10 hal yang harus kamu ketahui tentang sosok venom sebelum rilis filmnya


Sumber gambar : nerdmovieproductions.it

Artikel ini aslinya ditulis dan dipublikasikan pertama kali oleh situs heyuguys.com, dengan judul asli

"10 thing you need to know about Venom before his movie." 

Dengan Josh Wilding sebagai kontributornya, Namun telah saya modifikasi dan saya tulis ulang menjadi versi saya sendiri.

Venom adalah sosok karakter villan(penjahat super) yang sangat sangat populer yang pernah diciptakan Marvel Comic. Berhembus pula kabar yang mengkonfirmasi bahwa pihak Sony tengah menggarap kembali film layar lebar tersendiri untuk karakter yang satu ini.

Terakhir kalinya kemunculan sosok venom di film layar lebar adalah, pada movie Spiderman 3 bertahun tahun silam. dan kemunculan Venom versi Sony tersebut benar benar memperoleh respon negatif dari para penggemar. Bahkan ada yang menganggap Sony sama sekali tak cukup ahli dalam mengembangkan potensi karakter supervillan yang satu ini.

Tanggapan yang sama juga dilontarkan fari pihak fans untuk film GhostRider yang tsk jsuh mengecewakannya. Bagian terbesar dari semua hal tersebut adalah, ketidak ikut sertaan pihak Marvel dalam mengerjakan 2 project besar tersebut. Meskipun demikian, kita masihlah bisa berharap bahwa film venom yang dirilis nantinya, menmiliki potensi besar untuk jadi sukses.


Jadi, sepertinya Venom sudah dapat dipastikan akan muncul di layar lebar, dan ada banyak sekali hal yang perlu kita ketahui tentang tokoh yang satu ini. Meskipun banyak fans telah mengenal sosok Venom selama bertahun tahun, perlu diketahui sejarah asal mula tokoh Venom sangat sangatlah kompleks, jauh dari apa yang dapat kita bayangkan. Di bawah ini adalah 10 hal yang harus kamu ketahui tentang sosok Venom yang akan membantu kamu mengenali karakter Venom lebih jauh lagi.

10. Bukan sekedar setelan kostum biasa.



Sumber gambar : egmnowbeta.s3-us-west-2.amazonaws.com

Sekilas venom tak lebih dari sekedar tiruan Spiderman yang terbalut dalam kostum hitam. Namun sesungguhnya itu lebih dari sekedar kostum yang bisa dilihat sekilas oleh mata.
Ini bagian menarik dari Venom. Terbuat dan tercipta dari ras alien yang disebut Klyntar, Symbiote Venom dipenjarakan oleh bangsanya, karena diketahui mahluk ini memiliki keinginan untuk terikat dengan mahluk lain serta mengambil kontrol penuh atas tubuh mahluk tersebut.

Sesungguhnya Klyntar dianggap sebagai ras yang mulia, mengingat tujuan mereka adalah untuk mengubah tuannya menjadi pejuang yang bersifat mulia. Namun dari setiap kemuliaan selalu saja ada sifat dan karakteristik yang rusak seperti layaknya venom.
Setiap keturunan Klyntar yang baru, akan selalu lebih tangguh dari orang tua pendahulunya. Namun simbiotik venom secara naluriah acuh serta bermusuhan dengan nenek moyangnya bahkan keturunannya sendiri.

9. Spider-Man mengenakannya selama beberapa waktu.



Sumber gambar : s-media-cache-ak0.pinimg.com

Berdasarkan alur cerita original komiknya, yaitu pada seri Marvel Secret War, Meskipun mengalami masa hukuman disintegrasi, Venom Symbiote secara tak sengaja menjalin kontak dengan Spiderman

Dalam kejadian  Beyonder’s Battleworld
Kostum tersebut seolah dapat membaca pikiran Peter, langsung saja Symbiote venom tersebut mengambil bentuk menyerupai kostum original Spiderman, namun bukan cuma itu saja. Symbiote tersebut dapat mengambil bentuk pakaian orang sipil biasa, yang artinya peter tak perlu beralih dari satu kostum superhero ke pakaian orang sipil biasa.

Namun begitu Kejadian Beyonder’s Battleworld berakhir dan Spiderman kembali ke Bumi, kostum tersebut makin lama makin bergantung kepada Spiderman, dan bahkan mulai mengendalikan tubuh Peter setiap kali ia tidur. Menggunakan tubuh Peter tanpa sepengetahuan dirinya untuk sesekali menghadapi tindak kejahatan.

Pada akhirnya Mr Fantastic berhasil menemukan ternyata kostum tersebut adalah mahluk hidup, menyadari hal tersebut, Peter tahu dirinya harus menyingkirkan kostum tersebut sekali untuk selamanya.

8. Eddie Brock.


Sumber gambar : vignette2.wikia.nocookie.net

Parahnya, semua kejadian ini terjadi pada saat yang sama dimana Spiderman alias Peter Parker telah berhasil mengalahkan reporter Eddie Brock, yang merupakan salah satu saingan terberatnya, dengan membuktikan dirinya adalah seorang penipu.(pemalsuan konten).

Di saat itu ternyata waktu sama sekali tak berpihak kepada Peter, dimana baik Eddie maupun Spiderman berada di tempat yang sama yaitu di sebuah gereja yang sama secara kebetulan. Peter menggunakan lonceng yang ada di menara gereja tersebut untuk membebaskan dirinya dari jeratan Symbiote,

Sedangkan Eddie yang sedang di landa putus asa, datang ke gereja tersebut, guna berdoa pasca kehancuran karirnya. Doa Eddie yang menginginkan pembalasan dendam terjawab setelah mendengar bunyi berisik lonceng yang tengah dibunyikan oleh Peter/Spiderman.
Di satu sisi Peter Berhasil menyingkirkan Symbiote tersebut dari tubuhnya, namun disisi lain Eddie mengetahui dan melihat fakta bahwa Spiderman ternyata Peter Parker. Merasakan kebencian dan emosi serta keinginan untuk membalas dendam Dari Eddie yang semakin memuncak, Symbiote tersebut menjadi tertarik terhadap Eddie dan akhirnya menempelkan diri pada tubuh Eddie.

Menanggapi dan mengekspresikan kebencian Eddie yang begitu dalam kepada Spiderman, Symbiote tersebut mengambil bentuk yang sangat jauh berbeda dibanding dengan versi Spiderman. Menumbuhkan gigi taring yang mengerikan, cakar berukuran penuh, serta tumbuh menjadi ukuran dua kali lebih besar dari ukuran Tubuh Spiderman.

Mahluk yang baru terlahir ini menamai dirinya Venom, serta Eddie sering kali mempergunakan istilah "kami," tiap kali menyebut dirinya sebagai Venom. Hal ini mengacu pada fakta bahwa Eddie mengakui dirinya dalam wujud Venom adalah dua bentuk kehidupan yang berbeda.

Lebih jauh lagi, Venom Symbiote memberi akses kepada rekan barunya Eddie berbagai informasi spesifik tentang Spiderman/Peter Parker yang tak semua orang tahu.
Bersama mereka bekerja untuk satu tujuan, yaitu membalas dendam pada Spiderman/Peter Parker.

7. Kemampuan.



Sumber gambar : vignette2.wikia.nocookie.net

Memiliki hampir semua kemampuan Spiderman yang jauh lebih kuat. Bahkan ia mampu menyamarkan dirinya, sehingga ia bisa luput dari Spider sense milik Spiderman. Kemampuan Regenerasi super cepat, keahlian menghasilkan Anyaman Jaring laba laba organik, bahkan gigitan yang berbisa, tak ketinggalan kemampuan mengubah bentuk yang tak dimiliki Spiderman.

Meskipun dengan segala kelebihannya tersebut, ada kelemahan yang cukup fatal yang dapat dipergunakan untuk menglahkan Symbiote ini. Venom lemah terhadap berbagai suara tingkat sonic, serta serangan dengsn zat yang bersuhu panas.

Beberapa kali dalam komik Spiderman terlihat memanfaatkan api, untuk dapat memisahkan Symbiote dengan Eddie. Satu satunya cara yang dapat melemahkan Venom adalah dengan memisahkan keduanya.

6. Carnage.



Sumber gambar : static.comicvine.com

Fakta lainnya adalah para symbiotes menghasilkan keturunan, dan Carnage adalah keturunan yang dihasilkan oleh Venom. Hal ini terjadi ketika sebagian dari Venom Sumbiote menempel pada tubuh seorang pembunuh berantai yang dikenal dengan nama "Cletus Kasady."

Pada saat itu diceritakan Eddie sedang mendekam dipenjara, dan tak sengaja ditempatkan di sel yang sama dengan Cletus Kasady. Symbiote venom kembali untuk menjemput Eddie, Eddie kembali menjadi Venom namun tanpa diketahui ternyata Symbiote venom telah membelah diri meninggalkan keturunan baru yang nantinya menjadi Carnage.

Mau buat aplikasi android sendiri? Sekarang sudah bisa meskipun kamu tidak bisa bahasa programing. Berikut ini caranya.

Ada yang sedikit berbeda dengan symbiote yang satu ini. Ia masuk kedalam pembuluh darah Kasady, dan membuatnya nyaris tak dapat dipisahkan. Seperti halnya bangsa Symbiote, keturunan yang baru akan selalu lebih tangguh dari pendahulunya.
symbiote akan mempengaruhi mereka yang menjadi tubuh intinya. Sedangkan dalam kasus Carnage, 

Antara Kasady maupun Symbiote, saling mempengaruhi satu sama lainnya. Hasilnya Carnage bahkan lebih sadis serta haus darah dibanding Venom.
Bahkan Eddie sendiri merasa terancam dengan setiap aksi yang dilancarkan oleh Carnage. Diketahui Kasady telah membantai ratusan jiwa jauh sebelum ia menjadi Carnage. Ada suatu titik dimana aksi Carnage memaksa Venom dan Spiderman harus bekerja sama falam usaha menghentikan Carnage untuk selamanya.

5. Lethal Protector.



Sumber gambar: kastorskorners.com

Setelah terlibat gencatan senjata dengan Spiderman, Venom meninggalkan New York untuk datang ke San Fransisco dimana ia sempat menjadi super hero sesaat. melabeli dirinya sebagai “Lethal Protector”, Eddie bersama para Symbiote menjadi sesuatu yang benar benar unik bagi para kriminal.

Hal ini memicu para pelaku tindak kejahatan secara terang terangan melakukan aksinya, guna mendapatkan perhatian si pahlawan perayap dinding tersebut (Venom).
Tujuan dari diberlakukan alur cerita ini, adalah untuk mewujudkan versi penampilan solo si Venom sendiri, yaitu versi komiknya sendiri. Hal ini menunjukkan sisi menarik lainnya dari sosok Venom, pastinya akan jadi unik apabila di angkat ke layar lebar.

Tentu saja tak butuh waktu yang lama bagie Eddie untuk kembali ke kebiasaan berbuat kriminalnya, namun diagnosis kanker serta kembalinya ia ke umat kristiani, mengantarkan ia ke jalan terpisah bersama symbiote untuk melakukan suatu kebaikan.

4. Mac Gargan



Sumber gambar :static.comicvine.com

Ketika Eddie memutuskan untuk menyingkirkan Symbiote, pada akhirnya ia menemukan jalannya menuju tangan The Scorpion. Mac Gargan diceritakan telah berhasil mengetahui siapa sesungguhnya identitas asli Spiderman, dan sangat menikmati aksinya dalam menyiksa Peter Parker, sebelum akhirnya kesadarannya di ambil alih oleh Venom.

Dikarenakan ia tak memiliki ketangguhan mental seperti Peter atau Eddie, Symbiote benar benar mengambil alih tubuhnya, tumbuh menjadi mahluk mengerikan, semakin lama venom berada dalam periode ini, membuatnya jadi mengembangkan kebiasaan baru, yaitu suatu ketertarikan akan daging manusia, serta mulai memangsa orang orang.
Pada awalnya Mac takut akan mahluk alien ini. Namun lama kelamaan, ia mulai menyukai kebiasaan kanibalisme barunya ini. 

Pada akhirnya aksi Mac Gargan sebagai Venom diakhiri oleh pemerintahan yang berhasil melepasakan Venom Symbiote.

3. The Ultimate Version


Sumber gambar : static.comicvine.com

Dalam alur cerita Versi Ultimate  jagat Marvel, Venom Symbiote diceritakan sama sekali bukanlah ras alien. Mahluk ini digambarkan sebagai bentuk substasi yang diciptakan oleh manusia, yang tak lain adalah ayah Peter Parker serta  Eddie Brock, untuk tujuan penyembuhan sel kanker. Sekali lagi terikat dengan Peter Parker serta Eddie Brock, namun tak memiliki kepribadian sendiri, namun sebagai gantinya ia jadi memiliki sifat parasit, yaitu memakan inti yang ia tempeli, dalam usaha bertahan hidup.

Versi Venom yang satu ini benar benar tidak stabil, namun masih memiliki kemampuan super yang berada di tingkat ekstrim. Akan jadi jalan cerita yang menarik, apabila venom dalam versi Movie nanti mengikuti alur cerita ini.

Ada bukti yang membenarkan gosip ini, yaitu dihapusnya easter egg dari Amazin Spiderman 2, dimana semestinya memperlihatkan penampakan Symbiote yang berada di bawah badan penelitian milik perusahaan OsCorp. Ada kemungkinan ini adalah alur cerita yang akan diberlakukan. Namun akan jauh lebih menarik apabila Symbiote dibuat jadi alien saja.

2. Versi Flash Thompson


Sumber gambar static.comicvine.com

Versi terbaru dari Venom adalah versi Flash Thompson. Ia adalah anak nakal yang sering membully Peter Parker, namun akhirnya mereka menjadi teman dekat.
Setelah ia mengalami insiden di Afghanistan yang mengakibatkannya kehilangan ke dua kakinya, pemerintahan Amerika Serikat memberinya kesempatan untuk dapat melayani negaranya sebagai Venom. Tanpa pikir panjang ia dengan cepat setuju dengan tawaran tersebut.

Di awal karirnya sebagai sosok baru Venom, mahluk ini berkali kali harus mengalami pembiusan, karena terlalu berbahaya mengingat Flash masih belum bisa mengendalikannya dengan benar. Symbiote masih lebih dominan mengambil alih kesadaran Flash.
Jika dibsndingkan dengan sosok Venom Versi Eddie Brock, Venom yang diperankan oleh Flash merupakan versi yang jauh berbeda. Hal ini disebabkan oleh perbedaan karakter si pemakai Symbiote itu sendiri. Pada versi ini symbiote mengambil wujud baju besi pelindung, dan bukannya mahluk besar bertampang mengerikan dengan gigi gigi taringnya.

Sebagai Venom, Flash Thompson juga sempat ikut terlibat bersama kelompok Guardians of the Galaxy, dan pada fase ini, sisi haus darah Symbiote dihilangkan, sehingga dapat memberi Flash dominasi penuh, atas alien tersebut. Namun apakah keadaan ini akan bertahan secara permanen? Belum dapat dipastikan.

1. The Movie


Sumber gambar: i.ytimg.com

Tak ada yang bisa memprediksi karakter mana yang akan mengenakan kostum Venom Sybiote tersebut pada versi filmnya nanti, semua versi venom yang ada dalam daftar di atas adalah versi komik yang di garap oleh pihak Marvel.

Yang jelas, Venom dalam versi Movie spinoff nantinya tak akan ada hubungannya dengan pihak Marvel ataupun tokoh Spiderman, yang nyata nyata di anggap sebagai suatu kesalahan fatal bagi Sony.

Pernyataan itu juga berlaku untuk fakta bahwa Avi Arad dan Matt Tolmach (produsen franchise The Amazing Spider-Man 2) mengawasi yang satu ini, prospek yang sangat mengkhawatirkan.


Postingan terkait: