Jalan cerita Transformers 5 The Last Knight.

Transformers The Last Knight adalah film sains fiksi buatan amerika yang dirilis pada tahun 2017, di adaptasi dari seri mainan dengan judul yang sama Transformers.




Merupakan film ke lima sekaligus seri terakhir dari live action Movie Transformers, serta sequel kelanjutan dari film Transformers di tahun 2014 Age of Extinction.

Film ini disutradarai oleh Michael Bay, dengan Mark Wahlberg yang kembali melanjutkan peran sebelumnya yaitu dalam Age of Extinction.

Dua aktor yang sempat membintangi ketiga seri film Transformers sebelumnya yaitu Josh Duhamel dan John Turturro  juga kembali ikut serta mengambil peranan. Seperti yang sudah diumumkan sebelumnya, 
Film ke lima ini akan jadi film terakhir yang disutradarai oleh Michael Bay sendiri.

Baca juga :

sepucuk surat perpisahan dari Michael Bay, untuk para fans Transformers.

Plot

Pada masa milenium pertama, dikisahkan King Arthur atau Raja Arthur tengah memimpin ke 11 para kesatrianya beserta pasukannya dalam perang melawan pihak Saxons.

Dalam keadaa ini pihak Saxons jauh lebih unggul serta lebih tangguh dibandingkan dengan pasukan Raja Arthur. Menyadari besarnya potensi kekalahan yang tengah menantinya, Raja Arthur meminta bantuan sang penyihir legendaris Merlin.

Untuk mengupayakan kemenangan, si penguasa sihir hitam Merlin tengah bernegosiasi dengan para Cybertron Knight, Perundingan keduanya berakhir dengan hasil Cybertron Knight memberi Merlin sebuah tongkat yang mengandung kekuatan luar biasa yang nantinya akan menjadi artefak yang dimaksud tengah dicari optimus Prime.

Kesebelas cybertron Knight melakukan transformasi kombinasi menjadi sesosok naga mekanik yang dikenal dengan nama DragonStorm. Merlin melaju ke medan pertempuran dengan menunggang kuda beriringan bersama Dragonstorm, dengan tongkat teracungkan ditangannya.

Tongkat tersebut meningkatkan performa serta semangat pihak Raja Arthur, sementara Dragonstorm Melesat menerjang dan meremukkan seluruh pasukan
Saxons, perang berakhir dengan kemenangan berada di pihak King Arthur.

Latar waktu beralih ke masa sekarang. Optimus, tengah absen dikarenakan ia sedang berada di luar Bumi. Sama seperti masa transformers 4, para transformers tidak lagi diterima di Bumi. Sebagai bentuk penolakan akan keberadaan para transformers,

Pihak T.R.F kali ini makin gencar saja memburu para robot robot alien tersebut, dan sayangnya, Transformers yang lebih diutamakan untuk di buru, adalah para Autobots.

Meskipun demikian, makin banyak saja transformers transformers baru yang berdatangan ke Planet tempat tinggal manusia tersebut.

Tepat di areal bekas terjadinya Perang besar Chicago, sekelompok anak anak tengah mendekati sebuah pesawat Alien yang didalamnya terdapat Cybertronian Knight.

Anak anak tersebut tengah terpojok oleh T.R.F Walker, namun tiba tiba Izabella muncul sambil meledakkan T.R.F Walker, dan menyelamatkan gerombolan anak anak tersebut.

Izabella sendiri adalah salah seorang yang mampu bertahan pasca perang besar chicago.

Izabella dan kedua transformers yang mendampinginya yaitu Sqweeks dan Canopy, berusaha lari bersama geng anak anak tersebut, dari cengkraman TRF. namun sayangnya dalam usaha pelarian tersebut Canopy terkena tembakan dan terbunuh oleh TRF.

Di saat yang tepat Bumble bee dan juga Cade Yeager muncul untuk menyelamatkan mereka dari ancaman TRF. Berkiutnya Yeager tanpa sengaja bertemu dengan seorang cybertron Knight yang tengah sekarat, dan memberinya sebuah benda yang disebut metallic talisman.

Di sisi lain, Optimus Prime berhasil melakukan pendaratan darurat di kampung halamannya Cybertron. Mendapati Planet asalnya mati, Optimus mendatangi serta berhadapan dengan penciptanya sendiri yaitu Quintessa, versi transformers dari penyihir wanita (witch.)

Si pencipta dengan sangat mudah menaklukkan Optimus, melucuti senjata pedang beserta perisai miliknya, dan juga menjerat optimus dalam belenggu rantai mekanikal.

Lebih jauh lagi Quintessa merusak serta memprogram ulang Optimus Prime, menjanjikannya kesempatan untuk menyelamatkan Cybertron kembali, menanamkan sugesti bahwa dirinyalah yang menyebabkan planet rumah asalnya jadi mati seperti sekarang.

Quintessa juga memaparkan ternyata earth adalah transformers yang bernama Unicorn.

Ia juga menjelaskan Unicorn adalah musuh dari Cybertron, untuk memperbaiki cybertron kembali ke kondisi semula, Quintessa memerlukan artefak yang tersembunyi di bumi. Artefak yang tak lain adalah tongkat milik Merlin pemberian 12 Knight of Lacon.

Berdasarkan pemaparan dari Quintessa artefak ini dicuri oleh Knight of Lacon dari Quintessa dan diserahkan pada Merlin.

Lennox yang muncul pada ke 3 film sebelumnya, yaitu mantan anggota N.E.S.T kali ini bekerja skaligus menjadi bagian dari organisasi TRF.

Ia Berbicara dengan Jenderal Morshower, mantan atasannya, tentang kehadiran teknologi asing kuno di Bumi. Teknologi ini bisa membantu membawa Cybertron ke atmosfir bumi, namun memerlukan sebuah tongkat yang diberikan kepada Merlin.

Untuk mewujudkan hal tersebut, TRF bersekutu dengan Megatron yang memberikan syarat agar para Decepticon yang telah ditangkap oleh pihak TRF dilepaskan kembali. Beberapa nama nama Decepticon meliputi: Onslaught, Mohawk, Nitro, Dreadbot, dan Berserker.

Dalam usaha menangkap Cade Yeager, Megatron yang bersekutu dengan pihak TRF mengincar artefak yang didapat Cade hasil pemberian Steelbane.

Yeager bersembunyi di tempat penampungan  barang rongsokan, yang skaligus berfungsi sebagai tempat perlindungan bagi banyak Autobots yang masih tetap bertahan hidup.

Beberapa diantara Autobots yang masih tersisa :  Bumblebee, Hound, Drift, Crosshairs, Grimlock, Wheelie, dan banyak lainnya. Kembalinya ia ke tempat persembunyian tersebut, Yeager menemukan bahwa Izabella telah mengikutinya kembali; Yeager menyuruhnya pergi tapi Izabella ingin tetap tinggal dan bertarung.

Pagi berikutnya, Megatron tiba tiba muncul beserta para Decepticon di tempat rongsokan tersebut. Megatron terlibat duel adu tembak dengan Hound. Di saat yang sama para Autobots, Cade, Izabella, dan Jimmy telah sampai kota yang terlupakan.

Drift dan Crosshairs membunuh Onslaught, sementara Bumblebee membunuh Mohawk. TRF kemudian tiba tiba muncul, secara seketika menembak Cade tepat di dadanya. namun artefak tersebut menyelamatkan cade dari tembakan tersebut.

Berikutnya Cade berhadapan dengan Transformers yang bernama Cogman, memaksanya  pergi ke inggris, bersama bumble bee, untuk mencari tahu lebih banyak tentang artefak tersebut.

Disaat yang hampir bersamaan, Seorang profesor ahli sejarah bernama Viviane Wembley ditangkap oleh transformers bernama Hotrod.

Antara Cade dan juga Vivane, sama sama dipaksa bertemu sir Edmund Burton, yang tak lain adalah anggota organisasi Witwiccan Order yang masih hidup hingga saat ini. Burton menceritakan asal usul beserta sejarah Transgormers kepada cade serta Vivane.

Ia juga mengemukakan bahwa tubrukan antara bumi dan juga cybertron akan menyebabkan bencana besar. Burton juga mengungkapkan ternyata Vivane adalah keturunan terakhir dari penyihir Merlin.

Apabila vivane berhasil menemukan sebuah tongkat, maka ia akan mampu mengaktifkan sebuah teknologi mesin milik bangsa cybertron.

Sementara Cade, adalah seorang yang memiliki sifat sifat kesatria, dimana menurut Burton, ia adalah "The Last Knight." (Kesatria terakhir.) Terbukti dari artefak yang cade dapat dari transformer bernama Steel Bane, yaitu "talisman" terikat di lengannya.

Antara Vivane, cade beserta Burton, disertai bumble bee dan Cogman, harus mengefakuasi diri dari kediaman Burton, karena mereka telah di Buru oleh pihak TRF sekarang.

Dengan bantuan Cade Yeager, Vivane berhasil menelusuri jejak masa lalu ayahnya, dimana untuk dapat menemukan tongkat tersebut, mereka harus pergi ke kedalaman lautan, tepatnya di dalam sebuah mesin kuno misterius.
Dalam posisi ini, Burton tak lagi bersama mereka.

Begitu sampai pada mesin kuno misterius tersebut, aliansi yang terdiri dari Yeager, Vivane, bumble bee beserta Cogman, ternyata menyadari diri mereka telah diikuti oleh pasukan angkatan laut TRF.

Seperti yang telah diduga, ViVane dan juga Yeager menemukan sebuah ruangan yang didedikasikan untuk para Cybertronian Knights, dan juga makam sang penyihir Merlin. Dalam ruangan ini Yeager tak sengaja membangunkan Knight bernana Skullitron,

Yang dengan brutal menyerang mereka. Yeager hampir terjatuh dalam kedalaman jurang Mesin, namun di saat yang tepat Vivane menemukan dan mengaktifkan tongkat.

Mesin tua tersebut aktif kembali dan mulai naik ke permukaan air hingga akhirnya mengudara. tanpa di duga Optimus yang berada di bawah pengaruh Program Nemesis prime,

Muncul secara tiba tiba dan membunuh salah satu Knight, mengambil tongkat dari tangan Vivane dan pergi begitu saja. Sebelum ia pergi Optimus mengungkapkan... bahwa untuk bisa mengembalikan kelangsungan rumahnya Cybertron,
Earth/bumi harus dimusnahkan.

Cade merasakan ada yang aneh dalam diri Optimus, dan meminta Bumble bee untuk melakukan sesuatu. Bee yang kebingungan mengejar Optimus menuju permukaan mesin.

Begitu keduanya mendarat sampai di atas mesin yang terus mengudara, perkelahian sengit di antara keduanya tak bisa terelakkan. Bee menghantam wajah Optimus dengan Hammer miliknya,

Yang berakibat Optimus terkena pukulan telak di wajahnya, ia terhempas ke belakang, shieldgun di lengannya terlepas, bee menggunakan kesempatan tersebut untuk meraih bagian belakang kepala Optimus dan menghantamkan wajah Optimus pada permukaan mesin.

Lennox dan juga Yeager berusaha mencapai dan menghentikan perkelahian antara optimus Dan Bee. Namun mereka terus saja terhempas dan terguling skaligus terkena sapuan ombak.

Terjadi adegan baku hantam antara sapuan dan ayunan liar dari pedang Optimus, dengan hantaman dan tubrukan hammer milik Bee.

Optimus membalas pukulan Bumble Bee dengan meraih sayap pintu milik bee, kemudian membanting dan menyobeknya hingga terlepas dari punggung bee.. sambil meneriakkan dialog "I am Nemesis Prime."

Menyadari dirinya kalah dalam ukuran fisik dari optimus, Bee segera melompat dengan gesit menghindari wilayah jangkauan optimus. Ia mendarat dengan heroik,

Mengenakan battle helmet  miliknya, tampak ia telah kehilangan sayap pintu di punggungnya, namun hal tersebut sama sekali tak meninggalkan kerusakan pada diri Bee, mengingat ia telah mengupgrade dirinya dengan kemampuan

Membongkar seluruh bagian tubuhnya dan merekonstruksi kembali seperti semula. Duel antara Bee dan Optimus terus berlanjut dengan aksi saling balas di antara keduanya.

Bee kembali berhasil menumbangkan optimus dengan hantaman Hammer berat miliknya. Untuk kali ini efek pukulan Hammer lumayan menekan Optimus sehingga ia tak mampu bangkit berdiri selama beberapa saat.

Optimus terhempas jauh dan terbaring, mengakibatkan Bee memerlukan waktu untuk memperpendek jarak dan melancarkan pukulan berikutnya.

Cade berhasil mencapai Optimus dan naik ke atas dadanya. Bee terus berlari ke arah optimus, Optimus menembaki Bee, Bee terhempas namun bangkit kembali.

Tak terhentikan Bee melompat dengan liar sambil menghantamkan Hammer ke kepala Optimus, namun Optimus berhasil menangkis dan menariknya dengan lengan kanannya.

Belum selesai, Bee menginjak injak serta berusaha keras memukuli Optimus secara bertubi tubi.
Begitu seterusnya... keduanya saling balas satu sama lainnya..

Perkelahian tersebut mencapai puncaknya dimana Bumble Bee terpojok bersama Cade, setelah di banting beberapa kali dengan satu tangan oleh Optimus. Optimus berusaha mengakhiri duel tersebut, hendak menembus kepala Bee dengan tusukan pedangnya namun sayang terhalang oleh

Battle helmet milik bee. Untuk kedua kalinya optimus mengoyak battle helmet milik Bee, mengeluarkan pisau dari lengan kirinya, hendak membunuh Bumble Bee..,
Namun terhalang karena Bumble Bee berbicara untuk pertama kalinya. Ia berkata.

"Aku Bumble Bee.. dan kau kawan lamaku Optimus Prime.. Optimus aku bersedia mengorbankan nyawaku demi dirimu sahabatku"

Efek dari ucapan tersebut sangat mengena Optimus kembali sadar.. pengaruh Nemesisi yang ditanamkan oleh Quintessa lenyap,
Optimus kembali menjadi dirinya sendiri.

Secara tiba tiba Megatron muncul dan merampas tongkat Merlin dari tangan Optimus tongkat tersebut membesar ke ukuran transformers menyesuaikan diri dengan pemegangnya.

Megatron Pergi dengan bertransformasi menjadi jett.. kemudian cybertronian Knight muncul dan hendak menghakimi penghianatan Optimus. Cade menunjukkan perannya sebagai The Last Knight, dan menyelamatkan Optimus.

Artifak pemberian Steelbane berubah menjadi EXcalibur milik king Arthur.. Cade berhasil menyatukan Knight of cybertron dengan pihak Autobots. Para cybertron Knight memberikan penghormatan pada Cade.
Hal ini mendesak Optimus untuk sekali lagi melindungi rumah barunya bumi.

Sampai pada Stonehenge. Megatron menyerahkan tongkat Merlin kepada Quintessa, yang digunakan olehnya untuk menarik energi dari Unicorn/earth/Bumi.
Dalam kondisi ini, Cybertron mulai menyatukan diri dan merekonstruksi bagian bagiannya yang rusak.

Di sisi lain megatron menembak Burton hingga tewas di hadapan Cogman, setelah sebelumnya terkena tembakan telak lebih dulu dari Burton.

Optimus bergabung bersama pihak cybertron knight, para Autobots, beserta TRF untuk menghentikan Quintessa dalam menghidupkan kembali Cybertron.

Optimus mengendarai Dragonstorm yang tak lain adalah transformasi dari para Cybertron knight dan membunuh Infernocons seorang diri. Pertama optimus berduel dengan Infernocons dalam mode Infernocus yang berukuran berkali kali lipat tubuhnya.

Optimus dengan lincah menghindari hantaman Infernocus sambil menyayat bagian tubuh Infernocus yang bisa ia raih, hingga kemudian naik ke punggungnya dan menusuk kepalanya.

Kalah dalam hal kelincahan, Infernocus kembali pada mode Infernocons, hendak mengepung Optimus dari segala Arah. Optimus berdiri dengan pose mengancam sambil berseru "sepertinya kau sudah lupa aku ini siapa."

Infernocons berlari mengepung Optimus dari segala arah, Optimus telah siap dengan kuda kudanya sebelumnya, ia mengayunkan pedangnya dengan begitu heroik, yang berakhir dengan semua kepala infernocons terpenggal hanya dengan satu tebasan saja.

Viviane mengambil perannya untuk menghentikan kinerja tongkat tersebut, dengan dibantu Cade disisinya.

Autobots terlibat pertempuran melawan Megatron. Megatron mengayunkan axesword miliknya dengan liar ke arah hound, Hotrod menembaknya dengan penghenti waktu. Bumble bee melompat ke punggung megatron dengan liar.

Optimus menebas lengan kanan Megatron dan memberikan tendangan Sidekick yang mematikan. (Tak diketahui apakah Megatron berakhir mati ataukah tidak.)

Prime menghabisi megatron, sementara Bee menembak jatuh Quintessa, sambil mengucapkan dialog "sting like a bee.."

Quintessa sendiri tidak mati namun hanya berteleportasi dan bersembunyi di antara manusia.
Di akhir scene terlihat bagian tanduk Unicorn dan Quintessa dalam bentuk manusia berbicara dengan seorang tokoh manusia tentang bagaimana cara membunuh Unicorn.  

Postingan terkait: