Daftar biografi weapon/senjata Marvel Cinematic Universe bagian 1

Daftar biografi weapon/senjata Marvel Cinematic Universe bagian 1



* INFINITY GAUNTLET (sarung tangan tanpa batas)



Pencipta

Eitri

Pemilik

Eitri (desain)
Thanos

Pengguna

Thanos (meninggal)

Kemunculan

Movie Film

Avengers: Age of Ultron (post credit scene)
Avengers: Infinity War
Avengers: Endgame
Spider-Man: Far From Home(photo)

WEB SERIES

Team Thor (dalam gambar)

Komik

Avengers: Infinity War Prelude(flashback)
Avengers: Endgame Prelude

STATUS

Rusak

"Aku membuat apa yang ia inginkan: alat yang mampu mengendalikan kekuatan infinity stone" (Eitri pada Thor)

Infinity Gauntlet tadinya merupakan alat tangguh yang dikembangkan oleh seorang Dwarven bernama Eitri, yang tak lain fungsinya adalah untuk mengendalikan/mendistribusikan sumberdaya energi dari ke enam infinity stone.

"Baiklah.... akan ku lakukan sendiri" (Thanos)

Setelah pasukannya sendiri mengecewakannya, Thanos memutuskan untuk mengumpulkan sendiri ke enam infinity stone. Ia mendatangi Nidavellirdan memaksa bangsa Dwarves untuk menciptakan  infinity gauntlet untuk dirinya sendiri

Setelah mereka menyelesaikan permintaan Thanos, ia membinasakan seluruh bangsa Dwarves kecuali Eitri, raja mereka diampuni. Namun Thanos membuat tangannya cacat sehingga Eitri tak mampu membuat apapun lagi.


Infinity War

Thanos mengenakan Infinity Gauntlet pada lengan kirinya, memasangnya satu persatu begitu ia memperolehnya. Setelah memperoleh power stone dari tangan Nova Corps dan membinasakan Xandar,

Thanos menyerang pesawat antariksa Statesman, dan membantai setengah populasi Asgardian yang tersisa. Dengan menggunakan Power Stone menyiksa Thor dan memaksa Loki menyerahkan Space Stone.

Begitu mendapatkannya ia menggunakannya untuk menangkis serangan Loki, kemudian mematahkan lehernya. Selanjutnya Thanos menggunakan Power Stone untuk menghancurkan pesawat antariksa Statesman dan melarikan diri dengan Space Stone bersama anak anaknya.

Thanos mengubah Tembakan blaster milik StarLord dengan Reality Stone yang didapatnya dari si collector. ia menggunakan Reality stone dan menipu Guardian of Galaxy dengan menciptakan ilusi dirinya tengah mengintrogasi si kolektor.

Setelah memperlihatkan wujud aslinya Thanos melumpuhkan Drax dan Mantis, menghentikan StarLord membunuh Gamora, dan melarikan diri dengan Space Stone bersama Gamora.

Kembali ke pesawat induk Sanctuary II, Thanos menggunakan Power dan Space Stone untuk menyiksa Nebula dengan mencabik cabik perlahan setiap inci bagian tubuh saibernetiknya, memaksa Gamora untuk menyerah dan mengungkapkan lokasi keberadaan Soul Stone yang ada di Vormir.

Ketika berada di Vormir, ia dan Gamora bertemu dengan si penjaga soul Stone, dan menyadari ia harus mengorbankan orang yang ia cintai, Thanos merasa terluka dengan melemparkan Gamora ke tebing dan mengirimnya pada kematian setelah sebelumnya menghentikan Gamora melakukan usaha bunuh diri dengan menggunakan power stone.

Setelah Soul stone berada di tangannya Thanos kembali ke planet Titan, untuk mengambil dua infinity stone yang tersisa dari tangan black order.

Begitu tiba di kampung halamannya, Thanos di kepung oleh setengah anggota Avengers bersama Guardian of Galaxy, mereka menyerangnya dengan begitu intens dalam usaha merampas infinty gauntlet dari tangan Thanos.

Thanos menggunakan infinity gauntlet untuk menghancurkan pilar yang dijatuhkan ke atas kepalanya oleh Iron Man dan mengubahnya menjadi substansi gelap dan mengirimnya kembali pada Iron Man, selanjutnya ia menembakkan energy blast ke arah Star Lord meskipun berhasil dihindari.

 Doctor Strange menyadari ia harus mengepalkan tangannya lebih dahulu apabila hendak mengaktifkan Infinity Gauntlet, Strange mengirim jubah Levitation untuk mengunci lengan kirinya. Thanos merobek jubah Levitation, dan mengaktifkan Infinity gauntlet untuk menyerap ledakan missile Iron Man dan redistribusikannya kembali ke pada si manusia besi.

Pada akhirnya, Thanos terjerat taktik strategi milik Star Lord. Didukung oleh Mantis, Thanos berhasil dibekukan sebelum Iron Man dan Spider Man sukses merampas Infinity Gauntlet.

Saung tangan tanpa batas nyaris berhasil di lepaskan dari tangan Thanos, begitu Star Lord sadar ternyata Gamora telah terbunuh (berdasarkan observasi Nebula), dengan bringas berkali kali memukuli sang titans, mengakibatkan pengaruh Mantis terlepas dari pikiran Thanos, membantunya memperoleh kembali infinity gauntlet.

Berhasil mendapatkan kembali kesadarannya, Thanos mendemonstrasikan kebolehan sarung tangan perkasa tersebut, menggunakan space stone dan mengizinkan reality stone untuk memindahkan bulan milik planet titan,

dan menggunakan power stone untuk meremukkannya dan beralih kembali ke space stone untuk menarik serpihan serpihan bulan tadi sengga terjadilah hujan meteor skala besar.. langsung menuju Avengers dan Guardian of Galaxy.

Thanos terlibat duel dengan Doctor strange thanos menembakkan Energy beam dengan power stone, Doctor strange menangkisnya dengan Mirror dimension, bermaksud menjebloskan Thanos ke dalam dimensi cermin, namun dengan power stone, ia bisa menyerap serangan tersebut dan membalikkannya kembali pada lawan.

Mengubahnya menjadi lubang hitam, dan menghantamkannya pada Strange, namun Strange dengan simple merubahnya menjadi butterflies energy. Thanos menghancurkan setiap bayangan tiruan Strange dan mengenali yang asli dengan Soul stone.

Dengan memanfaatkan space dan reality stone ia menarik dan mencekik Strange.
Iron Man muncul menyelamatkan Strange dan menantang si mad titan, menggunakan beberapa trik nanotech suit miliknya, menghentikan Thanos menggunakan Infinity Gauntlet.

Kekuatan dan Stamina Thanos jauh melampaui Iron Suit, ia merobek nanotech device dengan mudah, dan mendapatkan kembali kendali Infinity Gauntlet.

Ia mematahkan metal dagger milik Iron Man dan menusukkannya langsung ke perut Tony, dan sebelum ia berhasil membunuh Tony, Strange menukar Time stone dengan nyawa Tony Stark. Dengan keberhasilannya Thanos meninggalkan selanjutnya mendatangi teritorial Bumi.

Tiba di Wakanda, Thanos menggunakan kelima Infinity Stone untuk menyingkirkan setiap lawan yang menghadang jalannya. Memukul jatuh Captain America, Winter Soldier dan Okoye dengan power stone. Menyingkirkan Black widow dengan reality stone, dan menjerat Bruce Banner di dalam batu dengan space stone.

Menjatuhkan Falcon dengan merusak sayapnya menggunakan space stone, menyatukan kembali Vision dan mind stone dengan time stone. Thanos mencabut Mindstone dari kepala Vision. Namun Thanos tak dapat menghentikan sambaran Petir milik Thor. Thanos berusaha menjatuhkan Thor dengan Energy Blast,

Namun Thor dengan dipersenjatai Storm Breaker yang diciptakan oleh orang yang sama Eitri skaligus pencipta Infinity Gauntlet, yang dilengkapi berbagai enchantment, memang sengaja dibuat untuk mengalahkan Thanos,

Ia menebas Energy beam dan menacap di dada Thanos. Meski Menderita luka fatal Thanos masih mampu menjentikkan jarinya, mengaktifkan Infinity Gauntlet dan melenyapkan stengah populasi yang ada di alam semesta.

Source : wikia.





* NANO GAUNTLET (sarung tangan berteknologi Nano)



Pencipta :

Tony Stark (almarhum)
Bruce Banner
Rocket Raccoon

Tahun manufaktur : 2023

Kepemilikan : Avengers

Pengguna :

Professor Hulk,
Thanos † (versi masa lalu dari tahun2014)

Kemunculan : Avengers: Endgame

Status : Hancur

"Baiklah, sarung tangannya siap. Pertanyaannya adalah, siapa yang akan menjentikkan jari anehnya?" Ucapan Rocket Raccoon. 

Nano Gauntlet merupakan tiruan Infinity Gauntlet, yang dibuat dari teknologi nano, diciptakan oleh Tony Stark, Bruce Banner/Profesor Hulk, dan Rocket Raccoon pada tahun 2023.

Pada dasarnya berfungsi sama dengan Infinity Gauntlet, namun di duga karena tak dilengkapi kekuatan mistik seperti yang ada pada infinity Gauntlet buatan Dwarves Eitri, Nano gauntlet berpotensi lebih melukai dan membahayakan penggunanya dibanding infinity Gauntlet.

"Oke, ingatlah, semua orang yang Thanos lenyapkan lima tahun yang lalu.... kau hanya harus mengembalikan mereka.

 Jangan mengubah apapun yang sudah ada dari lima tahun belakangan ini"

"Mengerti."
Ucapan Tony Stark pada Proffesor Hulk


Nano Gauntlet diciptakan untuk memberikan akses para Avenger sehingga bisa menggunakan kekuatan ke enam infinity stone, yang mereka kumpulkan melalui operasi Penjarahan waktu (time Heist), dan mengembalikan para korban pasca tragedi the Snap lima tahun yang lalu.

Begitu Tony berhasil memasukkan setiap batu infinity ke dalam sarung tangan nano, Para Avengers berdebat akan keputusan siapa yang harus menggunakannya. Thor mengklaim ia yang harus menjentikkan jarinya, berdasarkan pertimbangan dirinya anggota Avengers terkuat.

Namun akhirnya Profesor Hulk yang terpilih melakukannya atas alasan Batu batu infinity tersebut mengandung radiasi sinar gama.

Ketika Profesor Hulk memakai sarungtangan nano tersebut, reaksi nano tech merekonfigurasi dirinya untuk menyesuaikan ukuran tangan Hulk. Avengers beralih ke mode pertahanan, untuk mencegah segala potensi tak terduga akibat kekuatan batu infinity yang tak terbatas.

Ant Man dan War Machine mengaktifkan helmet mereka, Iron Man mengaktifkan energy shield untuk dirinya dan Hawkeye, Rocket raccon memakai pelindung mata goggle miliknya dan Thor berdiri di depannya.

Sebagai basis pertahanan akhir F.R.I.D.A.Y mengunci seluruh areal fasilitas Avengers yang baru.
Bruce Banner mengenakan sarung tangan dan ke enam batu infinity menyengatkan radiasi energinya ke tangannya, mengakibatkannya mengalami kesulitan untuk menjentikkan jarinya.

Pada akhirnya ia berhasil menjentikkan jarinya dan membalikan efek the snap 5 tahun yang lalu. Sebagai bayarannya lengan kanan profesor Hulk menderita cidera parah.

Pertempuran di teritorial bumi.

"Cap, kau ingin aku apakan beda terkutuk ini?" Ucapan Hawkeye pada Captain America.

Ketika Thanos mendatangi tahun 2023 dari tahun 2014, dan menghujani fasilitas Avengers dengan tembakan nuklir, Nano Gauntlet hilang dalam reruntuhan. Namun Hawkeye menemukannya dan berusaha membawanya keluar dari reruntuhan, sambil melarikan diri dari Outriders.

Bertemu dengan Nebula, Hawkeye menyerahkan Nano Gauntlet kepadanya, tanpa mengetahui ia adalah Nebula dari tahun 2014 yang masih setia berpihak pada Thanos. Namun Nebula versi ini dibunuh oleh dirinya dari 2023 bersama Gamora, memberi Hawkeye kesempatan untuk mendapatkan kembali Nano Gauntlet.

Selama terjadi pertempuran antara pasukan Avengers dengan pihak Thanos, Nano Gauntlet Berpindah dari satu tangan ke tangan yang lainnya. Mulai dari Hawkeye, Black Phanter, Spider Man, dan akhirnya Captain Marvel.

Thanos berusaha meraih sarung tangan nano dan dihadang oleh Thor, Iron Man dan Captain Marvel. Pada akhirnya ia berhasil mendapatkan Nano Gauntlet,
Masih terus berjuang mempertahankannya, dan berusaha mewujudkan cita cita terbarunya, "melenyapkan seluruh alam semesta beserta isinya dan menciptakan yang baru."

Ketika Thanos berupaya menjentikkan jarinya, Captain Marvel menggagalkannya bahkan melumpuhkan Thanos. Berpikir cepat, menyadari dirinya tak lebih kuat, Thanos melepaskan Power stone dari sarung tangan dan menggenggamnya dengan kepalan tangan kiri, selanjutnya meninju Captain Marvel hingga tak sadarkan diri.

Thanos meletakkan Powerstone kembali ke Nano Gauntlet, bersiap menjentikkan jarinya, hanya berakhir dihentikan oleh Tony Stark, Ia menghempaskan Iron Man, dan mengklaim "aku tak terhindarkan," kemudian menjentikkan jarinya dan berharap seluruh jagat raya beserta isinya lenyap,

Terlambat baginya menyadari ternyata seluruh Infinity Stone telah direbut dari nano gauntlet dan dipasangkan pada Iron Man Armor.

Sumber lengkap : fandom wikia. 




* Storm Breaker.


Pencipta :

Thor
Groot
Eitri
Rocket Raccoon

Tahun manufaktur : 2018

Pemilik : Thor

Pengguna :

Thor
Thanos (meninggal) (versi 2014)
Captain America

Kemunculan : Avengers: Infinity War,
Avengers: Endgame.

Komik :

Avengers: Endgame Prelude

Status : Aktif.


"Senjata milik raja. Diciptakan untuk menjadi senjata terkuat yang pernah ada di Asgard. Berdasarkan teori ini bahkan bisa memanggil Bifrost"

"Apakah ada namanya?"

"StormBreaker." Eitri pada Thor.


Stormbreaker adalah Kapak berkekuatan mistis yang digunakan oleh Thor, ditempa dari zat metal bernama Uru, berlokasi di Nidavellir. Eitri mengklaim Stormbreaker adalah sejata terkuat yang pernah dibuat dalam sejarah Asgard.

"Akan ku tahan ini agar tetap terbuka."
"Itu tindakan bunuh diri."
"Begitu pula dengan tindakan menghadapi Thanos tanpa kapak itu."
Thor pada Eitri.

Selama konflik melawan Thanos, Thor berkunjung ke Nidavellir dengan Rocket Raccoon dan Groot untuk menciptakan senjata yang mampu membunuh makhluk seperti Thanos.

Stibanya disana, Nidavellir terlihat seperti tempat yang sudah lama terbengkalai, dingin, berdebu, dan beberapa bagiannya rusak.

Eitri menjelaskan Bangsa Dwarves telah dimusnahkan oleh Thanos, dan hanya dirinya yang dibiarkan hidup. Eitri bersedia membuatkan apa yang ia minta, karena mengira dengan itu bangsa Dwarves akan diampuni. Namun ternyata ia salah.

Bersama Thor dan Rocket membantu proses pembuatannya, Eitri membuka gerbang di skeliling inti bintang, dan memulai proses penempaan. Melelehkan bongkahan Uru dan menuangkannya ke dalam cetakan. Ia kemudian menghancurkan cetakannya sehingga muncullah bentuk mata kapak namun lupa meletakkan dimana tangkai pegangannya.

Melihat Thor berada dalam kondisi hampir tewas setelah menerima langsung radiasi panas neutron star's, Groot memilih tak menunggu Eitri membuatkan metal handle, ia menggunakan tangannya sendiri dan menyelesaikan proses pembuatan Stormbreaker.

Stormbreaker mampu memulihkan kondisi Thor kembali seperti semula, ia menggunakan kekuatan Bifrost untuk pergi ke Wakanda dan bergabung kembali bersama Avengers.

Dipergunakan oleh Thor.

"Siapa orang yang memenggal kepalanya?"
"Stormbreaker." "Well, siapa yang mengayunkan Stormbreaker?"
Thor pada Korg.

Stormbreaker sangat efektif menyalurkan kemampuan Elemen Petir milik Thor, dapat mengakibatkan tingkat kerusakan massif, satu satunya senjata yang mapu melukai Thanos dengan sangat fatal. Ketika pada pertempuran di Wakanda, tak sampai membunuhnya namun melukainya dengan sangat fatal.

Luka yang Thanos dapat  dari Stormbreaker sembuh kembali dengan cepat, setelah ia tiba di Ladang perkebunan, untuk menyembuhkan diri.

Ketika ia berteleport meninggalkan  wakanda, Stormbreaker jatuh ke tanah mata pisaunya berlumuran darah milik Thanos.

Ketika Avengers berencana untuk menjebak Thanos, Thor dengan penuh percaya diri memotong lengan kiri Thanos dimana Infinity Gauntlet masih menempel di tangannya. Dan ketika Thanos mengungkapkan ia telah menghancurkan infinity Stone, hingga ke titik atom, jadi tak ada yang mengubah hasil kerjanya,

Thor memenggal kepala Thanos dan mewujudkan apa yang Thanos sendiri sarankan sebelumnya. Lima tahun berselang, dalam pertempuran terakhir melawan Thanos, Thor menggunakan kedua Mjølnir dan Stormbreaker di saat yang bersamaan, dan mengakibatkan effek yang luar biasa, dalam berhadapan melawan Thanos.

Namun, Thanos merampas Stormbreaker dan nyaris menancapkannya pada dada Thor seperti yang telah ia lakukan sebelumnya.  Sebelum itu terjadi ia dihentikan oleh Captain America, yang nampak ternyata ia memang mampu mengangkat Mjølnir.

Dalam sesi pertempuran selanjutnya, Thor melanjutkan pertarungannya melawan Outriders, Chitauri, dan Black Order dengan mengandalkan Stormbreaker dan meninggalkan Mjølnir di tangan Steve Roger, meskipun demkian keduanya bertukar senjata beberapa kali.

Setelah mengalahkan Thanos, dan pasukannya, Thor memutuskan untuk berpetualang bersama Guardian of Galaxy membawa Storm breaker bersamanya.

Kekuatan dan kemampuan

"Tunggu, senjata macam apa yang sedang kita bicarakan disini?"
"Sejenis senjata pembunuh Thanos."
"Tidakkah kau berpikir bahwa kita semua harus memiliki senjata seperti itu?"

"Tidak. Kau hanya saja tak memiliki kekuatan yang cukup untuk menggunakan senjata seperti itu. Tubuhmu akan remuk dan pikiranmu akan jatuh dalam kegilaan."
Star Lord pada Thor.

Stormbreaker mampu memfokuskan dan memperkuat kekuatan mistis milik Thor. Berkat bahan pembuatannya yang tak lain adalah zat metal Uru, senjata ini terbukti tak terhancurkan dan dapat menghalau serangan energi infinity stone.

Kapak mistis ini juga bisa menyerap dan menyalurkan energi dimensional dan memanggil jembatan Bifrost, menteleportasikan sipengguna kemanapun dirinya mau. Misalnya seperti dalam film Thor menteleportasikan dirinya Groot dan Rocket Raccoon menuju wakanda.

Sama halnya dengan Mjølnir, Stormbreaker akan kembali ke tangan Thor jika dipanggil, dan menyerang sasaran dengan energi tingkat tinggi jika dilemparkan. Bersinar dengan aura biru gelap dikelilingi oleh percikan percikan elektrisitas. Stormbreaker juga seolah dilengkapi kemampuan mistik yang jika dilempar oleh Thor pasti akan mengenai sasaran.

Selama penggunaannya, Stormbreaker memberikan kemampuan untuk terbang bagi penggunanya. Sedikit berbeda dengan Mjølnir, yang mengharuskan pengguna untuk memutarnya dengan kecepatan yang cukup untuk bisa lepas landas dari permukaan tanah.

Kekurangan dari Stormbreaker adalah tak dilengkapi enchantment, sehingga siapapun yang cukup kuat dapat mengangkat dan mempergunakan senjata ini. Entah ia layak maupun tidak.

 Stormbreaker juga tampak bisa dipanggil oleh mereka yang terbukti layak untuk mengangkat Mjølnir. Seperti yang terlihat pada Kasus Captain America, yang telah terbukti mampu mengangkat Mjølnir dalam melawan Thanos versi 2014. Steve Roger sempat memanggil Stormbreaker secara tak sengaja.

Source : wikia


* MJØLNIR

Pembuat : bangsa Dwarves

Pemilik :

Odin (pemilik terdahulu)
Hela (pemilik terdahulu)
Thor
Captain America (pemilik sementara)


Pengguna

Odin (almarhum)
Hela (almarhum)
Thor
Vision (almarhum)
Captain America

Kemunculan

MOVIE

Iron Man 2 (post-credits scene)
Thor
Captain America: The First Avenger (dalam gambar)
The Avengers
Iron Man 3 (disebutkan)
Thor: The Dark World
Avengers: Age of Ultron
Spider-Man: Homecoming(dalam gambar)
Thor: Ragnarok
Avengers: Infinity War (disebutkan)
Avengers: Endgame
Thor: Love and Thunder
(Belum rilis)

Serial televisi

Agents of S.H.I.E.L.D. (disebutkan)
Daredevil (disebutkan)
Luke Cage (disebutkan)

WEB SERIES

Team Thor
Team Thor: Part 2

GAME

Thor: God of Thunder
Thor: The Dark World - The Official Game

Komik

Thor, The Mighty Avenger
The Avengers Prelude: Fury's Big Week
The Avengers: The Avengers Initiative
The Avengers Prelude: Black Widow Strikes (di layar komputer )
Iron Man 3 Prelude
Thor Adaptation
Thor: The Dark World Prelude
Thor: Crown of Fools
The Avengers Adaptation
Avengers: Age of Ultron Prelude - This Scepter'd Isle
Avengers: Operation HYDRA
Thor: Ragnarok Prelude
Avengers: Infinity War Prelude
Avengers: Endgame Prelude(disebutkan)

STATUS : hancur

"Barang siapa yang memiliki palu ini, apabila ia memang layak, akan memperoleh kekuasaan dewa petir Thor" kehendak Odin terhadap Mjølnir.

Mjølnir dulunya merupakan Palu perang perkasa berkekuatan mistis yang diciptakan oleh kaum Dwarves untuk keluarga kerajaan Asgard. Palu tersebut telah dihancurkan oleh Hela ketika terjadi konflik antara dirinya dengan Thor dan Loki tahun 2017 silam.

Mengikuti insiden the snap, Thor melakukan perjalanan waktu menuju tahun 2013 dan membawa versi masa lalu Mjølnir kembali ke tahun 2023, dimana palu tersebut dipergunakan oleh Captain America. Setelah kematian Thanos, Captain America kembali ke Asgard 2013 untuk memulangkan Mjølnir pada pemilik aslinya.

Kekuatan dan kemampuan mistis

* dipanggil dan diperintahkan kembali ke tangan pengguna : Mjølnir mematuhi perintah Thor seolah olah palu tersebut memiliki kehidupan sendiri. Mjølnir dapat kembali ketangan pemiliknya hanya dalam hitungan detik, sekalipun ditinggalkan dari jarak bermilmil jauhnya.

Ketika berhadapan melawan Hulk, Thor memanggil Mjølnir yang sesungguhnya berada di ruangan lain, palu tersebut datang dan menggilas pesawat helikopter yang menghalangi jalannya untuk kembali ke tangan Thor.

Setelah Mjølnir dilemparkan, Thor mampu mengendalikan arah dan pergerakannya dengan hanya mengandalkan kesadarannya. Meskipun demikian, apabila Mjølnir ditangkap oleh mereka yang layak serta memiliki tingkat kekuatan luar biasa, Thor tak akan mampu menariknya kembali ke tangannya. Sebagai bukti ketika Hela menangkap dan menahan Mjølnir dengan kepalan tangannya. Thor tak mampu menariknya kembali.

"Ketika aku memutarnya dengan sangat cepat, ia memberiku kemampuan untuk terbang" Thor kepada Korg.

* Terbang dengan kecepatan tinggi : Thor mampu memutar Mjølnir dengan kecepatan tinggi, dan dengan mencengkram kulit/tali simpul pegangan yang ada pada ujung tangkainya, ia memperoleh kemampuan terbang di udara berkecepatan tinggi.

Berapa tingkat kecepatannya tak dapat dipastikan, namun ia mampu bertahan mengudara ditengah tengah angin topan Tornado tingkat 5, menempuh perjalanan jauh dari ruangan ayahnya menuju Heimdall's Observatory dan kembali lagi hanya dalam hitungan detik.

Ia juga menggunakan Mjølnir untuk terbang ketika bertempur melawan Iron Man di areal perhutanan, untuk terbang mencapai puncak gedung pencakar langit, dan terbang ke atas permukaan kapal perang bangsa Chitauri. Namun Mjølnir tak bisa membuat penggunanya melayang diudara di satu titik berlama lama.

* berat dan masa tak mengikuti hukum fisika : bagi mereka yang memang layak menjadi pengguna Mjølnir, sesuai dengan sifat mistis dari si palu sendiri, rasanya seperti menggunakan palu besi biasa. Namun kenyataannya berat Mjølnir setara dan seberat bukit pegunungan bagi manusia normal.

Mjølnir dapat terbang melesat seolah tak memiliki berat masa yang berarti. Namun ketika menghantam sasaran, tingkat kerusakan yang ditimbuklan setara dengan efek ledakan satu buah granat.

* physical Power Enchantment :

Ketika Steve Roger mempersenjatai dirinya dengan Mjolnir, kekuatan fisik, kelincahan maupun dayatahannya jadi berkali kali lipat meningkat. Ia mampu menumbangkan Thanos hanya dengan sekali hempasan saja. Namun ketika Thanos berhasil menjauhkan Mjolnir dari tangan Steve Roger, ia bukanlah apa apa dibandingkan dengan sang Warlord.

* memulihkan dan menyembuhkan : Mjølnir seperti halnya Stormbreaker, mampu memulihkan kondisi Thor yang tengah sekarat, atau nearly dead experience. Thor ketika terbunuh, atau sesaat sebelum tewas akibat the Destroyer, Mjølnir kembali ketangannya dan ia pulih kembali ke konfisi semula. Diduga kemampuan mistis ini akan bekerja terhadap siapapun yang memang layak.


Source : wikia

* Vibranium Wakanda Shield :

pencipta : Wakandan Design Group

Pemilik : Captain America

Pengguna : Captain America



Kemunculan dalam film :

Avengers: Infinity War

Kemunculan dalam komik :

Avengers: Endgame Prelude

Status : masih aktif

"Berikan Perisai untuk pria ini."
Perintah raja Tchalla.

Perisai Wakanda merupakan perisai alternatif pengganti perisai asli kapten Amerika, setelah Steve Roger bersiteru dengan Tony Stark, dimana Tony mengklaim Steve tidak layak lagi menyandang hasil ciptaan ayahnya tersebut.

Sejarah

Ketika Avengers terdesak dengan kedatangan pasukan Thanos ke Wakanda, dan mengingat Steve bukan lagi menyandang gelar Kapten Amerika, serta ia telah meninggalkan Perisai aslinya ke tangan Iron Man,

Steve Roger memperoleh sepasang perisai pengganti pemberian dari T'Challa. Ia menggunakannya dalam perang melawan ratusan outriders yang dikirim oleh Black Order.

Dalam pertempuran, Vibranium Wakanda Shield terbukti ampuh sebagai perisai bertahan, skaligus alat membunuh yang cukup efektif. Namun meskipun demikian, ketika berhadapan dengan Corvus Glaive, Steve Roger hanya mampu mematahkan sebagian dan melancarkan beberapa pukulan terhadap
Corvus Glaive, dan akhirnya dikalahkan.

Steve Roger selamat hanya karena Vision menusuk Corvus Glaive dari belakang dan membunuhnya seketika.

Steve Rogers mengaktifkan kembali Vibranium Wakanda Shield ketika berhadapan dengan Thanos. Ia berhasil melancarkan beberapa serangan terhadap si Mad Titans, tapi sayangnya serangan tersebut tak berarti apa apa baginya.


 Kemampuan

Terbuat dari Vibranium, perisai ini mampu menyerap kinetik energi dan melepaskannya kembali kepada sasaran. Ujung perisai yang begitu tajam, mampu menembus kulit Outriders membuatnya sangat efisen digunakan untuk melancarkan serangan menusuk.

* Captain America Shield


Pencipta

Mendiang Howard Stark (versi vibranium shield)
Mendiang Tony Stark (versi prototype shield)

tahun pembuatan :

USO Shield dibuat pada tahun1943.

Vibranium Shield dibuat pada tahun 1943,

Prototype Shield dibuat pada tahun 2016.

Pemilik :

USO Shield merupakan hak milik
United States Army (pemilik terdahulu)

Vibranium Shield versi original dimiliki oleh :

United States Army,
Captain America,
mendiang Tony Stark  (pemilik terdahulu)

Prototype Shield merupakan hak milik
Mendiang Tony Stark.

Alternate Vibranium Shield dimiliki oleh
Captain America (pemilik terdahulu),
Falcon (pemilik saat ini).

Pengguna :

USO Shield : Captain America

Original Vibranium Shield : Captain America, Mendiang James Montgomery Falsworth  (pengguna sementara), Red Skull (pengguna sementara),Winter Soldier (pengguna sementara)
Mendiang Black Widow  (pengguna sementara), Hawkeye (sementara)

Alternate Vibranium Shield :
Falcon

Kemunculan

Dalam Film :

Iron Man 1 (dalam bentuk replika),
The Incredible Hulk (deleted scene),
Iron Man 2 (replika),
Captain America: The First Avenger,
The Avengers,
Iron Man 3 (sebagai tattoo),
Thor: The Dark World (dalam illusi),
Captain America: The Winter Soldier,
Avengers: Age of Ultron,
Captain America: Civil War,
Spider-Man: Homecoming (rekaman video),
Avengers: Endgame,

Serial televisi :

Agents of S.H.I.E.L.D. (disinggung),
Agent Carter (dalam halusinasi),
Jessica Jones (kostum anak anak),
Luke Cage (disebutkan),
Runaways (sablon kaos),
The Falcon and the Winter Soldier (belum rilis)

WEB SERIES :

WHiH Newsfront (rekaman)
Team Thor (dalam gambar)

GAME :

Captain America: Super Soldier
Captain America: The Winter Soldier - The Official Game

KOMIk :

Iron Man: Security Measures(replika)
Iron Man: I Am Iron Man! (replika)
Captain America: First Vengeance
Captain America: Evil Lurks Everywhere (versi fiksi)
The Avengers Prelude: Fury's Big Week
The Avengers Prelude: Black Widow Strikes (screen footage)
The Avengers: The Avengers Initiative
Iron Man 3 Prelude
Thor: The Dark World Prelude
Captain America: The First Avenger Adaptation
Captain America: The Winter Soldier Infinite Comic
Captain America: Homecoming
The Avengers Adaptation
Avengers: Age of Ultron Prelude - This Scepter'd Isle
Avengers: Operation HYDRA
Captain America: Civil War Prelude
Captain America: Road to War
Doctor Strange: Episode 0 (sablon baju),
Spider-Man: Homecoming Prelude
Avengers: Infinity War Prelude
Captain Marvel Prelude

STATUS :

Hancur (USO Shield),
Musnah (original timeline vibranium shield),
Status tak diketahui (prototype shield),
Aktif (alternate timeline vibranium shield)

"Benda itu benar benar tak mengikuti hukum fisikal sama sekali." Spiderman pada Steve Roger.

Perisai kapten Amerika merupakan senjata yang mampu bertahan skaligus menyerang, digunakan oleh Steve Roger. Perisai asli yang dipergunakan oleh Steve dalam masa perang dunia merupakan besi biasa yang dibentuk dengan metode tradisional.

Setelahnya Steve Roger mengadopsi Perisai berbentuk cakram yang awalnya dibuat dari bahan Vibranium. Selama pertempuran di teritorial bumi tahun 2023, perisai Vibranium dihancurkan oleh Thanos.

Setelah berkunjung ke masa lalu (timeline alternatif), Steve Roger mendapatkan perisai vibranium dan membawanya kembali ke masa depan, dimana ia menyerahkannya pada Sam Wilson.

Setelah memasuki perang dunia ke 2 sebagai tentara yang sudah diakui sepenuhnya, Captain America beralih ke perisai berbentuk cakram, yang dibuat dari Vibranium diberikan kepadanya oleh pihak Strategic Scientific Reserve.

   terdiri dari empat bagian konsentris, dengan alat kelengkapan pada permukaan bagian dalam untuk dua tali kulit yang memungkinkan perisai dengan mudah dipegang dan dikenakan di lengan Kapten Rogers.

 Tali tradisional ini kemudian akan digantikan oleh teknologi elektromagnet yang akan terhubung ke elektromagnet lain yang dikenakan di tangan dan lengan selama Serangan di Pangkalan Penelitian HYDRA.

 Kapten Amerika sangat mengandalkan perisai ini sebagai senjata yang seimbang dalam kemampuan pertahanan dan penyerangan.

Terbuat dari Vibranium, perisai ini mampu menyerap dan merefleksikan energi kinetik, membuatnya mampu menghancurkan perisai yang terbuat dari zat metal lainnya.

Permukaan perisai juga sangat keras dan memiliki daya tahan luar biasa. Memingkinkannya digunakan untuk memantulkan peluru Proyektil seperti peluru kaliber yang dilontarkan dari mimigun kembali ke arah musuh, dan juga mampu menyerap hantaman Palu mistis Mjølnir, mengakibatkan gelombang kejutan berskala luas.

Segala senjata seperti Iron Man repulsor beam, energy based firearm milik HYDRA, hingga senapan milik bangsa Chitauri dapat ditahan oleh perisai ini.

perisai Vibranium ini juga menunjukkan bahwa itu dapat digunakan untuk meredam kejatuhan dari ketinggian.
 Sebagai senjata ofensif, bentuk cakram perisai dan komposisi vibranium menjadikannya kuat sebagai senjata jarak dekat dan senjata jarak jauh.

Jiks berada di tangan tentara terlatih seperti Steve Roger, perisai ini sangat efektif untuk perkelahian jarak dekat,

 Dengan memanfaatkan permukaannya yang datar dan bagian tumpuk tepi luar perisai untuk memukul lawan di titik vital mereka.  Di tangan yang tepat, perisai juga merupakan senjata jarak jauh yang luar biasa karena komposisi vibranium dan bentuk cakramnya,

bentuknya yang melengkung memungkinkannya untuk dengan mudah bergerak di udara ketika dilemparkan sambil mempertahankan kecepatan dan momentum yang nyaris konstan.  Salah satu sifatnya yang paling unik dari perisai ini

adalah kemampuannya untuk memantul setelah menghantam permukaan yang kokoh ketika dilemparkan, kehilangan sangat sedikit momentumnya, memungkinkannya untuk menyerang beberapa target, dan, jika diarahkan dengan tepat, akan kembali ke pelempar.


 Perisai awalnya memiliki tampilan asli abu-abu mengkilap yang reflektif karena bahan pembuatannya.  Namun, perisai itu selanjutnya dicat agar menyatu dengan  seragam Kapten Amerika, menempatkan bintang putih di tengah, dikelilingi oleh warna biru,

dan membuat tiga cincin luar menjadi garis-garis merah dan putih.  Selama menjalani misi mata mata, bagian merah dari perisai untuk sementara akan ditutupi dengan warna biru muda agar tak terlalu menarik perhatian.

Source : wikia

Postingan terkait: