Alasan mengapa 'Clash Of Clans' begitu luar biasa populer, berdasarkan pengakuan player yang bermain selama 16 jam dalam satu hari.

Sesungguhnya Clash of Clans adalah game mobile casual yang ditujukan untuk platform mobile, serta mereka yang mencari hiburan ringan.

Namun siapa yang menyangka sebuah game mobile jadi begitu mendunia, serta melibatkan pemain pemain hardcore, kelas berat.

Sejak perilisannya pada tahun 2012, Clash of Clans langsung mendominasi Apple's App Store, dan begitu cepatnya merebut posisi pertama sebagai judul game terpopuler nomer 1. Bisa dikatakan itu adalah pencapaian tertinggi sebuah game mobile yang pernah ada hingga saat ini.

Pada tahun 2013, studio pengembang game ini, yaitu Supercell, mampu menghasilkan pendapatan hingga $892 juta dolar, dan dalam sehari, aplikasi tersebut mampu mendatangkan keuntungan sebesar  $5.15 juta dolar.

Game ini, dikembangkan berdasarkan ide mengembangkan dan membangun sebuah base clan, melindungi base dari serangan lawan, serta menyerang dan merampok sumber daya pemain lain, untuk keuntungan tersendiri, dan memulai kembali proses dari awal.

Sistemasi gameplay jadi begitu adiktif, dikarenakan jika seorang player berada dalam keadaan offline atau tak sedang bermain, maka ia dapat diartikan sedang meninggalkan base miliknya dan membuka kemungkinan untuk player lain menjarah harta/sumberdaya miliknya.

Sistem permainan seperti ini akan memaksa player untuk tetap memantau layar gadget miliknya secara terus berkala. 

Beberapa pemain benar benar menganggap serius unsur adiktif dari game Clash Of Clan ini. Seperti halnya  "Tyrael," seorang pemadam kebakaran muda yang tengah menempuh jenjang pendidikan di universitas yang terletak di New Jersey.

Ia bekerja sebagai pemadam kebakaran paruh waktu, serta ia mendapatkan gelar asosiasi menyangkut kemampuannya sebagai software engineering.

Ia juga berbagi pengalamannya sebagai seorang Clasher,  dan mengaku sudah bermain selama 8,000-9,000 jam.

Sebagian besar waktu yang dimiliki "Tyrael", 25% (persennya) ia pergunakan untuk bermain Clash Of Clan, tapi aplikasi tersebut ia biarkan terbuka sepanjang waktu, untuk kepentingan proses "training troops." (Istilah untuk proses melatih pasukan dalam game Clash Of Clan).

Proses ini, bisa dikatakan cukup memakan waktu, namun sangat berguna dalam membangun sumber daya, dan menyukseskan gameplay.

Mengutip tulisan dari situs Business Insider,

dibawah ini pernyataan dari Tyrael si Clasher sejati.

"Tetap online selama 16 jam dalam sehari adalah rutinitas harian saya, sehingga tak memungkinkan bagi pemain lain untuk menyerang dan merampas sumber daya saya."

Tyrael adalah player "Clash of Clans" yang menduduki peringkat teratas, dikarenakan ia tadinya adalah player pertama yang menyelesaikan seluruh proses upgrade dari base miliknya, hingga sampai pada level tertinggi.

Bisa dikatakan ini adalah suatu prestasi yang langka, serta tak semua player mampu mencapainya.


Awal base Tyrael hingga akhirnya sampai pada level full upgrade. 

"Seluruh dinding pertahanan, bangunan non-defensive, heroes, seluruhnya, semua unsur dalam game yang dapat dinaikkan levelnya, sudah berada di level teratas."

"Tak ada lagi kemunculan tombol popup yang bertuliskan Upgrade lagi."

"Clash of Clans", adalah game yang mengusung tema "Freemium," yaitu sebuah game yang bisa dimainkan 100% gratiss, namun kamu bisa mempercepat proses gameplay, dengan cara membeli beberapa fitur dengan menggunakan uang sungguhan.

Game sejenis ini akan selalu menggoda player untuk membeli mata uang virtual dengan uang asli. Mulai dari gems, gold, semua item ini akan membantu mempercepat proses upgrade serta gameplay dalam game.

Misalnya contoh, jika ada player lain yang ingin menandingi level Tyrael's, kurang lebih ia harus mengeluarkan biaya sebesar $12,000 dolar.

Dibandingkan dengan Tyrael, ia malahan cuma pernah membeli upgrade sebesar $50 saja, dan ia mengaku lebih suka mengupgrade dengan jalan tradisional, yang tak lain adalah memainkan game itu sendiri.



Menjual akun Clash Of Clan sesungguhnya melanggar  aturan ketentuan layanan, namun Tyrael mengaku sebelumnya ia sempat di iming imingi uang, supaya ia bersedia menjual akunnya.

"suatu ketika Aku sempat ditawari beberapa ribu dolar"

katanya.

Jadi dimana letak keseruan dari permainan Clash of Clan?? Apakah unsur serangannya?

"Kita akan diberi waktu 3 menit untuk menyerang" ucap Tyrael. "Kita punya 30 detik untuk melihat base lawan, dan begitu kita mulai mengeluarkan pasukan troops milik kita, waktu 3 menit akan mulai berlaku, dan dalam waktu yang singkat tersebut,

Kita haruslah berhasil menaklukan pertahanan lawan."

Jika kita menang dalam pertempuran, kita akan memperoleh kurang lebih satu tropi, yang mana akan meningkatkan posisi ranking milik kita.

Jika kita kalah, maka kitalah yang harus menyerahkan tropi yang kita miliki. Jumlah tropi bergantung pada siapa yang kita lawan. Jika kita dikalahkan oleh player yang levelnya lebih rendah dari kita, maka tentunya kita akan kehilangan lebih banyak tropy lagi.

Sesungguhnya mekanisme permainan sangatlah sederhana. Jika kita mengharapkan kemenangan yang lebih besar, kita harus berani mengambip resiko yang jauh lebih besar lagi.

Terlebih jika kita berada di level rendah.

Pada awalnya Tyrael diperkenalkan dengan game Clash of Clan ini oleh kakak laki lakinya, kurang lebih ketika game ini pertama kalinya diluncurkan, yaitu pada tahun 2012.

Sebagai seorang pemadam kebakaran, ia mengaku sudah berurusan dengan berbagai hal yang berhubungan dengan api, bahkan ia juga pernah menghidari kematian ketika sebuah kabel listrik bertegangan tinggi nyaris mengenainya.

Ketika ia ditanya bagaimana ia mampu menangani bahaya tersebut, ia menjawab, kuncinya ada pada multitasking dan perencanaan kedepan.

"Saya bisa mengakses 'Clash of Clans' kemanapun saya pergi," tambah Tyrael. Ia sendiri mengaku sebagai pengguna iphone 5s. Dalam beberapa hal, saya bermain sambil mengerjakan hal lain. Saya ingin tahu untuk beberapa hari kedepannya, dan ingin mencari tahu bagaimana cara saya bisa bermain untuk beberapa jam.

Biasanya saya hanya menjadwalkan diri untuk tidur beberapa jam saja.

Meskipun Tyrael mengaku bermain Clash of Clans sambil mengerjakan hal lainnya, ia hanya akan berhenti bermain hanya ketika ia dalam misi sebagai pemadam kebakaran.

Hal ini didasarkan atas alasan keselamatan. Namun setelah itu ia akan mengecek kembali Akun Clash of Clans miliknya tepat setelah ia selesai mengerjakan tugasnya.

Untuk menghasilkan uang dari kebiasaannya bermain "Clash of Clans", ia mulai melakukan livestreaming pada situs Youtube dan juga Twitch.

Berkat kebiasaanya bermain Clash of Clans, sebuah perusahaan penyedia layanan video live streaming yang beroperasi di youtube dan juga Twitch, Curse Entertainment mengajaknya bekerja sama.


Sebelumnya ia sempat bergabung dan menandatangani kontrak dengan layanan streaming lain yaitu TGN, namun ia batalkan dan memilih bekerja sama dengan Curse Entertainment,

Dengan perjanjian 90% pendapatan dari hasil Live streaming video miliknya akan ia dapatkan.

Berdasarkan perhitungan sebuah video youtube dapat menghasilkan $6 dolar setiap seribu kali penayangan, Tyrael mampu menghasilkan pendapatan tertinggi sekitar $675 dolar setiap 125,000 kali penayangan.

Bukan cuma itu saja. Di lain waktu, ia bertanding berhadapan dengan pemain Clash of Clans terbaik dunia, dalam ajang turnamen "Champion's League,"

Dan karena di saat yang sama ia bekerja sebagai seorang pemadam kebakaran, ia harus siap meninggalkan permainannya kapan saja.

"Sebagai seorang pemadam kebakaran, kami harus selalu  siap dengan layanan panggilan 24 jam. Jadi meskipun saya sedang terlibat kompetisi "Champions League," saya tetap harus mematikan smartphone dan menerima kerugian."

Ketika di tanya apakah ia akan tetap terus mendalami profesinya sebagai seorang clasher, ataukah ia berkeinginan untuk mengakhiri semuanya, Tyrael menjawab ia sama sekali tidak menyesal.

"Orang orang setiap hari bertanya pada saya, mengapa saya begitu menghabiskan banyak waktu saya," (bermain Clash of Clan)

Ia pun menambahkan, " pada dasarnya, saya tak bisa merubah apa yang sudah saya kerjakan, jadi menyesali apa yang sudah tejadi hanyalah membuang buang waktu saja."

Berbagai video rekaman hasil livestreaming milik Tyrael bisa di saksikan melalui link berikut ini.

Tyrael Gaming

Source :

businessinsider.com




Postingan terkait: