5 fenomena kontroversial yang pernah di alami oleh game Minecraft.

Kali ini kita akan membahas tentang Minecraft kembali, namun lebih tepatnya berbagai kntroversi yang sempat menimpa game sandbox ini.


Artikel kali ini mengambil referensi dari youtube video gameranx, yang berjudul "top 5 Minecraft controversies."
Langsung saja di mulai dari nomor 5.

5. Pada September 2014, Mojang selaku Developer Minecraft, mulai menerapkan kebijakan baru.



Kebijakan ini berbunyi
pemain Minecraft sekarang dapat memonetisasi server mereka dengan cara menjual akses terhadap server yang mereka kelola, dan item kosmetik lainnya,
meskipun banyak yang merasa bahwa model  monetisasi baru ini berpotensi mengakibatkan si pemilik server kehilangan peluang,
Dalam mendapatkan kembali modal yang telah digunakan untuk menjalankan server mereka.

Pada saat inilah terjadi perdebatan antar komunitas serta pemain yang merasa dirugikan, serta menganggap hasil kerja keras mereka tak dihargai.
"Kami selalu merasa bahwa kita adalah partners, dimana kami bergabung pada platform terbuka milik anda, dan menciptakan konten kustomisasi lapisan ke dua,
Untuk menjaga para player tetap bermain dan tertarik pada Minecraft."
Tulis Gregory Schmitt pemilik server Mineplex.

"Ini sungguh mengecewakan dan menyakitkan, seolah Mojang tak melihat nilai positif dari server yang telah menambahkan begitu banyak kontent dalam game, dan tetap menjaga ketertarikan player untuk bermain,"

"Tahun lalu kami digambarkan sebagai penyumbang kontent tingkat kedua terbanyak untuk Minecraft, itu adalah kualitas yang selalu berusaha kami berikan."
"Aku sungguh tak tahu bagaimana server yang telah membayar orang untuk menjawab support tickets, kerja sama dengan Hacker, mengembangkan konten semuanya dilakukan semata mata hanya sebagai sekedar hoby,
Akan tetap bisa bertahan apabila Mojang memaksakan hal ini."

Tulis seorang pengguna forum Reddit dengan akun "Rurikar."
Pada saat inilah, dalam keadaan yang begitu memuncak, sang penemu Minecraft  Markus "Notch" Persson, menuliskan kicauan di Twitter sebagai bentuk curahan hatinya.

"Adakah seseorang yang mau membeli bagian saham saya di Mojang, jadi saya bisa melanjutkan hidup saya?" Persson juga menambahkan kicauanya. "Dibenci hanya karena usaha saya dalam melakukan hal yang benar bukanlah pekerjaan saya."
Posting Markus yang begitu kontroversial inilah, yang mengakibatkan Minecraft kini jatuh ke tangan perusahaan Microsoft.
Sumber:
4. Minecraft sempat dipersalahkan atas kejadian tindak kekerasan antar siswa sekolah.


Di florida sempat terjadi kehebohan, di mana seorang anak berusia 9 tahun membawa pistol, yang telah terisi oleh 6 peluru siap tembak, beserta sebuah hammer tangan dan juga sebuah pisau,

Dalam tas sekolahnya bersama buku pelajarannya. Sang ayah berdalih dan menyalahkan Minecraft, dan berkata anaknya sedang memerankan tokoh dalam video game minecraft. Dimana pistol dan pisau dia gunakan untuk melindungi diri dari serangan zombie,
Serta hammer digunakan untuk menggali dan mengumpulkan item. Selebihnya tak ada yang terjadi, serta tak ada yang perlu di khawatirkan, pistol berpeluru tak akan ditembakkan karena pelatuknya sudah dihilangkan.

Pertanyaannya adalah, bagaimana seorang anak yang berusia begitu muda,Bisa memperoleh sebuah pistol dengan 6 peluru yang sudah siap tembak di dalamnya? Serta bagaimana ia bisa tahu dimana tempat menemukannya,
Jelas sekali itu bukan hanya sekedar disebabkan oleh game Minecraft. Dan tentunya hal tersebut murni karena kurangnya pengawasan orang tua.
Berita ini sempat disiarkan oleh stasiun TV WFTV, dan menambah daftar panjang kejadian  kontroversial yang menyalahkan video game.
Sumber : kotaku.com

3. Minecraft di larang di negara turki, berdasarkan pertimbangan, terlalu mengandung tingkat kekerasan berlebih.



Turki terkenal sebagai negara yang sangat ketat, terhadap kebijakan kebijakannya. Terutama, menyangkut tentang masuknya perusahan asing yang hendak beroperasi di negara mereka.

Bahkan, mereka melarang "Youtube" beroperasi di negaranya. Entah kebijakan ini masih diberlakukan hingga saat ini ataukah tidak.
Bayangkan, betapa kolot dan terisolasinya mereka dari dunia luar, jika sampai situs situs besar seperti Youtube dan juga Twitter, dilarang di negaranya.
Bersumber dari situs www.mirror.co.uk ,

Alasan dilarangnya Minecraft beredar di turki, tak lain dan tak bukan karena minecraft ditakutkan akan mendorong anak anak melakukan kekerasan di dunia nyata.
Meskipun dalam game anak anak di ajak menuangkan kreatifitas mereka dengan membangun rumah, serta bangunan lainnya,

player yang sebagian besar anak anak juga di haruskan membunuh zombie dan mahluk fiktif lainnya untuk melindungi bangunan yang telah di buat.
Tak seperti game call of duty, Grant theft Auto, atau mortal kombat yang mayoritas pemainnya adalah orang dewasa,

Sebagian besar player Minecraft adalah anak anak. Minecraft juga di tuding sebagai penyebab anak anak menjadi bersikap anti sosial.
Berdasarkan tuduhan ini, pihak Mojang sempat menanggapi dengan pernyataan sebagai berikut.

"Dunia Minecraft bisa jadi tempat yang berbahaya: ini merupakan habitat bagi mahluk mahluk menakutkan serta tak ber jender, yang akan muncul begitu malam tiba. Untuk dapat bertahan, penting bagi player melakukan perlawanan menghadapi mereka."
"Apabila pemain merasa tak nyaman dengan tingkat konflik fantasi ini, kami bisa menyarankan mereka untuk bermain dalam mode kreatif, atau mengaktifkan Peaceful setting. Kedua opsi ini akan mencegah monster muncul dalam dunia Minecraft."

2. Microsoft sempat berusaha matimatian menghadirkan Minecraft di windows 8, namun gagal,,!!!




Kejadian ini terjadi sebelum pihak Microsoft berhasil mengakuisisi Minecraft. Dan pada saat itu, Microsoft tengah berusaha mengatasi kegagalan sistem operasi terbaru besutan mereka yaitu Windows 8.
Terlihat sekali betapa bencinya para pengguna PC, kepada windows 8. Sampai sampai Microsoft berusaha mencari cara bagaimana caranya supaya para pengguna kembali beralih menggunakan Windows 8.

Dan salah satu caranya, adalah dengan menghadirkan Minecraft pada windows 8.1. Markus sang kreator Minecraft yang menyadari tujuan utama Microsoft, menolak mentah mentah hal ini.

Sebagai bentuk ketidak setujuannya, ia menuliskan pada update akun Twitter pribadinya yang berbunyi:

"Dapat e mail dari Microsoft, dengan tujuan membantu sertifikasi minecraft supaya tersedia untuk Windows 8.
Aku berkata pada mereka, supaya berhenti merusak PC hingga menjadi sebuah Platform terbuka."

"Aku lebih memilih agar Minecraft tak berjalan pada Windows 8, dari pada memainkanya bersama mereka.
Mungkin kita bisa meyakinkan beberapa orang untuk tidak beralih ke Windows 8 dengan cara seperti itu..."

Di tahun ini pula kita tahu Valve selaku perusahaan yang ada di balik "Steam," memanfaatkan keadaan ini dengan merilis Steam OS, sebagai alternatif sistem operasi, bagi gamers PC yang membenci windows 8.

Namun begitu Microsoft merilis windows 10, yang memang nyata nyata memuaskan, keadaan kembali berbalik.

1. Ada pihak tak bertanggung jawab sempat menebar pesan kebencian pada minecraft.



Jens Bergensten yang sempat menjabat sebagai head developer selama beberapa waktu, sempat angkat bicara prihal masalah yang satu ini.
Cara Minecraft melakukan update adalah dengan cara mengupload versi Snapshot setiap minggunya, sehingga siapapun bisa mendownload dan melihat bagaimana cara kerjanya.
Versi ini tak di tujukan bagi semua pengguna Minecraft, namun seorang pengguna yang tak diketahui identitasnya, telah mendownload versi ini, dan mengganti beberapa kata pada salah satu tombol menunya.



Kata kata ini ternyata ditujukan untuk menyerang suatu kelompok atau suku bangsa tertentu. Dan sayangnya, ada beberapa orang yang menanggapi serius pesan ini.
Seminggu kemudian, pihak developer mulai mengupload versi snapshot lainnya, yang berisi perbaikan terhadap kesalahan ini.

Kelihatannya pihak developer Minecraft menggunakan metode crowdsource translation, yaitu metode mentranslate yang memanfaatkan forum komunitas internet.
Dimana dalam Game Minecraft, ada 50 file bahasa, yang sebagian besarnya di buat dan diselesaikan oleh forum komunitas internet.

Sungguh sangat disayangkan ada pihak yang begitu tak bertanggung jawab, telah melakukan hal semcam ini. Melihat Minecraft adalah game berbeda  yang bisa dimainkan
Oleh segala umur.
7






Postingan terkait: