klan yang bersangkutan. Terlebih ia bercita cita ingin menjadi Leader dari klan Nora tersebut.

Mewujudkan itu semua, jelas jelas bukannlah perkara mudah. Mengawali perjalanan panjangnya, Aloy mulai mempelajari sejarah peradaban lama "The old ones."

Aloy adalah sosok yang sama sekali berbeda dengan anggota klan lainnya. Jika kebanyakan orang dizamannya merasa asing akan mahluk mahluk mesin serta teknologi dari peradaban lama,

Aloy malahan tertarik untuk mendalaminya. Bahkan ia adalah orang pertama yang belajar untuk menaklukkan, mengendalikan serta memanipulasi  ("Override") pada mahluk mahluk mesin tersebut.

Lebih jauh lagi, Aloy berusaha mempelajari segala hal sebanyak yang ia bisa. Craft scavange, hunt, dan deffends menjadi makanan sehari hari Aloy.

- Craft : kemampuan menghasilkan benda kerajinan, senjata jebakan, armor, dll.

- scavange : keahlian memanfaatkan bekas bekas spareparts serta teknologi peradaban lama/old ones.

- hunt : keahlian berburu dan mengumpulkan sumber daya, (berasal dari alam maupun dari sparepart mesin.)

- deffends : kemampuan pertahanan diri, dan bertahan hidup.

Intinya, Aloy adalah sosok karakter yang unik, sulit dilupakan, serta memiliki latar belakang cerita yang menarik untuk diikuti.

Pihak Guerrilla Games menyatakan butuh 5 tahun lebih untuk dapat menciptakan sosok Aloy yang memiliki karakteristik strong, iconic, dan membuat gamer manapun yang melihatnya tak bisa untuk tidak jatuh hati kepadanya.


Ia adalah kombinasi sempurna dari voice aktor, costume design, haircut, serta dialog yang diucapkan oleh karakter sepanjang gameplay ataupun cutscene.



Banyaknya costplayer atau crosdresser yang begitu antusias memerankan sosok Aloy, membuktikan bahwa Aloy sudah berhasil menjadi salah satu karakter ikonik milik Playstation dan diterima positif oleh kalangan gamer.

Terlebih lagi Guerrilla Games menambahkan, yang terpenting bukanlah terlihat sebagus dan semenarik apa Aloy dimata gamer, namun sebaliknya,

Apa yang bisa dilakukan Aloy untuk membuktikan ia adalah sosok yang pantas untuk menemani player dalam menjelajahi dunia Horizon Zero Down.

3. Decima Engine.

Merupakan game engine yang dikembangkan oleh developer Guerrilla Games, telah dirilis pertama kali tepatnya 15 November 2013 silam.

Dilengkapi tools untuk mengembangkan berbagai unsur dalam game seperti, artificial intelligence (kecerdasan buatan), fisika, logistik, dan worlds (dunia dalam game), serta memiliki kompatibelitas dengan resolusi 4K dan juga full HD.

Telah digunakan untuk mengembangkan beberapa judul game ternama seperti, Killzone Shadow Fall, Until Dawn and RIGS: Mechanized Combat League, dan tentu saja game terbaru milik Guerrilla Games Horizon Zero Dawn.

Direktur Hideo Kojima juga bekerja sama dengan pihak Guerrilla Games, dalam pengembangan Death Stranding.

Keputusan direktur Kojima production dalam memilih gaming engine yang satu ini untuk digunakan dalam pengembangan project Death Stranding,

Membuktikan bahwa kualitas Decima Engine tak perlu dipertanyakan lagi.

4. PS4 Pro

Horizon Zero Down Tersedia untuk PS4 Pro, berjalan pada resolusi 4K dan full HD di atas 1080p. Di awal gameplay grafik game akan berjalan pada resolusi di atas 1080p, namun setelah beberapa waktu akan diturunkan kembali hingga pada level 1080p lagi.

Menggunakan tehnik yang disebut dengan Checkerboard rendering, yang pertama kali dipergunakan dalam game Rainbow Six Siege. Tehnik ini mengubah bentuk pixel menjadi tak lagi kotak kotak, melainkan persegi panjang tiap satuan warnanya.

Satu value Z dan satu ID buffer (blok pembangun grafis game). Menggunakan data yang berasal dari frame sebelumnya, untuk mengisi kesenjangan pixel,

mendukung pihak developer untuk dapat menghasilkan gambar yang lebih tajam, lebih jelas serta hampir menyamai resolusi 4K.

Horizon Zero Down menjadi salah satu game yang menggunakan tehnik checkerboard rendering, dan mampu menghasilkan tingkat frame tertinggi, hingga 2160p.

Menyadari tak semua gamer memiliki 4k tv, dan tak semua game PS4 pro mampu berjalan pada resolusi maksimal yaitu 2160p, bahkan game yang memiliki support akan resolusi 4K tak selalu mampu mengeluarkan potensi maksimalnya.

Game akan otomatis menyesuaikan resolusi sesuai dengan kemampuan maksimum TV yang masing masing player gunakan.

Sumber:

www.engadget.com

blog.us.playstation.com

5. Skill tree.




Dikarenakan Horizon Zero juga mengusung tema RPG, maka tak heran jika game ini dilengkapi sistemasi Skill tree.
Skill tree dibagi menjadi 3, yang mana akan mempengaruhi gaya bermain setiap player.

Ketiga kategori tersebut yaitu: Prowler/kemampuan dasar, Brave/lebih berfokus pada Combat, dan Forager/perburuan dan pengumpulan resource.

Dengan adanya sistem skill tree ini, player bisa membuka berbagai kemampuan unik misalnya, kemampuan memperlambat waktu ketika player membidikkan anak panah pada target tertentu,

Kemampuan silent takedown/membunuh secara diam diam, double shoot, dan banyak lagi lainnya. Dengan sistem ini Player bebas menentukan seperti apa gaya permainan yang paling ia sukai.

6. Hunting & Crafting.

Unsur lainnya yang paling memegang peranan dalam gameplay nantinya adalah Hunting & Crafting. Hunting atau perburuan bertujuan untuk mengumpulkan berbagai

sumber daya yang nantinya akan dijadikan bahan untuk proses Crafting/pembuatan senjata, jebakan, upgrade gear dan lain lainnya.

Resource atau sumberdaya berasal dari beberapa sumber berbeda. Mulai dari mechanical beast, binatang sungguhan, hingga yang berasal dari robot dinosaurus.

Selain berperan sebagai bahan untuk Crafting dan juga upgrade gear, resource juga bermanfaat sebagai sumber mata uang/ekonomi. Nantinya juga akan ada unsur chalenge,

dimana player di tantang untuk memburu dan mengumpulkan objek tertentu, yang nantinya jika player berhasil menyelesaikannya, akan mendapatkan imbalan yang setimpal.

7. Aktifitas sampingan.

Selain hunting dan juga Crafting, nantinya player akan disibukkan dengan berbagai aktivitas sampingan, misalnya mengunjungi wilayah corrupted zone.

Wilayah ini akan dipenuhi oleh berbagai beast yang lebih ganas dan lebih sulit ditakklukan dibanding mekanikal beast di luar corrupted zone.

Namun corrupted zone menjanjikan lebih banyak jumlah XP, sehingga akan mempercepat proses Level up, menyelesaikan objective, dan banyak lainnya.

Tak ketinggalan ada berbagai jenis klan yang berbeda beda, yang mana setiap klan memiliki cara hidup, teknologi dan kepercayaan masing masing, player bisa mengenal dan mempelajari setiap klan tersebut.

Dan tentu saja player bisa memperoleh Quest dari setiap klan yang ditemui, serta ada imbalan yang menanti di setiap questnya, entah itu weapon Upgrade, item berharga serta banyak lainnya..

Berdasarkan sejumlah besar konten berkualitas yang disediakan game ini, Horizon Zero Down menjanjikan waktu bermain selama puluhan jam, pastinya akan menyita banyak waktu player.

8. Berbagai variasi beast/enemy.

Ada banyak variasi enemy yang tersebar dalam game. Mulai dari mekanikal beast, human, dan dinosaurus robot. Yang paling menarik dari semuanya adalah mekanikal beast.

Watcher, screaper, grazer, Sawtoth, thunderjaw, stormbird, tallneck, dan banyak lagi.

Setiap mekanikal beast memiliki karakteristik mereka masing masing, player bisa mempelajari kebiasaan dari tiap mekanikal beast, sehingga akan mempermudah proses hunting.

Tiap beast juga menjanjikan berbagai resource dan spareparts berbeda, yang nantinya bisa membantu proses crafting dan juga upgrade gear. Yang paling unik di antara beast  yang ada adalah tallneck.

tallneck bisa diandaikan sebagai menara mobile komunikasi. Mahluk ini adalah beast yang sering kali muncul dalam trailer maupun screenshoot Horizon Zero Down.

Sebagai Aloy, player harus melakukan Override pada mahluk ini dengan cara memanjat ke leher tallneck, hingga sampai pada kepalanya.

Tepat ditengah kepalanya, player bisa melakukan Override yang nantinya akan memicu cutscene yang memanjakan mata. Dengan melakukan Override pada beast yang satu ini,

player dapat melakukan unlock world map pada wilayah sekitarnya, serta menambah point penjelajahan yang ada di peta. Konsep ini mirip dengan tower yang ada dalam game Far Cry.

9. Cauldron.


Merupakan areal tertut6up yang ada dalam game Horizon Zero Down, (sejenis Dungeon) dimana areal ini merupakan tempat bagi beast monster diciptakan. lokasi tiap Cauldron tersebar di seluruh areal map Horizon Zero Down.

Ada berbagai item dan loot berharga yang hanya bisa kamu dapatkan di areal ini saja. Namun untuk memenangkan item tersebut, player harus menghadapi beast dengan level tinggi serta harus menyelesaikan berbagai puzzle rumit, atau melewati berbagai rintangan platformer.

Areal Cauldrons membuat game Horizon Zero ini terasa seperti Tomb raider yang digambungkan Dengan scifi Shooter destiny.

Ada 5 macam cauldrons yang tersebar di antara world map Horizon Zero Dawn.

Cauldron
PSICauldron
SIGMACauldron
RHOCauldron XI
Cauldron ZETA

Cauldron overrides

Setiap Cauldron dapat membuka/unlocks kemampun overrides pada setiap beast yang berbeda. Untuk membuka fitur ini, player harus menyelesaikan Cauldron yang ada.

Cauldron PSI unlocks:

WatcherRed-eye watcherTallneckStrider (mount)
Charger (mount)
Broadhead (mount)

Cauldron SIGMA unlocks:

Grazer
Scrapper
Lancehorn
Sawtooth

Cauldron RHO unlocks:

LonglegShell-walker
Trampler
Ravager
Snapmaw

Cauldron XI unlocks:

Glinthawk
StalkerFire
BellowbackFreeze BellowbackBehemoth

Cauldron ZETA unlocks:

Rockbreaker
Stormbird
Thunderjaw

Sumber : Horizon Zero Down wikia.

10.  Massive world map, best lead writter, and some intresting feature.

Ada 3 wilayah utama dalam world Map Horizon Zero Down (atau bahkan mungkin lebih)

Mothers Hearth.
Meridiant.
Sunfall.

Serta yang tak kalah menarik adalah terlibatnya John Gonzales sebagai Narrative director dalam project Horizon Zero ini.

Ia dikenal sebagai penulis cerita dalam game Fallout New Vegas, serta juga terlibat dalam pembuatan game Shadow of Mordor.

Satu lagi fitur yang tak kalah menarik dari Game Horizon Zero down ini. Fitur tersebut ialah Photo mode.

Tak bisa dipungkiri Horizon Zero down menjanjikan kualitas grafik terbaik, serta luasnya areal world map yang menunggu player untuk melakukan eksplorasi.

Dan apabila player menemukan berbagai hal unik serta moment moment menarik yang ingin di abadikan, fitur Photo Mode inilah jawabannya.



Sama seperti aplikasi kamera pada umumnya, fitur ini dilengkapi berbagai tools dasar seperti, Brightness, over expozure, colorize, intensity, deep of field, dan yang paling keren adalah "time of day."

Fitur ini mengizinkan player mengatur sendiri latar waktu yang sedang terjadi pada moment yang ingin di abadikan. Misalnya player ingin mengambil gambar Aloy dengan latar belakang sunrise,

Yang menampilkan hilight keemasan dari matahari terbit, atau sebaliknya player ingin melihat Aloy dalam backgroun sunset seja dengan hilight kemerahan, itu bisa ditentukan sendiri oleh player.

Lebih dari itu player juga bisa mengatur posisi kamera, dengan fitur rotate dan move camera, sesuai perspektif yang ia kehendaki.

Menyadari akan potensi world map yang lumayan luas dalam game ini, apabila player menemukan objek misterius yang menarik minat,

player bisa mengambil photo screenshoot, serta berbagi dan berdiskusi tentang temuannya tersebut bersama player lainnya.

Sumber :

Horizon zero down before you buy.

Horizon zero down 7 thing you must do.

Horizon zero down 10 thing you need to know.

Horizon Zero Dawn - BTS #3- Creating a PlayStation Icon - PS4










Postingan terkait: